10 Makanan Khas Yordania Terenak Favorit Wisatawan Dunia

Berlibur ke luar negeri kurang puas rasanya jika tidak mencicipi makanan khas di suatu daerah atau negara yang kita kunjungi. Apalagi jika makanan itu sulit untuk kita temukan dinegara asal kita sudah pasti akan kita buru sampai ketemu dan mencicipi makananya.

Yordania salah satu negara yang berdekatan dengan Arab Saudi mempunyai sederet makanan khas yang wajib anda cicipi saat anda berkunjung kesana.

Berikut beberapa makanan khas Yordania yang menarik untuk kita ulas.

1. Mansaf

makanan-utama-yordania

Mansaf merupakan makanan khas Yordania yang terbuat dari campuran daging yang dimasak dengan saus fermentasi kering, kacang panggang, bumbu rempah dan biasanya disajikan dengan roti atau nasi.

Tempat wisata di Yordania berdekatan dengan Timur Tengah tak heran jika dalam citarasa masakanya selalu ada bumbu rempah di dalamnya. Mansaf sangat cocok disantap bersama keluarga karena Mansaf biasanya disajikan dalam porsi besar.

Makanan ini sudah sangat dikenal oleh wisatatawan dari luar Yordania. Tidak sulit untuk menemukan makanan ini, banyak restoran yang  menyajikan menu ini di Yordania salah satunya berada di Al-Quds Restaurant, Complex no.8 King Al Husein.

Daging yang digunakan untuk Mansaf adalah daging domba sehingga tidak masalah untuk dikonsumsi oleh muslim yang berkunjung. Mansaf bisa anda temukan di negara lain seperti Palestina, Suriah, Irak dari Yordania.

2. Falafel

makanan-khas-cemilan-yordania

Falafel adalah makanan khas Yordania berbentuk ntuk bola-bola seperti bakso yang berbahan buncis halus dengan bumbu asli  masyarakat sekitar. Kekhasan bumbu dar Yordania membuat makanan ini sering dijadikan oleh-oleh dari Yordania.

Makanan ini cocok untuk dijadikan cemilan atau sarapan bersama minum teh. Falafel juga bisa disandingkan bersama sandwich disajikan dengan daun mint, bawang bombay mentah dan tomat. Sangat memungkinkan anda akan ketagihan dengan rasa masakan khas Yordania satu ini.

Makanan ini sangat banyak ditemukan bahkan hampir semua restoran di Yordania menyediakan masakan ini.

3. Teh dan Kopi Bedouin

makanan

Teh don kopi ini berasal dari suku bdouin yang tinggal secara nomaden di Yordania. Teh ini tidak seperti teh yang dapat ditemukan di tempat wisata di jepang atau Inggris. Teh khas Yordania memililiki kekhasan sendiri terutama karena dibuat oleh kaum nomaden.

Mereka sering tinggal di daerah terjal dan dekat dengan pegunungan. Mereka sangat ramah dengan pendatang yang berkunjung ke daerah yang mereka tinggali bahkan tak jarang mereka menjamu pendaki dengan teh atau kopi khas mereka dengan senang hati.

Tamu atau pendaki yang singgah ke tempat ini juga bisa membawa teh dan kopi suku Bedouin sebagai oleh-oleh khas dari Yordania. Jika anda memiliki waktu luang tak ada salahnya jika anda mencoba menikmati langsung teh dan kopi dari suku Bedouin agar anda juga merasakan kenyamanan tempat tinggal suku Bedouin dan keramahan suku Bedouin terhadap pendatang.


4. Kunafa

makanan-yordania

Kunafa ini bentuknya menyerupai pizza yang sering kita jumpai pada umumnya, namun Kunafa tebuat dari pastry dengan toping keju atau kacang diatasnya, disajikan dengan cara dipotong-potong tipis dan disiram dengan air gula.

Kunafa biasanya diisi dengan kismis, kelap parut, kacang-kacangan dan kismis disajikan sebagi dessert atau makanan penutup.

Kunafa sudah ada sejak jaman kekaisaran Ottoman  dan hingga kini dikenal noleh masyarakat sebagai makanan khas Yordania yang wajib anda cicipi sebelum anda bernajk dari negara ini.

Makanan ini sangat cocok dimakan ditemani sirup atau teh  ketika sore hari.

5. Maqluba

makanan-yordania-nasi-lemak

Maqluba merupakan makanan khas Yordania yang terbuat dari perpaduan nasi, ayam, kentang, sayuran dan bahan lain yang dimasak dalam sebuah wadah yang kemudian dibalik ketika disajikan. Maqluba berarti “terbalik”. Makanan ini sudah ada sejak abad ke-13  dan sangat terkenal di kawasan Timur Tengah.

Semaakin pandai yang memasak Maqluba maka tampilanya akan semakin rapi. Soal rasa sudah tidak diragukan lagi dengan bumbu rempahnya makanan ini mempunyai cita rasa yang sangat lzat.

