25 Tempat Wisata Di China yang Wajib Dikunjungi

China merupakan salah satu Negara dengan perkembangan ekonomi yang paling pesat di dunia. Kehebatan China juga sudah dikenal sejak zaman dahulu. Banyak sekali bangunan-bangunan megah yang dibuat pada masa lampau, yang terkadang membuat orang-orang modern sekarang kagum akan keindahan dan detail dari bangunanya. Mengingat pada zaman dahulu hampir semua pembangunan dilakukan dengan tenaga manusia dan tanpa alat-alat seperti sekarang ini. Salah satu bangunan yang menakjubkan dan paling terkenal adalah Tembok besar China yang membentang sepanjang ribuan meter. Bangunan ini juga ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia dan ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Nah, Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Selain Tembok Besar China yang melegenda, di China juga banyak sekali wisata-wisata yang bisa anda kunjungi. Dikarenakan China memiliki wilayah Negara yang sangat luas, bentang alamnya pun juga beraneka ragam. Mulai dari pegunungan tinggi di bagian barat, hingga pantai-pantai indah diwilayah timur menjadikan Negara China sebagai salah satu Negara yang wajib anda masukkan ke dalam daftar wisata anda saat ke luar negeri. Selain itu banyak makanan-makanan khas China juga sangat recommended untuk anda nikmati. Meskipun di Indonesia sudah banyak tersebar restoran-restoran yang menjual masakan China, tidak ada salahnya mencoba masakan China di tempat asalnya. Yang pasti rasa lebih orginal kan jika yang masak “empu”nya. Tapi untuk anda yang beragama islam, perlu hati-hati karena di China banyak sekali masakan-masakan yang terbuat dari babi.

Mungkin ada banyak sekali wisata-wisata yang menakjubkan di China yang tersebar di berbagai kota. Berikut adalah beberapa tempat wisata di China yang popular dan wajib untuk anda kunjungi.

  1. Beijing

Beijing adalah Ibukota dari Negara China. Selain memiliki gedung-gedung pencakar langit yang megah, disini juga masih banyak terdapat bangunan-bangun kuno peninggalan dinasti-dinasti China sebelumnya. Salah satu wista yang terkenal disini adalah The Great Wall yang membentang di bagian utara Beijing.

Tembok Raksasa China (The Great Wall)

tembok besar chinaTembok Besar China atau The Great Wall terletak di bagian utara Beijing. Merupakan sebuah bangunan tembok yang memiliki panjang sekitar 6.350 km dan dibangun sekitar abad ke-5 sebelum masehi. Bangunan ini dulunya digunakan oleh kerajaan China sebagai benteng pertahanan yang kokoh selama berabad-abad lamanya. Bangunan ini cukup populer, karena masuk dalam 7 keajaiban dunia. Bayangkan saja bagaimana orang-orang dahulu membuat bangunan sepanjang dan sebesar ini.

Jika anda sedang berlibur ke China rasanya sangat disayangkan sekali jika melewatkan tempat yang satu ini. Bisa dibilang anda belum berlibur ke China jika belum datang ke sini. Jangan lupa untuk bawa air minum dan sepatu ya ketika mengunjungi tempat ini. Namun jangan khawatir anda akan disuguhkan dengan pemandangan bukit-bukit yang eksotis dan anda akan dibuat kagum dengan salah satu maha karya tangan manusia.

Ada beberapa spot bagi anda yang ingin berkunjung ke Tembok besar China diantaranya yaitu:

Badaling Great Wall

  • Tiket : 40 Yuan (1 November – 31 Maret) dan 45 Yuan (1 April – 31 Oktobrer)
  • Jam Buka : 07.00-18.00 saat musim dingin dan 06.30 – 19.00 saat musim panas

Matianyu Great Wall

  • Tiket : Dewasa 45 Yuan ; Anak – anak 25 yuan anak tinggi minimal 1,2 m 20 yuan ; gratis untuk anak –anak dibawah 1,2 m
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Simatai Great Wall

