7 Tempat Wisata Di Afganistan Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Mungkin ketika anda mendengar negara Afganistan anda akan berpikir tentang area konflik yang tidak memiliki daya tarik. Afganistan juga memiliki sejarah dan kebudayaan masyarakat sekitar yang bisa anda jelajahi. Afganistan merupakan negara yang terhimpit oleh Asia Selatan dan Asia Tengah. Untuk corak kebudayaan lebih menonjol budaya Timur Tengah. Hal ini bisa anda lihat dari berbagai tempat wisatanya yang serupa dengan tempat wisata di Mekkah, tempat wisata di Qatar, tempat wisata di Jeddah, dan negara timur tengah lainnya.

Banyak tempat wisata di Afganistan situs bersejarah yang bisa kamu kunjungi, mulai dari benteng, reruntuhan istana, monumen, dan beberapa museum lokal. Ada pula taman nasional jika anda ingin menikmati panorama alam khas Afganistan.

Berikut 7 tempat wisata di Afganistan dengan nilai sejarah dan keindahan alam khasnya yang bisa anda kunjungi.

1. Band-e Amir National Park

afganistan.1Band-e Amir  merupakan taman nasional yang berlokasi di provinsi Bamyan. Panorama alam di taman ini bisa jadi panorama terindah yang bisa nada temukan di Afganistan. Taman nasional ini juga di kenal semirip dengan Grand Canyon yang berada di tempat wisata di Amerika Serikat di Arizona. Di area taman nasional ini terdapat perbukitan dengan bentuk yang sama dengan bukit-bukit di Grand Canyon. Panorma bukit yang indah dihiasi dengan danaunya yang sangat biru dan indah.

Ada berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan di Band-e Amir. And bisa menikmati keindahan area taman nasional dengan menaiki perahu yang telah disediakan. Jika anda ingin menghabiskan waktu lebih dari sehari, anda juga bisa berkemah di area ini. Bangunlah pagi-pagi unuk melihat pemandangan matahari terbit yang indah.

2. Garden of Babur

afganistan.2Banyak tempat peristirahat raja mewah tersebar di seluruh di dunia. Beberapa diantaranya adalah Taj Mahal India, Terakota di tempat wisata di China, dan Garden of Babur di Afganistan. Garden of Babur merupakan makam dari raja pertama Mughal. Meski pusarannya tidak besar, namun area ini dibangun sangat luas dan megah untuk menghormati sang raja yang diagungkan.

Garden of Babur terdiri dari 15 teras, makam raja Mughal terletak di teras ke-14. Area taman ini dibangun di perbukitan di Kabul dengan arsitektur yang cukup rumit dan berbentuk seperti teraspiring. Area teman di tumbuhi rumput dan beberapa pohon hijau untuk memberikan kesejukan di wilayah tersebut. Ada pun kolam tempat penampungan air yang sekarang telah beralih sebagai kolam renang bagi para pengunjung.


3. Broghol

afganistan.3Siapa sangkah negara Afganistan memiliki banyak situs panorama alam yang menawan dan indah. Salah satu tempat wisata di Afganistan yang bisa nad kunjungi adalah Broghol. Broghol merupakan lereng gunung di Afganistan yang memiliki pemandangan alam menajubkan. Area ini juga dikenal dengan sebutan Dorah Pass, yaitu jalur yang menyatuhkan provinsi Badakshan dan Chitral.

Di sini anda bisa menaiki kuda dan menikmati pemandangan jajaran pegunungan yang indah. Ada juga danau dengan air biru yang masih bersih dan segra karena terletak persis di bawah kaki gunung.

Area ini termasuk wilayah yang jauh dari keramaian dan sunyi, sangat cocok bagi anda yang tidak terlalu menyukai tempat wisata ramai. Mengunjungi Broghol juga akan sangat menyenangkan bagi anda yang memiliki jiwa petualang dan menemukan tempatwisata di Afganistan baru yang masih sepi.

4. National Museum of Afganistan

afganistan.4Museum satu ini merupakan museum tertua yang berada di Afganistan mulai tahun 1297. Jika anda berkunjung ke Afganistan tempat wisata satu ini bisa menjadi pilihan untuk mengetahui sejarah dan perkembangan peradaban di Afganistan. Berbagai peninggalan bersejarah disimpan di gedung museum, tidak hanya barang-barang bersejarah Afganistan, adapun beberapa koleksi dari mancanegara.

