10 Tempat Wisata Di Luxor Mesir Yang Mengagumkan

Mesir merupakan salah satu negara tujuan favorit, terutama bagi para wisatawan yang ingin mempelajari sejarah dan peradaban negara ini pada zaman dahulu.

Ketika berkunjung ke negara mesir ini jangan lupa juga untuk singgah ke kota Luxor yang menjadi salah satu tempat menarik di Mesir karena selain dimanjakan dengan pemandangannya yang cantik dan memukau juga menyimpan berbagai peninggalan harta benda peradaban zaman mesin kuno.

Dahulu kota Luxor ini disebut sebagai kota Thebes dan juga menjadi ibukota dari Mesir Kuno yang terkenal dan mempunyai peradaban yang cukup maju.Tanpa berlama-lama lagi berikut ini adalah tempat wisata di Luxor yang juga menjadi salah satu kota tempat wisata di mesir yang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

1. Luxor Temple

Luxor Temple

Salah satu tempat wisata di Luxor yang cukup populer adalah luxor temple atau kuil luxor yang dibangun sekitar tahun 1400 SM dan berada di tepi timur  sungai Nil.

Kuil ini dibangun dengan batu pasir dari wilayah Gebel el-Silsila yang juga digunakan untuk konstruksi monumen di mesir Hulu pada masa pemerintahan Pharaoh Amenophis III  dan kemudian diperluas oleh raja-raja mesir selanjutnya.

Salah satu tempat wisata di Luxor yang cukup populer adalah luxor temple atau kuil luxor yang dibangun sekitar tahun 1400 SM dan berada di tepi timur  sungai Nil.

Kuil ini dibangun dengan batu pasir dari wilayah Gebel el-Silsila yang juga digunakan untuk konstruksi monumen di mesir Hulu pada masa pemerintahan Pharaoh Amenophis III  dan kemudian diperluas oleh raja-raja mesir selanjutnya.

Kuil ini terletak di jantung kota luxor dan kuil ini dibangun secara khusus sebagai persembahan untuk Dewa Amor Ra atau Dewa matahari bangsa mesir. Di Gerbang utama kuil ini dahulu terdapat sepasang obelisk yang terbuat dari batu merah muda setinggi 25 meter namun kini salah saru batu tersebut berada di Perancis.

Selain untuk menyembah dewa Amor Ra di kompleks kuil ini juga terdapat kuil bernama Karnak Temple yang dipersembahkan untuk Theban God Amon yang merupakan dewa kesuburan dan pertumbuhan. Nama Karnak sendiri juga diambil dari nama sebuah desa yang juga terletak tak jauh dari kompleks kuil ini yaitu desa El-Karnak

Saat malam hari keindahan kuil ini juga semakin terlihat dengan hiasan-hiasan lampu yang penduduk sekitar menyebutnya lingkaran emas, dan juga biasanya para proa juga sering bermain sepak bola di kuil tersebut pada malam hari.

2.  Luxor Museum

 Luxor Museum

Bagi para pecinta sejarah mungkin kurang lengkap rasanya jika tempat wisata di Luxor yang satu ini.

terutama bagi yang ingin mempelajati kebudayaan mesir pada zaman dahulu. Ya di museum yang diresmikan pada tahun 1975 ini terdapat berbagai macam koleksi barang antik peninggalan mesir kuno yang terpajang dengan indah dan cantik.

Diantara barang-barang peninggalan yang ada di museum tersebut terdapat barang-barang dari makam dinasti Firaun Tutankhamun dan juga koleksi 26 patung  yang ditemukan di dalam cawan patung Luxor yang ada di kuil luxor. Selain itu patung lainnya yang juga ditampilkan pada koleksi di museum ini adalah patung ganda kalsit dewa bauya sobek dan firaun dinasti ke 18 dari Amenhotep III.

Saat memasuki museum Luxor ini di sebelah kanannya pengunjung bisa melihat sebuah toko cindera mata yang menjual beragam souvenir khas mesir yang menarik. Museum ini beroperasional melayani para pengunjung pada hari senin sampai minggu mulai pukul 09.00hingga 16.00 waktu setempat dan dibuka kembali mulai pukul 17.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Harga tiket masuk ke museum yang terletak di Komish Al Nile dan tak jauh dari Kuil Luxor  ini terbilang cukup mahal namun pengalaman yang ditawarkan bisa dibilang cukup sebanding, terutama bagi para pecinta sejarah mesir.

