Qutub Minar, Wisata Sejarah Awal Kerajaan Islam Di New Delhi

menara yang dibangun oleh iltutmishNew Delhi – Berwisata ke India, kamu tidak boleh melewatkan wisata budaya yang merupakan salah satu daya tarik negeri ini. Qutub Minar merupakan salah satu tempat wisata di India yang menjadi warisan UNESCO.Selain di India, kamu juga bisa mengunjungi situs wisata warisan UNESCO lainnya seperti Angkor Wat di Kamboja dan Menara Pisa di Italia.

Kembali ke Qutub Minar, meskipun mayoritas penduduknya beragama Hindu, India juga memiliki penduduk Muslim yang jumlahnya cukup signifikan sejak era lampau. Sehingga tak heran bila kamu bisa menemui wisata masjid seperti di Qutub Minar ini. Jadi, jangan lagi berpikir bahwa wisata masjid yang bagus hanya bagian dari tempat wisata di Arab Saudi saja.

Qutub Minar adalah nama dari menara masjid yang ada di kawasan komllek masjid bersejarah dan masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO sebagai salah satu peninggalan seni Indo-Muslim yang telah berdiri sejak abad ke 13 dengan beberapa bangunan bersejarah lain yang berdiri di sekitarnya seperti gerbang Alai-Darwaza serta dua masjid yang salah satunya adalah masjid Quwwatu’l Islam, masjid tertua di India Utara yang dibangun dengan material bangunan dari sekitar 27 kuil Brahmana.

Sejarah Qutub Minar New Delhi

qutub minarQutub Minar mulai dibangun sekitar tahun 1192 oleh Qutabuddin Aibak, raja pertama dari kesultanan Delhi. Bangunan masjid di kawasan ini merupakan bangunan bersejarah paling awal yang masih tegak berdiri di subkontinen India. Nama Qutub Minar diperkirakan diambil dari nama sang raja atau Qutabuddin Bakhtiar Kaki, seorang ahli sufi. Sang Raja membangun Qutub Minar segera setelah kekalahan kerajaan Hindu Delhi terakhir.

Lantai dasar dari bangunan Qutub Minar dibangun di atas tanah bekas reruntuhan Lal Kot dari era kekuasaan kerajaan Hindu di Delhi. Pembangunan Qutub Minar diperbesar oleh Iltutmish, penerus Qutabuddin Aibak, dengan menambah tiga lantai. Di tahun 1369, petir menghancurkan lantai teratas bangunan dan diperbaiki oleh Firoz Shah Tughlaq.

Setelah itu beberapa gempa bumi yang terjadi kembali merusak bangunan dan renovasi kembali dilakukan. Gempa di tahun 1803 merusak bangunan hingga cukup parah. Di tahun 1828, Robert Smith seorang tentara Inggris saat era kolonial menambah satu lantai lagi dengan kubah kecil dan membuat Qutub Minar memiliki enam lantai. Namun di tahun 1848, gubernur India menurunkan kubah tersebut dan memindahkannya ke sisi timur.


Arsitektur Qutub Minar New Delhi

halaman qutub minarQutub Minar adalah bangunan menjulang setinggi 73 meter yang juga menara perlambang kemenangan. Menaranya memiliki lima lantai, yang masing-masing memiliki balkon dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Lantai paling dasar memiliki diameter 15 meter dan lantai paling atas hanya sekitar 2,5 meter.

Bangunan Qutub Minar bergaya Iran, meskipun diperkirakan mengikuti bentuk bangunan dari Menara Jam di Afghanistan yang diadaptasi ke dalam gaya artistic lokal dengan pemaduan ukiran teratai di dalam motif bangunan. Gaya Iran yang kuat diusung Qutubuddin Aibak seperti tampak dalam ukiran Muqarnas namun dengan memberi kesempatan bagi seniman Hindu untuk menghiasnya.

Banyak inskripsi dan ukiran huruf Nagari dan Persia-Arab yang menceritakan sejarah konstruksi bangunan mulai dari pembangunan awal, hingga penambahan lantai dan restorasi oleh Firoz Shah Tughluq di abad ke 14 dan Sikandar Lodi di abad ke 15.

Tiga lantai pertama dibuat dari batu pasir merah sementara dua lantai teratas dibuat dari batu pasir dan marmer. Lantai dasar adalah masjid Quwwatu’l Islam, masjid pertama yang dibangun di India. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa masjid ini dibangun dengan batu reruntuhan kuil Brahmana, maka motif masjid tidak bercorak layaknya masjid pada umumnya di Timur Tengah melainkan lebih menonjolkan corak Hindu berpadu dengan pahatan ayat Al Quran.

