13 Tempat Wisata di Timur Tengah Populer Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Timur Tengah – Timur tengah merupakan wilayah dari beberapa Negara yang berada di Jazirah Arab. Beberapa organisasi Internasional menganggap Timur Tengah adalah Negara-negara yang  berada di wilayah Asia Barat Daya yang ditambah dengan Turki, dan Mesir.

Timur tengah diberkati dengan tambang minyaknya, dimanan hampir semua Negara menjadikan minyak dan gas sebagai komoditas utamanya. Selain itu, timur tengah terdiri dari gurun pasir yang membuat cuaca disana terasa panas. Namun, meskipun begitu Negara-negara di Timur tengah memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Timur tengah memiliki banyak wisata sejarah yang bisa dikunjungi, karena wilayah-wilayah di timur tengah merupakan tempat dimana banyak peristiwa-peristiwa yang mengubah peradaban dunia.  Dan juga terdapat pantai-pantai bagus di sekitar laut mediterania, dan teluk Persia.

Untuk wisata agama timur tengah memang surga bagi anda yang ingin berbibadah ataupun berziarah untuk lebih mendekatkan diri pada sang pencipta, terutama bagi anda yang beragama Islam, Kristen dan Yahudi, anda bisa menjelajahi kota suci Mekkah maupun Jerusalem.

Dan untuk urusan wisata modern, anda bisa menuju Dubai ataupun di Doha, dimana banyak bangunan dan hotel hotel yang megah. Nah, daripada anda bingung jika akan berlibur ke timur tengah, berikut kami sajikan tempat wisata di timur tengah terpopuler dan wajib dikunjungi berikut ini.

1. Piramida Giza, Mesir

gizaPiramida Giza dan Spink merupakan tempat wisata di timur tengah yang paling wajib dikunjungi. Ya, wisata yang menjadi salah satu andalan tempat wisata di Mesir ini merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia yang berada di Jazirah Arab.

Piramida Giza sendiri merupakan piramida terbesar yang dibangun pada masa pemerintahan Fir’aun. Dimana bangunan ini menunjukkan bagaimana kemajuan ilmu pengetahuan pada masa lampau. Piramida ini terletak di kota Kairo, tepatnya berada sekitar 25 kilometer dari pusat kota Kairo.

Tak jauh dari kompleks Piramida Giza, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain yang juga tak kalah menariknya, seperti Spinx, Makam Turhamun, Sungai Nil dan masih banyak lagi tempat yang bisa anda kunjungi disini.

2. Hagia Sophia, Turki


Haghia-SophiaMerupakan bangunan yang dulunya adalah sebuah katedral ortodoks yang dibangun pada tahun 537 Masehi di kota Istanbul, Turki. Kemudian pada tahun 1204, Hagia Sophia diubah menjadi sebuah Katedral Katolik setelah kota Istanbul dikuasai oleh pasukan Roma di Konstantionapel.

Seiring dengan runtuhnya kekaisaran Romawi, pada tahun 1453, Bangunan ini dijadikan sebagai masjid dibawah kepemimpinan khalifah Usmani. Dan pada tahun 1935 Hagia Sophia dijadikan museum oleh pemerintahan Turki, hingga saat ini.

Hagia Sophia terkenal dengan bangunan kubahnya yang sangat megah, dimana kubah tersebut melambangkan arsitektur yang berasal dari masa Bizantium yang diklaim telah merubah sejarah ilmu arsitektur dunia. Kubah tersebut berwarna biru megah, dimana Hagia Sophia juga mendapatkan julukan masjid biru karena warna dominan kubahnya.

3. Laut Mati, Jordania

Laut-MatiMerupakan titik terendah didunia, dimana berada pada 417.5 meter dibawah permukaan laut. Danau ini terletak diperbatasan 3 negara yaitu, Israel, Palestina dan Yordania. Disebut laut mati karena danau ini memiliki kadar garam yang sangat tinggi, dan bahkan kandungan garamnya merupakan yang tertinggi diantara lautan diduania.

Kadar garam di Laut Mati bahkan mencapai 32 %, sehingga hanya hewan-hewan yang memiliki ketahanan terhadap asin yang tinggi yang bisa hidup disini. Anda bahkan dengan mudah bisa mengambang di danau ini.

Selain itu, lumpur laut mati juga dipercaya dapat menghaluskan kulit, memperlancar peredaran darah dan membantu kesehatan. Anda tinggal mengoleskan lumpur yang berasal dari laut mati ini kekulit anda. Khasiat dari lumpur di Laut mati dipercaya sudah digunakan sejak zaman Cleopatra, King Solomon (Sulaiman) hingga Herodotus Agung dari romawi.

4. Burj Khalifa, Uni Emirat Arab

Burj-KhalifaMerupakan bangunan tertinggi di dunia yang juga menjadi Andalan tempat wisata di Uni Emirat Arab. Ya, Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter, dimana resmi dibuka pada tanggal 4 Januari 2010 yang mengalahkan ketinggian gedung Taipei 101 di Taiwan.  Bahkan, terdapat 3 waktu  yang berbeda di Burj Khalifa.

