12 Oleh Oleh Khas Yordania Paling Diburu Wisatawan

Yordania menjadi destinasi traveling yang menarik, tapi sebelum berangkat ke sana simak dulu yuk fakta menarik dari negara ini.

  • Yordania adalah negara dengan standar pendidikan yang tinggi dengan tingkat meleh huruf tertinggi di Timur Tengah.
  • Yordania kaya akan situs sejarah, Gunung Nebo yang menjadi tempat dimakamkannya Nabi Musa. Dengan tingginya yang menapai 817 meter di atas permukaan laut, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Tanah Suci, sebagai lembah sungai Yordan, dan kota Yerikho.
  • Yordania memiliki seorang ratu bernama Rania Al-Abdullah yang terlihat mudah nan cantik. Sebagai seorang pemimpin, ratu dari Yordania ini sangat aktif di mesia sosial loh.
  • Yordania memiliki hidangan nasional bernama Mansaf yang terbuat dari domba yang dimasak dalam saus yang disebut dengan jameed dan disajikan bersama nasi maupun bulgur. Tertarik mencicip lezatnya Makanan Khas Arab Saudi lainnya seperti Makanan Khas Mesir ? Simak di sini.

Selain berburu tempat wisata di Yordania dan kuliner yang menggoyang lidah, Yordania juga memiliki keunikan pada setiap oleh-olehnya. Nah, berikut ini oleh oleh khas Yordania yang bisa dibawa sebagai buah tangan oleh wisatawan.

1. Perhiasan Khas Suku Badui

Perhiasan Khas Suku Badui

Suku Badui adalah suku nomaden yang ada di tanah Arab, mereka sering berpergian menggunakan unta dan tinggal di tenda berwarna merah atau hitam yang terbuat dari kulit kambing maupun unta.

Wisatan bisa menemukannya di kawasan wisata seperti Wadi Rum dan Petra di Yordania, yang kerap dijadikan tempat tinggal mereka. Umumnya tenda memiliki ruang duduk yang luas, dan sebuah toko kecil untuk menjual souvenir.

Perhiasan khas ini menjadi salah satu andalan mereka untuk ditawarkan kepada wisatawan. Sama halnya seperti ketika berkunjung ke tempat wisata di India, di sini wisatawan juga dapat menemukan aneka perhiasan perak.

Desainnya pun sangat otentik dan unik. Salah satu yang paling banyak diburu wisatawan adalah perhiasan yang terbuat dari koin, yang mengingatkan kepada Lambadis yang memiliki gaun dengan koin sebagai hiasannya.

2. Kohl Dan Parfum

Kohl Dan Parfum

Saat berjalan melalui banyak tempat di gurun, mungkin anda bisa melihat suku-suku nomaden yang memakai pakaian berlapis dan tertutup. Satu-satunya bagian tubuh yang terlihat adalah mata mereka. Sehingga kohl menjadi bagian terpenting dari make up yang merka kenakan. Wisatawan bisa melihat pria dan wanita Badui umumnya menggunakan garis kohl yang kuat dan tegas di sekitar mata mereka. Dan tentu saja wisatawan bisa membawanya sebagai oleh oleh khas Yordania. Selain juga parfum tentunya.

Parfum Yordania memiliki bau khas dan tahan lama, jika tidak ingin parfum beraroma kuat. Wisatawan bisa memilih parfum-parfum dengan harum yang lembut nan memikat. Mungkin anda bisa membeli parfum dalam kemasan botol kecil untuk dibawa sebagai oleh oleh khas Yordania, maupun sebagai kenang-kenangan dari negara eksotik ini.

3. Lukisan Pasir Dalam Botol

Lukisan Pasir Dalam Botol

Inilah salah satu souvenir paling terkenal dari Yordania, hampir di semua tempat wisata dan pasar wisatawan bisa melihat para senima mengisi botol-botol kaca dengan pasir berwarna.

Pasir berwarna-warni tersebut diisi ke dalam botol hingga menciptakan pemandangan yang indah. Biasanya botol kaca bening akan membuat lukisan pasir terlihat lebih jelas, para seniman biasanya memilih pemandangan berupa unta di gurun pasir yang nampak sangat cantik.

Lukisan pasir dalam botol ini juga memiliki beberapa ukuran. Mulai dari botol berukuran besar hingga yang terkecil seukuran gantungan kunci. Tentu sangat menarik untuk dibeli, karena hanya di Yordania wisatawan dapat membeli gantungan kunci dengan pasir aneka warna di dalamnya.

4. Karya Seni Mosaic Dan Keramik

Karya Seni Mosaic Dan Keramik

Karya seni mosaic terbuat dari potongan batu maupun keramik kecil yang diatur sedemikian rupa hingga membentuk sebuah lukisan yang indah. Inilah salah satu oleh oleh khas Yordania yang harus dibeli oleh wisatawan.

Meskipun dapat dibeli di pertokoan, kios pinggir jalan, maupun pasar, namun ada sebuah tempat bernama Madaba. Dimana di Madaba witawasan bisa menyaksikan begitu banyak karya mosaik yang estetik. Seperti mosaik tertua yang berada di lantai Gereja St George.

Di sepanjang jalan Madaba, wisatawan juga bisa melihat bengkel-bengkel kecil yang membuat lukisan mosaic. Selain mosaik, keramik juga dapat menjadi pilihan terbaik sebagai oleh-oleh dari Yordania. Keramik-keramik ini memiliki lukisan yang berbeda dan nampak memiliki warna serta desain yang khas.

5. Cokelat Lokal Buatan Yordania

Cokelat Lokal Buatan Yordania

Kini semakin banyak perusahaan yang membuat cokelat lokal di Yordania, tapi ada dua tempat yang secara khusus mencerminkan budaya setempat. Yang pertama adalah Jameed Chocolate, bahan yang digunakan tidaklah rahasia.

Dimana Chef Omar Sartawi menggunakan susu kambing lokal, yougurt yang dikeringkandan menjadi keju keras, sama dengan yang digunakan dalam hidangan nasional Yordania yaitu mansaf. Sedangkan yang kedua adalah Ishq Artisan Chocolates, Zahira Haram membuat cokelat dengan indah serta rasa yang lebih modern.

Cokelat di tempat ini dipengaruhi oleh musim, bahan-bahan yang digunakan pun berasal dari dalam Yordania. Menariknya, Zahira Haram tidak menggunakan gula, melainkan bahan alami lainnya untuk menambah cita rasa manis pada cokelat. Kalian juga wajib mencicipi Makanan Khas Turki yang tidak kalah enaknya.

Selain beberapa oleh-oleh di atas, Yordania masih memiliki beberapa souvenir lain yang tak kalah menariknya untuk dibawa pulang. Beberapa diantaranya adalah:

  • Ajloun olive oil
  • Magnet kulkas
  • Lampu aladin
  • Hiasan meja berbentuk unta
  • Garam Laut Mati
  • Produk kecantikan dari lumpur Laut Mati
  • Keffiyeh

Banyak dan beragam sekali bukan oleh oleh khas Yordania yang bisa dibagikan kepada keluarga atau teman di rumah. Puas jalan-jalan dan berburu hidangan serta oleh-oleh, namun masih memiliki beberapa waktu untuk liburan? Kenapa tidak berkunjung ke negara tetangga Yordania. Yaitu arab Saudi, negara yang terkenal dengan sejarah dan wisata religinya ini. Penasaran dengan tempat wisata di Arab Saudi? Langsung saja yuk siapkan kopermu.

, , , , ,
Post Date: Saturday 12th, October 2019 / 10:04 Oleh :
Kategori : Yordania