27 Tempat Wisata Di Korea Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

Korea Selatan tergolong negara yang maju dalam bidang teknologi dan pariwisata. Tren yang disebut Korean Wave meliputi K-Drama, K-Pop, K-Fashion, memberikan kontribusi besar dalam menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu daftar teratas negara destinasi wisata luar negeri. Jumlah wisatawan asing di Korea Selatan pun makin meningkat dari tahun ke tahun, dan diprediksikan akan tetap berkembang seterusnya.

Korea Selatan adalah negara dengan empat musim, sehingga sangat penting bagi anda untuk tau musim apa yang sedang berlangsung pada saat keberangkatan anda. Tentunya anda tidak dapat membawa baju musim panas di musim gugur, karena di musim gugur suhu lingkungan sudah mulai dingin. Mari kita masuk dalam tempat wisata di Korea Selatan yang wajib kamu kujungi.

1. Namsan Seoul Tower

Namsan Seoul TowerIkon dari ibukota Korea Selatan, Namsan Seoul Tower adalah objek wisata menara pertama yang ada di Korea Selatan. Menara ini menjadi salah satu landmark dan simbol multi budaya di Seoul.

Untuk mengunjungi Namsan Tower, anda bisa naik bis lewat Namsan Circular Shuttle Bus No. 02, 03, atau 05. Apabila anda tidak ingin naik bis, anda dapat mencapai Namsan Tower menggunakan kereta gantung yang turun di stasiun Myeongdong. Setelah itu anda dapat berjalan sekitar 15 menit di jalan sisi kanan Pacific Hotel. Namsan Tower dibuka sepanjang tahun dan menawarkan berbagai paket tiket masuk dengan kegiatan berbeda-beda dan kisaran harga yang juga berbeda.

Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di sini, diantaranya adalah:

  • Menaiki Namsan cable car

Anda dapat menaiki Namsan cable car untuk menikmati pemandangan indah Seoul dari ketinggian. Jam operasional wahana ini dimulai dari jam 10.00 hingga 23.00 dengan harga PP 8000 won untuk dewasa dan 5.500 won untuk anak-anak dan lansia, sementara untuk sekali jalan harga 6000 won untuk dewasa dan 3.500 won untuk anak-anak dan lansia.

  • Makan di Cafe Namsan Tower

Cafe di Namsan Tower menyediakan berbagai macam tipe makanan bagi anda yang kelaparan selama berkunjung. Makanan barat, asia, hingga sekedar kopi dan es krim, semua tersedia di sini. Restoran yang paling terkenal di Namsan Tower adalah N Grill, restoran Prancis yang terkenal karena anda bisa makan sambil menikmati pemandangan sekitar Namsan Tower.


  • Love lock di teras puncak Namsan Tower

Bagi anda pecinta K-Drama, mungkin sudah tak asing dengan hal satu ini. Teras di puncak Namsan Tower memberi kesempatan bagi anda untuk mengunci gembok cinta anda di sini. Love lock adalah wisata yang paling terkenal di seluruh Seoul, menjadikan Namsan Tower sebagai salah satu tempat wisata di Korea Selatan yang wajib anda kunjungi.

  • Memeluk boneka di Teddy Bear Museum

Namsan Tower memiliki cara yang unik untuk menampilkan perkembangan Seoul dari masa ke masa. Teddy bear ini ditampilkan seolah-olah menjelaskan perkembangan budaya di Seoul. Boneka di sini boleh anda peluk dan foto, namun anda tidak diizinkan untuk membawa bonekanya pulang. Harga tiket masuknya berupa 10.000 won untuk dewasa, dan 8.000 won untuk anak-anak.

  • Menikmati pemandangan Seoul dari Digital Observatory

Menikmati pemandangan dari Digital Observatory Namsan Tower serasa berdiri di atas dunia. Tempat ini menyuguhkan pemandangan kota Seoul dari ketinggian dengan panorama 360 derajat. Di sini tersedia kafe dan toko souvenir khas Namsan Tower bagi anda yang ingin berbelanja. Harga tiket masuknya 10.000 won untuk dewasa, dan 8.000 won untuk anak-anak dan lansia.  Untuk mendapat tiket gratis masuk observatori, anda perlu membuat reservasi di muka di N Grill. Observatori ini dibuka dari jam 10.00 hingga 23.00 setiap hari.

