6 Tempat Wisata Di Korea Utara Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di negara Korea Utara mungkin tak seterbuka tempat wisata di Korea Selatan karena terhubung erat dengan kebijakan pemerintahan setempatnya. Negara Korea Utara memang tak sebebas korea selatan dalam membebaskan kunjungan turis ke negaranya, namun bukan berarti mereka tertutup sama sekali.

Mereka tetap memberi kesempatan pada orang luar untuk memasuki negaranya, berwisata, dan melihat-lihat, walaupun suasananya jelas berbeda. Tempat-tempat wisata di Korea Utara pun sebenarnya sama menakjubkannya dengan yang ada di negara lainnya. beberapa tempat bisa mengingatkan kita pada negara Eropa.

Berikut beberapa tempat wisata yang mungkin membuat Anda semakin penasaran untuk mengunjungi Korea Utara.

  1. Juche Tower

Juche Tower By Might

Juche Tower merupakan tempat wisata di Korea Utara yang harus Anda kunjungi. Dengan melihat juche tower, Anda bisa mempelajari ideologi Korea Utara karena Juche Tower merupakan sebuah tempat wisata di korea utara yang menjadi simbol ideologi politik Juche.

Tower ini diperkenalkan oleh Kim Il-Sung mulai dari tahun 1982, tepat dimulainya pembangunan menara ini. Bila negara lain memiliki menara bersejarahnya sendiri sampai menjadi tempat wisata bersejarah, seperti tempat wisata bersejarah di Perancis, atau tempat wisata bersejarah di hongkong, maka juche Tower di Korea Utara juga merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Kora Utara.

Menara ini berketinggian 170 meter. Menara yang cukup tinggi ini menjadi ikon atraksi utama untuk para turis yang datang berwisata ke Korea Utara. Seperti halnya menara-menara lainnya, menara Juche Tower pun bisa dinaiki, Anda bisa naik sampai puncak dan menikmati pemandangan indah ibu kota Korea Utara dari ketinggiannya. Dari menara, Anda bisa memantau suasana Pyongyang yang lengang.

Untuk menjangkau Juche Tower, tidak disarankan untuk wisatawan dari negara manapun bepergian sendirian. Selama berwisata ke Korea Utara sangat disarankan untuk melakukan perjalanan bersama dan berdasarkan panduan tour guide.

Dengan didampingi oleh tour guide, Anda akan aman dari awal perjalanan sampai akhir. Tour guide pasti akan memberitahu Anda apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat wisata di Korea Utara. Lagipula setiap agen perjalanan pasti menawarkan paket wisata perjalanan yang menguntungkan untuk kliennya, salah satu tempat wisata di Korea Utara yang sudah pasti ditawarkan tentu saja Juche Tower.

2. Kumsusan Palace of the Sun

Kumsusan-Palace-Of-The-Sun

Pernah melihat arsitektur peninggalan nenek moyang bangsa Tionghoa yang kini menjadi tempat wisata Tiongkok bukan? di Kore Utara pun juga ada tempat wisata yang memungkinkan kita semua untuk melihat jaman kerajaan di Korea Utara.

Tak hanya China yang memiliki tempat wisata di China yang mengandung pesan erat terkait dengan sejarah peradaban bangsa, atau pun Korea Selatan yang merupakan negara serumpun dengan Korea Utara, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini menawarkan tempat wisata bersejarah ke Kumsusan Palace of the Sun.


Tempat wisata tersebut berupa bangunan megah yang berdiri di sisi pinggir kota Pyonyang. Bangunan bersejarah serupa istana tersebut dibangun Kim Il-sung untuk dirinya sendiri dan untuk anaknya, Kim Jong-il pada tahun 1976. Namun sejak meninggalnya Kim Il Sung, pada tahun 1994, bangunan tersebut telah berubah menjadi mausoleum, sehingga difungsikan sebagai tempat wisata bersejarah.

Kim Jong Il yang menjadi pewaris tahta memutuskan merombak bangunan awal yang sudah dirancang oleh Kim Il-sung bersama tim kepercayananya. Kim jong-il merombak konsep bangunan menjadi nampak lebih modern dan lebih megah melebihi mauseloum yang terkenal di dunia seperti Taj Mahal.

Sudah pasti daya tawar utama tempat wisata ini adalah kemegahan arsitekturnya yang dapat Anda saksikan dengan perlahan-lahan. Tempat wisata ini tidak dibuka setiap hari untuk warga maupun untuk wisatawan asing.

3. Victorious War Museum

Victorious-War-Museum

Dibandingkan Kumsusan Palace of the Sun, Victorious War Museum yang dibangun sejak tahun 1953 ini telah menyedot perhatian turis dari seluruh penjuru dunia bak Angkor Wat di Thailand.

