11 Makanan Khas Jeonju Paling Diminati Wisatawan

Makanan Khas Jeonju—Jeonju adalah salah satu kota terkenal di Korea Selatan. Jeonju tidak hanya dikenal karena menjadi rumah dari cagar budaya Hanok Village, tapi juga karena memiliki kekayaan kuliner yang mengesankan.

Karena kekayaannya tersebut, Jeonju kerap disebut sebagai kota kuliner Korea Selatan atau South Korea Food Capital. Kota ini terletak di provinsi Jeollabuk-do dan bisa dijangkau dengan mudah menggunakan berbagai jenis moda transportasi dari kota Seoul.

Kepopuleran kota Jeonju sebagai kota kuliner tidak hanya di kalangan wisatawan asing, melainkan juga berasal dari masyarakat lokal Korea Selatan. Berlibur ke Jeonju dan mencicipi makanannya adalah salah satu rencana liburan yang kerap mereka lakukan.

Jika Anda ingin mencoba mencicipi makanan khas Jeonju ketika liburan akhir tahun di Korea, cobalah rekomendasi beberapa makanan khas Jeonju terbaik yang tidak hanya bisa mengenyangkan, tapi juga membuat Anda ketagihan.

  1. Jeonju Bibimbap

Jeonju BibimbapJika Anda sedang berselera untuk mencoba bibimbap, maka datanglah ke kota Jeonju. Kota ini dikenal sebagai pemilik bibimbap terbaik di Korea Selatan. Bibimbap adalah makanan khas Korea.

Makanan ini pada dasarnya adalah nasi yang dimasak dalam kaldu sapi sehingga memberikannya rasa gurih. Dalam sajiannya, Bibimbap dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran yang sudah dibumbui dan telur.

Pemerintah dan masyarakat lokal Jeonju sangat bangga dengan produk bibimbap mereka yang populer. Jika Anda beruntung, Anda bisa mencicipi bibimbap terbaik dari kota Jeonju pada pergelaran Jeonju BIbimbap Festival yang diadakan setiap tahun.

Ada banyak tempat di kota Jeonju yang menyajikan bibimbap, salah satunya adalah Family House (Jeonju Bibimbap) yang berlokasi di 80 Jungangdong 3 (sam)-ga, Wansan-gu, Jeonju-si.

Mencicipi makanan khas Jeonju akan lebih nikmat jika Anda lakukan saat liburan musim dingin di Korea. Pilihlah side dish berupa sayuran yang dilumuri dengan gochujang. Nikmati saat hangat dengan satu gelas soju. Jeonju bibimbap akan membuat tubuh Anda merasa kenyang dan hangat dalam sekali waktu.

  1. Dakgalbi

DakgalbiDalkgalbi adalah salah satu makanan khas Jeonju yang harus Anda cicipi ketika berkunjung ke Jeonju Hanok Village. Makanan ini bisa Anda temukan di berbagai resto di jalan utama sekitar tempat wisata di Korea Selatan saat musim gugur. Mencoba dakgalbi setelah berlelah-lelah mengelilingi tempat wisata tentu akan membuat Anda kembali bertenaga.

Dakgalbi adalah penganan yang terbuat dari ayam. Daging ayam dimasak dengan cara ditumis menggunakan bumbu gochujang dengan tambahan rempah yang menggugah selera. Makanan ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan favorit bagi Anda yang tengah jalan-jalan murah ke Korea karena harga daging ayam tentu lebih murah dari pada daging sapi atau babi.


Mencicipi Dakgalbi akan menambah kesan Anda ketika berkunjung ke kota Jeonju. Jangan lupa untuk mencicipinya dengan minuman khas Korea seperti makgeolli. Ada banyak restoran di sekitar Jeonju Hanok Village yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi makanan penuh nilai sejarah ini. Bungkuslah beberapa untuk Anda nikmati di hotel atau penginapan. Atau, Anda juga bisa mencoba memasaknya sendiri.

  1. Tteokgalbi

TteokgalbiMakanan khas Jeonju lainnya yang harus Anda coba di sela-sela wisata Anda adalah tteokgalbi. Tteokgalbi adalah makanan khas Jeonju nomor dua yang paling populer setelah bibimbap.

Tidak heran jika wisatawan yang mencari makanan ini cukup banyak. Selain karena rasanya lezat, mencicipi tteokgalbi sama dengan menghargai kekayaan kuliner kota Jeonju.

Anda bisa mencicipi tteokgalbi di banyak restoran di Jeonju. Salah satu tempat yang direkomendasikan terletak di Taejong Daero, Jeonju. Restoran ini memiliki gaya kuno yang khas dan cukup besar dengan kebun berwarna hijau.

