Wisata Tembok Besar Cina , Object Wisata Terfavorit Wisatawan

Great Wall ChinaTembok Besar Cina –  Liburan panjang adalah waktu terbaik untuk merelaksasikan tubuh dan melepaskan kepenatan otak yang sudah bekerja keras. Mengunjungi Tembok Besar Cina bisa menjadi pilihan anda untuk mengisi liburan. Selain bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan, pengunjung juga bisa dipastikan sehat apabila berjalan santai di tempat ini.

Tembok yang panjangnya tercatat 6.350 KM serta tinggi rata-rata tembok adalah 7,88 Meter dan ada yang sangat tinggi dengan ketinggian maksimal mencapai 14 Meter. Wisata ini siap anda jelajahi untuk melihat sebuah maha karya arsitektur yang sangat tua dan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia menurut UNESCO.

Sangat disayangkan jika anda sudah pergi ke China, tidak mengunjungi tempat yang sangat spektakuler dan menjadi landmark China tersebut. Tembok besar ini telah menghubungkan indahnya pegunungan, lautan serta padang pasir yang ada di Cina.

Sejarah dan Keindahan Tembok Besar Cina

Hamparan tembok yang sangat panjang ini menjalar ke berbagai wilayah seperti Liaoning, Hebei, Tianjin, Beijing, Mongolia Dalam, Shaanxi, Ningxia, dan Gansu. Wilayah yang di lewati juga beragam-ragam jenisnya. Pengunjung bisa melihat keindahan pantai-pantai yang terbentang di sepanjang wilayah Qinhuangdao. Pengunjung juga bisa menyaksikan tembok ini menjalari gunung-gunung dengan kemiringan mencapai 45 derajat dengan rapat dan kokoh. Bahkan tembok ini juga menjalar dengan indah hingga mencapai terusan Jiayu yang merupakan wilayah padang pasir yang sangat luas.

Tembok Besar CinaTembok besar Cina yang bisa kita lihat hingga saat ini merupakan Tembok yang di bangun pada masa Dinasti Qin Shihuang. Akan tetapi, pada masa pemerintahan Dinasti Qin, tembok tersebut bukanlah murni bangunannya sendiri.

Pada saat itu setiap wilayah kerajaan sudah membangun tembok sendiri-sendiri sebagai upaya perlindungan. Sehingga ketika Kaisar Dinasti Qin menggulingkan wilayah-wilayah serangan, maka Beliau menyambung tembok-tembok yang sudah ada.

Pembangunan tembok terus dilanjutkan pada masa Dinasti Ming hingga panjang tembok mencapai 8.851 KM. Seiring berjalannya waktu, tembok yang sudah di bangun ada yang hancur dan menghilang karena faktor alamiah.

Tembok besar yang usianya sudah lebih dari 23 Abad ini di bangun dengan sistem kerja paksa. Pemerintah merekrut paksa para petani, narapidana, tentara dan para tawanan. Proses pembangunan ini menimbulkan legenda yang sangat populer tentang Meng Jiangnv. Suami Meng Jiangnv merupakan salah satu pekerja yang di rekrut secara paksa dan akhirnya meninggal dalam pekerjaan. Karena meninggal, jasad suaminya di masukkan ke dalam salah satu tembok yang membuat Meng Jiangnv menangis pilu. Kesedihan dan tangisan itu akhirnya meruntuhkan tembok di mana suaminya dimasukkan, tulang belulang itu di pungut lalu di kubur dengan layak oleh Meng Jiangnv.


Setelah Dinasti Ming digulingkan tahun 1644, tidak ada lagi proses pembangunan tembok. Hingga akhirnya pemugaran dan pembangunan di lanjutkan pada tahun 1957 untuk dijadikan tempat pariwisata. Pembangunan di mulai dari tembok besar yang ada di daerah Ba Da Ling. Akan tetapi, pada saat terjadi Revolusi Budaya di Cina yang di mulai pada tahun 1966 dan berlangsung selama 10 tahun. Pada masa itu batu bata tembok besar Cina banyak di ambil masyarakat untuk keperluan pembangunan rumah, bendungan hingga pembangunan tempat peternakan warga secara pribadi.

Setelah 10 tahun berlalu, pada tahun 1987, tembok besar Cina resmi menjadi salah satu warisan dunia di UNESCO.

Tempat yang paling bagus dan sering ditampilkan di media adalah tembok yang berada di daerah Jiankou. Pada bagian ini bentuk tembok yang mengikuti kontur wilayah yang sangat curam dan berbelok-belok. Akan tetapi tempat favorit yang paling sering dikunjungi adalah tembok yang berada di wilayah Ba Da Ling. Pengunjung rata-rata ke tempat ini mencapai 70.000 orang dalam satu harinya. 

