5 Cara Keliling Eropa Backpacker Dengan Budget Minim

Liburan ke Benua Eropa merupakan setiap impian yang ingin diwujudkan oleh setiap orang, terlebih lagi jika orang tersebut memiliki hobi atau kebiasaan untuk menjelajahi dunia karena ingin merasakan sensasi berlibur di eropa. Benua Eropa atau yang juga disebut sebagai Benua Biru menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang tentunya patut anda kunjungi ketika anda memiliki waktu luang.

Keliling Eropa Backpacker

Di Benua Eropa anda akan menemukan berbagai macam tempat wisata seperti misalnya tempat wisata di Prancis, Tempat wisata di Belanda, maupun juga tempat wisata di Italia yang menawarkan keindahan bangunan yang sangat bersejarah serta arsitektur yang unik dan klasik karena sudah ada sejak zaman dahulu.

Namun jika anda ingin keliling Eropa backpacker maka tentunya hal ini bisa dikatakan lebih sulit jika dibandingkan dengan anda keliling eropa dengan tour. Mengapa demikian? Karena banyak hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu, seperti misalnya mengurus visa, tempat tinggal, tiket pesawat, tempat makan, dan lain sebagainya yang mana harus anda sesuaikan dengan budget yang anda punya.

Namun anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan yang penting bagi anda karena penjelasan ini berkaitan dengan cara keliling Eropa backpacker yang bisa anda terapkan sendiri.

  1. Menyiapkan Visa

Ciri keliling eropa backpacker yang pertama yang harus anda siapkan adalah dengan mengurus visa. Kami sarankan anda menggunkan Visa Schegen dimana visa ini bisa membuat anda mengunjungi sebanyak kurang lebih 26 negara yang ada di Eropa.

Adapun negara – negara yang bisa anda kunjungi dengan memiliki visa tersebut adalah

  1. Ceko,
  2. Yunani,
  3. Denmark,
  4. Estonia,
  5. Finlandia,
  6. Jerman,
  7. Latvia,
  8. Lithuania,
  9. Hungaria,
  10. Italia,
  11. Slovenia,
  12. Spanyol,
  13. Swiss,
  14. Polandia,
  15. Norwegia,
  16. Malta,
  17. Belanda,
  18. Swedia,
  19. dan lain sebagainya.

Untuk cara mengurus visa yaitu anda bisa datang langsung ke kedutaan besar pada masing – masing negara yang ingin anda kunjungi. Kami sarankan agar anda mengurusi visa schengen di Kedutaan Besar Belanda, karena menurut penjelasan beberapa orang yang sudah berpengalaman bahwa mengurus visa di sana lebih mudah.


Namun anda harus ingat bahwa per 1 Juni 2017, negara – negara seperti Belanda, Belgia, maupun juga Luksemburg, harus anda urus di VFS yang mana lokasi kantornya berada di Graha Pena Surabaya, Kuningan City Mall Jakarta, dan juga ada yang berlokasi di Banoa Square Bali.

Untuk waktu mengurus visa tergantung setiap Kedutaan, namun memang pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu atau mungkin saja bisa lebih cepat. Anda harus ingat bahwa jika anda mengurus visa ketika musim liburan, maka tentunya hal ini akan membutuhkan waktu yang lama. Dengan memiliki Visa Schegen, maka anda bisa tinggal di Eropa selama kurang lebih 90 hari.

2. Mencari Tiket Pesawat dan Hotel

Keliling Eropa Backpacker

Setelah anda mendapatkan Visa Schagen, langkah yang harus anda lakukan untuk keliling eropa backpacker adalah dengan mencari tiket pesawat dan juga menyiapkan hotel yang akan anda gunakan untuk menginap. Anda harus memilih tiket pesawat serta hotel sesuai perencanaan yang sudah anda buat sebelumnya.

Perlu anda tahu bahwa untuk tiket low season maka harga yang harus anda keluarkan adalah sekitar 5 sampai dengan 7 juta untuk pulang pergi atau PP. Namun jika anda memesan tiket ketika high season, maka harga yang harus anda keluarkan tentunya semakin besar.

