5 Tempat Bersejarah Islam Di Eropa Terfavorit Wisatawan Muslim

Apakah anda pernah mengunjungi Benua Eropa? Jika belum, mungkin informasi yang akan kami sajikan ini akan sangat bermanfaat untuk anda semunya, terutama bagi anda yang merupakan seorang muslim karena tempat wisata yang akan kami sajikan ini merupakan tempat atau bangunan – bangunan bersejarah islam yang ada di Eropa.

Benua Eropa memang menjadi salah satu bukti kejayaan islam pada waktu itu, terbukti dengan adanya banyak sekali bangunan bersejarah yang bernuansa islam dibangun di sana. Benua Eropa yang juga disebut dengan Benua Biru ini menyediakan banyak tempat bersejarah islam yang harus anda kunjungi bersama keluarga atau saudara – saudara anda sambil menghayati jejak peradaban serta kejayaan islam pada waktu itu.

Di bawah ini merupakan beberapa tempat bersejarah islam di Eropa yang harus anda kunjungi:

  1. Turki

museum topkapi

Tempat bersejarah islam yang pertama adalah berada di negara Turki. Mungkin anda sudah tidak asing lagi jika negara ini selalu dikaitkan dengan pusat peradaban islam. Terlebih lagi bahwa Turki merupakan sebuah negara yang menjadi akan kejayaan serta kehebatan islam pada masa itu yakni pada masa pemerintahan Dinasti Usmani.

Di sini ada banyak tempat wisata bersejarah yang bisa anda kunjungi. Untuk objek wisata yang paling banyak menyita perhatian bagi para turis islam yang ada di penjuru dunia adalah sebuah museum yang diberi nama Musem Topkapi. Selain itu di sini juga banyak tempat wisata terindah di Turki yang harus anda kunjungi.

Di dalam musem tersebut anda akan menemukan banyak sekali benda – benda dan juga replika asli peninggalan Nabi Muhammad dan juga peninggalan para sahabat. Beberapa peninggalan nabi adalah seperti surban, sendal, baju, gigi, pedang, dan lain sebagainya. Selain itu, di musem ini anda juga bisa menemukan sebuah replika yang menggambarkan kondisi rumah Rasulullah pada masa itu.

Banyak orang yang langsung meneteskan air mata ketika mereka mengetahui barang – barang peninggalan Rasulullah, dan yang paling membuat mereka menestkan air mata adalah ketika mereka melihat replika rumah Rasulullah yang sangat – sangat sederhana. Banyak turis islam yang tidak menyangka bahwa rumah asli Rasulullah seperti itu yang memberi kesan bahwa meskipun ia bergelar Rasul, namun bukan berarti Rasulullah harus memiliki rumah yang megah.

  1. Spanyol

spanyol

Tempat bersejarah islam di Eropa yang kedua adalah berada di negara Spanyol. Mungkin anda masih belum tahu bahwa Spanyol juga menyediakan banyak sekali tempat wisata islami yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga maupun juga sudara – saudara anda.

Negara ini memang merupakan saksi bisu akan kejayaan islam pada masa itu, dan perlu anda tahu bahwa perkembangan islam di Spanyol sangat pesat karena memang disebarkan melalui jalur perdagangan. Beberapa tujuan wisata yang terkenal yang biasanya dikunjungi oleh para turis islam dari berbagai penjuru dunia adalah bangunan – bangunan masjid yang memiliki desain unik jaman dahulu dan masih terlihat megah sampai saat ini.

Adapun beberapa masjid yang bisa anda kunjungi ketika berada di Spanyol adalah misalnya dengan mengunjungi Masjid Agung Cordoba dan juga Kampung Arab. Di sini anda bisa menyaksikan bahwa di tempat tersebut pada zaman dahulu merupakan tempat yang menjadi pusat peradaban islam di Spanyol.

Tempat lain yang juga kami sarankan untuk anda kunjungi selama anda berada di Spanyol adalah Masjid Al – Mohad dan Alcazar Palace yang lokasinya berada di Sevilla. Seperti halnya masjid yang ada di Cordoba, masjid ini juga menjadi saksi bisu akan kejayaan islam pada waktu itu karena memang seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa islam berkembang sangat pesat melalui jalur perdagangan.