  • Tiket : Dewasa 40 Yuan ; Anak – anak tinggi minimal 1,2 m 20 yuan ; gratis untuk anak –anak dibawah 1,2 m
  • Jam Buka : 08.00-17.30 (1 November – 31 Maret) dan 08.00 – 18.00 (1 April – 31 Oktober)

Jin Shaling Great Wall

  • Tiket : 65 Yuan (Maret – November) dan 55 Yuan (November- Maret)
  • Jam Buka : 08.00-17.30 (1 November – 31 Maret) dan 08.00 – 18.00 (1 April – 31 Oktorer)

Juyongguan Great Wall

  • Tiket : 40 Yuan (1 November – 31 Maret) dan 45 Yuan (1 April – 31 Oktobrer)
  • Jam Buka : 08.30 – 17.00

2. Istana Terlarang (The Forbidden City)

Istana TerlarangKota terlarang merupakan sebuah istana yang bergaya khas bangunan China, dengan kombinasi warna merah dan emas. Disebut kota karena didalamnya terdapat hampir seribu bangunan rumah yang dibangun di dalam istana tersebut. Istana ini memiliki luas yang mencapai sekitar 72 kilometer persegi. Kota ini dibangun pada abad ke-15 oleh dinasti Ming dan diteruskan oleh Dinasti Qing. Jika di total istana ini dibangun selama 16 tahun lamanya tepatnya pada tahun 1406 hingga 1420.

Kota ini sekarang hanyalah menjadi tempat wisata saja. Karena sudah tidak digunakan lagi untuk kegiatan keagamaan maupun pemerintahan. Namun meskpun begitu anda juga harus tetpa menjaga kebersihan dan kesopanan di tempat ini.

  • Tiket : 40 Yuan (1 November – 31 Maret) dan 60 Yuan (1 April – 31 Oktober)
  • Jam Buka : 8.30 -16.30 (1 November – 31 Maret) 8.30 – 17.00 (1 April – 31 Oktober)

3. Danau Sichahai (Sichahai Lake)

danau sichihaiDanau Sinchahai terletetak di pusat Kota Beijing. Anda bisa menikmati danau ini secara gratis. Danau ini sangat cocok untuk melepas penat setelah berjalan-jalan keliling Beijing. Anda juga bisa menikmati sunset maupun sunrise yang lumayan indah di sini.

Selain untuk jalan-jalan, Anda juga bias memancing di danau yang luasnya sekitar 147 hektar ini. Di beberapa tempat anda juga dapat menemukan kios-kios yang menjual makanan maupun souvenir-souvenir yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.  Di kawasan ini juga anda bisa melihat atau mengunjungi sebuah tempat yang bernama hutong. Hutong adalah sebuah tempat yang dimanana berupa desa kecil yang memiliki banyak gang-gang sempit didalam desa tersebut.

4. Taman Xiangshan (Fragrant Hill Park)

Taman XiangshanTaman Xiangsan atau Fragrant Hill Park termasuk taman yang cukup populer bagi turis mancanegara di China. Terletak kira-kira 20 km dari pusat kota Bangkok membuat taman ini selalu ramai oleh pengunjung. Di taman ini terdapat pavilion yang berada di ketinggian 500 meter yang bisa kita gunakan untuk menikmati pemandangan kota Beijing. Kita bisa melihat Kota Beijing yang dihiasi bukit-bukit dan gedung-gedung pencakar langit yang megah.

Taman ini mempunyai ukuran yang cukup luas yaitu sekitar 400 hektar dan bahkan masuk 10 taman terbesar di China. Jadi siapkan air minum ya untuk menjelajahi taman ini.

Jika anda ingin datang ke taman ini usahakan untuk datang saat musim gugur, karena kita akan disuguhkan daun-daun pohon merah yang cukup indah berguguran di sepanjang jalan taman ini. Namun anda juga tidak perlu khawatir jika anda datang pada musim yang berbeda, karena pemandangan disini juga tak kalah menariknya di setiap musim.

