5 Kota Islam Terindah Di Dunia Tujuan Wisatawan Muslim Dunia

Para pelancong pasti berlomba-lomba mengunjungi destinasi wisata atau kota-kota terindah di dunia. Ada wisatawan yang lebih tertarik dengan budaya, modernitas, maupun sejarah dari sebuah kota yang ingin dituju.

Namun ternyata gedung pencakar langit yang dihiasi oleh lampu-lampu yang semakin membuatnya nampak megah pun mampu menarik perhatian. Berikut ini daftar kota Islam terindah di dunia yang keindahannya mampu memukau siapapun yang menyambanginya.

1. Kota Makkah

Kota Makkah

Mekkah atau dikenal juga dengan Makkah al-Mukarramah adalah sebuah kota utama di Arab Saudi.

Inilah kota tujuan utama umat muslim dari seluruh dunia dalam menjalankan ibadah haji, kota ini memiliki bangunan utama bernama Masjidil Haram dengan Ka’bah di dalamnya. Yang juga menjadi Tempat Bersejarah Di Arab Saudi.

Ka’bah adalah bangunan yang menjadi patokan arah kiblat bagi muslim di seluruh dunia. Kota suci bagi umat Islam ini merupan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Selain indah, kota ini memiliki fakta menarik yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Seperti fakta Kota Makkah berikut ini;

  • Makkah adalah kawasan yang memiliki gravitasi sangat stabil
  • Karena memiliki tekanan gravitasi yang tinggi, membuatnya menjadi pusat suara-suara yang tidak dapat terdengar oleh telinga
  • Gravitasi yang tinggi memberikan kesan pada sistem imun tubuh untuk bertindak sebagai pertahanan dari berbagai macam penyakit.
  • Satelit dan gelombang radio tidak dapat menangkap apa pun yang ada di dalam Ka’bah, bahkan frekuensi radio tidak akan bisa mendengar apa-apa yang ada di dalam Ka’bah dikarenakan tingkat gravitasinya yang tinggi.
  • Memiliki kandungan garam dan aliran sungai di bawah tanah yang sangat banyak, sehingga membuat siapapun yang beribadah di Masjidil haram tidak akan merasa kepanasan walaupun di tempat terbuka.

2. Kota Yerusalem

Kota Yerusalem

Mengapa Yerusalem menjadi kota Islam terindah di dunia? Karena keindahan di kota ini bukan dilihat dari bangunan megahnya saja.

Melainkan juga tentang perjuangan ribuan umat muslim yang saling membantu untuk mempertahankan tanah kelahirannya. Kota ini juga menjadi tempat paling bersejarah ke dua bagi umat Islam.

Selain tempat ibadah, kota ini memiliki Masjidil Aqsa yang menjadi masjid paling bersejarah bagi kaum muslim. Menjadi rumah bagi beberapa situs suci milik Kristen, Muslim, dan Yahudi membuatnya menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Seperti beberapa Tempat Wisata Di Yerusalem yang dapat dikunjungi di salah satu kota Islam terindah di dunia, Yerusalem berikut ini:

  • The Wailing Wall, disebut juga dengan tembok ratapan. Inilah tembok raksasa yang banyak dikunjungi oleh orang Yahudi untuk berdoa. Banyak lertas permohonan yang diselipakan di antara sela-sela dinding oleh orang yang telah berkunjung dan berdoa di tempat ini.
  • Tower of David Museum, menara Daud adalah salah satu tempat wisata di Yerusalem yang meberikan banyak informasi sejarah mengenai kota ini. Bahkan setiap malan selalu ada pertunjukkan cahaya yang memukau.
  • Temple Mount, inilah tempat paling suci di Kota Yerusalem bagi dua agama sekaligus, yaitu Yahudi dan Muslim. Umat Islam percaya di sinilah Nabi Muhammad naik ke surga.
  • Via Dolorosa
  • The Western Wall Tunnels

3. Kota Istanbul

Kota Istanbul

Kira-kira berdiri pada abad ke 7 sebelum Masehi, antara tahun 330. Kota ini dijadikan sebagai ibu kota Romawi oleh Konstantin.

Kota ini dulu bernama Konstansinopel yang pada tahun 395 menjadi ibu kota kekaisaran Romawi Timur. Pada tahun 1453 kota ini berhasil direbut oleh Kesultanan Ottoman di bawah pimpinan Sultan Muhammad II.

