4 Tempat Menakjubkan Di Dunia Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Melakukan travelling atau mengunjungi tempat wisata, terutama di luar negeri merupakan sesuatu yang setidaknya wajib dicoba sekali dalam seumur hidup. Travelling ke luar negeri selain kita bisa menambah wawasan kita dalam mengenal berbagai macam tempat dan budaya bagi seluruh dunia juga sangat baik untuk kesehatan jiwa karena bisa menghilangkan sejenak stress karena pekerjaan atau lainnya.

Ya, setidaknya kita memanfaatlam waktu dalam hidup kita yang hanya sekali ini untuk mengunjungi dan juga mengenal lebih dekat berbagai tempat menakjubkan di dunia. Berikut ini adalah beberapa tempat menakjubkan di dunia yang sayang untuk dilewatlam dan sebaiknya dikunjungi setidaknya sekall seumur hidup sebelum menyesal.

1.  Tembok Besar Cina

Tembok Besar Cina

Tempat menjakjubkan di dunia pertama yang juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai macam negara setiap tahunnya adalah Tembok Besar Cina.

Tempat wisata ini merupakan sebuah Tembok besar yang dibangun sekitar tahun 722 SM yang bertujuan untuk menghubungkan benteng-benteng pertahanan untuk melindungi wilayah Cina dari serangan musuh, khususnya suku mongol.

Di sepanjang Tembok Besar Cina ini juga dikelilingi dengan beragam tumbuhan hijau yang semakin menambah keindahan dan keasrian tempat ini. Di tembok besar Cina ini juga selain dengan berjalan, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan tempat ini dengan menaiki kereta gantung.

Tembok besar Cina ini juga diklaim sebagai salah satu bangunan terbesar dan terpanjang sepanjang sejarah yang pernah dibuat selama peradaban manusia. Tembok Besar Cina ini tercatat memiliki pankang 6.350 km dan tinggi bervariasi antara 7 hingga 14 meter sehingga tembok besar Cina ini juga disebut-sebut sebagai salah satu bangunan yang bisa terlihat dari luar angkasa dengan mata telanjang.

Bangunan Tembok Besar Cina ini juga sudah dicatat sebagai salah satu situs warisan sejarah dunia oleh UNESCO sejak tahun 1987.

2. Machu Pichu

Machu Pichu

Tempat menakjubkan di dunia berikutnya yang wajib dikunjungi ada di wilayah Amerika selatan, khususnya Peru, dan bernama Machu Pichu.

Machu Pichu ini merupakan reruntuhan bangunan dari peradaban suku Inka yang terletak di pegunungan Urumbaba di ketingggian lebih dari 2400 meter  dan dibangun pada tahun 1450.

Nama Machu Pichu ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Gunung Tua, dan Machu Pichu ini sendiri juga sering disebut sebagai kota Inca yang hilang. Machu Pichu ini juga dahulu merupakan simbol kerajaan Inka sebelum akhirnya ditinggalkan ketika bangsa Spanyol menyerang dan berhasil menaklukan kerajaan Inka.


Setelah sempat hilang dan terabaikan tersebut, situs machu pichu ini kemudian berhasil ditemukan kembali oleh seorang arkeolog bernama Hiram Bingham dari Universitas Yale tahun 1911.

Machu Pichu ini dibangun dengan menggunakan batu tembok berpelitur yang menjadi salah satu ciri khas gaya arsitektur bangsa Inka kuno. Bangunan utama dari machu pichu ini adalah Intihuatana, kuil matahari dan juga Ruangan tiga jendela yang disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Pichu.

Situs machu pichu yang setiap tahunnya dikunjungi setidaknya 400.000 orang ini kini menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang baru atau New Seven Wonders. Selain itu sejak tahun 1983, situs machu pichu di Peru ini juga ditetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Untiuk mencapai situs machu pichu ini bisa menggunakan dengan dua macam cara, yaitu trekking dan juga dengan menaiki kereta diatas salah satu rel kereta yang tertinggi di dunia. Tentu dengan  kedua macam cara ini pengunjung sama-sama dapat memperoleh pengalaman menikmati pemandangan alam di Machu Pichu yang memang menakjubkan.

3. Piramida Giza

Piramida Giza

Rekomendasi tempat menakjubkan di dunia yang selalu penarik perhatian para wisatawan dari berbagai negara untuk mengunjunginya adalah Piramida Giza di Mesir.