Beberapa koleksi yang bisa anda lihat diantaranya, relik Buddha dari India, kerajinan perunggu dari Roma hingga dokumen Al-quran. Untuk beberapa barang khusus penginggalan bernuansa muslim dipajang di salah satu sisi museum. Anda juga bisa melihat beberapa barang peninggalan keluarga kerjaan Afganistan kuno.

Jam Buka

  • Setiap Hari: 08.00-15.30

5.  Herat Citadel

afganistan.7Menjulang di atas Kota Tua, Benteng Herat telah menyaksikan keberhasilan dan kemuduran Herat selama berabad-abad. Benteng satu ini merupakan salah satu bangunan tertua di Herat yang dibangun oleh Alexander Agung. Oleh karena itu, nama lain dari benteng ini adalah Citadel of Alexander.

Benteng ini dibangun di bukit buatan yang membentang seluas 250 meter. Terdiri dari 18 menara dengan tinggi masing-masing 18 meter dan tebal dinding 2 meter. Bangunan ini dibangun dengan kokoh dan megah sebagai tanda kekuasan militer Afganistan pada masanya.

Anda sebagai pengunjung bisa memasuki kawasan benteng melalui pintu barat. Ada beberapa bagian benteng yang untuk sekarang masih tertutup bagi wisatawan. Anda hanya bisa memasuki bagian atrium yang megah dan beberapa bagian halaman untuk melihat pemandangan indah kota Herat. Karena di bagian-bagian tertutup tersebut terdapat para arkeolog yang meneliti benteng tua satu ini.

Adapun bagian dalam benteng yang difungsikan sebagai museum dimana anda bisa melihat berbagai benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan benteng Herat.

6. Waduk Qargha

afganistan.6Waduk Qargha berdiri di atas kota Qargha dekat Kabul, ibukota Afganistan. Waduk Qargha merupakan salah satu tempat wisata di Afganistan yang populer di kalangan warga lokal maupun turis mancanegara. Berkunjung ke waduk satu ini anda akan mendapatkan pemadangan seperti di tepi pantai atau danau yang sangat luas.

Waduk ini sendiri tidak hanya bersifat indah sebagai objek wisata, namun juga memiliki fungsi sebagai sumber air bagi setiap warga yang tinggal di Qargha.

Ada pun berbagai pilihan kegiatan santai yang bisa anda lakukan di area Waduk Qargha. Anda bisa mendekat ketepi waduk untuk menaiki perahu, menikmati keindahan air waduk yang seperti danau alami menyatuh dengan pemandangan pegunungan yang mengelilingi kota Qargha. Atau anda bisa naik ke bukit terdekat dan bersantai sambil melihat pemandangan alam dengan tampilan yang lebih luas. Mulai dari pemandangan waduk, pegunungan dan perbukitan, dan pemukiman warga Qargha di bawah waduk.


7. Shrine of Hazrat Ali

afganistan.71Kubah biru pada bagian atap Kuil Hazrat Ali ini merupakan salah satu landmark dan pemandangan khas yang akan kamu temui ketika menginjakan kaki di perkotaan. Banyak peziarah muslim yang datang ke masjid ini untuk beribadah dan mengunjungi makam yang terdapat pada bagian dalam kuil. Non-muslim tidak diperbolehkan masuk ke dalam bagian kuil namun bagi anda yang non-muslim tetap bisa mengambil foto di bagian halaman masjid.

Arsitektur kuil satu ini didominasi dengan marmer berwarna biru tosca dan putih serta abu-abu. Bangunan ini memiliki interior yang indah dan masih terawat. Masjid ini telah mengalami beberapa renovasi di masa lalu semasa perang.

Anda tidak akan dikenakan biaya ketika memasuki area kuil ini, namun berhati-hati ‘lah oleh penjaga gerbang di sebelah selatan yang biasanya akan meminta biaya dengan alasan pemakaian kamera anda.

, , , ,
Post Date: Wednesday 04th, July 2018 / 04:21 Oleh :
Kategori : Afghanistan