10 Tempat Wisata Di Almanty Yang Wajib Dikunjungi

Kazakhstan mungkin bisa menjadi salah satu negara tujuan wisata di Asia yang bisa dikunjungi jika ingin melakukan wisata anti mainstream. Salah satu kota di Kazakhstan yang bisa dikunjungi adalah Almaty, yang dahulu menjadi ibu kota Kazakhstan sebelum pindah ke Astana.

Kota Almaty juga disinyalir sebagai salah satu kota dengan biaya hidup paling murah di dunia versi Economic Intelligence Unit (EIU). Kota Almaty yang berarti kota apel ini ternyata juga mempunyai beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Almanty yang bisa menjadi rekomendasi juga bagi yang mencari tempat wisata di timur tengah

1. Republic Square

Republic-Square

Republic Square merupakan alun-alun yang menjadi landmark kota Almaty dan sering digunakan juga untuk menyelenggarakan kegiatan publik di kota Almaty.

Di seberangnya ada sebuah gedung yang dahulu digunakan sebagai istana keprisedenan yang saat ini difungsikan sebagai gedung balaikota.

Area ini dahulu bernama Brezhnev Square dan dibangun pada tahun 1980 oleh Dinmukhamed Kunayev, pemerintah kota setempat kala itu. Hal ini dikarenakan pertambahan populasi penduduk sehingga alun-alun yang lama tidak bisa menampung lagi ketika diadakan suatu acara atau festival

Setiap tanggal 22 Maret para warga kota Almaty datang ke Republic Square ini untuk merayakan hari libur Nasional vernal equinox – Nauryz. Pada perayaan tersebut juga dibangun tenda-tenda yang menjual makanan dan mimunam ringan khas Kasakztan seperti baursaks.

Pada tahun 2007 alun-alun ini juga mulai direnovasi untuk membangun pusat perbelanjaan dan hiburan di bawah tanah. Selama proses renovasi tersebut perayaan Nauritz di tempat itu dibatasi hingga benar-benar akhirnya kembali diizinkan pada tahun 2014.

2. Saint Ascencion Catedral (Zenkov Catedral)

Merupakan sebuah bangunan gereja kateral ortodoks Rusia yang pembangunannya berlangsung antara tahun 1904 sampai 1907.

Pembangunan gereja katedral ini diarsiteki oleh Andrei Pavlovich Zenkov yang namanya juga dijadikan nama dari gereja ini.

Gereja ini terletak di tengah Panfilov park, salah satu taman kota di Almaty, dan bangunan dari gereja katedral dicat dengan berwarna-warni sehingga terlihat cantik. Gereja Katedral Zenkov ini juga merupakan satu-satunya gereja katedral kayu di dunia, dan gereja ini juga dibangun tanpa menggunakan paku.

Ide untuk membangun gereja ini diprakarsai oleh seorang uskup dari Turkistan yang menyatakan perlunya gereja Ortodoks di Almaty. Pada september 1903, Uskup tersebut menguduskan pondasi yang akan dibangun gereja tersebut sebagai tanda dimulainya pembangunan gereja.

Struktur dari gereja katedral ini dibuat di kota Moskow, dan Kiev, sedangkan Ikonotasisnya silukis oleh seroang seniman bernama N. Khludov. Gereja ini juga mempunyai menara lonceng yang dibangun pada tahun 1906, yang selamat dari gempa bumi tahun 1911 walau dibangun tanpa menggunakan paku

Gereja Katedral ini juga sempat difungsikan menjadi Museum Uni Soviet, dan menara loncengnya juga sempat digunakan sebagai pemancar radio namun akhirmmya dikembalikan lagi fungsinya seperti semula sebagai gereja pada tahun 1990.

Selain sebagai satu-satunya bangunan gereja katedral yang terbuat dari kayu, bangunan gereja setinggi 56 meter ini juga diklaim sebagai bangunan kayu tertinggi di dunia. Jika ingin memasuki gereja ini pengunjung juga harus menghargai adat istiadat yang berlaku di gereja ini karena gereja ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah.

3. Kok Tobe Hill

Kok-Tobe-Hill

Tempat wisata di Almanty lainnya yang selalu ramai dan menjadi favorit para turis lokal maupun mancanegara adalah Kok Tobe Hill.