Piramida Giza ini merupakan salah satu tempat wisata di Mesir yang terpopuler dan juga menjadi salah satu bangunan tertua di mesir bahkan di dunia namun tetap bertahan dengan kondisi yang bagus sampai sekarang.

Rekomendasi tempat menakjubkan di dunia yang selalu penarik perhatian para wisatawan dari berbagai negara untuk mengunjunginya adalah Piramida Giza di Mesir.

Piramida Giza ini merupakan salah satu tempat wisata di Mesir yang terpopuler dan juga menjadi salah satu bangunan tertua di mesir bahkan di dunia namun tetap bertahan dengan kondisi yang bagus sampai sekarang.

Piramida di Giza ini terdiri dari 3 piramida utama, yaitu piramida Kufu, Khafre dan  Menkaure, serta beberapa piramida kecil lainnya yang merupakan makam dari keturunan Raja Khufu. Piramida yang paling besar adalah piramida Khufu yang mempunyai tinggi sekitar 146,6 meter dan selesai dibangun sekitar tahun 2500 Sebelum Masehi.

Pembangunan piramida di Giza ini membutuhkan waktu sekitar 20 tahun dan juga mempekerjakan sekitar setidaknya lebih dari 10.000 budak yang sebagian besar juga meninggal ketika mengerjakan pembangunan piramida tersebut

Sebeluum masuk ke dalam Piramida ini pengunjung akan menemukan penjaga di depan pintu piramida yang memastikan tidak ada anak kecil, orang lanjut usia, orang dengan kelebihan berat badan dan memiliki gangguan pernafasan yang asuk ke dalam piramida tersebut. Hal ini karena ruangan di dalam piramida ini agak sempit dan pengap dan diterangi cahaya seadanya.

Kompleks piramida Giza ini dibuka beroperasional untuk para pengunjung mulai dari jam 08.00 pagi hingga pukul 17.00 waktu setempat dengan harga tiket masuk sekitar 10 sampai 100 pound mesir. Di kompleks piramida Giza ini pengunjung juga bisa berkeliling dengan menaiki onta yang disewakan dengan harga sekitar 20-100 pound mesir.

4. Taj Mahal

Taj Mahal

Tempat menakjubkan di dunia lainnya yang setidaknya bisa dikunjungi sekali dalam seumur hidup adalah Taj Mahal yang berlokasi di India.

Ya, tempat satu ini merupakan sebuah mesjid dan mousoleum bersejarah yang terletak di Kota Agra,India dan juga masuk sebagai salah saru dari tujuh keajaiban dunia baru pada tahun 2007.

Taj Mahal ini dibangun pada tahun 1643 atas perintah Kaisar Mughal Shah Janah sebagai persembahan cinta dan juga tempat pemakaman untuk mendiang istrinya, Arjuma Banu Begum atau juga dikenal dengan nama Mumtaz Mahal.  


Masjid Taj Mahal ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Isa Muhammad dan juga dalam pembangunannya melibatkan lebih dari ribuan pekerja.

Gaya arsitektur dari bangunan Taj Mahal ini sendiri memadukan antara desain India, Persia dan juga desain dari Ottoman atau Turki, yang juga memadukan 2 agama besar di India yaitu Islam dan Hindu.

Jika mengunjungi tempat ini pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan bangunan masjid Taj Mahal dan juga keindahan dari kaligrafi yang berisi ayat suci Al-Quran yang ada di dalam mesjid tersebut.

Masjid Taj Mahal ini bisa dikunjungi oleh para wisatawan setiap hari, kecuali hari Jumat mulai dari jam 6 pagi hingga 7 malam waktu setempat. Untuk harga tiket masuk ke Taj Mahal ini sendiri dibanderol dengan harga berkisar antara 40 rupee untuk turis lokal dan 1.000 rupee untuk turis asing.

Selain menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru, Kompleks masjid dan mousoleum TaJ Mahal ini juga sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan sejarah UNESCO.

Demikianlah beberapa tempat menajubkan di dunia yang pasti membuatmu tak akan menyesal dan terpukau akan keindahannya saat berkunjung ke tempat tersebut. Akhir kata terimakasih banyak telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

, , , ,
Post Date: Monday 10th, June 2019 / 13:46 Oleh :
Kategori : Wisata