10 Tempat Wisata Di Alaska Yang Wajib Dikunjungi Para Pecinta Alam

Bagi yang sedang mencari tempat wisata di Amerika Serikat yang  cocok dikunjungi, terutama untuk berwisata alam, mengunjungi negara bagian atau kota Alaska bisa mungkin bisa menjadi salah satu pilihan destinasi yang bisa dipertimbangkan. Alaska merupakan salah satu negara bagian yang ada di Amerika Serikat yang terluas dan terpisah dari daratan utama Amerika Serikat.

Alaska menawarkan berbagai macam tempat wisata, khususnya tempat wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah dan juga menakjubkan  setiap harinya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Alaska yang wajib untuk dikunjungi dan juga bisa dinikmati keindahannya bersama ketika berlibur bersama teman atau keluarga ke tempat ini.

1. Denali National Park and Preserve

Denali National Park and Preserve

Tempat wisata di Alaska yang pertama wajib dikunjungi dan juga menarik perhatian para wisatawan dari berbagai negara adalah Denali National Park and Preserve.

Tempat wisata ini merupakan taman nasional atau cagar alam seluas sekitar 2,4 juta hektar yang terletak di wilayah Interior dan South Central Alaska.

Di Denali National Park and Preserve ini merupakan hutan taiga dan tundra serta habitat dari berbagai macam fauna seperti  moose, karibu, beruang Grizzly, dan juga berbagai macam spesies burung.

Untuk memudahkan para pengunjung menikmati Denali National Park and Preserve ini, pihak taman nasional membangun jalan yang disebut Denali Park Road supaya taman ini bisa dinikmati pengunjung dengan menggunakan bisa atau mobil.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah atau menginap di taman nasional ini bisa menuju ke 4 camping area yang ada di taman nasional ini yang antara lain adalah Sanctuary River, Teklanika River, Igloo Creek, dan Wonder lake.

Untuk menuju ke taman Nasional ini bisa diakses dari Anchorage maupun Fairbanks menggunakan kereta api ataupun berkendara menggunakan mobil dari Anchorage, Fairbanks maupun Healy untuk kemudian tiba di pintu masuk Denali National Parks and Preserve di Alaska Highway 3.

2.   Glacier Bay National Park and Preserve

Glacier Bay National Park and Preserve

Tempat wisata di Alaska berikutnya yang mempunyai pemamdangan alam yang tak kalah indah adalah Glacier Bay National Park dan Preserve.

Taman Nasional ini berada di lahan seluas sekitar 1,3 juta hektar dan terletak di puncak Inside Passage dan Southeast Alaska.

Glacier Bay National Park and Preserve ini terdapat beberapa ekosistem seperti Tundra basah, Tundra Alpine, Coastal Forest, gletser dan Icefield.  Selain itu di taman nasional ini juga hidup berbagai macam fauna seperti Beruang Grizzly, black bear, moose dan mash banyak lagi.

Taman Nasional ini dinamakan Glacier bay dikarenakan air limpahan  yang melimpah dari gletser darat yang ada di Taman Nasional ini. Setidaknya di taman ini juga terdapat tujuh gletser air jernih yaitu Gletser Margerie, Gletser Grand Pacific, Gletser McBride, Getser Lamplugh, Gletser John Hopkins, Gletser Gilman, dan Gletser LaPerouse.

Glacier Bay National Park and Preserve ini memiliki iklim yang relatif ringan dan juga curah hujan yang signifikan dan salju yang rendah. Untuk menuju ke taman nasional ini para pengunjung biasanya datang dengan menggunakan kapal pesiar atau air travel dari kota terdekat, Gustavus.

Di Taman Nasional ini juga terdapat sebuah pusat fasilitas di Barlett Cove yang menyediakan berbagai macam fasilitas seperti penginapan, campground dan juga restoran yang menjajikan beragam makanan khas Amerika maupun minuman khas Amerika yang tentu sangat menggugah selera.

