10 Makanan Khas Finlandia Favorit Wisatawan

Bukan saja terkenal dengan sistem pendidikan terbaiknya, Finlandia juga populer dengan pemadangan alamnya yang menakjubkan. Bahkan, Finlandia sukses menjadi salah satu tujuan destinasi favorit para wisatawan dari sleuruh penjuru dunia.

Banyaknya tempat wisata mulai dari, wisata alam, sejarah, hingga edukasi yang dikelola sedemikian rupa menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Beberapa ciri khas dari masa lalu bahkan bisa disaksikan hingga kini, contohnya saja reruntuhan bangunan yang nampak semakin menawan dan klasik, jalanan berbatu yang berkelok, dan benteng-benteng yang nampak kokoh dan menjulang tinggi.

Namun ternyata Finlandia bukan saja terkenal dengan tempat wisatanya, namun juga kuliner khasnya yang menggugah selera. Penasaran apa saja makanan khas Finlandia yang paling oke? Ini dia rekomendasinya untuk anda.

1. Karjalanpiirakat

Karjalanpiirakat

Karelian pie atau karjalanpiirakat adalah pie tradisonal yang berasa dari daerah tenggaa Finlandia. Kepopuleran pie berukuran kecil ini bukan saja di Finlandia loh, tapi juga sampai di negara-negara tetangga sperti, Estonia dan Rusia Utara.

Pie yang diolah secara tradisional biasanya memiliki kulit gandum dengan isian kentang dan soba, tidak jarang beras dan millet juga dijadikan isian dalam kue ini. Sekarang, karjalanpiirakat lebih umum memiliki kulit tipis dengan beras sebagai isiannya.

Kentang yang dihaluskan dan nasi yang dicampur wortel juga menjadi varian lain dari isian pie ini. Tidak jarang pie ini dimakan sebagai makanan ringan, yang biasa hadir pada hidangan makan malan dan disajikan bersama campuran mentega dengan telur.

Jika penasaran dnegan rasanya yang gurih, banyak supermarket yang menjual makanan khas Finlandia yang satu ini, namun rasa terbaik tentu yang karjalanpiirakat buatan rumah.

2. Savustettu Siika

Savustettu Siika

Makanan khas Finlandia berikutnya adalah ikan putih asap atau smoked whitefish. Seperti yang kita tahu kalau Finlandia banyak menggunakan ikan sebagai bahan utama dalam masakannya. Hal tersebut karena Finlandia memiliki danau dan sungai yang menjadi gudang yang menyimpan bahan makanan di negara tersebut.

Salah satunya savatettu yang biasa disajikan ketika menghabiskan waktu musim panas di pondok. Whitefish bisa ditangkap di danau, sungai, maupun di Laut Baltik. Untuk membuat ikan asap ini bisa menggunakan pengasap listrik, namun jika ingin rasa yang lebih tradisonal bisa menggunakan api. Sebelum memanggangnya, bersihkan terlebih dahulu bagian dalam ikan dan sisiknya, lalu taburi dengan garam.

Jangan terlalu banyak menggunakan garam, asal merata saja. Sebagai penyeimbang rasa, taburi juga dengan sedikit gula agar warna ikan juga lebih menarik saat dipanggang. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya gunakan api kecil dengan panas yang merata.

Lamanya waktu memasak tergantung dengan besar kecilnya ikan, tpai biasanya untuk ikan dengan ukuran 1 kg membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk matang. Makanan khas Finlandia ini biasa disajikan bersama keripik alder.

3. Poronkäristys

Poronkäristys

Di Finlandia bisa menemukan rusa dengan sangat mudah, bahkan ada ungkapang kalau jumlah rusanya lebih banyak daripada jumlah pria di Lapland. Karena itulah rusa menjadi salah satu bahan makanan yang umum di hidangan Finlandia Utara.

Banyak sekali varian makanan yang terbuat dari binatang herbivora ini, seperti daging rusa asap, daging rusa yang dikeringkan, sup daging rusa, hingga daging rusa cacah. Poronkäristys adalah tumisan daging rusa yang menjadi salah satu makanan khas Finlandia yang dapat dijumpai dan dicicipi di semua musim.