Dekorasi-dekorasi tradisional akan membawa Anda pada pengalaman masyarakat Korea tempo dulu ketika mengonsumsi tteokgalbi. Anda juga bisa mencicipi ini di tempat wisata Korea Selatan untuk Kpopers.

Makanan pendamping tteokgalbi cukup banyak. Bagi Anda yang yang pernah makan bibimbap dan terkejut dengan jumlah makanan pendampingnya, maka Anda akan lebih terkejut ketika mengonsumsi tteokgalbi. Makanan pendamping biasanya disajikan lebih dulu. Satu set tteokgalbi biasanya disajikan dengan 1 mangkuk naengmyeon serta sup pasta kacang dan nasi.

  1. Kongnamul Gukbap

Kongnamul GukbapJika Anda penggemar drama Korea, maka Anda tidak akan asing dengan makanan khas Jeonju yang satu ini. Sebab masyarakat Korea suka minum soju dan mabuk, keberadaan kongnamul gukbap sangat penting.

Kongnamul gukbap adalah sup kecambah bening yang kerap dikonsumsi setelah mabuk semalaman. Sup ini sangat baik untuk sistem pencernaan dan membantu keluar dari mabuk yang berkepanjangan.

Di Jeonju, kongnamul gukbao adalah salah satu lauk yang bisa Anda konsumsi untuk sarapan. Cobalah di restoran bernama Waengi. Anda bisa mengombinasikan sup kecambah ini dengan nasi, beberapa lembar rumput laut, serta telur. Pasangan terbaik dari kongnamul gukbao adalah moju. Moju adalah minuman khas Jeonju yang kurang lebih sama dengan makgeolli.

Mengonsumsi kongnamul gukbao akan membuat Anda merasa segar selama seharian mengunjungi tempat wisata di kota Jeonju. Makanan ini juga cocok untuk dikonsumsi keesokan harinya setelah Anda pulang malam ke penginapan. Jangan lupa untuk membeli souvenir khas Korea Selatan di sekitar restoran tempat Anda membeli segelas kongnamul gukbap hangat.

  1. Squid/Octopus Skewer

Octopus-SkewerJika Indonesia terkenal dengan sate ayamnya, maka kota Jeonju terkenal dengan sate gurita. Sate gurita dikenal sebagai makanan pinggir jalan yang paling populer di Jeonju. Jika Anda berkunjung ke Jeonju Hanok Village, Anda akan menemukan makanan ini dengan mudah. Sate gurita bisa Anda kombinasikan dengan gochujang dan berbagai jenis saus lainnya.

Sate gurita dijual dengan berbagai macam harga, tergantung tempat Anda membelinya. Selain di sekitar tempat wisata Jeonju Hanok Village, Anda juga bisa menemukan makanan ini di Nambu Market.

Namu Market adalah pasar tradisional yang dibuka sejak tahun 1905. Tidak hanya sate gurita, di pasar ini Anda juga bisa menemukan berbagai jenis bahan makanan lainnya seperti sayur, buah, ikan kering, hingga berbagai jenis furnitur dan perlengkapan rumah.


Selain lima jenis makanan khas Jeonju di atas, masih terdapat banyak jenis makanan yang bisa Anda cicipi di sela-sela mengunjungi tempat wisata paling bagus di dunia yang berlokasi di kota Jeonju. Beberapa jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Seokgalbi
  • PNB’s Giant Chocopies
  • Cheese Chicken Skewer
  • Fruit Ice Cream
  • Cream Bread
  • Grapefurit Beer

Makanan khas Jeonju umumnya adalah jenis makanan yang sudah dibuat sesuai dengan tradisi. Tidak heran jika selain lezat untuk dinikmati, makanan-makanan tersebut memiliki cerita panjang di balik pembuatannya. Tidak sedikit yang memiliki filosofi tertentu. Kekayaan budaya masyarakat Korea yang tercermin dalam dunia kulinernya akan mengingatkan Anda pada hal serupa yang bisa Anda temukan di Jepang.

Jepang juga sangat menjunjung tinggi budayanya. Budaya Jepang tidak hanya tercermin dari peninggalan-peninggalan sejarahnya saja, melainkan juga tercermin dalam bagaimana cara mereka bersikap dan apa yang mereka konsumsi.

Setelah puas mencicipi makanan khas Jeonju, cobalah untuk melakukan wisata ke Jepang tanpa tour. Selain memiliki kekayaan kuliner yang besar, di Jepang Anda bisa menemukan banyak bangunan terindah di dunia yang menjadi landmark. Landmark-landmark tersebut harus Anda kunjungi.

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, March 2019 / 14:01 Oleh :
Kategori : Korea Selatan