10 Tempat Wisata Di Toulouse Bernuansa Sejarah

Menikmati wisata di Eropa memang menyenangkan. Salah satunya adalah mengeksplorasi Perancis yang klasik. Toulouse merupakan sebuah kota yang menarik di Perancis, tepatnya di tepi Sungai Garonne. Kota Wisata Di Perancis ini merupakan ibu kota Haute-Garonne, sekaligus ibu kota Occitania. Kota Toulouse memiliki beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi di dalamnya juga terdapat beberapa lokasi yang sudah masuk ke dalam UNESCO world heritage site. Apa saja tempat wisata di Toulouse? Berikut penjelasannya.

1. Capitole de Toulouse

Capitole de ToulouseTempat pertama yang menarik untuk dikunjungi di Toulouse adalah bangunan balai kota. Lokasinya ada di pusat kota dan merupakan salah satu bangunan megah landmark kota tersebut.

Bangunan Bersejarah Di Perancis ini menggunakan langgam arsitektur neo klasik yang dibangun pada sekitar tahun 1190. Bangunan ini didirikan menggunakan batu bata berwarna pink atau yang lebih dikenal dengan pink brick.

Adapun bagian depan bangunan memiliki 8 struktur tiang yang megah. Terdapat juga menara lonceng yang baru ditambahkan sekitar tahun 1873. Bangunan ini hingga sekarang masih berfungsi sebagai bangunan pemerintahan, yaitu sebagai gedung balai kota.

2. Hotel d’Assezat

Hotel d’AssezatHotel d’Assezat merupakan salah satu kompleks istana yang berada di kota tersebut. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan kuno yang didirikan pada abad ke-16 oleh saudagart kaya yang bernama Pierre d’Assezat.

Istana ini menggunakan langgam arsotektur renaissance, yang mengambil perpaduan konsep dari classicism dan manieris Italia. Istana ini pada tahun 1994 difungsikan sebagai galeri kesenian Bemberg Foundation.

Di dalamnya terdapat koleksi kesenian dari beberapa negara, seperti kesenian lukis, patung, perabot, dan sebagainya. ada juga beberapa naskah atau buku kuno yang disimpan di sana.

3. Musée des Augustins

Musée des AugustinsTempat wisata di Toulouse selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi saat Jalan-Jalan Ke Perancis adalah Musée des Augustins atau Fine Arts Museum. Museum seni atau galeri seni yang satu ini berada di kawasan Rue de Metz kota Toulouse.

Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1309, namun pembukaan museum seni dilakukan pada sekitar tahun 1801. Musée des Augustins menggunakan langgam arsitektur Gothic yang dulunya berfungsi sebagai biara Augustinian.

Namun saat ini berfungsi sebagai museum seni yang menyimpan koleksi dari abad pertengahan hingga abad ke-20. Di antaranya terdapat koleksi lukisan, patung, dan kesenian lainnya. Anda bisa mengunjunginya setiap hari, kecuali hari Selasa.


4. Pont Neuf

Pont NeufPont Neuf atau New Bridge merupakan sebuah jembatan yang ada di kota Toulouse. Jembatan ini membentang di atas Sungai Garonne. Nama Pont Neuf di Toulouse ini adalah Pont de Pierre atau Grand Pont.

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan bersejarah karena dibangun pada tahun 1544. Pembangunan berakhir pada tahun 1632 dengan panjang jembatan mencapai 220 meter. jembatan ini memiliki 7 lengkungan sebagai penopangnya.

Hal yang menarik dari jembatan adalah lengkungan yang tidak simetris. Lengkungan yang terpanjang adalah lengkungan ketiga dengan lebar sekitar 30 meter.

5. Jardin des Plantes Toulouse

Jardin des Plantes ToulouseJika Anda ingin menjelajah kota Toulouse yang bisa memberikan kesejukan dan ketenangan, cobalah datang ke Jardin des Plantes Toulouse. Tempat ini adalah sebuah taman kota sekaligus kebun botani.

Taman ini berada di Allee Jules-Guesde dan dibangun pertama kali pada sekitar tahun 1730. Pembangunan kala itu dilakukan oleh Society of Science of Toulouse, tepatnya di Saint Sernin. Namun karena kondisi tanah di Saint Sernin kurang bagus, taman dipindah ke Senechaussee Street.

