4 Tips Backpacker Ke Eropa Yang Paling Berguna Dan Terlengkap

Anda punya rencana untuk menjangkau tempat wisata di Eropa Timur dengan cara backpackeran? Perlu anda ketahui beberapa persiapan yang harus anda miliki sebelum melakukan perjalanan baik besama teman atau seorang diri.

Memutuskan menjadi backpacker ke Eropa akan membutuhkan banyak pengeluaran, sedikitnya 15 juta untuk perjalanan pulang dan pergi. Berikut kami sarankan beberapa informasi backpacker ke Eropa yang harus anda ketahui sebelum anda berangkat.

1. Persiapan Pesawat dari Jakarta ke Eropa

wisata-di-Eropa

Pertama untuk menghemat acara backpacker ke Eropa, anda sebaiknya mendapatkan tiket promo pesawat dari Jakarta ke Eropa. Sama seperti halnya promosi wisata ke tempat wisata di Jepang atau Korea, banyak maskapai lokal yang menawarkan beragam tiket diskon.

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menekan pengeluaran anda. kalau mau murah tentunya anda harus jeli, sabar, dan juga tidak terburu-buru untuk segera mendapakan tiket promo. Lakukan dengan hati-hati dengan cara selalu rutin melihat promosi yang tersebar di website.

Pada umumnya, harga reguler tiket pesawat dari Jakarta ke Eropa pulang pergi kurang lebih 10-15 juta. Garuda seringkali menawarkan tiket pesawat promo seharga Rp5 juta dengan rute Jakarta—Amsterdam PP dengan penerbangan tanpa transit. Karena itulah anda bisa memanfaatkan tiket pesawat promo ini untuk melakukan perjalanan ke Eropa. Supaya anda berhasil, anda harus rajin follow social media, newsletter, dan grup-grup traveler di media sosial. Ikuti terus informasinya, begitu ada kesempatan langsung saja ambil kesempatan tersebut.

2. Biaya membuat visa Schengen

jalan-jalan-ke-Eropa

Untuk bisa backpacker ke Eropa, anda tetap harus mempersiapkan via seperti halnya untuk datang ke tempat wisata di Korea Selatan, anda harus menyiapkan Visa dengan jumlah yang sesuai.

Untuk ke Eropa, contohnya anda harus membuat visa Schengen. Anda harus membuatnya melalui kedutaan Belanda via VSF. Biaya visa ke Eropa khususnya ke Belanda atau Amsterdam ialah 60 Euro, ditambah handling fee 25 euro, jadi total 85 Euro.

Besarannya dalam rupiah disesuaikan dengan kurs rupiah pada saat itu, jadi biaya pembuatan visa kurang lebih sampai menyentuh angka Rp1.3 juta. Harga ini bisa jadi lebih mahal kalau kurs sedang naik, namun kurang lebih segitulah biaya pembuatan visanya. Selain Visa, dokumen penting lainnya ialah pembuatan passport, dokumen ini penting karena berguna sebagai KTP internasional.

3. Penginapan

amsterdam-schengen

Sebelum berangkat ke tempat wisata di Belanda atau kawasan Eropa lainnya dengan cara menjadi backpacker ke Eropa, kami sarankan supaya anda memilih tempat menginap terlebih dahulu.

Anda bisa memilih untuk menginap di Hostel, dengan harga kisaran antara 30-40 Euro per bed per malam. kelebihan bisa menginap di hostel ialah anda akan memiliki kebebasan untuk memasak karena di hostel akan tersedia dapur yang dapat anda manfaatkan bersama-sama dengan tamu yang lainnya.

Bila tidak suka hostel, anda bisa mengecek penginapan jenis lainnya. rajin-rajinlah untuk mengecek promo dari berbagai macam situs wisata yang memberikan informasi tentang harga terkini terkait dengan penginapan di dunia. Sekarang, situs informasi hotel dan lain-lain yang sedang booming ialah traveloka, booking, airnbnb, agoda, dan lain sebagainya.

4. Transportasi

belanda

Sebelum berangkat, anda sebaiknya memahami sistem transportasi yang akan anda butuhkan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain bahkan untuk menikmati tempat-tempat wisata di Eropa. Dari Belanda menuju Perancis misalnya akan dibutuhkan transportasi kereta yang sangat panjang, jadi anda harus menghafalnya minimal anda memiliki catatannya.

