10 Taman Kota Di Jepang Paling Indah Dan Terbaik

Jepang merupakan sebuah negara maju terutama dibidang teknologinya. Tidak hanya itu  tempat wisata di Jepang juga memiliki banyak fasilitas yang mendukung kemajuan perekonomian di negara tersebut.

Salah satu fasilitas yang meningkatkan minat wisatawan dunia untuk datang ke Jepang ialah karena taman kota di Jepang sangat indah. Berikut ini beberapa taman kota di Jepang yang wajib anda kunjungi ketika anda berlibur ke Jepang.

1. Katsura-Rikyu (Kyoto)

taman-Tokyo-Imperial-Palace

Taman kota di Jepang yang pertama ialah Katsura- Rikyu berada dikawasan Nishikyo-ku dibangun pada tahun 1615 dengan luas 69.400 hektar. Pada awalnya taman ini merupakan rumah dari keluarga kerajaan.

Taman ini memiliki kolam dan bangunan yang tertata dengan apik.  Desain arsitektur ditaman ini sudah diakui keindahanya oleh arsitek Jepang bahkan dikalangan dunia. Kesederhanaan arsitekturnya menyatu dengan keindahan alam membuat tempat ini terlihat unik secara alami. Tak jarang orang menyebut taman ini menjadi taman terbaik yang pernah dibuat.

Taman ini dikelola oleh Badan Rumah Tangga Kerajaan sehingga untuk masuk ke kawasan ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya, hanya saja anda perlu untuk melakukan reservasi terlebih dahulu jika anda ingin berkunjung kesini. Datanglah saat musim semi, anda akan melihat keindahannya yang sempurna.

Kami peringatkan untuk mengikuti  tips liburan ke Jepang saat musim dingin karena bisa jadi anda hanya akan terjebak di hotel.

2. Hama-Rikyu (Tokyo)

taman-okinawa-jepang

Taman wisata di Jepang berikutnya ialah Hama-Rikyu yang menjadi salah satu ikon tempat wisata di Tokyo Jepang yang merupakan salah satu perkantoran modern yang menjadi ibukota Jepang. Namun sedikit dari kita yang mengatahui bahwa ada sebuah taman bernama  Hama- Rikyu sebuah taman yang terletak di daerah Chuo yang memiliki pemandangan cukup langka.

Taman ini berlatar belakang gedung perkantoran dengan dihiasai pohon pinus dan sakura. Taman ini memiliki udara sejuk ditengah kota padat kaena dikelilingi air laut dari Teluk Tokyo. Saat air surut anda juga bisa menikmati pemandangan lain dari karang- karang yang terlihat.

Taman ini masuk ke dalam situs pariwisata kebanggan kota Tokyo karena letaknya yang berada dijantung kota. Untuk menuju kesana anda hana perlu berjalan kaki dar stasiun Tsukijishijo.

3. Shikina-en (Okinawa) –Taman Ryukyu

taman-kyu-shiba-rikyu-jepang

Taman kota di Jepang yang tak kalah menarik ada pula di area Okinawa. Kalau anda memiliki kesempatan jalan-jalan ke tempat wisata di Okinawa dan mampir ke taman bernama Shinikina-en anda bisa melihat taman ini dibangun pada masa Kerajaan Ryukyu.

Kerajaan Ryukyu adalah sebuah kerajaan yang ingin  mengembangkan budayanya sendiri, dulunya Taman Shikina-en digunakan sebagai vila keluarga kerajaan. Taman ini memiliki pesona khas suasana tropis yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Saat anda berkunjung ke tempat ini anda akan melihat pemandangan alam dengan desain arsitektur khas Jepang. Salah satu pemandangan yang menarik ditepat ini adalah sebuah bangunan batu dan jembatan yang arsitekturnya dipengaruhi oleh budaya China, sehingga anda pun mungkin akan merasa serasa sedang berada di tempat wisata di China.

4. Museum Seni Adachi (Shimane)

taman-kota-jepang

Museum Seni Adachi menempati peringkat pertama Taman Wisata di Jepang selama 12 tahun berturut-turut. Hal ini dikarenakan luasnya taman ini memiliki enam bagian mulai dari standar taman Jepang seperti Katsura Rikyu samapi lanskap kering seperti Ryoanji yang bisa anda lihat secara langsung ditempat ini.

Taman ini disebut dengan museum karena keindahan alamnya terdapat disebuah bangunan. Anda dapat meikmati pemandanganya dari dalam sebuah bangunan, bangunan ini berdinding kaca sehingga seolah-olah keindahanya terbungkus dalam sebuah bangunan.

Tempat ini berada cukup jauh dari destinasi wisata terkenal lain yang ada di Jepang sehingga jika anda ingin mengunjungi tempat ini anda harus menyiapkan waktu liburan panjang di Jepang. Pemandangan lain yang bisa anda lihat di sekitar museum ini adalah daerah yng dipenuhi oleh kuil-kuil.


5. Ryoanji (Kyoto)

taman-jepang

Taman kota di Jepang ini menggunakan lanskap alam berupa pasir dan batu. Taman ini merupakan salah satu jenis taman yang disebut karesansui, yaitu model taman tradisional Jepang & Cina yang menggunakan lanskap kering.

Berbeda dengan taman lain yang berisi pepohonan atau bunga, taman ini berisi sususan batu-batu yang memiliki nilai keindahan tersendiri. Anda cukup membayar tiket masuk ke kuil Ryoanji jika anda ingin berkunjung ke tempat ini.

