16 Oleh-oleh Khas Beijing Yang Wajib Di Jadikan Buah Tangan

kerajinan Tangan BeijingOleh-oleh Khas Beijing – Ketika kita berwisata ke tempat-tempat yang indah, tentunya kita tak ingin melewatkan buah tangan khas yang berasal dari tempat tersebut. Buah tangan yang khas dari suatu tempat akan membuka kembali kesan-kesan indah yang kita dapatkan dari suatu tempat. Sehingga memori akan otomatis terputar ketika kita melihat benda khas dari negara tersebut.

Ketika mengunjungi Beijing, maka pemgunjung sudah memasuki surga belanja di dunia. Hampir di setiap negara, terutama di ASEAN, pasti ada China town yang menjadi sentral oleh-oleh. Maka jika pengunjung langsung datang ke Beijing, siapkan isi ATM yang banyak untuk membawa pulang-pulang dari tempat favoritn  para Shopping Holic ini.

Untuk mengetahui kira-kira apa yang akan anda buru sebagai oleh-oleh khas dari negeri Tirai Bambu ini, berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas yang sangat sayang jika tidak bisa anda bawa pulang dari Cina.

1. Sutera

Siapa yang tidak tahu bahan Sutera yang berasal dari Cina. Kualitas kain Sutera karya pengrajin Cina adalah juaranya di seluruh Dunia. Pengunjung bisa memilih warna dan motif kain Sutera sesuai selera. Pengunjung di jamin pasti kebingungan untuk memilih motif terbaik dari kain-kain sutera khas Cina ini. Hal ini dikarenakan corak kain sutera yang mereka buat sangat menawan dan terkesan mewah.

Pengunjung bisa melihat kain-kain Sutera terbaik yang berasal dari Kota Dandong, Sichuan, Suzhou hingga Hangzhou. Selain menjual kain Sutera yang masih utuh dan bisa di beli meteran, pengunjung juga bisa membeli Sutera yang sudah menjadi gaun serta syal dengan motif yang sangat indah.

2. Keramik Antik

Selain Sutera, oleh-oleh khas Cina yang banyak di buru wisatawan adalah aneka souvenir yang terbuat dari keramik. Keramik sudah ada sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Pada zaman Dinasti Qin dan seterusnya, keramik merupakan salah satu bentuk hadiah yang sangat prestisius di kalangan para Raja. Pengunjung bisa menjadikan keramik yang motifnya menggambarkan tradisi dan kebudayaan Tiongkok sebagai oleh-oleh. Keramik seperti ini tidak sulit ditemukan di pusat oleh-oleh yang ada di Beijing. Sehingga para wisatawan dapat dengan mudah membelinya di pasaran.

Jika pengunjung khawatir keramik yang di beli akan pecah, anda bisa membeli keramik yang bergaransi. Ada banyak toko yang memberikan garansi pada produk-produk keramik mereka. Jika pengunjung ingin berburu keramik serta belajar tentang sejarah keramik dan makna di setiap gambar yang tertuang di sisi luar keramik, pengunjung bisa membeli keramik di wilayah Jingdezhen. 

3. Lukisan Cina

Selain menggambarkan sejarah kehidupan masyarakat Tiongkok zaman dahulu pada keramik, pemerhati sejarah Cina juga menceritakannya melalui lukisan. Wisatawan bisa melihat perkembangan zaman dari satu generasi ke generasi lainnya melalui lukisan. 

Pengunjung bisa mengetahui teknik-teknik yang digunakan pada lukisan-lukisan unik sarat makna yang di jual. Perbedaan teknik pelukisan juga memiliki filosofi-filosofi tersendiri yang pasti akan membuat pengunjung terkagum-kagum.

4. Batu Giok

Jika anda kurang tertarik dengan sejarah dan keunikan, pengunjung tetap bisa membeli oleh-oleh khas Cina yang bisa digunakan. Batu giok bisa menjadi pilihan yang menggiurkan bagi pengunjung, terutama kaum hawa. Batu giok yang di jual banyak ragamnya. Pengunjung bisa memilih cincin, bros, gelang hingga kalung yang berliontin batu giok. Ukuran Batu giok juga beragam mulai dari yang besar hingga yang kecil dan cantik.  


Pada zaman dahulu batu giok memiliki makna yang mengisyaratkan kecantikan, kekuatan, keabadian, kemuliaan, kesempurnaan serta keteguhan seorang wanita yang ideal. Keistimewaan seperti ini merupakan perempuan yang diidolakan setiap laki-laki. Sehingga batu giok di pilih menjadi logo Tiongkok berabad-abad lamanya. Beberapa jenis Batu giok yang terkenal sangat baik kualitasnya adalah Giok Dushan, Turquoise, Xiu dan Hetian. 

5. Kerajinan tangan

Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh untuk di bawa pulang berupa kerajinan khas masyarakat cina seperti gantungan pintu, patung dan sebagainya. Souvenir-souvenir unik yang di jual di pusat oleh-oleh ini mayoritas memiliki nilai-nilai religius yang di percayai masyarakat Tionhoa.

Souvenir-souvenir khas Cina ini harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kain Sutera, keramik antik dan batu giok. Beberapa souvenir yang murah meriah bisa pengunjung angkut ke negara tercinta seperti kain bordir, ukiran dari kayu, lampion, aneka souvenir dari kertas, tembikar, Zhongguo Jie dan sebagainya yang bentuknya kecil-kecil dan unik. 

