6 Oleh – Oleh Khas Iran Paling Favorit Yang Wajib Dibeli Wisatawan

Pergi ke Iran adalah mimpi hampir setiap orang. Mulai dari mereka yang menyukai sejarah dan budaya Persia hingga mereka yang sekedar menyukai kegiatan liburan dan jalan – jalan ke tempat berbeda. Iran kerap dianggap memiliki kebudayaan Arab layaknya negara – negara Timur Tengah kebanyakan, namun bisa dibilang Iran adalah sebuah tempat yang benar – benar berbeda dengan pesonanya sendiri. Menyebut Iran sama dengan Timur Tengah sama seperti menyamakan tempat wisata di Mesir dengan wisata di seluruh Afrika Utara.

Sebagai sebuah negara yang unik, oleh – oleh khas Iran yang wajib dibeli wisatawan juga banyak yang unik dan cukup sulit ditemukan di negara lain. Sebut saja satu negara yang memiliki hasil safran melimpah, rasanya tak ada. Selain itu, keunikan budaya Persia yang tentunya berbeda dengan kebudayaan besar lampau di negara lainnya, masih bisa kamu telusuri melalui jejak dan refleksi yang bisa dilihat pada souvenir setempat

  1. Karpet Persia

iran-carpetBerkunjung ke Qutub Minar yang ada di India, kamu mungkin akan segera mengingat ada banyaknya pengaruh budaya Islam Persia di sana. Iran punya versi motif Persia mereka sendiri. Sebagai negara yang merupakan pusat kebudayaan dan kekuasaan Persia di masa lalu, di negara ini pula souvenir berupa karpet masih terus diperjual belikan dan digunakan baik oleh orang – orang lokal maupun orang asing yang tertarik dengan motif etnik Persia yang unik.

Bisa dibilang, karpet merupakan souvenir yang paling terkenal dan dicari wisatawan saat berkunjung ke sini. Tidak hanya yang dibuat secara manual, karpet buatan pabrik juga tak kalah cantik. Bahan karpet yang paling terkenal bagus kualitasnya adalah kashan, namun tentunya harganya juga tak murah. Grand Bazaar yang ada di Isfahan memiliki banyak toko karpet Persia yang mungkin tampak menggoda, namun tak semuanya berkualitas baik dan bahkan harganya cenderung terlalu dibanderol berlebihan.

Tips:

  • Tanya orang lokal untuk informasi toko karpet terbaik dan referensi harga.
  • Kontrol bagian belakang karpet untuk mengecek kualitas karpet, juga perhatikan setiap sisinya, jangan sampai tidak simetris.
  • Mintalah bon dan pilih toko yang memiliki pengemasan berkualitas.
  1. Safran (Zafran) Iran

iran-safranIran adalah negara penghasil safran terbesar di dunia. Safran sendiri adalah sejenis tanaman bumbu yang harganya sangat mahal. Bahkan tergolong salah satu bumbu termahal di dunia. Maka tak heran bila safran menjadi oleh – oleh khas Iran yang wajib dibeli wisatawan.

Safran banyak digunakan dalam masakan Timur Tengah dan Mediterania, salah satu menu yang paling umum adalah nasi safran. Yang unik, bumbu ini berwarna merah namun menghasilkan warna kuning pada setiap masakan.


Membawa oleh – oleh safran tidak perlu banyak – banyak, kecuali bila kamu memang mampu membayarnya. Sebab, harga mahal yang dimaksud adalah sekitar 1.500 sampai 1.700 dolar AS per kilo gramnya. Biasanya, para pedagang menjualnya dalam ukuran gram dan dengan kemasan yang sangat cantik. Tak jarang juga para pedagang yang menawarkan kemasan hadiah untuk safran yang dibeli.

Tips:

  • Untuk mengukur keaslian safran, perhatikan warnanya. Safran yang asli memiliki ujung putih dan warna merah menyala seperti cabe.
  • Sebelum membeli, kamu juga bisa meletakkan safran ke atas tisu. Bila ada bercak minyak, kemungkinan pedagang sudah mencampur safran dengan bahan – bahan lain.
  • Dokhtar pich adalah nama jenis safran yang memiliki kualitas paling murni.
  1. Kacang – kacangan

Iranian-Pistachio-9Salah satu jenis kacang yang paling terkenal untuk dijadikan souvenir dari Iran adalah kacang pistachio. Ada banyak penjual kacang pistachio di Iran, mulai dari yang menjual pistachio yang telah dikupas maupun yang masih memiliki kulit.