Pemindahan ini pun kurang tepat. Pada tahun 1794, taman kembali dipindah, yaitu ke posisinya yang sekarang. Taman ini menyimpan koleksi berbagai tanaman dan juga terdapat air mancurnya.

6. Canal du Midi

Canal du MidiTempat wisata di Toulouse selanjutnya adalah Canal du Midi yang juga merupakan sebuah kawasan taman kota yang cantik. Kanal ini sebenarnya dibangun sebagai jalan pintas antara Laut Mediterania dan Samudera Atlantik.

Tempat Wisata Di Perancis ini memiliki panjang 240 kilometer, dirancang pada tahun 1667. Kanal ini merupakan proyek besar dan membutuhkan 12.000 pekerja untuk menyelesaikannya dalam waktu 10 tahunan.

Saat ini, kawasan di tepian kanal menjadi area yang cantik yang sering digunakan para pesepeda dan pejalan kaki untuk bersantai sejenak dan menikmati pemandangan. Anda bisa mengunjunginya untuk istirahat dari lelahnya perjalanan.

7. Galerie du Chateau d’eau

Galerie du Chateau d’eauSebuah galeri fotorafi yang bernama Galerie du Chateau d’eau berada di Place Laganne, Toulouseau. Galeri yang satu ini berada di dekat Pont Neuf, sehingga Anda bisa mengunjunginya sekaligus ketika mengunjungi Pont Neuf.

Tempat ini dulunya merupakan sebuah water tower atau menara air. Menara inid inamakan Le chateau d’eau. Pembangunannya dilakukan pada abad ke-19. Alih fungsi bangunan menuju ke sebuah galeri dilakukan pada tahun 1974.

Pada waktu itu fotogafer yang bernama Jean Dieuzaide menjadikan bangunan ini sebagai galeri fotografi. Saat ini galeri ini menjadi bangunan publik yang bisa dikunjungi wisatawan pada Selasa dan Minggu.

8. Cite de l’espace

Cite de l’espaceTempat wisata lainnya di Toulouse Perancis yang menarik untuk dikunjungi adalah Cite de l’espace atau City of Space. Tempat ini adalah theme park yang memiliki tema tertentu, yaitu luar angkasa.

Lokasinya ada di Avenue Jean Gonord. Taman hiburan ini merupakan taman wisata yang sudah cukup lama, karena sudah ada sejak tahun 1997. Menempati area seluas 3,5 hektar, wisatawan bisa menikmti beberapa fasilitas di dalamnya.

Dimana terdapat juga 2 planetarium untuk wisata edukasi para pengunjung. Ada juga atraksi lainnya sepertu IMAX cinema, Mir Space Statuon, Modul Soyuz, dan masih banyak lagi.

9. Les Abattoirs

Les AbattoirsTempat wisata di Toulouse selanjutnya adalah Les Abattoirs yang juga merupakan sebuah museum. Kota ini memang memiliki cukup banyak museum, dan salah satu yang terbaik adalah Les Abattoirs.

Museum ini memiliki koleksi kesenian yang cukup lengkap. Di dalamnya terdapat kurang lebih 4.000 koleksi, mulai dari koleksi seni lukis, gambar, foto, grafis, dan patung. Kebanyakan koleksinya diciptakan dari tahun 1950-an.

Anda bisa menemukan juga beberapa karya seniman terkenal, termasuk karya milik Jean Dubuffet, Marcel Duchamp, dan Vasarely. Terdapat juga tempat pameran sementara, area pertunjukan, dan sebagainya.


10. Musée Saint-Raymond

Musée Saint-RaymondMusée Saint-Raymond merupakan museum arkeologi yang menyimpan koleksi tentang barang antik dan benda-benda bersejarah. Museum ini menempati gedung universitas dari abad pertengahan.

Di dalam Bangunan Terkenal Di Eropa ini terdapat beberapa koleksi dari periode pra sejarah, era romawi, hingga abad pertengahan awal. Koleksi yang terkenal adalah patung Romawi yang ditemukan di Villa Chiragan.

Selain itu ada juga sebuah taman yang bernama Garden of Atiquities. Di sana terdapat pohon cemara, anggur, zaitun, dan sebagainya. rancangan garden ini ditujukan untuk menampilkan lansekap Romawi klasik yang khas.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Toulouse yang menarik untuk dikunjungi. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk Anda, khususnya yang sedang merencanakan liburan ke Eropa.

, , ,
Post Date: Friday 09th, November 2018 / 02:35 Oleh :
Kategori : Perancis