Taj Mahal India , Objek Wisata Terfavorit Dikalangan Wisatawan

Apakah anda sudah pernah dengar Taj Mahal? Yaps, Taj Mahal merupakan sebuah mesjid bersejarah yang terletak di negara India dan juga tempat tersebut sudah menjadi salah satu dari sekian banyak keajaiaban dunia. Taj Mahal terletak di kota Agra, meskipun memang pada dasarnya di tempat tersebut memiliki beberapa tempat tujuan wisata yang menarik, namun Taj Mahal selalu menjadi tempat yang paling menarik dan paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

  • Sejarah Taj Mahal

Taj Mahal di bangun pada tahun sekitara antara 1632 sampai dengan 1652 dimana projek pembangunan mesjid tersebut telah mempekerjakan banyak pekerja. Sekitar lebih dari ribuan pekerja bahu membahu untuk membangun serta menangani pembuatan kaligrafi ayat –  ayat suci Al-Quran, nama –  nama Allah, bahkan mereka turut andil dalam membuat beberapa ornamen – ornamen yang sangat indah yang mana ornamen tersebut telah menghiasi hampir di seluruh bagian mesjid. Perlu anda ketahui bahwa mesjid yang sangat indah tersebut di rancang oleh seseorang yang bernama Isa Muhammad karena dialah yang memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun serta mendesain segala halyang berkaitan dengan Taj Mahal.

Pembangunan Taj Mahal sendiri di mulai yakni pada tahun 1631 dan membutuhkan waktu kurang lebih selama 22 tahun untuk bisa menyelesaikannya. Pada dasarnya tempat ini dibangun untuk mengenang istri sang raja yang telah meninggal, akan tetapi tempat yang sangat indah tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat penerimaan tamu dan juga bisa digunakan sebagai tempat tinggal para tamu. Pembangunan tempat ini telah menghabiskan dana kurang lebih sekitar 32 juta rupee serta telah mempekerjakan sekitar 20.000 manusia dan juga dibantu oleh sekitar 1000 gajah sampai tempat tersebut benar – benar berdiri kokoh sampai dengan sekarang.

Sebenarnya pembangunan mesjid tersebut bersamaan dengan waktu pembangunan Maosoleum Taj Mahal. Pada tahun 1983 Taj Mahal masuk ke dalam salah satu 7 keajaiban dunia seperti yang telah dijelaskan oleh UNESCO atau jika dijabarkan sebagai United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization. Taj Mahal juga terkenal sebagai permata seni islam yang ada di India dan merupakan salah satu karya besar dan sangat indah universal warisan dunia.

  • Keindahan Taj Mahal

Taj Mahal 1

Jika anda mengunjungi tempat ini, anda akan disuguhkan dengan nuansa keislaman yang sangat kental di mesjid Taj Mahal. Anda bisa menikmati keindahan bangunan yang sangat besar dan juga sangat luas, serta anda juga akan disuguhkan dengan keindahan kaligrafi yang berisis ayat – ayat suci Al-Quran dan juga beberapa yang isinya mengenai nama – nama Allah.

Setiap tahun tempat ini selalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari penjuru dunia karena mereka ingin merasakan sensasi religi ketika mengunjungi tempat yang sangat indah ini. Hal inilah yang menjadikan Taj Mahal sebagai salah satu sumber penghasilan terbesar yang dimiliki oleh negara India.

Bangunan yang dirancang oleh raja Shah Jahan yang bertujuan untuk mengenang istrinya yang meninggal waktu melahirkan anak ke 14 raja tersebut. Jika anda mengunjungi tempat ini, anda juga akan bisa merasakan suasana romantisme yang disuguhkan oleh Taj Mahal. 


Perlu anda ketahui juga bahwa teknologi dan juga arsitektur masjid ini sudah sangat maju karena sudah terdapat berbagai macam bangunan landmark yang sekarang banyak digunakan oleh negara atau kota – kota modern yang ada di dunia. Anda tidak percaya? Silahkan anda datang sendiri ke tempat tersebut agar supaya nantinya anda bisa melihat dan merasakan sendiri bahwa bangunan tersebut memang sudah memiliki konsep bangunan yang sangat maju.

