8 Wisata Bangunan Bersejarah Di Asia Tenggara Yang Paling Terkenal

Bila memiliki kesempatan berlibur ke negara manapun, masukkan daftar tempat wisata ke Korea Selatan sebagai tempat tujuan wisata, atau negara-negara tropis seperti tempat wisata di Thailand, tempat wisata di Vietnam, tempat wisata di Filipina, dan lain sebagainya, termasuk tempat wisata dengan bangunan bersejarah di Asia Tenggara.

Namun kebanyakan orang-orang akan memilih tempat wisata di Eropa Timur jika memiliki waktu libur yang panjang. Katanya, liburan ke Eropa akan menghabiskan dana yang sama besarnya dengan menghabiskan liburan ke Korea Selatan, sehingga banyak dari mereka yang berfikir lebih baik pergi langsung ke Eropa.

Well, apapun pilihan tempat liburan Anda, perlu diketahui juga bahwa ada beberapa tempat wisata di Asia Tenggara yang wajib di Kunjungi. Tempat-tempat ini sudah tercatat sebagai tempat wisata bangunan besejarah di Asia Tenggara yang harus dijadikan salah satu destinasi petulangan wisatawan dari seluruh dunia.

Cek satu per satu di sini!

  • Borobudur, Indonesia

borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan bersejarah di Asia Tenggara dan merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sudah menjadi salah satu situs warisan dunia.

Jika berkunjung ke Candi Borobudur, sebaiknya Anda kelilingi seluruh bagiannya. Sebab, seluruh relief yang ada di Candi Borobudur memiliki alur cerita tersendiri yang berdasarkan pada sebuah kitab sutera.

Relief candi tersebut menceritakan tentang alur kehidupan seseorang, dari lahir sampai kematian. Bila Anda bisa membacanya, selamat! Anda mungkin akan mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan yang tidak dimiliki oleh siapapun di dunia ini.

  • Cu Chi Tunnels-Ho Chi Minh City, Vietnam

Cu-Chi-Tunnels-in-Ho-Chi-Minh-City

Tempat wisata yang direkomendasikan kemudian di salah satu kawasan Asia Tenggara ialah sebuah terowongan bersejarah yang bernama Cu Chi Tunnels yang berada di Ho Chi Minh City, Vietnam. Terowongan yang kini ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia ini memiliki sejarah panjang sebagai sebuah tempat yang dulunya menjadi tempt tentara Vietnam bersembunyi dari penjajah.

Tempat ini menjadi salah satu tempat bagi tentara untuk menimbun makanan selama perang dan juga untuk bersembunyi. Akan tetapi sayangnya, terowongan ini juga menjadi saksi kemalangan tentara Vietnam. Sebab di dalam terowongan inilah tentara yang terserang penyakit malaria dirawat.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi terowongannya sampai mendetail, siapkan waktu yang panjang karena dibutuhkan waku sekitar setengah hari untuk menjelajahi seluruh terowongan. Banyak wisatawan yang mengaku mengalami pengalaman spiritual ketika menjelajahi terowongan ini. Mereka merinding dengan suasana yang terasa di dalamnya.


  • Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin-Bandar Seri Begawan, Brunei

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin-Bandar Seri Begawan

Bangunan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin telah menjadi salah satu landmark khas bagi ibu kota Brunei. Bangunan masjid bersejarah ini berada di Bandar Seri Begawan, sejak berdiri sampai sekarang, bangunan masjid ini telah menjadi ikon wisata utama di Brunei Darussalam.

Objek wisata utama Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ini memiliki 28 kubah dan menjadi bangunan masjid termegah di Bruneidarussalam. Masjid tersebut dulu dibangun sebagai simbol dalma rangka memperingati hari lahir Sultan Omar Ali Saifuddin III.

Bangunan masjid inipun menjadi bangunan masjid yang ingin dilihat oleh wisatawan muslim dari seluruh dunia. Dengan gaya modern namun tetap dengan sentuhan arsitektur khas Brunei, bangunan masjid Sultan Omar Ali Saifuddin menjadi bangunan yang megah dan indah sekaligus.

Masjid ini dibuka untuk wisatawan setiap hari, mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Tidak ada biaya masuk, alias gratis. Anda bisa menikmati pemandangan senja dan juga pemandangan kota Bruneidarussalam dari halaman masjid ini.

  • Menara Kuala Lumpur -Kuala Lumpur, Malaysia

Menara Kuala Lumpur -Kuala Lumpur, Malaysia

Jika punya kesempatan berlibur ke tempat wisata di Malaysia, sudah pasti bangunan Menara Kuala Lumpur tidak akan terlewatkan dari daftar kunjungan wisata Anda bukan? Memang tidak banyak yang bisa dinikmati selain pemandangan megahnya.

Hal-hal seperti wahana bermain mungkin tidak membuat Anda tertarik, tapi sungguh beraktivitas bersama wahana bermain di sekitar Menara juga bisa menjadi salah satu alternative menikmati pemandangan di sekitar area Menara Kuala Lumpur yang berada di ibukota negara Malaysia ini.