Kok Tobe yang dalam bahasa Kazakhstan berarti Bukit Biru ini merupakan titik tertinggi kota Almaty, yaitu pada ketinggian 1.100 mdpl.

Di bukit Kok Tobe ini juga terdapat taman hiburan yang menawarkan beragam atraksi yang dapat dinikmati oleh para pengunjungnya. Di taman hiburan yang juga bernama Kok Tobe tersebut terdapat ferris wheel, roller coaster, kebun binatang, dan lainnya.

Salah satu hal menarik yang ditemui di Kok Tobe Hill adalah sebuah menara TV setinggi 372 meter yang dibangun tahun 1975. Dari menara TV yang ada di lereng tenggara bukit  ini, kota Almanty juga dapat terlihat dengan jelas.

Selain itu, pengunjung juga bisa menaiki kereta gantung atau cable car untuk melihat keindahan kota almaty dari dengan jelas dari udara. Selain beragam wahana permainan juga terdapat rumah makan dan juga toko souvenir yang menjual kuliner dan oleh-oleh kerajinan khas Kazakhstan.

Hal menarik lainnya di bukit sini adalah patung para anggota The Beatles yang  menjadi  spot favorit para wisatawan, khususnya penggermar band tersebut. Patung para anggota The Beatles ini dibuat tahun 2007 oleh pematung Almaty bernama Eduard Kazayan yang juga merukan penggemar The Beatles.

4. Big Almanty Lake

Danau ini berada di pegunungan Tien Shan yang terletak di ketinggan 2.511 diatas permukaan laut dan juga memiliki salju abadi. Lokasi pegunungan ini berada sekitar 15 km di selatan pusat kota Almanty di Kazakshtan.

Big Almanty Lake memiliki panjang 1,6 km, lebar 1 km dengan kedalaman 40 meter dan volume massa air mencapai 14 m³. Danau ini juga dikelilingi 3 puncak yang masing-masing tingginya sekitar 4.000 mdpl.

Danau ini mengalir ke sebelah selatan menuju sungai Big Alamanty yang merupakan bagian dari Ile-Atalu National park. Pengunjung dilarang berenang di danau yang bersuhu sekitar 8-10 ⁰C dikarenakan danau tersebut merupakan sumber air minum penduduk kota Almanty.

Pengunjung bisa mengunjungi danau ini dengan menggunakan mobil yang memakan waktu 1 jam, atau bisa dengan menggunakan sepeda atau mendaki. Untuk menuju ke danau ini pengunjung tidak dikenakan tiket masuk.

5. Shymbulak Ski Resort

shymbulak-ski-resort

Shymbulak ski resort merupakan sebuah resor ski yang buka sepanjang tahun dan berada sekitar 25 km dari kota Almanty, Kazakhstan. Resor ski ini mempunyai 3 ski lift yang berada di ketinggian 3.200 mdpl yang bisa digunakan pengunjung untuk mencapai ke puncak Tagar.

Suhu di Shymbulak Ski Resort bervariasi antara -7 ⁰C di musim dingin dan 20 ⁰C di musim panas dengan curah salju rata-rata 1,5 m. Waktu populer untuk berkunjung ke resort ski ini adalah sekitar bulan November sampai Mei ketika harinya cenderung lebih cerah.

Di dekat Shymbulak Ski Resort tersebut terdapat hotel yang juga dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bermalam. Resor ski ini juga menyelenggarakan kompetisi tahunan “Artyemenko” sejak tahun 2011 dan pernah menjadi tempat penyelenggaraan Asian Winter Games 2011.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Almanty yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Kazakhstan. Selain tempat wisata yang sudah disebutkan diatas, masih banyak lagi beberapa tempat wisata di Almanty yang bisa dikunjungi seperti :

  • Medeu
  • Central State Museum of Kazakhstan
  • Ile-Atalu National park
  • Kazakh Museum of Folk Musical Instrumen
  • Istana kepresidenan Almaty, dan lainnya

Selain Negara Kazakhstan, untuk liburan kali ini kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di Kirgizstan yang tak kalah memukau. Atau bisa juga mencoba untuk backpacker ke Rusia yang lokasinya tak jauh dari Kazakhstan.

, , , ,
Post Date: Tuesday 25th, December 2018 / 15:58 Oleh :
Kategori : Kazakhstan