2. Istana Gyeongbok

Istana GyeongbokBagi anda yang ingin menyaksikan salah satu bagian dari sejarah Korea Selatan, anda dapat mengunjungi Istana Gyeongbok di Seoul. Istana Gyeongbok merupakan salah satu dari lima istana di Korea Selatan. Anda dapat melihat tahta raja dan aula tempat meeting diadakan, paviliun, bilik raja, hingga benda-benda peninggalan kerajaan zaman dulu.

Satu hal lagi yang menarik dan sering ditunggu-tunggu pengunjung adalah menyaksikan prosesi pergantian penjaga Istana Gyeongbok yang bisa anda saksikan tiap hari pada waktu tertentu. Yang menjadi ciri khas dari prosesi ini adalah prosesi ini merupakan tradisi zaman dulu yang masih diterapkan hingga masa kini, namun menggunakan alat-alat tradisional seperti bendera khas kerajaan zaman dulu, gong dan drum tabuh tradisional, dan banyak lagi.

Jam operasional: Rabu-Senin jam 09.00-18.00

HTM: 3.000 won

3. Museum Nasional Rakyat Korea

Museum Nasional Rakyat KoreaMasih merupakan bagian dari Istana Gyeongbok, museum ini merupakan tempat bagi anda untuk melihat perkembangan sejarah budaya kehidupan masyarakat Korea. Ada sekitar 4000 benda peninggalan zaman dulu yang menggambarkan kisah kehidupan masyarakat Korea Selatan, mulai dari zaman prasejarah hingga kedudukan Jepang. Selain benda-benda tersebut, ada juga relik-relik bersejarah yang bisa anda lihat di sini.

Ada banyak pertunjukan yang dapat anda saksikan di museum ini. Setiap hari Sabtu dan Minggu, anda bisa menyaksikan konser yang menggunakan alat musik tradisional khas Korea Selatan, diiringi tarian tradisional, drama topeng, hingga pertunjukan bela diri. Semua ini bertujuan untuk memperkenalkan kultur Korea Selatan ke dunia lewat turis mancanegara yang hadir.

Jam operasional: setiap hari jam 09.00-18.30

4. Pulau Nami

Pulau NamiPulau ini terkenal setelah menjadi lokasi syuting drama korea “Winter Sonata”. Nama pulau ini berasal dari nama Jenderal Nami yang memenangkan peperangan melawan pemberontak di era Joseon, untuk mengenang sang Jenderal yang dikabarkan juga dikubur di pulau ini. Pulau ini terletak di provinsi Gangwon yang berjarak satu jam dari kota Seoul.

Pulau Nami terkenal akan kebersihannya dan lingkungannya yang asri. Meskipun murni bertujuan untuk tujuan wisata, sayangnya belum ada penginapan di pulau ini, berhubung pulau ini tidak berpenghuni. Anda dapat berkeliling mengunjungi kafe dan toko-toko di sini sebelum menikmati pemandangan dan berfoto-foto. Pulau ini juga dilengkapi dengan restoran halal dan mushola bagi pengunjung yang muslim.

Bagi anda yang ingin mengunjungi pulau ini, anda disarankan untuk datang di pagi hari untuk menikmati pulau ini secara maksimal. Anda bisa menggunakan kapal ferry atau zipwire dengan waktu tempuh 1 menit untuk zipwire dan 5 menit untuk kapal ferry. Biaya masuk Pulau Nami seharga 10.000 won untuk orang dewasa, 8.000 won untuk siswa, dan 5.000 untuk anak-anak.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.30-21.45

5. Alive Museum Trick Eye

Alive Museum Trick EyeMuseum ini bukan seperti museum pada umumnya, melainkan lebih seperti pameran ilusi optik dalam skala besar. Pengunjung bisa mengambil foto di sini dan terlihat benar-benar unik, seperti berada dalam ruangan yang sangat kecil, menaiki kuda, dimakan monster, dan masih banyak lagi. Secara tidak langsung, pengunjung diundang untuk masuk dalam karya seni tersebut. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan di hari-hari besar tertentu, anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan tiket.

Museum ini terletak di Insa-dong, Seoul, dan untuk mengunjunginya anda dapat menaiki transportasi umum seperti bus dan subway line no.01 lewat Jonggak Station dan line no.03 lewat Anguk Station.