6. Teh

Salah satu tradisi yang di anggap sangat sakral di Cina adalah tradisi minum teh. Tradisi minum teh juga dijadikan budaya yang bernilai prestisius dan penuh makna bagi mayoritas masyarakat Tiongkok. Oleh karena itulah teh khas Cina masih terus dipasarkan secara luas di Cina. Tradisi minum teh tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan masyarakat. Oleh karena itu teh Cina banyak juga yang berkhasiat bagi kesehatan. 

Beberapa teh yang sangat populer di Negeri Panda tersebut antara lain adalah teh hitam, teh hijau, teh wangi, teh bata dan teh oolong. Pengunjung bisa membawa berbagai teh yang sesuai dengan lidah untuk di nikmati di tanah air serta dibagikan kepada para rekan-rekan karib kerabat.

7. Obat tradisional cina

Selain teh, pengunjung juga bisa membeli obat tradisional Cina yang sudah terkenal khasiatnya. Obat-obat herbal ramuan tabib-tabib Cina sangat di minati oleh para wisatawan. Akan tetapi, tak banyak pedagang nakal yang memanfaatkan animo wisatawan untuk berbuat curang. Sehingga bagi para pengunjung yang berencana untuk membeli obat perlu waspada untuk memilih obat-obat herbal tradisional Cina.

Pastikan bahwa pengunjung faham jenis-jenis herbal alami yang digunakan sebagai obat tradisional seperti gingseng, akar alang-alang, bungs krisan, mentimun Cina, bunga Camelia, dan sebagainya.

8. Sepatu Neiliansheng

Sepatu Neiliansheng merupakan sepatu kungfu yang merupakan seni bela diri khas dari Cina. Neliliansheng sebenarnya adalah merk sepatu yang sudah sangat tua di Beijing yang sudah ada sejak era Dinasti Qing sejak tahun 1644.

Usia yang sudah puluhan abad tersebut sudah pasti membuat brand ini mampu memberikan kualitas yang sangat baik. Hal ini juga ysng membuat para tokoh besar negara Tiongkok juga menggunakan prosuk-produk dari toko ini. Untuk mendapatkan sepatu kung fu dari toko legendaris ini pengunjung bisa datang ke Dashilan 34, Qianmen di Xuanwu.

9. Cloisonné

Cloisonné adalah logam-logam yang di hias. Nama Cloisonne ini sendiri adalah merupakan teknik menghias logam tersebut. Cloisonne bisa berbentuk vas bunga, mangkuk, piring, lentera dan sebagainya.

10. Figurine Lord Rabbit

Meskipun pada awalnya figur Dewa Kelinci ini sarat akan ritual keagamaan, namun saat ini Figurine ini lebih berperan sebagai dekorasi ruangan hingga dijadikan sebagai mainan anak-anak. Oleh-oleh ini sangat cocok jika pengunjung ingin menjadikannya pajangan di rumah ketika pulang.

11. Topeng Opera Peking

Kesenian yang sering kita saksikan di berbagai film laga Cina adalah Opera Peking. Opera Peking merupakan sebuah opera Cina yang menceritakan tentang cerita para Dewa dan menggunakan topeng. Pengunjung juga bisa membeli topeng-topeng ini dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan di Cina. Topeng Opera Peking ini ada yang benar-benar berupa topeng, namun ada juga merupakan miniatur topeng yang sangat kecil.

12. Tas dan Dompet

Cina merupakan surga bagi para pemburu tas branded dari yang asli hingga KW dengan kualitas platinum. Tas dan dompet berbahan kulit bisa anda pilih. Kualitasnya bisa ditentukan berdasarkan budget yang sudah di persiapkan.

13. Boneka Panda

Sebagai negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Panda, maka di Beijing juga banyak menjual boneka Panda. Karena Cina merupakan negara yang menjadi tempat berkembang biak Panda, maka mereka menyediakan oleh-oleh berupa lukisan hingga Boneka Panda yang bisa anda bawa pulang.

14. Pakaian

Sebagai surga belanja bagi para wisatawan, maka slah satu yang paling di buru dari Beijing adalah pakaian-pakaian dengan model terbaru. Baju berbagai model dan kualitas bisa di pilih untuk digunakan di berbagai acara. Baju yang di jual bisa digunakan mulai dari acara formal, non formal hingga piyama tidur pun bisa di beli dengan harga yang tentunya murah. Sangat disayangkan jika anda tidak membeli pakaian ketika mengunjungi Beijing. 


15. Elektronik

Cina merupakan tempat yang sangat tepat bagi para wisatawan yang ingin menambah ataupun meng upgrade gadget. Berbagai jenis elektronik bisa kamu dapatkan dengan harga murah di tempat ini seperti kamera, powerbank, hard disk, android dan sebagainya.

16. Cemilan Beijing

Terakhir adalah makanan ringan yang bisa pengunjung bawa pulang dari Beijing. Selain terkenal dengan surga belanja pakaian, Beijing juga terkenal dengan wisata kulinernya. Wilayah yang sangat terkenal dengan makanan ringan di Beijing adalah daerah Xicheng. Snack ringan khas Cina ada yang merupakan Biskuit, roti, aneka gorengan dan aneka keripik. Oleh-oleh halal juga mudah didapatkan di tempat ini.

Demikianlah beberapa oleh-oleh khas Cina yang wajib anda ketahui dari Beijing. Jangan lupa untuk selalu menawar ketika anda berburu oleh-oleh di Beijing, karena harga jual bisa sampai 50% lebih murah dari harga patokan awal. Pengunjung harus kuat dan menjadi penawar yang handal untuk memperoleh kepuasan belanja.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , , ,
Post Date: Monday 19th, February 2018 / 08:32 Oleh :
Kategori : Tiongkok