3. Kobuk Valley National Park

Kobuk Valley National Park

Rekomendasi tempat wisata di alaska berikutnya yang sayang untuk dilewatkan, terutama oleh para pecinta alam adalah Kobuk Valley National Park.

Taman Nasional ini juga terletak ke dalam kawasan kutub utara atau artic circle sehingga selama musim dingin suhu udara di Taman Nasional ini bisa berada dibawah titik nol derajat celcius.

Beberapa vegetasi yang hidup dan juga berhabitat di kawasan taman nasional Kobuk Valley ini antara lain tundra dan Boreal Forest.  Selain itu ada juga fauna yang berhabitat di taman nasional ini seperti Caribou, moose, gray wolf, black bear, brown bear, Dally sheep serta beberapa spesies salmon dan juga sheefish.

Satu hal lain yang juga terkenal dari taman nasional Kobuk Valley ini adalah bukit pasirnya yang bernama Great Kobuk Sand Dunes. Bukit pasir tersebut tercipta dari penggilingan gletsser kuno yang dibawa ke lembah kobuk ini oleh air dan angin, dan bukit pasir di kobuk Valley National Park ini kini juga ditumbuhi oleh  berbagai macam tanaman.

Untuk mencapai Taman Nasional Kobuk Valley ini bisa dilakukan dengan berjalan kaki, menggunakan dogsled ataupun snowmobile dari kota Kotzebue dan Nome yang paling dekat dengan taman tersebut. Namun karena akses untuk menuju ke Taman Nasional Kobuk Valley ini terbilang cukup sulit untuk dilalui, hanya sedikit wisatawan saja yang berkunjung ke taman nasional ini.

Walau perjalanan ke Kobuk Valley National park ini terbulang membututhkan upaya yang cukup bersar, namun hal tersebut akan terbayar dengan pemandangan indah yang ada di Kobuk Valley National Park tersebut.

4. Gates of Artic National Park and Preserve

Gates of Artic National Park and Preserve

Satu lagi taman nasional yang bisa menjadi salah satu tempat wisata di Alaska yang wajib untuk dikunjungi kerika berada di Alaska adalah Gates of Artic National Park and Preserve.

Taman Nasional yang terletak di Far North Alaska dan berbarasan dengan Noatak National Park dan preserve ini merupakan Taman Nasional yang terbesar kedua di Alaska.

Taman Nasional Gates of Artic ini berada di lahan seluas 3,4 juta hektar dan sebagian besar area dari taman nasional ini merupakan deretan pegunungan Brook Range. Beberapa vegetasi yang berhabitat di Taman Nasional ini antara lain   boreal dan taiga yang ada di dataran rendah serta subalpine dan alpine yang berada di wilayah pegunungan Taman Nasional ini.

Selain vegetasi tersebut diatas, Taman Nasional Gates of Artic ini kiga menjadi habitas bagi berbagai macam hewan seperti moose, brown bear, brown bear, dall Sheep, dan lainnya. Untuk menuju ke Taman Nasional Gates of Artic pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh 8 km dan juga menyebrang sungai.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Alaska yang tentu sangat sayang untuk dilewatkan dan wajib dikunjungi, terutama bagi para pecinta alam. Selain tempat wisata di Alaska yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi tempat wisata di Alaska lainnya yang tak kalah menarik seperti:

  • Kenal Fjord National Park
  • Inside Passage
  • Matanuska Glacier
  • Chugah State Park
  • Wranglerr-St.Elias National Park and Reserve
  • Mendenhall Glacier
  • Dan masih banyak lagi

Selain Alaska, tentu kurang afdol rasanya jika berlibur ke Amerika Serikat tanpa mengunjungi kota terkenal di Amerika lainnya dan juga membeli oleh-oleh khas Amerika Serikat untuk dijadikan buah tangan saat kembali dari liburan nanti.

Akhir kata terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

, , ,
Post Date: Monday 10th, June 2019 / 10:11 Oleh :
Kategori : Amerika Serikat