Selain itu, alasan lain mengapa islam bisa berkembang pesat di Spanyol maupun negara – negara lain adalah karena penyebaran islam dilakukan dengan lembut dan tanpa mengangkat senjata. Hal inilah yang membuat islam mudah diterima oleh masyarakat awam karena memang tujuan mereka beragama adalah untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

  1. Rusia

Rusia

Tempat bersejarah islam di Eropa yang ketiga yaitu berada di Rusia. Siapa sangka negara yang merupakan pecahan dari Uni Soviet ini dahulunya menjadi tempat penyebaran islam yang membuat islam di sana berkembang dengan cepat.

Menurut beberapa sumber yang kami dapatkan bahwa islam pertama kali masuk ke Rusia atau lebih tepatnya masuk ke Kaukakus sudah sejak 1000 tahun yang lalu dan sekarang islam sudah menjadi agama yang banyak dianut oleh masyarakat yang tinggal di Rusia yaitu sekitar 20 sampai 30 persen dari total seluruh penduduk yang ada di Rusia. Anda juga harus mencoba untuk mencicipi makanan khas Rusia yang memiliki rasa amat lezat.

Banyak bangunan bersejarah yang bisa anda kunjungi di sini seperti misalnya Redut Squere yang ada di Moskow yang mana di tempat tersebut anda bisa menemukan bahwasanya tempat tersebut menjadi saksi bisu akan perjalanan islam yang ada di sana. Bangunan bersejarah lainnya yang bisa anda kunjungi adalah seperti Masjid Qulsharif di Kazan dimana masjid tersebut selain merupakan simbol penyebaran islam, melainkan juga sebagai simbol keindahan kota Kazan.

Dijamin anda akan merasakan suasana religi yang akan membuat anda merinding karena merasakan seperti apa bukti penyebaran islam yang ada di sana. Di sini juga anda bisa sekaligus menjalankan ibadah shalat sekaligus napak tilas perjalanan islam.

  1. Yunani

Yunani

Tempat bersejarah islam di Eropa selanjutnya yang juga bisa anda kunjungi adalah Yunani. Perlu anda tahu bahwa islam pertama kali hadir di Yunani karena mendapat undangan dari kekaisaran Bilzanium dalam upaya untuk mengekang Serbia.

Di sini anda akan melihat berbagai macam bangunan bersejarah yang mana desainya merupakan sebuah kombinasi antara Yunani dan Islam. Selain itu, Dinasti Usmani menyebut Yunani sebagai Tourkokratia. Hal inilah yang membuat anda bisa melihat beberapa peninggalan dari Ottoman di Yunani. Salah satu tempat bersejarah yang banyak mendapatkan perhatian dari para wisatawan muslim adalah Parthenon.

Ada juga Masjid Tzistarakis yang lokasinya berada di Monastiraki. Ada juga Masjid Fatih Sultan serta Museum Seni Islam Benak yang harus anda kunjungi bersama keluarga anda atau teman – teman anda. Di sini anda juga akan merasakan sensasi rohani yang kuat yang akan bisa menambah keimanan anda tentang kebenaran ajaran Islam.

  1. Bosnia – Herzegovina

Bosnia - Herzegovina

Tempat yang terakhir yang juga kami sarankan untuk anda kunjungi adalah bangunan islam bersejarah yang ada di Bosnia – Herzegovina. Negara ini juga merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet yang juga menjadi saksi atas penyebaran islam pada masa itu.

Beberapa tempat bersejarah yang harus anda kunjungi adalah antara lain seperti Masjid Bascarsija, Madrasah Gazi-Husrevbey, dan juga Frhadija. Tempat – tempat tersebut harus anda kunjungi ketika anda berada di sini. Kami jamin setelah anda mengunjungi beberapa tempat yang telah kami sebutkan tersebut akan menambah keimanan anda.

Itulah informasi yang bisa kami jelaskan mengenai tempat bersejarah islam di Eropa. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Kami juga menyarankan agar anda membaca inforamsi lain seperti oleh – oleh khas Filipina dan tempat wisata menarik di Istanbul.

, , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, May 2018 / 07:08 Oleh :
Kategori : Eropa