21 Tempat Wisata Di Iran Paling Populer Dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Iran – Terlepas dari image daerah konflik, Timur Tengah adalah pusat peradaban awal manusia. Oleh karena itu, daerah yang terletak di Asia Barat ini memiliki sederetan lokasi bersejarah. Tidak tanggung-tanggung, lokasi-lokasi tersebut banyak yang berasal dari masa-masa sebelum masehi.

Tengok saja Persia yang kini berevolusi menjadi Iran atau Republik Islam Iran. Uniknya, Iran tidaklah seperti negara-negara tetangganya yang penuh dengan konflik. Lepas dari perseteruannya dengan Irak, negara yang dihuni oleh masyarakat Persia, Parthia dan Safavid ini berkembang dengan pesat.

Iran  masa kini adalah negara yang menawarkan tempat-tempat wisata yang otentik, tidak kalah menarik dengan jalan-jalan ke Turki. Cocok untuk dikunjungi oleh Anda pecinta tempat wisata bersejerah. Sebab meski sudah tersentuh oleh kehidupan modern, tempat-tempat wisata di Iran didominasi oleh lokasi-lokasi peninggalan.

  1. Eram Gardens, Shiraz

Eram Gardens, ShirazJika berlibur ke Iran, sempatkanlah berkunjung ke Eram Gardens di Shiraz. Dibangun sejak pertengahan abad ke tiga belas, Eram Gardens merupakan situs warisan dunia UNESCO. Sebagai situs warisan dunia, Eram Gardens menyuguhkan atmosfer berlibur yang kental dengan nuansa bersejarah.

Berfungsi sebagai taman nasional, Eram Gardens merupakan lokasi yang penting karena menjadi rumah bagi ragam bunga yang unik dan langka. Berkunjung pada musim semi adalah pilihan terbaik, sebab pada musim itu banyak bunga yang berkembang. Eram Gardens tidak kalah menarik dengan tempat wisata menarik di Istambul, Turki.

Eram Garden berlokasi di tepi utara sungai Khoshk. Bagi Anda wisatawan asing yang ingin menjelajahi Eram Gardens, Anda hanya dipungut biaya sekitar delapan puluh ribu rupiah. Harga tiket masuk ini tidak terhitung murah untuk pengalaman berlibur di tempat bersejarah seluas 12.7 hektar.

  1. Persepolis, Shiraz

Persepolis, ShirazTerletak sekitar 50 kilometer di utara Shiraz, Persepolis merupakan salah satu ibu kota kekaisaran Persia pada masa sebelum masehi. Sayangnya, kini lokasi yang masuk dalam wilayah Shira ini tidak utuh. Meski begitu, situs yang diresmikan sebagai warisan sejarah pada tahun 1979 ini melalui upaya rekonstruksi yang tidak main-main.

Nama Persepolis berarti kota-kota orang Persia. Nama ini merupakan nama yang disematkan oleh orang-orang Yunani. Dalam bahasa lokal, lokasi ini disebut Takht-e Jamshid yang berarti Tahta Jamshid. Pembangunan istana kekaisaran ini dinisiasi oleh Cyprus namun dibangun oleh Darius Agung.


Sebagai situs warisan dunia, Persepolis terbagi menjadi beberapa bagian yang bersejarah. Istana paling agung Persepolis bernama Istana Apadana, terletak di sisi barat. Istana ini berfungsi sebagai balairung. Di sebelahnya terdapat Balai Tahta atau Istana Bertiang Seratus yang kini berfungsi sebagai museum kemaharajaan.

  1. Danau Asin Maranjab, Kashan

Danau Asin Maranjab, KashanTerletak di gurun Maranjab, danau asin Maranjab adalah danau yang terbentuk karena curah hujan dan salju yang tinggi. Uniknya, danau ini akan kembali mengering ketika musim panas. Ketika mengering, danau Maranjab akan berubah menjadi gurun dengan pola garam yang mengering berbentuk heksagonal.

Danau asing Maranjab terletak 60 kilometer dari Kashan. Memiliki bentang 1800 km, danau ini adalah tambang garam bagi penduduk lokal. Tepian danau ini merupakan pasir berpaya yang akan membuat kaki Anda melesak ketika berjalan di atasnya. Berkunjunglah bersama tur guide lokal agar terhindar dari berbagai kesulitan.

Meski bukan satu-satunya danau asin dan gurun di Iran, Maranjab merupakan lokasi yang lebih hidup karena dihuni oleh berbagai vegetasi. Gurun ini juga dihuni oleh berbagai jenis binatang seperti hyena, serigala, kucing gurun dan elang. Agar mendapat pemandangan yang lebih merasuk, kunjungilah danau Maranjab pada malam hari.

