11 Tempat Wisata Di Bhutan Paling Populer Yang Wajib Di Kunjungi

Bhutan merupakan sebuah negara kecil yang lokasinya berada di Benua Asia, tepatnya berada di Asia bagian selatan. Bhutan merupakan negara yang berbentuk kerajaan dan mendapatkan nama lain atau julukan sebagai Negeri Naga Guntur. Meskipun negara ini terbilang keci, namun di Bhutan menyediakan berbagai macam tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi, khususnya anda yang berasal dari benua Asia.

Karena sistem pemerintahannya berbentuk kerajaan, maka tidak heran jika Bhutan memiliki banyak nilai budaya yang unik yang membuat setiap orang yang mengunjungi negara kecil tersebut akan terpana dan kagum melihat budaya dari masyarakat yang tinggal di sana.

Dan beberapa tempat wisata yang ada di Bhutan sudah masuk ke dalam warisan budaya versi UNESCO. Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja tempat wisata di Bhutan yang bisa anda kunjungi, namun sebelum itu kami ingin menyarankan anda membaca informasi lain seperti Tempat Wisata Di New Delhi India dan juga Tempat Wisata Di Mumbai India.

1. Thimpu

Thimpu

Salah satu tempat wisata di Bhutan yang kami sarankan untuk anda kunjungi adalah Thimpu. Tempat ini merupakan ibu kota dari Thimpu dan sekaligus juga sebagai kota favorit yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Dan karena merupakan ibu kota itu lah, maka Thimpu juga dijadikan sebagai pusat pemerintahan, agama, maupun juga bisnis. Ketika anda mengunjungi Thimpu, anda akan disajikan dengan pemandangan banyak bangunan kuno yang mengandung nilai sejarah yang tinggi dan desainnya juga dipadukan dengan desain bangunan modern.

Ada tempat yang paling menarik yang ada di Thimpu, yakni Memorial Chorten yang merupakan sebuah stupa yang sudah ada sejak tahun 1974 dan masih banyak tempat lainnya yang ada di Thimpu yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Dijamin anda akan kagum dan ingin mengunjungi Thimpu lagi karena kepincut dengan budayanya.

2. Paro

Paro

Tempat wisata di Bhutan yang juga harus anda kunjungi adalah sebuah kota yang disebut dengan Paro. Paro merupakan sebuah kota dan sekaligus menjadi sebuah lemba yang sangat indah yang memberikan anda pemandangan alam yang sayang untuk tidak ada abadikan.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Bhutan merupakan sebuah negara yang syarat akan nilai budayanya sehingga tempat ini pun juga menawarkan nilai budaya dan sejarah yang sayang untuk anda lewatkan begitu saja. Jika anda berkunjung ke Paro, kami sarankan agar supaya anda menyewa seorang tour guide atau pemandu wisata.

Ia akan memberikan penjelasan kepada anda secara lengkap mengenai semua sejarah, budaya, dan bahkan beberapa mitos yang beredar di tempat tersebut. Di sini juga telah menyediakan sebuah museum untuk anda kunjungi yakni Museum Nasional Gunung yang menyediakan berbagai macam koleksi budaya yang ada di Paro.


Dan juga tidak jauh dari museum tersebut, anda akan menemukan sebuah toko yang menjual berbagai macam aksesoris yang bisa anda beli untuk anda bawa pulang sebagai oleh – oleh untuk keluarga anda dimana oleh – oleh tersebut tidak kalah jika dibandingkan dengan  Oleh – Oleh khas Chiang Mai maupun juga Oleh – Oleh khas Kuala Lumpur.

3. Chimi Lhakhang

Chimi Lhakhang

Tempat wisata selanjtunya yang bisa anda kunjungi adalah Chimi Lhakhang. Tempat ini terletak di kota yang tidak jauh dari Thimpu, yakni Punakha yang merupakan sebuah kota yang tenang dan juga mendapat julukan sebagai Istana Besar kebanggaan. Sekedar informasi bahwasanya Punakha merupakan sebuah kota yang menjadi tempat tinggal bagi para biarawan dan biarawati yang berasal dari Bhutan pada saat musim dingin.

Ketika anda mengunjungi Chimi Lhakhang, anda akan disuguhkan oleh pemandangan bangunan yang sangat menakjubkan yang tentunya akan membuat anda ingin mengunjunginya lagi. Chimi Lhakhang menawarkan nilai sejarah dan juga budaya yang unik, sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi mengunjungi tempat wisata bersejarah.

