16 Tempat Wisata Di Irak Yang Wajib Dan Harus Anda Kunjungi

Mungkin bagi anda yang pertama kali mendengar kata Irak, yang terbayang dipikiran anda adalah sebuah peperangan yang terjadi di negara tersebut. Memang, Irak merupakan negara yang sudah luluh lantak akibat perang yang terjadi selama bertahun – tahun.

Negara tersebut kini sudah mulai melakukan pembangunan untuk mengembalikan kondisi negaranya seperti sedia kala. Padahal jika anda pelajari lebih dalam, anda akan menemukan bahwa Irak merupakan salah satu negara yang ada di Benua Asia yang memiliki banyak tempat wisata bersejarah yang wajib anda kunjungi, terutama bagi anda yang beragama Islam.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting yang wajib anda ketahui yakni apa saja tempat wisata di Irak yang menjadi destinasi wisata bagi para turis yang ada di dunia karena ada beberapa tempat wisata tersebut yang menjadi saksi dari peradaban dan kejayaan islam pada masa itu. Sebelum itu kami menyarankan anda untuk membaca tentang tempat wisata di Iran dan tempat romantis di Hongkong.

1. Khorsabad

Khorsabad

Tempat wisata di Irak yang pertama adalah Khorsabad. Khorsabad pada dasarnya merupakan sebuah kota kuno yang telah berusia lebih dari 2.700 tahun yang mana lokasi dari kota ini yakni terletak di sebelah timur laut Irak. Adapun hal yang membuat Khorsabad menjadi terkenal adalah sebuah patung yang sangat besar yang berbentuk banteng bersayap yang memiliki kepala dua.

Ketika anda pertama kali mengunjungi Khorsabad, anda akan merasakan sebuah sensasi akan peradaban budaya yang maju yang ada di zaman itu karena mana mungkin di zaman yang serba tidak canggih tersebut sudah ada banyak bangunan dengan desain arsitektur kelas tinggi yang bahkan sulit untuk dibuat di zaman sekarang. Dijamin anda tidak akan menyesal datang jauh – jauh dari tempat asal anda untuk sekedar menyaksikan keindahan dari Khorsabad yang sudah dibangun sejak tahun 717 atau ada yang mengatakan sudah ada sejak 706 Masehi.

Namun yang disayangkan adalah bahwa Khorsabad sudah hancur lebur karena terkena serangan dari ISIS dimana mereka selain berusaha mengambil alih Irak, mereka juga memiliki misi untuk menghancurkan berbagai macam peninggalan bersejarah yang ada di negara tersebut.

2. Patung Singa Assyria

Patung Singa Assyria

Tempat wisata di Irak yang kedua adalah Patung Singa Assyria. Sama halnya dengan Khorsabad, tempat ini merupakan situs bersejarah yang dimiliki oleh negara yang memiliki ibu kota bernama Suriah tersebut, terlebih karena lokasi dari Patung Singa Assyria memang terletak di Suriah yang saat ini telah dikuasai oleh ISIS.

Perlu anda tahu bahwa Patung Singa Assyria sudah ada sejah abad ke 8 sebelum masehi, jadi jika kita hitung berdasarkan tanggal pembuatannya maka anda akan menemukan bahwa Patung Singa Assyria memiliki usia yang jauh lebih tua dibandingkan dengan Khorsabad. Tentu hal ini akan semakin menggugah hasrat anda untuk mengunjungi Patung Singa Assyria tersebut.

Ketika anda berkunjung ke Patung Singa Assyria, anda akan semakin merasakan keindahan dari seni yang sangat tinggi dan bersejarah yang bahkan anda tidak menemukan situs bersejarah yang memiliki usia yang sama di negara lain. Namun, Patung Singa Assyria sudah ada beberapa bagian yang telah dihancurkan oleh pasukan ISIS.


Kini, Patung Singa Assyria telah dipindahkan ke kota Raqqa dimana lokasi awal dari Patung Singa Assyria yakni di Suriah atau dekat dengan Allepo yang bahkan sampai sekarang masih dijadikan lokasi perang antara tentara sekutu dengan pasukan ISIS.

3. Masjid Nabi Yunus

Masjid Nabi Yunus

Tempat wisata di Irak selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah Masjid Nabi Yunus. Masjid yang sangat bersejarah ini terletak di Mosul, dimana lokasinya tidak jauh dari tembok Nineveh. Tempat bersejarah yang sangat kami rekomendasikan untuk anda yang beragama islam karena anda juga sekaligus bisa melakukan napak tilas dari Nabi Yunus.