  • Tiket : 10 Yuan (Apr. 1 – Nov. 15); 5 Yuan (Apr. 1 to Nov. 15)
  • Jam Buka: Apr. 1 – Jun. 30: 06:00 sampai 18:30 ; Jul. 1 – Aug. 31: 06:00 sampai 19:00 ; Sep. 1 – Nov. 15: 06:00 sampai 18:30 ;Nov. 16 – Mar. 31: 06:00 sampai 18:00

5. Gedung Theater National (National Grand Theater)

Gedung Theater NasionalSeperti namanya gedung ini digunakan untuk menampilkan pertunjukkan seperti drama, tarian maupun opera khas Tiongkok. Namun apabila anda saat berkunjung kebetulan sedang tidak ada pertunjukkan, jangan khawatir, karena disini terdapat pameran karya seni yang bisa anda nikmati setiap saat.

Yang lebih menarik dari gedung ini adalah bentuk bangunanya yang begitu unik. Dirancang membentuk sebuah kubah kaca raksasa dengan bentuk mirip telur yang dibelah, menjadikan gedung ini sangat iconic dan sangat pas untuk kalian yang hobby berfoto selfie. Apalagi, gedung ini dirancang berada di tengah danau, dimana semakin menambah dan semakin berkilau gedung tersebut.

6. Taman Beihai (BeiHei Park)

Taman BaihaiTaman Beihai merupakan salah satu taman di Beijing yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di taman ini terdapat sebuah danau yang di tengahnya terdapat sebuah pulau. Dimana diatas pulau itu dibangun sebuah pagoda yang cukup indah yang dibangun oleh salah satu kaisar pada masa dinasti Yuang.

Pagoda tersebut dibangun dengan maksud untuk menghormati para pendahulnya. Apalagi ketika kabut mulai menyelimuti taman ini. Kesan indah dan magis akan terasa seperti anda berada di negeri dongeng.

  • Tiket : 5 Yuan (1 November – 31 Maret) ; 10 Yuan (1 April – 31 Oktober)
  • Jam Buka : 06.30 -20.0

7. Istana Musim Panas (Summer Palace)

Istana Musim PanasMerupakan sebuah istana yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan sekitar tahun 1750-an lalu. Tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Qing. Istana ini terletak di tengah danau sama seperti Taman Beihai. Serta taman ini juga dikelilingi bukit-bukit hijau yang bisa anda jelajahi keindahanya.

Istana Musim Panas ditetapkan UNESCO sebagai warisan Budaya dunia. Selain anda bisa berfoto-foto dengan latar belakang istana yang indah. Anda juga diperbolehkan masuk kedalam istana. Di dalam istana, Anda akan dibuat kagum dengan peninggalan-peninggalan masa lampau yang mengaggumkan.

  • Tiket : 20 Yuan (1 November – 31 Maret) ; 30 Yuan (1 April – 31 Oktober)
  • Jam Buka : 7:00-17:00 (1 November – 31 Maret) ; 6:30-18:00 (1 April – 31 Oktober)

8. Stadion Nasional(Bird Nest) 

stadion Bird NestStadion Nasional ini merupakan stadion yang baru saja dibangun satu dekade silam. Dibangun untuk menyambut Olimpiade Beijing yang berlangsung pada tahun 2008 lalu. Stadion ini terbilang cukup unik dan bahkan masuk ke dalam salah satu bangunan terunik di dunia. Stadion ini terlihat mirip sarang burung. Oleh sebab itu stadion ini dinamakan bird Nest. Stadion ini sangat ikonik jadi sangat cocok untuk sarana ber-selfie ria.

Selain memiliki bentuk yang cukup unik, stadion ini juga diklaim bisa menahan gempa dengan kekuatan 8,0 scala richter. Ketika datang ke Beijing jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke Bird Nest.