Nama untuk pistachio yang masih punya kulit adalah peste khandan dan sebaiknya kamu membeli kacang jenis kale qoochi, akbari, atau ahmad aqaee. Harga masing – masing kacang ini adalah sekitar 11 Dolar AS per kilo gramnya.

Mencari pistachio di Iran tak perlu pergi jauh – jauh, karena di Grand Bazaar di Teheran kamu akan bisa menemukan banyak pilihan mulai dari pistachio yang telah disangrai, yang punya rasa asam, hingga yang masih mentah. Area yang memiliki banyak penjual kacang ada di dalam Jalan Panzdah e Khordad.

Tips:

  • Jangan terlalu pelit saat membeli pistachio, karena harga murah dapat dipastikan mengorbankan kualitas.
  • Mintalah kacang yang masih baru dan juga minta penjual untuk mencicipi kacang yang akan kamu beli.
  • Coba goyangkan pistachio dan dekatkan ke telinga, bila kamu mendengar suara kacang bergerak kemungkinan kualitasnya jelek karena kacang terlalu kecil.
  1. Chai

iran-chaiMembicarakan chai, beberapa orang mungkin akan segara mengingat tempat wisata di India yang juga memiliki minuman sejenis bernama sama. Kultur chai di India, kemungkinan besar dibawa oleh Persia yang pernah menduduki India di masa lalu.

Chai dari Iran adalah teh hitam yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas. Tehnya berasal dari provinsi Gilan, di Lahidjan, yang suhu udaranya sangat lembab dan subur.

Harga chai di Iran sekitar 10 dolar AS per kilo gramnya, tergantung kualitas dan jenis teh. Teh yang paling mahal dan berkualitas paling baik bernama chai vizhei sargol. Jangan lupa untuk membeli juga kapulaga dan air mawar untuk dicampurkan dengan teh yang membuat rasanya menjadi jauh lebih enak. Orang Iran sangat senang minum teh setiap waktu, tak hanya di pagi hari atau siang hari namun sepanjang hari.

  1. Termeh

iran-termehOleh – oleh khas Iran yang wajib dibeli wisatawan berikutnya bernama termeh. Bila Italia memiliki Menara Pisa sebagai ikon negara, maka termeh bisa menjadi salah satu ikon dan souvenir khusus asal Iran yang sangat unik.

Termeh adalah sejenis kerajinan berbahan dasar sutra dan wol yang diwarnai dengan bahan pelukis alami yang banyak digunakan dalam desain tradisional Iran. Termeh adalah budaya Iran yang berasal dari kota Yazd.

Dahulu termeh banyak digunakan di dalam rumah bangsawan dan aristokrat, tak hanya itu mereka juga senang menggunakannya sebagai pakaian. Namun saat ini penggunaan termeh lebih beragam dan menjangkau lebih banyak kalangan.

Biasanya termeh saat ini juga digunakan untuk sajadah, gorden, dompet, tas, dompet, sepatu, hingga sarung bantal. Untuk memperoleh termeh dengan kualitas terbaik, sebaiknya kamu pergi ke Yazd dan menuju ke toko Termeh Kojasteh di Azadi Square.


  1. Perhiasan dan Batu Berharga

iran-jewIran juga cukup terkenal dengan souvenir perhiasan dan batu berharganya. Kamu bisa membeli perhiasan yang sudah jadi atau memesan untuk dikustomisasi sesuai keinginan. Toko perhiasan biasanya memiliki beragam koleksi batu berharga dengan harga yang cukup bisa ditawar.

Keberadaan batu berharga ini berhubungan dengan adanya wilayah pertambangan batu berharga di Nishapur, Khorasan. Banyak batu berwarna biru cerah yang telah disematkan dalam berbagai dekorasi di Iran.

Tips:

  • Batu yang berwarna biru bersih tanpa bercak hitam dan putih adalah batu yang memiliki kualitas lebih baik dan harga lebih mahal.

Tips Umum Belanja di Iran Yang Perlu Diketahui Wisatawan

  • Jangan terlalu rakus dan lupa mengontrol diri saat berbelanja. Juga jangan mudah tergoda bujuk rayu para pedagang yang biasanya senang menarik turis untuk berbelanja di toko mereka dengan agak memaksa.
  • Janganlah lupa pastikan selalu kualitas setiap barang yang akan kamu beli.
  • Telitilah kemungkinan perlunya membeli alat tertentu sebagai penunjang bagi barang – barang yang kamu beli. Mungkin saja mereka tidak akan bisa kamu temukan di Indonesia.

, , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, May 2018 / 07:19 Oleh :
Kategori : Iran