Yang kemudian nama Konstantinopel diganti menjadi Istanbul yang memiliki arti kota Islam. Kota Islam terindah di dunia ini merupakan kota terbesar di Turki yang memiliki bangunan bearsitektur mengagumkan. Beberapa bangunan bersejarah di kota ini masih terawat dengan baik, contohnya seperti Bangunan Bersejarah Di Turki berikut ini:

  • Hagia Sophia, awalnya bangunan ini merupakan sebuah Gereja Ortodoks yang kemudian menjadi Masjid bernama Hagia Sophia setelah Konstantinopel berhasil direbut oleh Kesultanan Ottoman. Setelah Masjid Biru dibangun yang letaknya tidka jauh dari tempat ini, Hagia Sophia berubah menjadi museum yang menyimpan sejarah Turki.
  • Istana Topkapi, istana yang terletak di Kota Islam terindah di dunia ini dibangun ketika masa Sultan Mehmed II sekitar tahun 1459. Sebelumnya istana ini menjadi tempat kediaman bagi para Sultan Ottoman selama lebih dari 400 tahun. Namun akhirnya difungsikan sebagai tempat wisata di Istanbul.
  • Istana Dolmabache, istana ini berdiri di tepi pantai Selat Bosphorus di Distrik Besiktas, Istanbul. Istana ini dibangun pada 1856 yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan administratif Ottoman. Kini, istana ini difungsikan sebagai tempat wisata sejarah di Turki yang menjadi rumah bagi koleksi mewah Kesultanan Ottoman. Di istana ini terdapat koleksi lampu gantung Bohemian terbesar di dunia.
  • Basilica Cistern, bangunan ini dibangun pada era pemerintahan Romawi Timur, yang memiliki fungsi sebagai tempat persediaan air bagi Istana Konstantinopel dan Istana Topkapi. Sebelumnya Basilica Cistern adalah sebuah gereja yang kemudian diubah menjadi tempat persediaan air.
  • Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmet yang dibangun  pada tahun 1616 yang dihiasi oleh keramik yang seluruhnya dominan berwarna biru.

4. Kota Kasablanka

Kota Kasablanka

Kasablanka adalah kota terbesar di Maroko yang didirikan oleh saudagar Spanyol pada tahun 1575.

Kota ini didirikan di lokasi bekas sebuah desa abad ke 12 yang bernama Anfa, tempat ini dulunya adalah lokasi singgah bagi para perompak yang menyerang kapal-kapal dari utara Maroko.

Kota ini adalah kota bisnis yang sangat sibuk dan memiliki luas sekitar 90 kilometer. Namun di tengah kota sibuk ini terdapat sebuah mesjid megah yang bernama Masjid Hassan II yang masuk sebagai salah satu amsjid terbesar di dunia.

Masjid tersebut sekaligus menjadi ikon bagi kota Islam terindah di dunia ini. Masjid Hassan II berdiri dengan megah di ats pondasi batu yang berada di atas laut Atlantik. Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1986 sampai 1993 dan memiliki menara setinggi 210 meter.

Menara tersebut menjadikannya menara masjid tertinggi di dunia sekaligus Tempat Wisata Di Maroko. Masjid Hassan memiliki keunikan berupa desain arsitektur yang merupakan perpaduan antara Islam Andalusia dan modern.

5. Kampung Ayer

Kampung Ayer

Kampung Ayer adalah sebuah desa yang berada di pusat Kota Bandar Seri Begawan dan berada di tengah Sungai Brunei.

Kota Islam terindah di dunia ini dibangun di atas sungai, yang rumah-rumahnya dihubungkan satu sama lain oleh jembatan yang memiliki panjang sekitar 30 kilometer.

Terdapat berbagai macam koleksi benda bersejarah di desa yang telah dihuni sejak ratusan tahun yang lalu ini. Menurut informasi dari museum yang berada di tempat ini, terdapat sekitar 39.000 orang yang hidup di kampung terapung ini.

Walaupun letaknya yang berada di atas sungai, kampung ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari sekolah hingga masjid. Tempat Wisata Di Brunei ini juga mendapat julukan sebagai kampung terapung terbesar di Asia Tenggara.

, , ,
Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 15:01 Oleh :
Kategori : Wisata