  • Tiket : 50 Yuan
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00 (1 November – 31 Maret) ; 09.00-19.00 (1 April – 31 Oktober)

9. Taman Jinghsan (Jinghsan Park)

Taman JingsanTaman Jingsan dibuat pada masa pemerintahan Dinasti Jin, Oleh karena itu dinamakan Jingsan. Wisata ini memiliki luas sekitar 58 hektar, dimana terdapat lima pavilion yang berada diatas bukit yang terpisah, dan dari kejauhan pavilion ini terlihat proporsional. Dahulu, pavilion ini merupakan tempat untuk bersembahnyang para kaisar.

Taman ini juga memiliki udara yang cukup sejuk. Dimana di taman ini juga ditanam berbagai buah-buahan yang pada zaman dahulu digunakan untuk menjamu Kaisar dan permaisuri. Taman ini juga terhubung langsung dengan bagian utara dari taman shichahai.

10. Taman Tiantan (The Temple of Heaven)

Taman TiantanMerupakan sebuah kuil yang memiliki bangunan yang cukup unik karena berbentuk seperti kerucut yang begitu proporsional. Kuil ini dibangun dengan mempertimbangkan berbagai aspek, dan setiap aspek diperhitungkan secara rinci. Jadi wajar jika kuil ini terlihat begitu indah.

Kuil Tiantan sampai sekarang masih digunakan sebagai tempat beribadah oleh masyarakat sekitar. Saat memasuki kuil ini, kita akan disuguhkan hiasan dinding yang indah. Serta di kuil ini terdapat tembok yang sangat panjang yang memisahkan menjadi dua bagian, dimana di satu sisi melambangakan surga dan sisi yang lain melambangkan bumi. Terkadang kuil ini juga digunakan sebagai tempat perayaan dimana menampilkan kebudayaan-kebudayaan khas china.

  • Tiket : 30 Yuan (1 November – 31 Maret) ; 35 Yuan (1 April – 31 Oktober)
  • Jam Buka : 06.00 – 22.00

11. Shanghai

Shanghai merupakan kota cukup populer di telinga masyarakat Indonesia. Merupakan kota bisnis terbesar di China. Di kota ini kita juga akan disuguhkan gedung-gedung pencakar langit dengan arsitektur yang luar biasa. Selain itu kota ini juga merupakan kota yang sangat recommended bagi anda yang suka berbelanja.

Shanghai Pearl Tower

Shanghai TowerShanghai Pearl Tower merupakan ikon dari kota shanghai. Bangunan ini berbentuk tower dengan bulatan yang berada di bagian atas dan bagian bawah. Dari sini kita dapat melihat keindahan kota Shanghai yang membentang gedung-gedung pencakar langit yang menawan.

Untuk menikmati wisata ini kita harus membayar tiket terlebih dahulu. Selain itu ketika kita memasuki gedung ini, kita harus melewati pemeriksaan metal detector. Setelah kita lolos pemeriksaan, kita bisa menaiki lift hingga sampai di bulatan atas tepatnya di lantai 117. Barulah disini anda bisa menikmati keindahan kota Shanghai dari ketinggian.

12. The Bund

The BundThe Bund sendiri berarti tanggul atau bendungan. Disini terdapat spot bagus yang sangat romantis yang dinamakan “The lovers Wall”. The Lovers wall merupakan sebuah tembok penahan banjir dengan panjang sekitar 1700 m. Dari sini anda bisa melihat indahnya kota Shanghai dengan pasangan anda sambil menikmati makanan yang dijual diberbagai restoran di sini.

Selain itu, The Bund memiliki banyak bangunan yang cukup elegan dan unik. Mulai dari gedung-gedung pencakar langitnya yang megah, bangunan klasik china, Bangunan-bangunan khas eropa, bahkan juga terdapat bangunan dengan gaya Renaissance dapat kita temukan disini.

13. Jade Buddha Temple

jade templeMerupakan sebuah kuil yang digunakan untuk tempat peribadatan umat Buddha Mahayana. Kuil ini dibangun pada abad ke 19 tepatnya tahun 1882. Kuil ini memiliki bangunan khas gaya china dengan atap samping yang agak meruncing ke atas . Meskipun sebagai tempat ibadah tempat ini juga cocok sebagai latar untuk berfoto.