Jam operasional: setiap hari jam 09.00-20.30 (tiket masuk terakhir jam 19.30)

HTM: 12.000 won

6. Insa-dong

Insa-dongInilah tempat untuk ada berbelanja dan melakukan pusat kuliner. Di sini banyak toko-toko dan foodstreet yang dibuka pada malam hari bagi anda yang ingin merasakan kuliner original Korea Selatan. Salah satu makanan yang terkenal di sini adalah Dragon’s Beard Candy, terdiri dari 16.000 lapisan madu yang dilapisi perasa yang bisa kamu pilih, antara almond, coklat, kacang, dan lain-lain.

Selain itu anda dapat mengunjungi Ssamzie-gil Market. Market ini berbentuk setengah mall setengah bazar dan memiliki 70 lebih toko yang menjual baju, keramik, furnitur, makanan, dan barang tradisional Korea Selatan. Tempat ini sangat sesuai bagi anda yang ingin berburu souvenir. Anda juga bisa memakai hanbok, pakaian tradisional Korea Selatan, di Tourist Information Centre.

Jam operasional: setiap hari tanpa batas waktu

7. Lotte World

Lotte WorldPusat rekreasi terbesar di Korea Selatan, tempat ini memiliki wahana permainan indoor terbesar menurut Guiness World Record dan outdoor. Lotte World juga menjadi tempat dilaksanakannya banyak festival musiman dan parade sepanjang tahun.  Bagi anda yang ingin bermain dan bersenang-senang, Lotte World lah tempatnya.

Ada 22 wahana permainan indoor dan 17 wahana permainan outdoor. Selain wahana permainan, tempat ini juga memiliki hotel, museum, akuarium, pusat perbelanjaan, fasilitas olahraga, teater film, tempat ski es, fasilitas tempat bermain anak-anak, semua dalam satu tempat. Tempat ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama Korea berjudul “Stairway to Heaven”, dan salah satu video musik H.O.T untuk single mereka “Candy”.

Karena terletak di pusat kota, tak sulit bagi anda untuk mengunjungi tempat ini menggunakan transportasi umum lokal.

Jam operasional:

  • Jumat – Sabtu: 09.00-23.00
  • Minggu: tutup
  • Senin – Kamis: 09.00-22.00

HTM (One day ticket):

  • Dewasa: 52.000 won
  • Remaja: 45.000 won
  • Anak-anak: 41.000 won
  • Bayi: 13.000 won

Note: harga dapat berubah sewaktu-waktu. Sebelum mengunjungi tempat ini, silahkan cek harga yang sedang diterapkan di website resmi Lotte World.

8. Taman Nasional Bukhasan

Gunung BukhasanTaman Nasional Bukhasan merupakan salah satu top destinasi turis luar negeri dan lokal. Ada banyak yang bisa anda lakukan di Taman Nasional ini, antara lain:

  • Mendaki dan piknik Gunung Bukhasan

Salah satu wisata alam yang dimiliki Seoul, Gunung Bukhasan menjadi destinasi para turis untuk hiking di wilayah metropolitan Seoul atau melihat satwa lokal (sebagian besar burung). Puncak gunung ini berbentuk meruncing, dan dari puncak anda dapat melihat lembah serta sungai yang mengalir di bawahnya. Gunung ini dapat anda lihat dengan mudah di berbagai wilayah di Seoul.

Ada beberapa peraturan yang harus anda turuti di tempat ini, beberapa diantaranya adalah larangan untuk mendaki di jalur terlarang dan larangan untuk membuang sampah sembarangan. Di gunung ini juga banyak spot indah bagi anda untuk piknik dengan keluarga atau teman-teman anda.


  • Mengunjungi Benteng Bukhansanseong

Benteng ini sudah berdiri beribu tahun lamanya, dan menjadi salah satu saksi sejarah kerajaan Korea Selatan.  Tujuan awal dibangunnya benteng ini adalah sebagai tempat perlindungan untuk Raja dan keluarganya beserta 100 prajurit apabila keadaan sedang tidak aman. Kini tempat ini dibuka sebagai tempat wisata umum yang paling indah dikunjungi saat musim gugur.

Untuk datang ke Taman Nasional Bukhansan, anda bisa menggunakan transportasi lokal mana saja karena terletak di metropolitan kota.