Jika anda ingin mencoba makanan satu ini sebaiknya anda mengajak keluarga atau teman anda karena makanan ini disajikan dalam porsi besar.

6. Zarb

makanan-yordania-freekeh

Zarb adalah salah satu masakan asli suku Bedouin. Zarb terbuat danging yang sudah dibumbui ditambah dengan sayuran lalu dipanggang didalam tanah dengan batu bara dan ditutupi pasir, oven ini disebut dengan ‘taboon’.

Proses memasak ini ternyata mampu mmbuat daging terlepas dari tulang dengan sendirinya. Makanan ini sangat dikenal masyarakat Yordania terutama di area Gurun Badui di Petra dan Wadi Rum. Anda bisa mengunjungi wilayah tersebut jika anda ingin mencoba Zarb makanan khas yang hanya ada di Yordania.

Anda tidak perlu bingung mencari restoran mana yang menyajikan Zarb dengan rasa terbaik karena setiap restoran menggunakan metode yang sama dalam memasaknya dan tentunya dengan rasa yang lezat untuk memanjakan lidah anda.

7. Fattet Hummus

makanan-sarapan-yordania

Makanan ini sangat terkenal di dataran Arab hingga sebagian wilayah Eropa. Makanan ini terbuat dari buncis halus yang dicampur dengan suwiran roti pita, tahini, kacang pinus dan minyak zaitun.

Penyajian Fattet Hummus di Yordania ditambah dengan bawang bombay dan bumbu rempah  menciptakan rasa yang unik dan tidak mengecewakan anda saat memakanya.

Fattet hummus sangat cocok dimakan sebagai sarapan karena memiliki banyak kandungan protein dan sedikit lemak. Makanan ini juga bisa kita jumpai di Palestina, Lebanon, dan Suria. Makanan ini biasa disajikan dalam jumlah besar sehingga sangat cocok untuk disantap bersama keluarga.

8. Galayet Bandora

makanan-kombinasi-yordania

Masakan sederhana yang terbuat dari tomat, bawang, cabai, minyak zaitun dengan bumbu garam yang ditumis lalu diberi kuah. Saat menumis masakan ini menggunakan minyak zaiutun sehingga menambah aroma wangi.

Makanan ini sangat terkenal di wilayah Yordania terutama karena bahan yang mudah didapat dan cara memsaknya yang sederhana. Saat penyajian biasanya masakan ini diberi toping kacang pinus dan di sajikan bersama nasi atau roti.

Galayet biasa dimasak dalam jumlah besar dan banyak restoran yang menyajikan makanan ini di Yordania. Saat anda berlibur bersama keluarga makanan ini bisa menjadi pilihan karena selain rasanya yang lezat harga makanan ini bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau dalam porsi besar.

9. Musakhan / Muhammar

makanan-hidangan-khas-yordania

Makanan yang terdiri dari ayam bakar yang dipanggang dengan bawang, sumac, merica Jamaika, saffron dan kacang pinus goreng yang biasa disajikan di atas roti taboon.

Makanan ini merupakan hidangan utama saat makan siang menjadi favorit wisatawan yang sudah sangat terkenal di Yordania Utara. Makanan ini juga bisa anda temui di Yarusallem dan utara daerah Barat Bank.

Untuk makan malam, Muskhan bisa diisi ulang dengan satu atau dua ekor ayam panggang dan satu buah roti taboon yang besar. Makanan ini memang disajikan dalam jumlah besar maka seabiknya anda mengajak keluarga atau kerabat anda untuk menyantapnya. Tidak perlu khawatir dengan rasanya karena Musakhan sangat terkenal dengan kelezatanya.


10. Stuffed Baby Lamb

makanan-cemilan-yordania

Stuffed Baby Lamb merupakan masakan yang  terdiri dari danging domba panggang ynag disajikan bersama nasi, bawang cincang, kacang dan kismis. Masakan ini disajikan dalam jumlah besar menjadi makanan utama saat makan bersama keluarga.

Stuffed Baby Lamb sangat terkenal di Yordania dan menjadi masakan paling dicari oleh wisatawan saat berlibur ke Yordania. Anda tidak perlu kesulitan mencari lokasi restoran yang menjual masakan ini karena hampir semua restoran menyediakan menu ini di dalam restoran mereka.

Rekomendasi restoran untuk menyantap makanan khas Yordania

Bila anda ingin mendapatkan makanan khas Yordania tersebut, berikut merupakan rekomendais restoran untuk anda.

  • Beit Sitti Cooking School, 16 Mohammed Ali Ad Sa’id Street, Jabal Al Weibdeh.
  • Habibah Sweet, Marwan Madi Complex.
  • Hashem Restaurant, King Faisal.

Demikian informasi tentang makanan khas Yordania dan di mana anda bisa mencicipinya. Semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Friday 19th, October 2018 / 04:27 Oleh :
Kategori : Yordania