11 Makanan Khas Arab Saudi Terfavorit WIsatawan

Orang-orang Arab Saudi merupakan warga keturunan dari suku-suku pengembara domba dan kambing nomaden. Orang-orang arab saudi sampai sekarang masih mempertahankan banyak tradisi masa lalu mereka.

Makanan khas arab saudi seperti makanan tradisional yang antara lain berupa kurma, fatir (roti datar), arikah (roti dari bagian barat daya negara), dan hawayij (campuran rempah-rempah) masih dimakan oleh orang Saudi sampai sekarang. Meskipun sebagian besar orang Saudi telah menetap di kota-kota dan kota-kota dan tidak lagi mengikuti gaya hidup nomaden.

Tempat wisata di Arab Saudi juga merupakan rumah bagi Mekah, asal dan pusat spiritual Islam. Budaya, serta hukum Arab Saudi, didasarkan pada prinsip-prinsip Islam, termasuk pembatasan diet terhadap makan daging babi atau minum alkohol.

Pada 1930-an, minyak ditemukan di Semenanjung Arab. Penghasilan dari minyak memungkinkan Arab Saudi untuk dimodernisasi dan mulai mengembangkan industri yang lebih kuat di bidang lain seperti pertanian, bahkan jika dilihat perkembangan pembangunan arab saudi sangat pesat hingga nampak dapat melebihi tempat wisata di new york.

Arab Saudi sekarang memproduksi semua produk susu sendiri dan sebagian besar sayurannya sendiri. Banyak pekerja asing diperlukan untuk mempertahankan industri baru, dan makanan asing serta rantai makanan cepat saji.

Jangan heran jika anda berwisata ke area arab saudi, seperti tempat wisata di Dubai dan sekitarnya, ketika di sana sekarang banyak tersedia makanan cepat saji di restoran-restoran lokal. Sebagian besar pelanggan dari makanan cepat saji adalah warga negara asing yang menetap sementara di Arab saudi sebagai pendatang untuk bekerja atau hanya untuk berwisata. Meskipun demikian, semua itu menjadi komoditi yang penting dalam roda ekonomi Arab Saudi.

Sedangkan warga lokalnya masih setia dengan makanan khas Arab saudi antara lain sebagai berikut:

  1. Fatir (Roti Flat)
roti flat

Fatir otentik makanan khas Arab Saudi ini dibuat dengan tepung barley panggang, tidak banyak tersedia di Amerika Serikat. Tepung tortilla yang dipanggang dalam oven hangat di atas mangkuk logam selama 3 hingga 4 menit akan mensimulasikan bentuk fatir.

Bahan-bahan pembuatan roti ini seperti roti adonan roti putih beku, dicairkan. Cara membuatnya cukup unik, yakni Putar adonan roti yang sudah dicairkan ke permukaan tepung. Setelah itu anda harus membanginya menjadi 6 bagian. Ratakan setiap potongan di bawah telapak tangan Anda dan debu ringan dengan tepung putih.

Gulung satu per satu, menjaga sisanya tertutup dengan handuk hidangan basah, untuk membuat 6 roti pipih dengan diameter 10 inci. Roti akan sangat tipis, jadi tangani dengan hati-hati.

Semprotkan bagian luar wajan dengan semprotan memasak dan atur wajan, terbalik, di atas kompor di atas kompor. Panaskan di atas api sedang-tinggi. Anda harus Mengenakan sarung tangan oven supaya tidak terbakar. Letakkan roti dengan hati-hati di atas permukaan yang melengkung.

Setelah itu, tekan dengan lembut menggunakan sendok kayu, untuk memastikan semua bagian roti menyentuh permukaan oven. Selanjutnya masak selama 1½ – 2 menit.

Selang dua menit, anda harus membalik roti dengan mengunakan penjepit. Lalu masak lagi sampai sisi lainnya ikut matang. Bia sudah matan, roti bisa disajikan.

2. Hawayij (Spice Blend)

Spice Blend

Makanan khas arab saudi berikutnya ialah makanan bernama hawaji atau spice blend. Makanan ini terbentuk dari campuran rempah-rempah. Makanan ini cukup bertahan lama di wadah yang tertutup rapat.

Bahan-bahan pembuatnya antara lain lada hitam, biji jintan, teh biji kapulaga, teh benang kunyit, teh kunyit. Proses pembuatannya cukup dengan dimasak di atas tungku panas. bahan-bahan dimasukkan ke dalam manci yang sudah berisi air mendidih. Kemudian dimasak sampai bumbu bercampur.

Dari paparan ini anda dapat menduga bahwa makanan ini berupa sup. Anda benar, makanan ini biasa disajikan untuk menambah cita rasa saat makan malam atau sarapan. 

3. Kapsa (Ayam dan Nasi)

kapsa

Makanan berikutnya ialah ayam dan nasi yang bernama kapsa. Makanan ini dibuat dengan campuran bumbu dan bahan yang beraneka ragam. Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan kapsa antar alain minyak zaitun, bawang bombai kecil hingga sedang yang di cincang, bubuk kapulaga, kaldu ayam, air,  tomat yang dicincang, bubuk bawang putih, kulit lemon, kayu manis, Garam secukupnya, kismis, daging ayam bagian dada tanpa kulit dan tanpa tulang, daging ayam bagian paha tanpa kulit dan tanpa tulang, dan Basmati putih.