Sementara untuk hotel yang anda pesan, kami sarankan untuk menggunakan transit pertama terlebih dahulu, dan kemudian anda bisa memesan hotel – hotel transit lainnya ketika anda sudah sampai di tempat tujuan anda. Mengapa? Karena hal ini untuk menghindari ketidaksesuaikan jadwal anda dengan jadwal hotel yang sudah anda pesan.

Kami juga menyarankan anda untuk mencari hotel yang lokasinya berada di pusat kota karena tentunya hal ini akan memudahkan anda berkeliling atau mencari apapun yang anda butuhkan seperti tempat wisata, transportasi, tempat makan, dan lain sebagainya.

3. Alat Transportasi

Cara keliling Eropa backpacker yang harus anda perhatikan adalah dengan menyiapkan alat transportasi. Kami menyarankan bahwa anda selalu memperhatikan alat transportasi anda melalui aplikasi map yang ada di smartphone anda. Hal ini sangat penting karena aplikasi tersebut akan membantu anda menentukan serta menemukan alat trasnportasi yang cocok untuk anda naiki menuju tempat wisata yang ingin anda tuju.

Selain itu, anda juga bisa menyesuaikan budget anda sehingga tidak perlu menghabiskan banyak uang. Kami menyarankan anda untuk lebih memilih menaiki bus dan juga eurail untuk lintas negara karena biaya yang anda keluarkan nantinya tidak terlalu banyak.

Jika anda ingin memesan tiket eurail, maka anda bisa memesannya dengan mengunjungi www.eurail.com dan juga anda harus menyesuaikan dengan jadwal anda sehingga tiket yang anda dapatkan nantinya tidak sampai meleset dari jadwal yang anda rencanakan.

Ada banyak paket yang bisa anda pilih nanti seperti misalnya Eurail Four Country Select Pass ada juga paket lainnya seperti Select Pass  yang tentunya lebih fleksibel yang mana anda bisa pergi 2 atau bahkan 4 negara berbeda. Selain itu, ada lagi menu yang bisa anda pilih yaitu Global Pass yang mana sangat cocok bagi anda yang ingin mengunjungi lebih dari 5 negara berbeda.

Sementara itu, untuk bus yang ingin anda gunakan maka kami menyarankan anda memilih bus yang one way ticket atau tiket yang bisa anda gunakan untuk sekali jalan. Anda juga bisa memilih hop and off tours bus yang mana tiket ini akan memberi anda kebebasan untuk berhenti di tempat – tempat wisata, jadi anda tidak perlu bingung mencari tempat wisata yang ingin anda kunjungi.

4. Biaya makan

Biaya makan juga merupakan hal yang harus anda perhatikan jika anda ingin keliling eropa backpacker. Untuk biaya makan yang anda keluarkan haruslah anda tentukan sebelumnya, kecuali jika memang anda memiliki budget yang besar.

Untuk biaya yang akan anda keluarkan adalah sekitar 7 sampai dengan 15 euro. Namun, jika anda ingin menghemat uang anda maka anda bisa mengunjungi resto prasmanan atau yang dikenal dengan slogal all you can eat. Anda juga bisa memilih membeli makanan mentah yang ada di supermarket kemudian bisa anda masak sendiri.


5. Pelajari sedikit Bahasa Mereka

Cara selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika anda ingin berlibur secara backpacker ke Eropa adalah dengan sedikit mempelajari bahasa negara yang ingin anda kunjungi. Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat berguna selama anda berada di negara asing.

Meskipun misalnya anda sangat mahir dalam berbahasa Inggris, akan tetapi tidak ada salahnya jika anda mempelajari bahasa lainnya seperti Jerman, Belanda, Spanyol, Italia, ketika anda mengunjungi ke negara – negara tersebut. Malah dengan mempelajari sedikit bahasa dari mereka, maka akan semakin mempermudah anda selama anda berada di sana.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan keliling Eropa backpacker. Semoga informasi ini bermanfaat unttuk anda semua. Kami menyarankan anda untuk membaca tentang tempat wisata di Italia dan juga tips jalan – jalan ke Eropa tanpa tour.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 06:00 Oleh :
Kategori : Eropa