14 Tempat Wisata Di Jamaika Terpopuler dan Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Jamaika – Jamaika sangat populer dengan musik reggae nya, dan negara ini juga merupakan asal dari genre musik tersebut. Genre musik yang diciptakan oleh Bob Marley ini sampai sekarang masih cukup populer dan cukup banyak penggemarnya di dunia. Musik ini cukup identik dengan suasana pantai yang santai dan sejuk. Namun, biasanya musik reggae memiliki lirik yang membahas mengenai isu sosial dan anti penindasan.

Jamaika merupakan salah satu negara yang berada di kepulauan Karibia. Pada dasarnya, Jamaika merupakan sebuah pulau dengan luas sekitar 10 ribu kilometer persegi. Dimana merupakan pulau kedua terbesar di Karibia setelah Kuba. Oleh sebab itu Jamaika dianugerahi pantai-pantai yang eksotis dan indah. Selain pantainya, Jamaika juga memiliki bentang alam yang cukup memgaggumkan. Oleh sebab itu simak yuk Wisata di Jamaika yang paling popoler berikut ini.

1. Doctor’s Cave Beach – Montego Bay

doctor's cave beachTidak lengkap rasanya jika berlibur ke Jamaika tanpa mengunjungi pantainya. Salah satu pantai yang paling populer dan paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Doctor’s Cave Beach yang berada di teluk Montego. Pantai ini memiliki pasir putih lembut dan perairan berwarna aquamarine yang tenang, dimana pantainya tak kalah indah dengan beberapa pantai di Asia seperti Pantai di tempat wisata di Maladewa maupun pantai-pantai di tempat wisata di Thailand.

Pantai ini memiliki Hamparan pasir putih sepanjang lima mil yang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang ganti dan bar pantai.

Pantai ini disebut Doctor’ cave beach dikarenakan pada awal  tahun 1920-an, seorang osteopati Inggris yang terkenal, menyatakan bahwa air di pantai ini memiliki kekuatan untuk penyembuhan. Pernyataan tersebut menjadi hal yang membuat pengunjung dari seluruh dunia berdatangan.

Kemudian Hotel-hotel mulai bermunculan, dan pantai ini menjadi tujuan wisata yang populer. Dulu di pantai ini terdapat goa, namun goa tersebut hancur oleh badai pada tahun 1932. Meskipun begitu, pantai ini tetap sepopuler sebelumnya dan hingga saat ini pantai ini sering dipadati oleh wisatawan yang berdatangan dengan kapal pesiar.

2. Dunn’s River Fall – Ocho Rios

Dunn's riverDunn’s River Falls juga merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Jamaika dan Karibia. Bahkan, Sungai ini adalah tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan Asing di Jamaika. Dun’s River Fall merupakan Air terjun yang dikelilingi dengan vegetasi hijau subur yang memberikan keteduhan bagi pengunjung.

Mendaki merupakan kegiatan populer di Dunn’s River Falls. Diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk menaiki air terjun ini,biasanya anda ditemani pemandu ketika mendaki air terjun ini. Jika Anda tidak ingin terlalu berdesakan dengan wisatawan  lain usahakan mengunjungi tempat ini sebelum jam 10 atau setelah jam 4 sore.


3. Pantai Negril

Negril beachJuga dikenal sebagai Seven Mile Beach, Negril Beach adalah salah satu pantai dengan hamparan pasir putih dan air biru bening yang menawan. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai terbaik di Karibia. Pantai ini memanjang dari Bloody Bay ke Long Bay, dimana terdapat banyak resort yang tersebar di sela-sela pohon kelapa di sepanjang pantai. Anda juga bisa menikmati olahraga pantai seperti snorkeling, dimana anda bisa menikmati suasan bawah laut pantai Negril yang dipenuhi dengan gerombolan ikan-ikan laut dangkal.

Di sebelah selatan pantai, terdapat Tebing Negril yang menjulang di atas pantai. Tebing ini menjadi tempat yang populer untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dan atraksai untuk melompat tebing. Beberapa resort paling mewah di Pantai Negril terletak di sepanjang tebing, termasuk The Caves dan The Cliff Hotel .

4. Rafting di Sungai Martha Brae

martha brae riverMerupakan salah satu hal paling populer yang dilakukan wisatawan di Jamaika. Di Martha Brae Rafter’s Village, Anda dapat meluncur di bentangan sungai yang indah diatas rakit dari bambu dengan ditemani oleh seorang pemandu.