Disini juga terdapat patung Budha yang terbuat dari batu Giok, dan beberapa patung yang berasal dari Burma. Konon, kuil ini dibangun untuk melindungi patung Budha tersebut. Disini juga terdapat sebuah patung buddha yang sedang dalam posisi terlentang. posisi terlentang patung Buddha tersebut diyakini dapat membawa keberuntungan.

14. Shanghai Ocean Aquarium

Shanghai ocean aquariumMerupakan sebuah akuarium yang sangat besar. Disini terdapat bermacam-macam biota laut yang dapat anda lihat dari terowongan yang berada didalam akuarium tersebut. Setelah anda membayar tiket masuk, selanjutnya anda menaiki lift untuk turun sampai 4 lantai.

Didalam Shanghai Ocean Aquariumini bangunan utamanya dibagi menjadi beberapa bagian yaitu: China Zone, South America Zone, Australia Zone, Africa Zone, South East Asia Zone, Cold Water Zone, Polar Zone, Sea and Shore, Deep Ocean Zone, dan Special Exhibitions.

Jika anda ingin membeli oleh-pleh, diluar akuarium terdapat kios-kios penjual souvenir khas Shanghai Ocean yang bisa anda temui disini

15. Nanjing Road

nanjing roadMerupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke China, khususnya di wilayah Shanghai. Nanjing Road sendiri merupakan jalan yang selalu sibuk setiap hari nya. Ibarat kata,  Jalanan ini adalah surganya bagi anda pecinta wisata belanja. Tempat ini terbagi menjadi dua wilayah yaitu Nanjing Road Barat dan Nanjing road timur.

Nanjing road timur merupakan jalanan khusus untuk para pejalan kaki. Di sepanjang jalan, bertebaran tempat-tempat perbelanjaan yang selalu ramai oleh orang-orang. Anda juga bisa menikmati berbagai menu masakan dari berbagai Negara disini.

Nanjing road Barat merupakan jalanan yang diperuntukan untuk kendaraan bermotor. Dipinggir jalan terdapat trotoar yang bisa anda gunakan untuk menyusuri jalanan ini. Serta disini terdapat berbagai macam gerai-gerai dengan merk ternama dunia. Tapi jika anda hanya membawa budget yang pas-pasan, jangan khawair, disini juga tersedia Fake Market yang menjual barang-barang beermerk dengan harga miring. Tapi bukan barang ori ya. Anda diharuskan pandai dalam tawar menawar jika hendak membeli.

16. The lingshan Grand Buddha

lingsan grand budhaWisata ini berada di pinggiran kota Shanghai, tepatnya berada di pegunungan Maji, di kota Wuxi. Disini anda bisa menemukan bermacam-macam patung Budha salah satunya adalah Patung Budha dengan tinggi 88 meter dan merupakan patung Budha terbesar di dunia.

Selain itu, di tempat ini juga terkadang mengadakan pertunjukan menceritakan tentang kelahiran sang Budha. Ditempat ini juga sering dikunjungi oleh para umat Buddha untuk sembayang divihara yang berada didekat patung sang Buddha. objek wisata ini juga sangat cocok untuk berselfie ria karena tempat yang dijukan sangant menarik untuk berfoto dan menguploadnya ke media sosial.

17. Yuyuan Garden

yuyuan gardenYuyuan garden merupakan sebuah taman dengan istana yang umurnya sekitar 400 tahun. Meskipun terbilang sangat lama, namun taman ini terlihat sangat mewah. Sangat disayangkan jika kita tidak kesini saat kita berlibur ke Shanghai.

Taman yang didesain dengan gaya khas Suzhou ini memiliki luas kurang lebih sekitar 2 hekar. Taman ini terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu Inner Garden, grand Rockery, dianchun/Heralding spring hall, Lotus Poll dan ten thousand flower.