Tempat wisata di Thailand juga memiliki berbagai macam tempat yang menarik perhatian semua orang dari penjuru dunia. tapi tak semisterius tempat wisata di Korea Utara yang selama ini menjadi negara tertutup, tempat wisata Victorious War Museum memang menarik dari sisi sejarahnya dan telah menarik pengjung sebanyak 700.000 wisatawan, dan jumlah ini masih akan terus bertambah.

Banyak wisatawan yang datang dan menikmati koleksi benda bersejarah di dalam Victorious War Museum. Museum yang terletak di pusat kota Pyongyang ini dapat membantu Anda melihat kendaraan perang dan senjata-senjata yang digunakan oleh tentara Korea Utara dalam pecah perang Korea.

Tempat wisata Victorious War Museum sudah dibuka untuk umum dalam waktu yang lama, namun tetap saja sangat disarankan bagi wisatawan dari negara manapun untuk berkeliling museum dengan bantuan tour guide, utamanya tour guide lokal.

Ada sebauh peraturan yang harus Anda penuhi selama berkunjung di dalam museum, yang paling utama ialah tidak boleh mengucapkan hal-hal kotor di dalam museum atau pun hal-hal yang dapat dianggap menghina negara Korea Utara. Apabila Anda melanggarnya, anda akan langsung dijebloskan ke dalam penjara. Korea Utara sangat konservatif pada ideologi negaranya, karena itulah sebagai orang luar apalagi cuma wisatawan lebih baik mengikuti peraturan.

4. DMZ (Korean Demilitarized Zone)

Korean-Demilitarized-Zone-DMZ

Cobalah untuk datang ke salah satu tempat wisata yang menantang di Korea Utara. Salah satunya dan yang paling terkenal ialah Korean Demilitarized Zone (DMZ) yang merupakan daerah perbatasan yang dibangun paska perang Korea usai.

Batas negara ini membagi semenanjung Korea menjadi dua sama besar melalui 38 panel penjagaan yang sangat ketat. Daerah ini disebut juga sebagai “zona panas” bagi orang Korea Utara dan Korea Selatan, di mana dua belah sisi berisi tentara yang menjaga ketat dua negara.

Kalau Anda memiliki keberanian untuk berwisata di zona panas ini tentunya anda akan langsung merasakan suasana otentik yang sangat khas zona panas. Area di di DMZ terasa sangat sunyi. Tidak ada seorang pun yang diijinkan melakukan keributan di area tersebut. pada umumnya, orang lokal menyebut, area DMZ merupakan medan perang dingin antar dua negara yang tidak akan pernah ada habisnya.

5. The State Circus

The-State-Circus

Setelah mengunjungi area bersejarah dan zona panas yang tentunya membuat kita merasa tegang sekaligus tertantang, saatnya untuk menurunkan adrenalin dengan menikmati wisata hiburan di Pyongyang. Ada sebuah tempat wisata atraksi di Korea Utara, sebuah atraksi sirkus yang amat terkenal dan digelar setiap malam.

Wisata hiburan ini selalu digelar untuk menghibur warga korea dan juga pendatang yang ingin memiliki kenangan lain selain berwisata ke tempat-tempat bersejarah di Korea Utara. Setiap malam, atraksi sirkus akan diisi dengan penari-penari yang sangat elastis dapat bergelantungan di tali. Juga ada atraksi-atraksi lainnya seperti hewan-hewan buas yang menuruti perintah pawangnya, dan lain sebagainya. menghabiskan waktu di isi tidak akan terasa lama.


6. Arc of Thriumph

Arc-of-TriumphKalau kamu sudah pernah mengunjungi tempat wisata di Paris, Perancis, ketika Anda mengunjungi Arc of Triumph yang berdiri di Pyongyang, Anda mungkin akan teringat pada salah satu bangunan bersejarah di Perancis yang dibangun di masa Napoleon. Bangunan tersebut dibangun untuk memperingati kemenangan Napoleon selama perang Dunia I.

Bedanya, triumphal arc merupakan bangunan bersejarah yang didirikan sebagai penanda keberhasilan Korea Utara melawan tentara Jepang yang terjadi pada kurun waktu 1925-1945. Bangunan Triumphal Arch dikenal sebagai bangunan terbesar kedua di dunia setelah Monumento a la Revolucion di Meksiko.

Arch the Triumpal memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter dengan lebar 50 meter. Bangunan ini disusun dari 25.500 batu granit, jumlah tersebut disesuaikan dengan jumlah hari peringatan 70 tahun Kim Il-sung.

Di setiap 27 meter tinggi bangunan terdapat motif bunga Azalea. Selain itu, bangunan ini memiliki ruang yang di dalam ruang itu terukir sebuah lagu hymne sebagai bentuk penghormatan keapda Jenderal Kim Il-sung.

, , ,
Post Date: Wednesday 09th, May 2018 / 09:39 Oleh :
Kategori : Korea Utara