Jam operasional: setiap hari 08.00-18.00

HTM: 4.000 won

9. Gwanghwangmun Square

Gwanghwangmun SquareTempat ini merupakan gerbang dari Istana Gyeongbok. Berbentuk seperti taman/plaza, turis datang ke sini untuk bersantai dan berfoto di depan gerbang Istana Gyeongbok yang disebut Gwanghwangmun Gate. Gwanghwangmun Square adalah tempat berdirinya Patung Admiral Yi Shun-Shin dan Patung Sejong The Great, dua orang paling berpengaruh di Korea Selatan di zaman dulu, dipermanis dengan air mancur.

Bila anda datang di waktu tertentu, anda dapat menyaksikan upacara beatifikasi di Gwanghwangmun Square. Anda juga dapat ikut melihat masa kejayaan dan keberhasilan Raja Sejong serta lahirnya tulisan hangeul khas Korea Selatan lewat pameran “Waterways of History” dan “King Sejon Story”.

Untuk mengunjungi tempat ini, anda dapat menaiki subway dan bus yang tersedia. Tempat ini dibuka sepanjang tahun tanpa jam operasional dan tiket masuk.

      10. Seoul Grand Park

Seoul Grand ParkSesuai namanya, taman ini merupakan taman besar di Seoul yang dibentuk dengan tujuan sebagai objek wisata alam dan edukasi. Taman ini terkenal dengan kegiatan dan keindahan alam yang ditawarkan. Atraksi utama Seoul Grand Park meliputi kebun binatang Seoul Grand Park, kebun binatang anak-anak, taman bunga mawar, taman bermain Seoulland, dan museum.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di Seoul Grand Park, namun highlight utama dari taman ini adalah taman bunga mawarnya yang memiliki hingga 30.000 koleksi mawar dari 200 spesies. Bila anda mengunjungi taman ini untuk menikmati keindahan bunganya, anda disarankan untuk datang di bulan Juni saat bunganya mekar dengan sempurna.

Untuk mengunjungi taman ini, anda dapat menaiki Seoul Subway line 4. Harga tiket masuk yang ditawarkan pun bervariasi, antara lain:

Kebun binatang Seoul Grand Park:

  • Dewasa: 5.000 won
  • Remaja: 3.000 won
  • Anak-anak: 2.000 won

Kebun binatang anak-anak dan taman bunga mawar:

  • Dewasa: 2.000 won
  • Remaja: 1.500 won
  • Anak-anak: 1.000 won

Info lebih lanjut anda dapat mengecek website resmi Seoul Grand Park.

Jam operasional: bervariasi, tergantung objek wisatanya

11. Kampung Rakyat Hahoe

Kampung Rakyat HahoeBagi anda yang ingin merasakan langsung kehidupan masyarakat Korea Selatan di era Dinasri Joseon, datanglah ke Kampung Rakyat Hahoe di Andong. Residen lokal di sini memutuskan untuk mempertahankan cara hidup tradisional mereka demi melestarikan budaya asli Korea Selatan. Kampung ini berjalan dengan melestarikan tradisi Konfusianisme dalam kehidupan sehari-hari. Tempat ini pun kemudian dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO.

Tempat ini memiliki ratusan hanok (rumah tradisional Korea Selatan) yang sudah berumur hingga 500 tahun dengan arsitektur original dari Dinasti Joseon. Ada pertunjukan kesenian dan permainan tradisional yang diadakan di sini untuk menghibur pengunjung 2 minggu sekali, bernama Hahoe Byeolsin-gut Talnori dan Seonyujul Bulnori. Film dan drama yang bertemakan sejarah atau berlatar zaman Dinasti Joseon disyuting di sini, sehingga sangat sayang dilewatkan oleh anda penggemar K-drama.

Untuk mengunjungi tempat ini, anda bisa naik bus no. 46 dari Andong Bus Terminal, dari jam 06.20-18.20

Jam operasional: 09.00-18.00 (dibuka untuk pengunjung luar)

HTM:

  • Dewasa: 3.000 won
  • Remaja: 1.500 won
  • Anak-anak: 1.000 won

12. Istana Changdeokgung

Istana ChangdeokgungIstana ini merupakan tempat banyak Raja tinggal pada saat Dinasti Joseon, dan merupakan satu yang paling terawat dan paling ramai dikunjungi wisatawan diantara lima kompleks istana yang dimiliki Korea Selatan.

Komplek istana ini terdiri dari area publik, kediaman keluarga kerajaan, dan taman belakang. Taman belakang ini memiliki pohon-pohon raksasa yang sudah tumbuh selama ratusan tahun, kolam, dan paviliun emas tempat keluarga Raja jalan pagi atau beristirahat sore.