Kapsa diakui sebagai hidangan nasional dan menjadi kebanggaan warga negara arab saudi. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih yang luar biasa menggoda. Mengonsumsi ini di saat benar-benar lapar akan membuat anda merasakan cita rasa otentik yang luar biasa.

Anda pun bisa mengonsumsi varian rasa kapsa, ada rasa original atau Kapsa Spice yang bumbunya terdiri atas kunyit, kayu manis, jeruk nipis, kapulaga, pala, dan daun salam.

4. Mutabbaq

Mutabbaq

Berasal dari Yaman, kata Mutabbaq berarti ‘dilipat’ dan itulah tepatnya, makanan ini berupa pancake terlipat. Anda bisa membuat mereka diisi penuh dengan sayuran untuk camilan tengah hari dari ketika berjalan kaki ketika di Jeddah, atau Anda bisa membuatnya di rumah dengan resep anda sendiri atau dari internet yang anda ketahui.

Makanan ini benar-benar bisa menjadi cemilan ataupun makanan penutup. Ketika anda sudah sapai di arab saudi, jangan lupa untuk mencicipi makanan ini. rasanya sayang jika sudah sampai di negara pemproduksi asli masakan ini melewatkan begitu saja untuk mencicipi masakan otentiknya.

Kalaupun anda suka masak di rumah, silahkan buat mutabbaq yang sesuai dengan resep aslinya, supaya bisa merasakan cita rasanya yang unik.

5. Shawarma

shawarma

Pernah dengar shawarma? Mungkin nama ini mengingatkan anda pada beberapa makanan khas atau sebuah daerah yang eksis di India. Nama shawarma pasti sudah pernah anda dengar sebelumnya. Masakan ini memang berasal dari timur tengah, kalau anda pergi ke Dubai atau daerah arab lainnya anda tidak akan sulit untuk menemukan makanan ini.

Makanan khas Arab Saudi ini terbuat dari daging. Makanan ini sangat populer di negara-negara Timur Tengah dengan Saudi Arabia tidak terkecuali. Masakan itu berasal dari masakan Levantine dan sekarang shawarma juga bisa ditemukan di seluruh dunia.

Berkat budaya akulturasi dari warga arab saudi yang tinggal di berbagai kota di seluruh dunia, masakan inipun juga diperkenalkan di sana. Tak luput, di indonesia pun bisa ditemukan masakan ini ketika anda mampir ke restoran arab.

Tetapi Anda tidak perlu menemukan toko kebab untuk menikmati hidangan lezat ini, Anda dapat mencoba sendiri di rumah dengan resep-resep yang beredar di internet.

6. Bola goreng terbuat dari buncis

falafel

Tidak hanya Indonesia yang memiliki beragam menu aneh, di saudi arabia pun juga ada. Salah satunya ialah bola goreng terbuat dari buncis. Makanan ini bernama asli falafel dan semua orang di arab saudi menyukainya.

Bola goreng ini disebut memiliki cita rasa yang unik, tidak menghilangkan bahan utamanya yang berupa buncis. Masakan ini biasa dijadikan cemilan setelah makan malam.

Makanan ini juga merupakan menu utama bagi orang-orang Mesir yang menganut aliran vegetarian. Persebaran makanan ini ke seluruh dunia juga dengan cepat menjadi salah satu menu favorit para vegetarian di seluruh dunia.

Anda, yang vegetarian maupun bukan, boleh saja mencicipi masakan ini dengan gembira baik ketika mampir di restoran di saudi arabia secara langsung ataupun restoran arab yang ada di Indonesia. Rasa otentiknya jelas dapat dirasakan ketika mencicipinya langsung di negara asalnya.

7. Laban

Laban

Setelah banyak membahas makanan khas Arab Saudi mari sedikit beralih ke minuman. Salah satu yang populer di arab saudi ialah Laban.

Laban merupakan minuman yoghurt yang dibuat untuk menyegarkan tubuh terutama ketika panas benar-benar menyengat di arab saudi. Laban juga bisa dibuat sendiri di rumah. Saat membuat Laban, Anda dapat menggunakan resep dari berbagai media yang beredar di internet.

Meminum yoghurt tidak hanya melepaskan dahaga tapi juga baik untuk pencernaan. Yoghurt bisa memperlancar kondisi pencernaan anda. minuman ini biasa menjadi seperti sebuah cemilan di arab saudi terutama di hari yang benar-benar menyengat.

Rekomendasi Makanan khas Arab Saudi

Selain daftar makanan di atas, masih ada banyak makanan khas arab saudi lainnya. Anda dapat mencicipi semuanya jika anda mau. Berikut merupakan daftar makanan khas arab saudi yang perlu anda pertimbangkan untuk dicicipi kelak.

  • Saleeg
  • Maamul
  • Kurma
  • Daging kambing guling

Masih ada banyak sekali daftar masakan khas di arab saudi, tapi kiranya hanya itu terlebih dahulu yang dapat kami sajikan untuk anda.

, , ,
Post Date: Friday 01st, March 2019 / 16:05 Oleh :
Kategori : Arab Saudi