Selain Chimi Lhakhang, tempat wisata yang terletak di sekitarnya dan masih berada di kota Punakha yaitu :

  • Khamsum Yulley Namgyal Chorten,
  • Limbukha,
  • Desa Punakha Ritsha,
  • Sangchhen Dorji Lhuendrup Lhakhang Nunnery, dan lain – lain.

4. Air Panas Gua Koma Tsachu

Air Panas Gua Koma Tsachu

Sekarang kita beralih ke tempat wisata lainnya yang bernuansa air. Meskipun Bhutan termasuk sebuah negara yang memang terkanal akan wisata budayanya yang mengagumkan, namun negara yang kecil ini juga menyediakan tempat wisata air yang sangat direkomendasikan untuk merilekskan badan anda, yakni wisata air panas Gua Koma Tsachu.

Pemandian air panas Gua Koma Tsachu menjadi tempat favorit yang juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya mereka yang berasal dari Asia. Biasanya Gua Koma Tsachu akan dijadikan sebagai kunjungan akhir setelah mereka menikmati museum atau bangunan –  bangunan bersejarah yang ada di Bhutan. Di sini juga menyediakan oleh – oleh khas Bhutan yang menarik dan tidak jauh berbeda dengan Oleh-Oleh Makanan Khas Jepang.

Ketika mereka sudah letih, maka mereka jadikan Gua Koma Tsachu sebagai tempat beristirahat sambil menikmati kehangatan air panas bersama teman – teman anda. Dijamin setelah anda selesai mandi di Gua Koma Tsachu, anda akan kembai fresh dan siap kembali jika anda ingin mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di negara yang terletak di Asia Selatan tersebut.

5. Bhumtang

Bhumtang

Tempat wisata di Bhutan yang juga kami anjurkan untuk anda kunjungi adalah Bhumtang. Jika anda ingin mengunjungi sebuah tempat yang khas dengan mitos, maka Bhumtang tempatnya. Memang tempat ini mengandung nilai spiritual yang tinggi sehingga ketika anda mengunjungi Bhumtang, maka anda akan merasakan aura spiritual tersebut.

Di sini juga terdapat empat lembah kecil yaitu Tang, Choekhor, Ura, dan juga Chumey. Anda bisa mengunjungi lembah – lembah tersebut, namun harus dengan izin pemandu wisata anda karena biasanya lembah tersebut tidak dianjurkan untuk dikunjungi pada hari – hari tertentu seperti hari perayaan atau hari besar lainnya.

Dan mintalah kepada pemandu wisata anda untuk memberikan penjelasan mengenai mitos yang beredar di sini agar supaya anda mendapatkan wawasan yang lebih mengenai Bhumtang.

6. Jambay Lhakhang

Jambay Lhakhang

Jika anda ingin mencari tempat suci dan disakralkan oleh masyarakat yang ada di Bhutan, maka Jambay Lhakhang tempat yang sangat cocok untuk anda kunjungi. Jambay Lhakhang merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya juga berada di Bhumtang dimana tempat tersebut sejak dahulu sudah dianggap sebagai tempat suci.

Anda tidak bisa sembarangan memasuki Jambay Lhakhang tanpa menuruti beberapa persyaratan seperti memakai baju sopan, tidak berisik, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebelum anda mengunjungi Jambay Lhakhang, maka anda harus bertanya kepada pemandu wisata atau mungkin orang yang menjaga Jambay Lhakhang mengenai apa saja yang harus anda lakukan agar supaya anda bisa memasuki Jambay Lhakhang.


Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja tempat wisata di Bhutan yang bisa anda kunjungi. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Kami juga menyarankan anda membaca informasi lain tentang tempat wisata yang tidak jauh dari negara Bhutan yaitu Tempat Wisata Di Nepal dan juga Tempat Wisata di Myanmar.

Di bawah ini kami juga akan memberikan beberapa referensi lain mengenai tempat wisata di Bhutan, antara lain:

  • Jakar Dzong
  • Chankhar Lhakhang
  • Konchogsum Lhakhang
  • Tamshing Lhakhang
  • Lhodrak Kharchhu Monastery, dan lain sebagainya.

, , , ,
Post Date: Wednesday 04th, July 2018 / 04:16 Oleh :
Kategori : Bhutan