21 Makanan Khas Perancis Paling Diburu Wisatawan

Di Perancis juga ada banyak sekali makanan khas yang mudah diterima oleh semua kalangan. Banyak wisatawan datang ke tempat wisata di Perancis dengan alasan merindukan masakan khasnya.

Makanan khas Paris Perancis terkenal dengan penyajiannya yang selalu nampak artistik sehingga menarik perhatian orang yang melihatnya dari etalase. Banyak sekali makanan khas Perancis yang dihidangkan di restoran, hotel, dan beberapa tempat menginap lainnya. Probably, kalau anda menginap di salah satu hotel, anda bisa minta layanan makanan khas Perancis ke dalam kamar hotel.

Nah, apakah anda penasaran dengan makanan khas Perancis? Berikut ini kami sajikan beberapa informasi mengenai makanan khas Paris Perancis yang pasti akan cocok di lidah anda.

1. Beef Burguignon

Beef-Bourguignon

Jika anda mampir ke salah satu restoran dan memesan Beef Burguignon, anda mungkin akan berpikir bahwa makanan yang akan anda makan ini mirip dengan rendang yang berasal dari Sumatera Barat. Tak heran jika ada banyak kemiripan, karena terkadang inspirasi dalam membuat masakan dipengaruhi oleh banyak hal.

Bisa jadi juga makanan khas di China sempat mempengaruhi chef di Perancis karena dia memiliki pengalaman pernah pergi ke tempat wisata di China kemudian tertarik untuk membuat inovasi dari salah satu masakan khasnya. Jadi, kemiripan itu bisa saja terjadi.

Akan tetapi ada perbedaan mendasar dari Beef Burguignon dengan rendang yang berasal dari Sumatera Barat, Indonesia. Makanan khas dari kota yang juga dijuluki sebagai kota Mode ini memiliki proses masak yang sangat jauh beda dengan rendang. Beef Burguignon terbuat dari daging sapi yang direndam terlebih dahulu di dalam anggur merah.

Proses itu menghasilkan cita rasa yang khas dan mewah serta membuat daging memiliki tekstur lembut untuk disantap. Bumbu untuk memasak antara lain bawang putih, bawang merah, jamur, dan aneka rempah segar.

2. Cassoulet

Cassoulet

Masakan yang mungkin dapat membuat anda selalu teringat Perancis ialah Cassoulet. Sajian ini merupakan makanan yang paling pas di santap saat musim dingin di depan perapian. Akan tetapi, untuk wisatawan luar negeri yang ingin mencicipinya tidak harus menunggu musim dingin kok.

Kecuali kalau anda memang sengaja untuk mendatangi tempat wisata di Eropa Barat saat Musim Dingin lalu mampir ke Perancis. Anda bisa mampir dan merasakan rasa sesungguhnya cassoulet di suasana dan cuaca yang tepat.

Sajian Cassoulet disebut mirip dengan kaserol, yakni makanan yang terbuat dari campuran sosis dan kacang putih yang kemudian dimasak dalam satu panci. Masakan ini dibumbui dengan rempah-rempah, sehingga akan tercium aroma rempah dan memberikan rasa hangat. Belum lagi dengan kandungan lemaknya yang tinggi, menyantap satu porsi saja cassoulet, anda mungkin sudah merasa kenyang.


3. Escargot

Escargot1

Secara harfiah dalam bahasa Indonesia masakan khas Perancis bernama Escargot ini berarti siput atau bekucot, namun pada kenyataannya juga demikian. Makanan khas Paris Perancis yang akan membuat anda berpikir bahwa ini merupakan makanan ekstrim mungkin membuat anda berpikir dua kali untuk mencicipi.

Bahan dasar dari escargot benar-benar hewan yang sangat mirip bekicot. Hewan itu disebut dengan nama latin Achatina fulica.  Sejenis bekicot dengan cangkang bewarna emas.

Di desa-desa di Indonesia, anda mungkin pernah menjumpai warga desa makan bekicot. Bagi yang belum pernah mencoba mungkin berpikir bahwa rasa masakan itu pasti tidak enak, mengingat bekicot adalah hewan berlendir.