Selain itu, di dalam Masjid Nabi Yunus juga dipercaya ada sebuah makam Nabi Yunus yang mana seperti kita tahu bersama bahkan telah disebutkan di agama lain bahwa Nabi Yunus merupakan seorang nabi yang mendapatkan ujian karena dahulu ditelan oleh Ikan Paus. Tentu masjid ini jauh lebih bersejarah dibandingkan masjid terkenal di Turki dan masjid sultan omar ali saifuddin.

Masjid Nabi Yunus pertama kali dibangun pada sekitar abad ke 8 sebelum masehi, dan bahkan sampai sekarang masjid ini menjadi salah satu situs bersejarah dan paling tua yang ada di dunia. Masjid Nabi Yunus tidak pernah sepi pengunjung karena setiap harinya selalu ada pengunjung dari berbagai negara di dunia meluangkan waktunya untuk mengunjungi Masjid Nabi Yunus sekaligus mengenang perjalanan Nabi Yunus dalam berdakwah dan menyebarkan agama islam.

4. Nimrud

Nimrud

Tempat wisata selanjutnya yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi adalah Nimrud. Tempat ini sudah dibangun sejak abad ke 13 sebelum masehi yang mana pada waktu itu Nimrud dijadikan sebagai ibu kota dari kerjaan Assyria yang baru.

Jika anda telusuri lebih dalam, maka anda akan menemukan sebuah istana ang sangat megah dan bersejarah milik Raja Assyria yang bernama Ashurnasirpal. Selain itu, anda juga akan menemukan beberapa situs kuno yang akan memberikan kesan bahwa tempat ini memang sudah berusia sangat lama sekali.

Banyak para turis yang berkunjung ke sini, terutama mereka yang hobi mengetahui sejarah karena mereka ingin mengetahui seperti apa bentuk dan sejarah yang tersimpan di sini. Namun yang disayangkan adalah beberapa bagian dari Nimrud sudah banyak yang dihancurkan oleh tentara ISIS sehingga membuat Nimrud menjadi kurang lengkap karena bagian – bagian yang sudah hancur tersebut.

Meskipun banyak yang mengecam tentang aksi yang dilakukan oleh ISIS terhadap penghancuran Nimrud, namun upaya tersebut tidak lebih dari sekedar teguran biasa karena sama sekali tidak berdampak sedikitpun terhadap kelompok yang sudah banyak membunuh dan melakukan penghancuran tersebut.

5. Hatra

Hatra

Tempat wisata yang juga merupakan sebuah kota bersejarah adalah Hatra. Tempat ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan atau bahkan arkeolog karena mereka masih penasaran terhadap beberapa bagian yang masih belum terpecahkan misterinya. Di dalam Hatra anda akan menemukan sebuah kuil yang merupakan kombinasi dari arsitektur Roman dan juga Hellenitis.

Dahulu kota ini selamat dari invansi yang dilakukan oleh Romawi pada tahun 116 dan juga pada tahun 198 karena pada waktu itu Hatra dipenuhi dengan tembok – tembok menjulang tinggi yang mengelilingi kota tersebut. Dan yang disayangkan bahwa Hatra sudah hancur dengan tanah karena serangan yang membabi buta dari pasukan ISIS.


6.  Palmyra

Palmyra

Tempat lainnya yang juga kami rekomendasikan untuk anda kunjungi adalah  Palmyra. Dahulu Palmyra merupakan sebuah tempat beristirahat bagi para pendatang atau rombongan yang mana mereka berjalan di Jalur Sutera.

Tempat ini menjadi sebuah saksi dari kerajaan yang pada waktu itu mencapai masa emasnya ketika di pimpin oleh Ratu Zenobia yang dulu melakukan pemberontakan terhadap Roma.

Seperti halnya beberapa situs bersejarah yang ada di Irak, Palmyra juga telah dihancurkan oleh pasukan ISIS dan ia juga telah mengeksekusi seorang arkeolog yang dulunya telah dipercaya untuk menjaga tempat tersebut. Dan pada tahun 2015, kota bersejarah yang sangat cantik tersebut sudah benar – benar lenyap. Dan tempat ini juga jauh lebih tua dibandingkan banguanan bersejarah di Asia Tenggara maupun bangunan bersejarah di Amerika.

Selain tempat wisata di Irak, masih ada beberapa tempat wisata lainnya yang ada di Irak yang harus anda kunjungi seperti:

  • Imam Hussain’s Shrine
  • Citadel of Arbil
  • Erbil-Kurdistan
  • Imam Ali Ibn Abi Talib Shrine
  • Al Abbas Holy Shrine
  • Al-Mutanabbi Statue
  • Great Mosque of Kufa
  • Tal Al Zainabeiah site
  • Ziggurat of UR
  • dan lain sebagainya

, , , ,
Post Date: Saturday 02nd, June 2018 / 06:22 Oleh :
Kategori : Irak