Bangunan ini diarsiteki oleh Para arsitek kondang dunia, yaitu Skidmore,dan Owings and Merril, dimana Burj Khalifa sendiri terdiri dari 160 lantai yang siap untuk dihuni. Terletak di Dubai, Uni emirat Arab, yang merupakan salah satu kota dengan banyak bangunan terbaik di dunia.

Di Burj Khalifa banyak tersedia berbagai fasilitas yang bisa digunakan, termasuk restoran, hotel, mall dan lain sebagainya. Pemandangan dari sini pun juga sangat menakjubkan, dimana anda bisa melihat berbagai Pulau buatan yang indah dan keindahan kota dubai dari atas ketinggian. Rasakan berada di atas awan di salah satu bangunan tertinggi didunia ini.

5. Petra, Jordania

PetraPetra merupakan bangunan yang dipahat dari bebatuan, dimana membentuk sebuah bangunan yang sangat memiliki nilai seni yang tinggi. Tempat wisata ini merupakan wisata favorit saat mengunjungi tempat wisata di Yordania. Petra diperkirakan dibangun pada tahun 312 sebelum Masehi.

Terletak di tengah lembah dan pegunungan yang kering, tepatnya di Hashemite. Petra dahulu pernah menjadi pusat perdagangan dan sekaligus menjadi ibu kota kerajaan Nabataen antara tahun 400 hingga 106 sebelum Masehi.

Pada Tahun 1985, Petra dijadikan salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO, dan pada tahun 2007, Petra masuk menjadi salah satu  dari tujuh keajaiban dunia.

6. Pamukkale, Turki

PamukalleTurki memiliki banyak tempat-tempat wisata yang menarik. Selian Haghia Sophia yang memiliki sejarah panjang dan memiliki bangunan yang mengaggumkan, Pamukkale juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa anda kunjungi di Timur tengah.

Terletak di Provinsi Denizili, wisata alam ini merupakan wisata air panas yang mengandung mineral karbonat membentuk kolam yang berundak yang cukup indah dipandang. Selain itu wisata ini juga dipercaya bisa mengobati penyakit kulit.

Pamukkale sudah menjadi tempat wisata selama ribuan tahun yang lalu. Tempat wisata ini ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1988.

7. Yerusalem

YerusalemMerupakan kota suci dari tiga agama besar dunia, yaitu Islam, Kristen dan Yahudi. Bagi umat Islam Yerusalem merupakan salah satu tempat penting, dimana kota ini terdapat masjid Al-aqsa dimana Nabi Muhammad SAW singgah di masjid ini sebelum naik ke langit ke tujuh, atau yang sering disebut dengan peristiwa Isra’ Mi’raj.

Bagi umat Kristen, Yerusalem merupakan tempat dimana Yesus disalib dan bangkit kembali. Sedangkan bagi umat Yahudi, disini terdapat temple of Solomon dan juga terdapat Tabut Perjanjian yang harus dijaga agar tetap aman.

Ada banyak tempat wisata rohani di Yerusalem, dimana hingga sekarang masih digunakan sebagai tempat peribadatan. Dan berikut beberapa wisata-wisata yang bisa anda kunjungi di Yerusalem.

  • Masjid Al Aqsa
  • Tembok Ratapan Yahudi
  • Gereja Makam Kudus
  • Via Dolorosa
  • Christian Quarter
  • Muslim Quarter

Dan masih banyak lagi wisata yang bisa anda kunjungi di kota yang penuh sejarah ini.

8. Luxor, Mesir

LuxorSelain Kairo yang menjadi tujuan wisata sejarah anda, di Mesir anda bisa menjelajahi kota yang juga sangat erat kaitanya dengan peninggalan-peninggalan masa lampau yang sangat mengaggumkan.Yaitu Luxor atau pada zaman kerajaan Fir’aun dahulu disebut kota Thebes, dimana kota ini juga merupakan  Ibukota Mesir kuno yang sangat populer.

Sekarang Luxor menjadi salah satu kota yang cukup modern di Mesir, namun anda masih bisa melihat peninggalan-peninggalan Fir’aun pada masa lalu seperti dibawah ini:

 


  • Kings Of Valley
  • Karnak
  • Kuil Luxor
  • Hatsepsut
  • Memnon
  • Deir El Bahari
  • Valley of the Queen
  • Dan masih banyak lagi

Di kota ini, seolah-olah anda berada pada zaman Mesir Kuno dengan bangunan-bangunan kuno yang menganggumkan yang masih bisa dilihat hingga sekarang.

Itu dia beberapa tempat wisata di Timur tengah yang populer dan wjib untuk dikunjungi. Selamat berlibur ya.

, , , ,
Post Date: Tuesday 25th, September 2018 / 13:46 Oleh :
Kategori : Asia Barat