Seperti yang sudah diceritakan oleh banyak orang bahwa Taj Mahal selain sabagai masjid, tempat itu juga merupakan sebuah simbol akan cinta sejati yang mana pada dasarnya merupakan lambang cinta dari sang raja yang bernama Kaisar Shan Jahan  kepada istri yang sangat dicintainya yaitu bernama Mumtaz Mahal yang memiliki nama asli yaitu bernama Arjuman Bano Begum meninggal pada usia 39 tahun yang sudah kita ketahui bersama bahwa dia meninggal pada usia sekitar 39 tahun yakni tepatnya pada sesaat setelah melahirkan anak ke 14 raja. 

Jika kita lihat dari segi arsitektur, Taj Mahal merupakan desain arsitektur terbaik yang dimiliki oleh kerajaan Mughal. Mughal sendiri merupakan suatu kerajaan islam yang banyak meninggalkan beberapa sejarah yang memiliki nilai arsitektur yang sangat tinggi. Gaya tersebut memadukan antara desain India, Persia, dan juga memadukannya dengan corak ottoman. Corak tersebut juga menggabungkan 2 agama besar pada waktu itu, yakni agama Islam dan juga agama Hindu.

Makam, masjid, guest house, dan juga gerbang utama serta seluruh bagian dari Taj Mahal merupakan suatu kesatuan yang selalu di jaga setiap waktunya mulai ketika pertama kali tempat tersebut di bangun dan juga sampai sekarang ini. Bangunan yang sangat indah yang letaknya bersebelahan dengan sungai Yamuna ini memiliki luas bangunan kira – kira sebesar 17 hektar dan juga di sini terdapat suatu stasiun pengontrol yang betugas untuk mengontrol setiap kerusakan atau hal lainnya yang berhubungan dengan Taj Mahal.

Taj Mahal 2

Bahkan demi untuk tetap menjaga kelestarian dari tempat tersebut, terdapat peraturan bahwa tidak boleh ada suatu gedung maupun pabrik di area sekitar kurang lebih sejauh 10.400 km yang menggunakan batu bara. Hal tersebut memang beralasan karena dikhawatirkan asap yang dihasilkan dari batu bara tersebut nantinya bisa merusak keindahan dari Masjid Taj Mahal.

Hal lainnya yang menjadikan Taj Mahal merupakan bangunan sangat indah karena bahan yang digunakan untuk membangun tempat tersebut yaitu berupa marmer dengan kualitas terbaik dan nomer satu yang berasal dari Rajasthan, Afganistan, Tibet dan juga berasal dari Tiongkok. Di tambah lagi dengan batu mulia yang mana akan semakin membuat tersebut terlihat sangat indah dan menawan.

Di tempat tersebut, anda juga akan menemukan beberapa prasasti yang mana isinya berbentuk kaligrafi yang akan membuat anda akan semakin terkagum – kagum ketika berkunjung ke tempat ini.

Jam buka tempat wisata Taj Mahal

  • Perlu anda ketahui bahwa tempat ini di buka mulai pagi, yaitu di buka mulai pukul 6 dan tutup hingga pukul 7 malam.
  • Pada saat sekitar 2 hari sebelum terjadinya bulan purnama, maka tempat tersebut bisa anda kunjungi yakni dari pukul 20.30 sampai dini hari yaitu pukul 00.30.
  • Adapun khusus pada hari jum’at, tempat wisata Taj Mahal tidak di buka alias tutup.  

Harga tiket masuk Taj Mahal

  • Jika anda yang merupakan wisatawan domestik ingin mengunjungi tempat ini, anda hanya akan dikenakan biaya sebesar kurang lebih sebanyak 20 rupee.
  • Sementara itu untuk para wisatawan asing yang berkunjung ke tempat ini, nantinya anda akan dikenakan biaya sebesar 750 rupee.

Namun perlu anda cermati bahwasanya harga tersebut tidak selamanya bisa dijadikan patokan. Kemungkinan adanya perubahan tarif karena mungkin juga menyesuaikan dengan kondisi tertentu. Oleh karena itu usahakan bawa uang lebih ya?

Akses Menuju tempat wisata Taj Mahal

Jika anda ingin mencapai Taj mahal, anda bisa menggunakan pesawat yang menghubungkan antara New Delhi dan juga menghubungkan kota Agra dan nantinya anda juga bisa menginap di hotel East Lite Hotel, Hotel M House dan juga bisa menginap di Hotel Taj Inn.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , , ,
Post Date: Monday 19th, February 2018 / 06:46 Oleh :
Kategori : India