Anda disarankan oleh masyarakat lokal untuk datang di musim gugur. Karena di musim ini, pemandangan yang ditawarkan di taman belakang sangat indah, dengan warna musim gugur dan dedaunan yang mulai gugur. Tempat ini juga dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO.

Istana Chandeokgung terletak di Seoul. Untuk mengunjungi tempat ini, anda dapat naik subway line 03 lewat Anguk Station, kemudian jalan kaki sekitar 5 menit untuk tiba di tujuan, atau lewat bus dan turun di Changgyeonggung Palace Bus Stop.

Jam operasional tur istana:

  • Februari – Mei, September – Oktober: 09.00-18.00
  • Juni – Agustus: 09.00 – 18.30
  • November –  Januari: 09.00-17.30

HTM: 3.000 won

13. Pulau Jeju

Pulau JejuLast but not least, Pulau Jeju! Belum ke Korea namanya kalau belum ke Pulau Jeju. Pulau yang disebut-sebut surga dunia Korea ini menjadi top list tempat wisata dunia sebagai tempat wisata di Korea Selatan yang wajib kamu kunjungi setelah Hawaii. Keindahan alam dan pantai di Jeju memang tidak diragukan lagi, dan selalu menuai komentar bagus dari para turis lokal maupun mancanegara. Pulau Jeju juga dinobatkan menjadi warisan dunia dalam bidang alam, Global Geopark, Reservasi Biosphere, dan salah satu tujuh keajaiban alam dunia.

Pulau Jeju memiliki keunikannya sendiri, dimana karena cuacanya yang merupakan sub-climate dan sub-arktik berbeda dari Korea Selatan, banyak tumbuhan unik yang tumbuh di sini dan tidak dapat anda jumpai di tempat lain. Selain itu, dialek bahasa Korea dan gaya hidup di Jeju berbeda jauh dengan metropolitan Korea Selatan pada umumnya, menjadikan Pulau Jeju semakin unik. Pulau ini bahkan diberi julukan khusus untuk spot pariwisata dunia.

Banyak sekali kegiatan dan objek wisata yang bisa anda lakukan di Pulau Jeju, diantaranya:

  • Hiking dan camping di Hallasan National Park, landmark Pulau Jeju
  • Menikmati seni di Jeju Bonte Museum of Arts
  • Mengunjungi Jeju Love Land
  • Berpiknik, bermain, dan berenang di pantai Jeju
  • Berburu kuliner khas Jeju di food street
  • Mengunjungi Taman Bunga Matahari Kim Kyung Sook
  • Berjalan di Hutan Saryeoni
  • Mengunjungi Bangju Church dengan arsitekturnya yang unik
  • Memandangi kincir angin di Gimnyeong Seosegi
  • dan masih banyak lagi.

Pulau Jeju letaknya terpisah dari daratan Korea Selatan, sehingga untuk datang ke Jeju, anda dapat menaiki kapal ferry. Untuk datang ke Pulau Jeju, anda mungkin harus menyiapkan banyak dana, karena begitu banyak yang bisa anda lakukan di Pulau Jeju hingga anda tak akan puas hanya satu dua hari di sini. Anda disarankan untuk datang kemari pada musim panas atau musim semi apabila ingin menikmati pantai di Pulau Jeju. Anda juga disarankan untuk menghabiskan waktu di Jeju minimal 3 hari untuk menikmati sebagian besar wisata yang ditawarkan Pulau Jeju.

Demikian tempat wisata di Korea Selatan yang wajib kamu kunjungi. Bagi anda penggemar budaya Korea Selatan dan salah satu orang yang terkena demam korea, menabunglah dari sekarang karena selain memiliki teknologi yang maju, Korea Selatan juga maju pesat dalam bidang pariwisatanya.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara asia lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

Apabila anda memiliki kesulitan selama wisata anda di Korea, anda bisa menghubungi Kedutaan Besar Negara Indonesia di Korea Selatan di alamat dan kontak:

  • Alamat: 380 Yeouidaebang-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Telepon: +82-2-7835676/7, 7835371/2
  • E-mail : [email protected]
  • Fax : +82-02-7804280
  • HOTLINE : +82 10 539 42546

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, January 2018 / 03:59 Oleh :
Kategori : Korea Selatan