Pembangunan menara Qutub Minar di New Delhi yang berlangsung selama tiga era kekuasaan, membuatnya memiliki gaya yang berbeda-beda di setiap lantainya. Tampak dari relief dan material bangunan yang digunakan. Bangunannya juga memiliki beberapa prasasti dan catatan kuno peninggalan masing-masing penguasa. Terdapat juga 379 anak tangga yang berakhir di puncak menara Qutub Minar.

Atraksi di Qutub Minar New Delhi

Sebagai sebuah komplek bangunan bersejarah, terdapat beberapa bangunan menarik di sekitar menara Qutub Minar New Delhi yang bisa kamu jajaki untuk bisa memahami sejarah India, khususnya kota Delhi. Selain Masjid Quwwatul Islam, ada juga pilar besi Delhi, makam Imam Zamin, makam Iltutmish, Alai Darwaza dan juga kubah kecil yang dibangun Robert Smith.

Masjid Quwwatul Islam mungkin adalah atraksi yang paling menarik karena kontroversinya yang menyatakan sebagian material bangunannya diambil dari reruntuhan kuil Hindu, yang seolah menyebutkan bahwa pembangunan Qutub Minar adalah perwujudan kemenangan atas kejatuhan kekuasaan Hindu di Delhi. Meski beberapa sejarawan menyatakan bahwa beberapa catatan sejarah menyebut Qutub Minar hanya dibangun dengan tujuan mengumandangkan azan.

Sementara Pilar Besi (Iron Pillar) adalah bangunan pilar terpancang setinggi 7 meter yang dibuat dari besi anti karat yang tidak hanya menarik perhatian para wisatawan melainkan juga arkeolog dan ilmuwan. Pilar ini berasal dari kekaisaran Gupta dan di sana terukir tulisan dalam bahasa Brahmik. Ada kepercayaan bahwa bila seseorang bisa memeluk pilar dalam posisi terbalik (dengan punggung menghadap ke pilar) dan kedua tangannya bertemu, maka permintaannya akan terwujud.

Meski terdapat anak tangga di dalam menara yang sebelumnya boleh digunakan para pengunjung untuk bisa mencapai puncak menara, aksesnya kini sangat dibatasi. Peristiwa di tahun 1981 yang membunuh 45 orang dan melukai banyak orang lainnya, mendorong pemerintah untuk melakukan pembatasan ini.

Fakta Qutub Minar New Delhi

  • Proses pembangunannya dapat dikatakan berlangsung selama lebih dari 500 tahun, termasuk penambahan lantai oleh beberapa penguasa Delhi di masa lalu.
  • Raja Qutubuddin Aibak hanya membangun satu lantai, dilanjutkan dengan penambahan tiga lantai oleh Iltutmish, dan Firoz Shah Tughlaq merenovasi sekaligus menambah lantai.

Jam Operasional Qutub Minar New Delhi

Meski tidak tertulis jam operasionalnya secara resmi, Qutub Minar membuka akses pada wisatawan sejak fajar hingga matahari terbenam.

Tiket Masuk Qutub Minar New Delhi

Untuk pengunjung internasional, tiket masuk sebesar 500 Rupee diberlakukan Anak-anak hingga usia 15 tahun dibebaskan masuk tanpa membayar tiket

Akses Menuju Qutub Minar New Delhi


  1. Qutub Minar berlokasi di Mehrauli, New Delhi, Delhi 110030. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menaiki beberapa alternatif kendaraan.
  2. Dengan metro, kamu bisa naik stasiun DMRC mana saja dan berhenti di stasiun Qutab Minar lalu ikuti tanda yang menunjuk ke arah menara masjid ini berlokasi.
  3. Kamu juga bisa menggunakan DTC bus yang melewati halte bus Qutub Minar.
  4. Untuk menemukan bus yang rutenya lewat sana, kamu dapat mengunduh aplikasi Delhi DTC Bus di Play Store Android.
  5. Departemen Wisata Delhi juga menyediakan bus hop-on hop-off yang akan melewati area Qutub Minar.

Tips Mengunjungi Qutub Minar New Delhi

  • Sebagai sebuah area wisata yang juga memiliki nilai religius, gunakanlah pakaian yang sopan dan tertutup saat berkunjung. Jangan kenakan rok atau celana terlalu pendek, serta pakaian tanpa lengan.
  • Periksa temperatur udara di New Delhi pada masa kunjunganmu ke sana. New Delhi di musim panas bisa mencapai 40 derajat atau bahkan lebih, salah pakaian bisa membuatmu merasa tak nyaman bahkan membahayakan kulit.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 13th, March 2018 / 03:59 Oleh :
Kategori : India