Pengunjung bisa melihat ujung Tembok Besar Cina bagian Barat tepat di wilayah Top Lake. Untuk melihat bagian ujung timur Tembok Besar ini, pengunjung bisa melihatnya di wilayah Shanhaiguan daerah Laut Bohai.

Ketika memasuki gerbang di Ba Da Ling, pengunjung bisa melihat deretan pedagang yang menjual makanan serta pernak-pernik khas yang merupakan souvenir khas Cina. Jika ingin membeli oleh-oleh di tempat ini, pengunjung harus pandai menawar untuk mendapatkan produk yang banyak untuk budget yang sudah anda siapkan. Ketika melewati gerbang masuk, pengunjung akan di sambut dengan hiruk pikuk wisatawan serta pemandangan asri yang sangat menyejukkan mata. Pegunungan yang hijau serta tembok yang melenggok-lenggok di sepanjang penglihatan.

Tembok Raksasa CinaSedikit tips bagi para pengunjung yang akan mengunjungi tempat ini, bawalah payung. Tempat ini akan menjadi tempat yang sangat panas apabila hari cerah. Selain itu juga sering terjadi hujan mendadak di tempat ini. Sehingga untuk menikmati perjalanan dengan nyaman siapkan payung.

Apabila anda lupa tidak perlu khawatir, di tempat ini banyak penjual yang menyediakan payung. Hanya saja anda bisa menghemat beberapa Yuan untuk menambah belabja oleh-oleh jika sudah membawa payung dari rumah.

Jam Buka Tembok Besar Cina

  • Tembok Besar Cina buka setiap hari. Sehingga pengunjung tidak perlu takut jika sedang berada di Cina tidak bisa berkunjung ke tempat paling populer ini.
  • Adapun jam beroperasi tembok besar ini adalah
  • 07.30 pagi hingga jam setengah 6 sore.

Harga Tiket Tembok Besar Cina

Beberapa hal penting yang perlu diketahui pengunjung adalah sebagai berikut

  • Untuk memasuki tembok raksasa ini, pengunjung akan dikenakan tiket dengan biaya 40 Yuan per orang.
  • Pengunjung bisa masuk dari gerbang mana saja dengan harga yang sama untuk bisa melihat pemandangan indah dari tembok yang sangat panjang ini, akan tetapi gerbang masuk Ba Da Ling adalah yang paling populer dan paling banyak di kunjungi.
  • Jika pengunjung merasa lelah untuk berjalan, pengunjung bisa mengeksplor Tembok Besar Cina dengan menggunakan Sky Train.
  • Di tempat ini dinamakan cable car great wall. Harga tiketnya mencapai 240 Yuan per orang. Pengunjung bisa melihat tembok yang sangat tinggi dan besar ini dari ketinggian. 

Akses Menuju Tembok Besar Cina

Berikut ini salah satu cara untuk bisa mencapai tembok besar Cina.

  1. Dari Beijing Railway Station
  2. Khusus untuk Beijing North Railway Station pengunjung bisa mengambil kereta menuju Badaling KA
  3. Gunakan kereta dengan kode S di depan nomor setiap Kereta.
  4. Setelah itu pengunjung bisa menggunakan kereta atau sub way untuk bisa sampai ke Gerbang Tembok Besar Cina Badaling
  5. Waktu tempuh dari Ba Da Ling Station ke Gerbang membutuhkan waktu selama kurang lebih 20 menit.
  6. Untuk menggunakan Sub Way, pengunjung harus pergi ke Tiananmen East Station dan turun ke Fuxingmen Station.
  7. Pindah ke Jalur 2 lalu turun di Juhuitan dan keluar melalui pintu keluar B
  8. Pengunjung harus menuju Deshengmen yang ada di sebelah kanan
  9. Carilah Bus yang menuju Great Wall dengan nomor polisi nomor 919.
  10. Pengunjung akan berhenti di Halte Old City Wall Tower.
  11. Di depan gerbang masuk Tembok Besar Cina, pengunjung bisa menjumpai penjual oleh-oleh serta makanan untuk di bawa sebagai bekal mendaki tembok besar ini.

Apabila anda bingung untuk menentukan destinasi wisata untuk liburan panjang anda, Tembok Besar yang penuh sejarah ini bisa dijadikan referensi kunjungan yang tidak akan mengecewakan anda.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , , ,
Post Date: Monday 19th, February 2018 / 07:37 Oleh :
Kategori : Tiongkok