Akan tetapi, justru masakan ini menjadi makanan favorit warga Perancis. Karena dapat diolah dengan baik dan benar, dan juga disajikan dengan penampilan yang mewah, sajian masakan ini justru menjadi sangat mewah dan menggugah selera.

Makanan ini juga dipercaya sangat baik untuk tubuh karena mengandung protein, vitamin B2 serta asam amino yang baik untuk kesehatan. Di Negara lain seperti China atau Jepang, masakan ini disajikan dengan cuka, jahe, dan kecap. Kalau di Perancis, Escargot ditambahkan dengan campuran bawang putih dan mentega. Kalau anda memiliki waktu dan kesempatan yang cukup panjang untuk datang ke tempat wisata di Jepang, tidak ada salahnya untuk makan escargot yang ada di Jepang sehingga anda bisa membandingkan cita rasanya.

4. Ratatouille

Ratatauille

Pernah menonton film animasi ratatouile? Sebuah film berlatar Perancis yang mengusung tema memasak. Ada seekor tikus yang ahli memasak masakan khas Perancis di sebuah restoran bernama Ratatauille. Film itu praktis membuat banyak orang tertarik untuk menikmati masakan khas Perancis lebih banyak lagi. Sekaligus juga menjelajahi area wisata Perancis.

Masakan itu disebut juga dengan ratatouile nicoise karena berasal dari daerah Nice. Masakan ini memiliki cita rasa gurih, campuran bahan-bahannya membuat orang yang menikmatinya bisa lekas kenyang.

Masakan ini terdiri dari bermacam-macam sayuran, seperti bay leave, thyme dan dedaunan lainnya. Pada umumnya, warga Perancis terbiasa menyantap masakan ratatouille ini dengan nasi, roti atau kentang. Namun, dewasa ini ratatouile lebih sering disajikan dengan omelet.

Dulu, ratatouille merupakan makanan khas para petani miskin. Biasanya makanan ini akan disajikan di musim panas, isinya berupa courgette atau zucchini (sejenis mentimun), dicampur dengan tomat, bawang putih, cabai merah, dan cabai hijau.

5. Croissant

Roti-croissant

Rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Paris Perancis yang satu ini, berupa roti bernama croissant. Roti dari negara pemilik Menara Eiffel ini merupakan makanan khas yang sangat populer di Perancis dan menjadi ikon kuliner Perancis. Roti croissant memang sudah masuk di Indonesia, namun semua orang di seluruh dunia memahami bahwa croissant merupakan roti yang berasal dari negara Perancis.

Roti ini sangat populer di seluruh dunia hingga dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN saking populernya roti tersebut di seluruh dunia. Seperti yang anda lihat, di Indonesia sendiri ada banyak toko roti yang menawarkan croissant. Cita rasa yang ditawarkannya pun bervariasi ada yang rasa keju, coklat, almond, sandwich, dan masih banyak lagi.

Meski dapat dijumpai di negara kita sendiri, merasakan roti croissant yang otentik di Perancis akan memberikan pengalaman yang berbeda. Sebab makanan khas Perancis yang asli dibuat oleh orang perancis memiliki aroma dan rasa mentega yang sangat kuat. Pada umumnya, roti ini akan dinikmati sambil minum segelas teh atau kopi sambil santai di sore hari.

Rekomendasi Makanan Khas Perancis :


Selain makanan tersebut di atas, ada banyak makanan populer lainnya di Perancis. Makanan khas Paris Perancis lainya yang kami rekomendasikan untuk anda cicipi selama masa kunjungan ke Perancis adalah sebagai berikut:

  • Foie Gras
  • Coq au Vin
  • Bouillabaisse
  • Soupe a l’oignon
  • Confit de Canard
  • Crème Brulee
  • Coq au Vin
  • Farci poitevin
  • roti baguette
  • Couilles de mouton
  • Parsley
  • Pieds de porc
  • drumstick ayam goreng
  • Confit de canard
  • Langue de boeuf
  • Ris de veau

Demikian makanan khas Paris Perancis yang dapat direkomendasikan kepada anda. Semoga dapat membantu anda menemukan makanan khas Perancis yang cocok untuk dicicipi.

, , ,
Post Date: Tuesday 06th, November 2018 / 10:16 Oleh :
Kategori : Perancis