Perjalanan santai ini merupakan cara yang bagus untuk menikmati  pemandangan pinggiran sungai yang hijau dan sejuk di Jamaika. Biasanya beberapa pemandu akan menghibur Anda di sepanjang jalan, seperti dengan bernyanyi atau berbagi informasi tentang flora dan fauna.

5. Taman Nasional Blue and John Crow Mountains

John crowTaman Nasional Blue and John Crow Mountains merupakan salah satu  Situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO pada tahun 2005 lalu. Tempat ini menjadi tempat perlindungan bagi para mantan budak dan penduduk asli Taino, yang melarikan diri ke sini untuk menghindari perbudakan. Selain itu, Cagar alam ini juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Di Taman ini, Anda bisa menjelajahi hutan pegunungan dimana terdapat air terjun; hutan hujan yang lebat; perkebunan kopi; dan tumbuhan dan hewan eksotis. Taman ini memiliki 800 spesies tanaman endemik, lebih dari 200 jenis burung, dan kupu-kupu terbesar kedua di dunia.

Jalan untuk tracking di taman ini cukup berat, terutama setelah hujan, jadi kendaraan 4WD atau pemandu berpengalaman sangat disarankan. Anda juga bisa mendaki Blue Mountain  yang merupakan gunung tertinggi di Jamaika dengan memiliki tinggi 2.256 meter.

6.Port Antonio

port antonioTerletak di antara pegunungan dan pelabuhan Port Antonio. Dimana pelabuhan ini memiliki pesona santai dari desa nelayan yang sunyi. Dulu pelabuhan ini merupakan pusat ekspor pisang.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan disini seperti hiking, arung jeram di Rio Grande , Berjalan-jalan ke Reach Falls , dan snorkeling atau menyelam menikmati keindahan bawah laut Antonio. Tempat berenang favorit adalah Blue Lagoon dimana tempat ini juga dialiri dengan mata air tawar.

Selain itu, kunjungi juga benteng Inggris yang dibangun abad ke-18 dari Fort George dan Frenchman’s Cove yang indah. Tidak jauh dari situ terdapat Sungai Daniel yang mengalir melalui bebatuan yang juga terdapat air terjun dan kolam renang yang dikenal sebagai Somerset Falls .

7. Rose Hall, Montego Bay

Rose hallDibangun pada tahun 1770, Rose Hall merupakan sebuah rumah perkebunan dengan pemandangan laut yang indah. Rumah ini dulunya pernah ditinggali Annie Palmer yang legendaris (Penyihir Putih) yang memerintah di sini dengan kekejamanya dan dia juga meninggal disini.

Saat ini, rumah nya dipugar dan dihiasi dengan perabotan antik, yang kemudian dijadikan sebagai tempat wisata. Anda bisa mengunjungi Rose Hall saat siang hari, atau jika anda menginginkan suasana yang gothik, anda bisa berkunjung saat malam hari, dimana anda akan ditemani dengan cahaya lilin dan juga kisah-kisah penampakan hantu yang menyeramkan. Jika anda pecinta sejarah, anda juga bisa mengunjungi War Remnant Museum di Vietnam, ataupun beberapa bangunan Bersejarah di Amerika yang juga merupakan salah satu wisata sejarah populer di dunia.

8. Kingston

KingstonMerupakan ibu kota Jamaika yang terletak di kaki Blue Mountains . Di kota ini anda dapat berekeliling menjelajahi kota dengan beberapa tempat wisata andalan seperti:

  • The Museum Bob Marley , merupakan bekas rumah dari Bob Marley, Artis Reggae yang fenomenal. Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di Kingston yang paling wajib dikunjungi. Apalagi untuk anda penggemar music reggae.
  • Trench Yard Museum ,Selain mengunjungi The Museum Bob Marley, untuk anda penggemar reggae, juga jangan lewatkan museum yang satu ini. Disini juga merupakan tempat di mana musik reggae lahir.

  • Devon House yang bersejarah
  • Galeri Nasional
  • Museum Sejarah Alam
  • Emancipation Park, taman hijau yang sejuk yang berada di tengah kota Kingston. Di Taman ini terkadang ada konser musik yang bisa anda saksikan
  • National Heroes Park, Di taman ini anda bisa melihat patung para pahlawan sejarah dan kemerdekaan Jamaika.
  • Port Royal, merupakan benteng Inggris yang dibangun pada abad ke-17, terletak di ujung semenanjung yang mengelilingi Kingston Harbor.

Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata di Jamaika. Namun diatas merupakan beberapa tempat wisata di Jamaika yang populer.

, , , ,
Post Date: Wednesday 25th, April 2018 / 16:29 Oleh :
Kategori : Jamaika