Ryoanji sendir adalah nama kuil kuno yang berada di tempat tersebut. Taman ini cukup populer dikalangan wisatawan luar negeri, mereka tertarik dengan susunan batu yang dipercaya memiliki makna dan filosofi tersendiri didalamnya. Taman ini diakui oleh UNESCO World Heritage Site sebagai salah satu bangunan historis dari Kyoto Kuno.

6. Taman Yoyogi

taman-dan-kota-lama-di-jepang

Taman yang berada di distrik Shibuya ini, terletak berdekatan dengan Stasiun Harajuku dan Meiji Shrine di Shibuya merupakan salah satu taman yang dinobatkan sebagai salah satu taman terbesar di Tokyo. Taman Yoyogi ini dulunya merupakan Olympic Village pada Olimpiade Tokyo tahun 1964.

Taman ini memiliki luas 540.000 meter persegi  berisi tanaman hijau, tiga air mancur besar dan kecil berukuran 15 samapi 30 meter. Taman ini dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan bagian selatan.

Di bagian utara anda bisa melihat pemandangan padang rumput hijau dan semak-semak menjadi pemandangan ruang terbuka dimana masyarakat sering menggunakan kawasan ini untuk menikmati pemandangan dan terkadang membiarkan hewan peliharaanya berkeliaran bebas dikawasan ini.

Di bagian selatan anda akan menemukan area untuk berolahraga seperti stadion, plaxa untuk acara atau panggung hiburan. Taman ini terbuka 24 jam bagi pengunjung yang ingin datang.

7. Hanami Yoyogi

taman-bunga-sakura-di-jepang

Dilihat dari namanya, Hanami adalah sebuah tradisi dijepang untuk menikmati pemandangan bunga sakura di musim semi. Hanami Yoyogi menjadi tempat favorit wisatawan saat musim semi karena wisatawan bisa menikmati cherry blossom dan bunga sakura yang indah.

Sunagi Meguro menjadi pusat hanami ditempat ini dengan akses mudah baik dari Shinjuku maupun Shibuya. Hal lain yang menjadi daya tarik tempat ini adalah orang-orang bisa camping di Yoyogi Park selama musim cherry blossom di Jepang.  Taman ini terdapat area piknik, jalur sepeda dan penyewaan sepeda yang bisa anda gunakan.

8. Koishikawa Korakuen

taman-bunga-di-jepang

Koishikawa Korakuen merupakan salah satu taman tertua di Jepang. Taman ini menjadi taman paling berharga di Jepng karena nilai sejarah dan keunikan desain dari taman ini.

Taman ini dibangun sekiatar tahun 1600-an. Taman ini terlihat lebih menarik saat musim gugur dengan pemandangan guguran daun maple dan pohon gingko yang menyala keemasan saat terkena sinar matahari.

Taman Koishikawa Korakuen juga menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati bunga sakura saat musim semi tiba. Disini anda juga bisa meikmati kolam dan pemandangan bukit buatan lengkap dengan jalan setapak untuk mengelilingi taman ini.

Taman ini terletak berdekatan dengan Tokyo Dome sehingga anda dapat menemukanya dengan mudah.

9. Imperial Palace East Gardens

taman-kota-di-jepang

Taman ini merupakan salah satu bagian taman keluarga kerjaan dan menjadi satu-satunya taman yang dibuka untuk umum. Di area taman anda bisa menemukan sisa reruntuhan kastil Edo, merupakan bangunan tertinggi di Jepang pada masa itu namun pada tahun 1657 kastil ini hancur dan tidak ada yang memabangun ulang hingga sekarang.

Di tempat ini tersedia layanan wisata khusus bagi anda yang ingin menegtahui lebih dalam mengenai Imperial Palace East Gardens namun anda harus memesanya jauh-jauh hari sebelumnya.

Lokasi taman ini sangat mudah ditemukan karena berdekatan dengan stasiun Tokyo, anda hanya cukup menempuh waktu 10 – 15 menit berjalan kaki untuk sampai disana.

10. Shinjuku Gyoen National Garden

Taman-Bunga-Sakura-jepang

Taman kota di Jepang ini tak jauh dari stasiun Shinjuku hanya butuh waktu 5-10menit berjalan kaki untuk sampai ke taman ini. Shinjuku Gyoen National Garden merupakan taman terbesar di Jepang dengan berbagai macam pohon didalamnya terutama bunga Sakura yang  sangat identik dengan Jepang. Bunga sakura di taman ini mekar sedikit lebih lambat daripada ditempat lain.

Taman ini merupakan tempat favorit kekaisaran Jepang untuk bersantai dan berekreasi. Sempat hancur saat Perang Dunia ke II dan dibangun kembali pada tahun 1949.

Taman ini terdiri dari tiga bagian utama, antara lain Japanese landscape garden yang menampilkan sisi taman tradisional khas Jepang, dua lainnya adalah French garden dan English landscape garden.


Yang terbaru dari tempat ini adalah kawasan  green house untuk tanaman dan bunga-bunga yang tumbuh di negara tropis.

Rekomendasi tempat wisata di Jepang

Selain taman kota di Jepang, ada beberapa tempat wisata di Jepang yang seharusnya tidak anda lewatkan pula. Berikut rekomendasi kami terkait tempat wisata di Jepang yang harus anda kunjungi.

  • Okinawa Churaumi Aquarium
  • Gunung Fuji
  • Jigokudani Money Park
  • Golden Pavilion
  • Zoorasia
  • Yokohama Raumen Museum
  • Fujiko F. Fujio Museum
  • Hiroshima Peace Memorial
  • Tokyo Disneyland
  • Tokyo Disneysea

Demikian penjelasan tentang wisata taman kota di Jepang, semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Friday 19th, October 2018 / 04:22 Oleh :
Kategori : Jepang