Salah satu wahana atraksi yang sangat banyak peminatnya ialah berjalan di atas kaca. Wahana ini berada di tepi gedung Menara yang memiliki ketinggian 420 meter. Dengan berada di puncak Menara, wisatawan dapat menikmati pemandangan seluruh kawasan Malaysia.

  • Angkor Wat-Siem Reap, Kamboja

Angkor Wat-Siem Reap, Kamboja

Angkor wat-siem reap merupakan sebuah bangunan semacam candi yang ada di Indonesia, atau kuil yang ada di India. Di Kamboja, Angkor Wat dimasukkan ke dalam kategori bangunan kuil bersejarah dan merupakan bangunn kuil terbesar di Kamboja. Jumlahnya hingga ratusan, dan luasnya sangat luas sampai membutuhkan waktu paling normal sekitar empat jam.

Seperti halnya Candi Prambanan dan Candi Borobudur, kuil Angkor Wat memiliki relief yang mengandung makna tertentu. Relief tersebut juga memiliki alur cerita. Selain melihat relief yang ada di Angkor Wat, Anda pun bisa melihat kuil lainnya yang berada di sekitar kawasan Angkor Wat, antara lain Ta Phrom, Ta Keo, Angkor Thom, Bayon, dan Banteay Srey.

  • Monumen Patuxai-Vientiane, Laos

Patuxai-Victory-Monument-in-Vientiane

Salah satu monument yang memiliki arti sejarah di Laos ialah Monumen Patuxai yang berada di kawasan Vientiane. Monumen ini berada di tengah-tengah bundaran, sehingga amat jarang menjadi objek wisata yang dijadikan kunjungan utama bila pergi ke Laos.

Objek wisata ini sebetulnya berupa stupa berwarna hitam yang sampai sekarang kemudian disebut dengan Black Stupa. Di sekitar Black Stupa terdapat taman yang bisa dijadikan sandaran sambila menikmati pemandangan kota dan melihat suasana sekitar. Di sekitar kawasan tersebut juga terdapt beberapa kafe modern yang bisa dijadikan lokasi untuk melengkapi liburan Anda.

  • Pagoda Shwedagon-Yangon, Myanmar

Pagoda Shwedagon-Yangon, Myanmar

Pagoda Shwedagon termasuk bangunan tua di Myanmar. Objek wisata megah ini berada di kawasan Yangon, kawasan wisata terkenal di Myanmar. Pagoda Shwedagon nampak berkilauan dari kejauhan, menjadi sebuah objek wisata yang amat memikat dijadikan sebagai objek foto.

Pagoda Shwedagon bermuatan emas, kilaunya bisa nampak dari kejauhan, berwibawa di antara bangunan dan pepohonan di sekelilingnya. Bangunan yang termasuk dalam situs Buddha ini dibuat secara khusus dengan tujuan untuk membuat siapa saja yang melihatnya menjadi lebih tenang.

Dapat dikatakan bahwa pagona ini merupakan pagoda khusus untuk membuat jiwa menjadi lebih tenang. Banyak wisatawan yang datang mengunjungi pagoda ini dengan tujuan untuk mendapatkan ketenangan jiwa.

  • Candi Putih atau Wat Rong Khun-Chiang Rai, Thailand

WatRong Khun Chiang Rai

Salah satu bangunan lain yang bersejarah di Asia Tenggara berada di negara Thailand. Bangunan bersejarah tersebut terkenal dengan sebutan candi putih karena warnanya yang didominasi warna putih. Arsitektur bangunan ini sangat kuno, namun dibuat pada tahun 1999, diprakarsai oleh seorang seniman dari Thailand.

Sampai kini, bangunan megah berwarna putih yang bernama asli Wat Rong Khun ini menjadi destinasi wisata yang terkenal sampai ke seluruh dunia. candi ini juga sering dibicarakan di majalah-majalah traveling di seluruh dunia.


Pembangunan candi ini menggambarkan proses reinkarnai yang digambarkan di dalam reliefnya. Dilihat dari kejauhan, Anda bisa menyaksikan adanya patung tangan-tangan yang terluruh berada di sekeliling candi, membuat pemandangan semakin epic.

Candi dibuka sejak pagi, dari jam 8 pagi sampai jam 6 petang. Dibuka secara gratis untuk setiap wisatawan yang ingin melihat-lihat kemegahan candi putih. Syarat masuknya sederhana, seperti halnya memasuki beberapa candi sakral di Bali, Anda diwajibkan mengenakan pakaian sopan untuk memasuki kawasan ini dan dilarang memakai pakaian terbuka.

Satu hal lagi yang harus dipatuhi setiap pengujung ialah tidak mengambil foto di kawasan candi. Hal ini sepertinya juga berlaku di beberapa candi di Bali. Harap untuk dipatuhi ya.

, , , ,
Post Date: Friday 20th, April 2018 / 08:01 Oleh :
Kategori : Asia Tenggara