Banyak restoran yang menawarkan menu ini sebagai hidangan utamanya. Dalam sajian ini, daging rusa akan diiris tipis dan ditumis dengan bawang dan beberapa rempah lainnya, lalu disajikam bersama kentang tumbuk, acar, dan lingonberry. Sayuran seperti wortel biasanya juga ditambahkan sebagai pelengkap.

4. Rieska

Rieska

Saat datang berkunjung ke Finlandia, rieska mungkin menjadi salah satu sajian yang sayang untuk dilewatkan. Makanan berbentuk roti ini umumnya dijadikan pelengkap pada hidangan khas Finlandia. Ada beberapa varian rieska, tapi yang paling umum dan mudah ditemukan adalah rieskan kentang atau yang dalam bahasa Finlandia disebut perunarieska, barley rieska, dan rye rieska.

Orang Finlandia umumnya menyantap rieska dengan mentega. Roti khas Finlandia ini sangat umum dijadikan sandwich saat perjalanan hiking atau saat kegiatan di luar ruangan lainnya. Sajian manis dari Finlandia lainnya adalah;

  • Korvapuusti yang merupakan roti kayu manis dan biasa disajikan bersama secangkir kopi. Orang Finlandia dikenal banyak mengkonsumsi kopi dibanding dnegan negara Eropa lainnya. Karena itulah, roti manis dengan aroma kayu manis dan taburan gula di atasnya ini sangat sempurna untuk menemani waktu bersantai.
  • Ruisleipä ialah roti gandum berwarna hitam yang dibuat dari adonan asam. Roti ini bisa dikatakan sebagai makanan pokok di Finlandia. Ada banyak sekali variasi dari ruisleipa ini, tapi yang paling populer adalah reikaleipa, yang merupakan roti berlubang. Biasanya di Finlandia roti ini digantung di atas tiang yang terbuat dari kayu kaso. Roti ini bertekstur padat dan berat, biasanya dimakan sebagai sarapan dengan mengoleskan mentega, keju, maupun selai. Tidak jarang roti ini dijadikan teman makan siang bersama sup.

5. Silli Ja Uudet Perunat

Silli Ja Uudet Perunat

Makanan khas Finlandia yang satu ini adalah kentang yang dikombinasikan dengan ikan haring atau silli. Kentang akan dicampur dengan ikan haring segar dan ditambahkan saus chantarelle. Variasi lainnya adalah kentang yang dicampur dengan telur ikan dan silli, atau kentang yang hanya dicampur dengan silli dan sedikit mentega, garam, dan sedikit adas.

Variasi yang tersedia sangatlah banyak, namun memiliki cita rasa berbeda-beda dan yang paling penting adalah semuanya menggugah selera. Makanan khas Finlandia lainnya yang tidak kalah menggiurkan adalah;

  • Rapu, biasanya dihidangkan ketika ada acara pesta udang karang yang disebut dengan “kraftskiva”. Awalnya pesta udang karang ini adalah tradisi Swedia, namun diadopsi dan dirayakan juga di Finlandia pada musim panas. Rapu atau lobster air tawar kesil dianggap sebagai makanan mahal. Karena itulah rapu selalu ada saat perayaan kraftskiva selain juga pada musim crayfish yang biasanya berlangsung pada awal musim gugur.
  • Leipajuusto, terbuat dari susu sapi dan roti keju yang biasanya umum dijadikan makanan penutup di Finlandia. Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di Finlandia, termasuk juga di supermarket lokal. Biasanya disajikan dengan cloudberry atau lakka atau hilla, cloudberry sendiri adalah salah satu buah paling lezat, yang kaya akan vitamin dan bisa ditemukan di rawa-rawa Lappish.
  • Graavilohi, adalah salah satu hidangan Nordik yang terbuatd ari salmon segar yang diberi sedikit garam, gula, dan adas, Salmon akan diiris tipis dan disajikan bersama saus dill atau mustard dengan roti atau kentang rebus.

Itulah 10 makanan khas Finlandia yang bisa melengkapi wisata kuliner anda di negara yang terkenal dengan panorama alamnya ini. Sebelum beranjak, simak juga artikel makanan khas dari negara lainnya berikut ini.

, , ,
Post Date: Monday 21st, October 2019 / 10:30 Oleh :
Kategori : Finlandia