  1. Menara Azadi, Teheran

Danau Asin Maranjab, KashanTempat wisata di Iran lainnya yang patut Anda kunjungi adalah Menara Azadi di Teheran. Dikenal sebelumnya dengan nama Shahyad Aryamehr, menara ini terletak tidak jauh dari Bandara Internasional merabad. Menara ini adalah landmark dibangun pada tahun 1949 oleh Hossein Amanat.

Menjadi simbol Iran modern, menara ini dibangun untuk memperingati 2500 kelahiran Kekaisaran Persia. Di dalamnya terdapat berbagai ruangan yang memiliki fungsi berbeda seperti museum, perpustakaan, dan galeri atau ruang pameran. Terletak di Azadi Square, Anda juga bisa menikmati berbagai lokai menarik lainnya.

Wisata menara atau landmark kota yang bisa Anda nikmati di Iran bukan hanya Menara Azadi. Tidak kalah menarik dari Burj Khalifa di Dubai, ada beberapa lokasi lain yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Iran, beberapa di antaranya adalah:

  • Borj-e Milad,
  • Tomb of Hafiz,
  • Tomb of Saadi, dan
  • Tomb of Cyrus
  1. Area Ski Dizin, Karaj

Area Ski Dizin, KarajSiapa sangka, berlibur di Iran tidak hanya bisa dihabiskan dengan mengunjungi gurun dan lokasi-lokasi yang gersang. Anda juga bisa menambah pengalaman bermain ski di Dizin Resort, Karaj. Terletak sekiat 70 kilometer dari Teheran, area bersalju tersebut berada di ketinggian 2650 hingga 3600 mdpl.

Terletak di Albourz Mountains tempat bertemunya pegunungan Kaukasus Eropa dan daratan Asia membuat salju di Dizin berbeda. Salju-salju Dizin tidak ubahnya seperti salju-salju yang pernah Anda temui di pegunungan-pegunungan Eropa. Meski buka sepanjang tahun, Anda disarankan untuk mengunjungi Dizin pada bulan Desember hingga Mei.

Di Dizin, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Iran yang berbeda dari yang biasa Anda temui di perkotaan Iran lainnya. Selain Albours Mountains, Iran juga memiliki beberapa tempat wisata pegunungan yang wajib Anda kunjungi seperti:

  • Gunung Damavand
  • Gunung Sabalan
  1. Pulau Kish

Pulau KishSelain melintasi teluk dan berlibur ke taman bunga terindah di Dubai, Anda bisa menikmati wisata Bahari di Iran dengan berkunjung ke Pulau Kish.  Pulau yang terletak di teluk Persia ini bisa ditempuh sejauh 17 kilometer dari pesisir pantai Iran.

Berkunjung ke Kish adalah rekomendasi terbaik jika Anda ingin menikmati Iran dalam suasana yang lebih damai. Sebagai pulau favorit di Timur Tengah, pulau ini pernah menjadi rumah bagi event-event olahraga internasionla. Salah satu event yang pernah dilangsungkan adalah Fajr International Squash dan Iran’s Traditional and Heroic Games Contest.

Memiliki keindahan yang menawan, popularitas pulau ini digadang-gadang tidak jauh berbeda dengan popularitas Dubai dan tempat wisata di Uni Emirat Arab lainnya. Di pulau Kish, Anda bisa menikmati lokasi wisata di Iran yang tidak bisa Anda temukan di daratan utama Iran. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kish Hidden Park,
  • Maryam Beach,
  • Ocean Water Park,
  • Damoon Shopping Center
  • Kish Dolphin Park, dan
  • Kish Aquarium.

Selain tempat-tempat wisata tersebut, negara seluas 1.648.195 km2 ini masih memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Tentu, tempat-tempat wisata tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi akibat kehidupan berbudaya yang tidak pernah putus sejak masa kekaisaran.

  • Pasargadea, dalah kota di Persia kuno. Kota ini merupakan kompleks situs warisan dunia UNESCO yang terletak di provinsi Fars. Di kompleks ini terdapat bangunan bersejarah lainnya seperti Mesjid dan Taman Pasargadea.
  • Chehel Sotoun, adalah salah satu monumen bersejarah di Isfahan. Dibangun oleh Raja Abbas II, Chehel Sotoun adalah sebuah istana. Istana ini memiliki empat puluh pilar, oleh karena itu istana ini juga biasa disebut sebagai Forty Pillar pallace.
  • Sheiks Lotfollah Mosque, adalah salah satu mesji agung di Isfahan. Selain berfungsi sebagai lokasi peribadatan dan tempat wisata religi, Sheiks Lotfollah Mosque memiliki arsitektur yang unik.

Berkunjung ke tempat wisata di Iran tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh makanan khas Arab atau Timur Tengah. Jangan habiskan waktu di tempat wisata, berkunjunglah ke pusat oleh-oleh sebelum berangkat. Atau, Anda juga bisa membuat itinenary untuk berlibur ke tempat wisata di Yordania dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

, , ,
Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 05:30 Oleh :
Kategori : Iran