Selain kota Beijing dan Shanghai yang sangat familiar di telinga orang Indonesia. Masih banyak kota-kota di China yang menjadi rujukan sebagai destinasi wisata yang sangat disayangkan untuk dilewatkan. Seperti Xi’an dengan sejarahnya, Guilin dengan sungai dan gunung-gunungnya, Guangzhou dengan kekayaan kulinernya, Chengdu dengan penangkaran pandanya, serta Honghe dengan sawah-sawahnya yang eksotis. Berikut sedikit ulasan mengenai wisata-wisata di china selain di Beijinng dan Shanghai.


18. Terracota Army

terracota armyTerracotta Army terleteak di Distrik Lintong, Kota Xi’an, China. Tentu tak asing lagi dengan tempat yang satu ini karena tempat ini cukup populer. Terakotta army adalah patung yang mirip sekali dengan prajurit-prajurit kerajaan China pada masa lampau, termasuk tinggi dan lekuk-lekuk tubuhnya sangat detail.

Patung ini berjumlah kira-kira sekitar 8.099 patung. Sungguh mahakarya yang membuat kita kagum dan bertanya-tanya. Konon patung-patung tersebut adalah prajurit asli yang kemudian membatu. Namun ada juga yang mengatakan bahwa memang patung-patung tersebut dibuat sedemikian rupa, dengan tujuan untuk menakut-nakuti musuh.

19. Mount Huang

Huasan MountGunung ini terletak di Huangshan. Gunung ini cocok untuk anda yang suka pendakian. Puncak tertinggi gunung ini adalah Lotus Peak yang berada pada ketinggian 1.864 mdpl. Mungkin tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung-gunung di Indonesia. Gunung ini pun juga sudah dibuatkan tangga-tangga sehingga resiko untuk terpeleset kecil. Anda dikenakan tariff sebesar 230 Yuan untuk dapat mendaki gunung ini.

Pemandangan disini cukuplah indah, dengan deretan pohon-pohon pinus dan tebing-tebing granit yang eksotis. medan disini cukup ekstrim dengan beberapa jalan yang memang khusus dibuat diatas tebing. pastikan anda mempunyai keberanian yang lebih untuk mendaki gunung ini.

20. Istana Photala

istana pothalaIstana Photala terletak di Bukit Merah, Kota Lhasa, Tibet. Berada di atas lembah lasha dengan ketinggian 130 mdpl, maklum saja keadaan alam di Tibet merupakan daerah pegungungan. Istana Photala mempunyai bangunan yang cukup menarik dengan gaya khas arisetktur Tibet.

Kompleks Istana ini memiliki ukuran yang cukup luas dan dulunya digunakan untuk tempat beribadah, tempat untuk berpolitik, serta menjadi tempat tinggal dari pemimpin tibet. Didalamnya terdapat Istana merah yang terdiri dari beberapa pagoda. Ada satu pagoda yang menarik disitu yaitu pagoda tempat dikebumikanya Lisan Jiacuo. Beliau merupakan pemimpin dari Tibet. Pagoda Lisan Jiacuo memiliki tinggi sekitar 15 meter dan dilapisi dengan emas 3724 kg. Serta pagoda tersebut memiliki ditaburi ribuan berbagai jenis batu permata.

21. Goa Magao

Goa MogaoGoa Magao berada di Kota Dunhuang, Provinsi Gansu, China. Bangunan ini dibangun pada sekitar abad ke-4, oleh sebab itu bangunan ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

kompleks Goa Magao memiliki 600 gua, dan hanya 30 gua saja yang dibuka oleh wisatawan. Gua ini membentuk kuil-kuil yang jumlahnya 492 kuil. Di dalam Gua Mogao berisi ukiran-ukiran dan Patung Budha yang cukup termasyur di China.

 

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara tirai bambu dan negara asia lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

Demikian artikel mengenai tempat wisata di china semoga artikel ini dapat anda jadikan sebagai referansi liburan anda sekeluarga.

, , ,
Post Date: Monday 22nd, January 2018 / 06:15 Oleh :
Kategori : Tiongkok