Khusus untuk ke Eropa, ada yang perlu anda pahami dari sistem transportasinya karena tidak sama dengan yang ada di Indonesia. Di Eropa, di setiap kotanya ada daypass untuk turis, umumnya antara 1-5 hari.

Kalau anda memang ingin berkeliling ke seluruh kota di Eropa, kami sarankan untuk membeli daypass. Dengan daypass anda bisa menikmati perjalanan dengan bus sepuasnya selama hari yang diberlakukan pada daypass tersebut. kalau anda ingin menikmati dan mendapatkan lebih banyak pengalaman maka kami sarankan untuk memiliki daypass yang berlaku selama lima hari.

Selain daypass untuk bus, ada pula daypass untuk kereta di eropa. Sama seperti tempat wisata di Jepang yang menawarkan harga kereta dengan harga yang lebih murah daripada taksi, maka banyak orang Eropa yang memilih mengambil perjalanan dengan kereta api. Buat anda, silahkan pilih yang mana yang paling cocok. Bila tidak ingin repot, anda pun bisa menyewa sendiri mobil untuk memaksimalkan perjalanan anda. namun, pastinya anda harus mempersiapkan diri karena biaya sewa mobil di Eropa sangat mahal. Contohnya di Belanda, biaya sewa mobil mulai dari 15 euro atau Rp 200.000 per hari hingga 95 euro atau Rp 1.400.000 tanpa sopir.

Harga tersebut belum termasuk bahan bakar dan biaya parkir. Kalau anda memutuskan untuk membawa sendiri mobil di Eropa, sebaiknya anda sudah memahami rambu-rambu lalu lintas yang berbeda dari Indonesia.

Hal-hal yang bisa kamu lakukan di Eropa

  • Mencicipi Makanan khas Eropa

Selama kunjungan anda yang secara backpacker ke Eropa kami sarankan untuk mencicipi makanan khas Eropa dan cicipilah jajanan street food ala orang Eropa, misalnya menciipi sosis currywurst di Berlin dengan harga sekitar 5 euro.

  • Memasak sendiri di hostel

Seperti yang sudah disinggung di atas, memiliki pengalaman memasak sendiri dalam perjalanan liburan anda ke Eropa pastinya akan memberikan kenangan yang berbeda. Anda bisa membeli bahan makanan di supermarket kemudian memasak sendiri di Hostel tempat anda menginap.

  • Mengunjungi Museum

Untuk tempat wisata, kami sarankan agar anda mengunjungi berbagai macam museum. Di Eropa, museum-museum bersejarah tertata dengan baik, semuanya terfasiltiasi dan diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh pemerintah setempat. Salah satunya ialah museum louvre di Paris, tiket masuknya hanya sekitar 17 euro. Anda bisa melihat karya seni yang agung di dalam sana, siapa tahu anda bisa mendapatkan inspirasi yang berharga setelah melakukan kunjungan.

  • Free Walking

Backpacker pada umumnya suka untuk melakukan free walking melihat arsitektur kota, mengambil foto dan lain sebagainya. tentunya ini masih bisa menjadi alternative kegiatan yang menarik untuk siapa saja yang suka melihat sekeliling apalagi jika ditambah dengan hobi fotografi.

Tempat Wisata di Eropa Rekomended untuk Anda

Berikut tempat wisata di Eropa yang kami rekomendasikan untuk anda datangi kapan saja anda memiliki kesempatan.

  1. Menara Eiffel di Paris
  2. Notre Dame di Paris
  3. Museum Louvre
  4. Koloseum di Roma
  5. Kastil Praha di Paris
  6. Place de la Concorde di Paris
  7. Menara Belem di Lisboa
  8. Jembatan Charles di Praha
  9. Istana Buda di Budapest
  10. Gunung Titlis di Gadmen
  11. Biara Jeronimos di Lisboa
  12. Pantheon di Roma
  13. Dan lain sebagainya.

Demikian penjabaran tentang backpacker ke Eropa, semoga bermanfaat untuk anda yang sudah punya niat untuk menjadi backpacker yang bisa keliling dunia.

, , ,
Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 03:48 Oleh :
Kategori : Eropa