3. Karnak

Karnak

Tempat wisata di Luxor selanjutnya yang juga menarik perharian para wisatawan dari berbagai macam negara adalah karnak yang merupakan sebuah kompleks kuil yang menjadi tempat beribadah memuja para dew dewi mesir pada zaman dahulu.

Namun kini kuil tersebut hanya tinggal reruntuhan saja setelah pada tahun 323 M Konstantin yang Agung mengakui agama kristen dan memerintahkan penutupan semua kuil sehingga kuil Karnak ini pada saat itu sepenuhnya ditinggalkan.

Konstruksi pembangunan kuil Karnak ini dimulai pada masa pemerintahan Senusret I di kerajaan tengah dan kemudian berlanjut hingga periode Ptolemeus. Nama karnak sendiri berasal dari bahasa arab khurnak yang berarti desa yang diperkaya, dan karnak ini juga dijadikan nama sebuah desa yang ada di dekat kompleks kuil ini.

Salah satu kuil yang mendominasi kompleks kuil Karnak ini adalah kuil Amun-Ra yang merupakan salah satu kompleks kuil keagamaan terbesar di dunia.

Salah satu hal yang juga paling terkenal dari kuil Amun Ra ini adalah Hypostyle hall yang merupakan aula seluas 50.000 kaki dengan 134 kolom besar yang tersusun kedalam 16 baris dimana kolom tersebut mempunyai tinggi antara 10 hingga 21 meter.

Kompleks Kuil Karnak di Luxor ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore waktu setempat. Untuk harga tiket masuk ke dalam kompleks kuil Karnak di Luxor ini  sendiri berkisar antara LE12O hingga LE150 Per orangnya.

Kuil karnak ini juga ssering dijadikan lokasi shooting beberapa film Hollywood seperti Transformers: Return of the Fallen dan juga film The Mummy Return.

4. Lembah Para Raja

Lembah Para Raja

Tempat wisata di Luxor yang satu ini merupakan sebuah lembah yang terletak di tepi barat sungai Nil, Mesir tempat para firaun atau raja mesir dikubur.

Lembah para raja ini terdiri 1000 kaki batu kapur dari batuan sedimen lainnya yang diendapkan antara 35-56 juta tahun yang lalu.

Makam yang ada di daerah lembah para raja ini sudah menjadi fokus bagi para arkeolog untuk melakukan penelitian sejak abad ke 18. Makam-makam raja ini menarik perhatian para arkelogog karena makam para raja ini dihiasi dengan adegan-adegan mitoogi mesir kuno yang memberikan petunjuk tentang kepercayaan dan juga ritual masyarakat pada saat itu.

Sebagian makam yang ada di lembah para raja ini tidak terbuka untuk umum dan terkadang makam yang terbuka untuk umum di lembah inipun terkadang ditutup oleh pejabat setempat untuk restorasi.

Tak jauh dari lembah raja ini juga terdapata lembah ratu yang dimana terdapat makam salah satu ratu yang terkenal pada zama mesir kuno yaitu Nefertiti.  Untuk masuk ke dalam makam ratu nefertiti ini pegunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk yang cukup mahal, yaitu sekitar 66 juta rupiah.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Luxor yang sayang untuk dilewatkan ketika  berkunjung ke Mesir baik sendiri, bersama teman maupun keluarga. Selain tempat wosata do atas masih banyak lagi tempat wisata di Luxor lainnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi seperti :

  • Kolosi Memnon
  • Mortuary Temple of Hatshepsut
  • Medinet Habu
  • Dier El Bahari
  • Ramesseum
  • Balai Hipostilium Agung
  • Dan lain sebagainya.

Selain menikmati tempat wisatanya jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas mesir maupun minuman khas mesir seperti Karkade yang merupakan minuman para firaun zaman dahulu. Akhir kata terimakasih sudah membaca artikelini dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.Salam.

, , , , , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 15:24 Oleh :
Kategori : Mesir