10 Tempat Wisata Di Sharm El Sheikh Mesir Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Jika sedang mencari salah satu kota untuk tempat wisata di Mesir dan ingin berlibur ke negara piramida  tersebut bersama teman atau keluarga,kota Sharm el Sheikh bisa menjadi salah satu pilihannya.

Kota yang berada di ujung selatan semenanjung sinai ini memang menjadi salah satu kota wisata di Mesir yang banyak didatangi oleh para turis baik lokal maupun mancanegara.

Kota Sham El Sheik ini mempunyai iklim kering subtropis dengan suhu rata-rata 18-23⁰ C pada bulan Januari dan 33-37⁰ C pada bulan Agustus. Kota Sham El Sheikh juga dikenal sebagai kota damai karena di kota ini sering ditunjuk sebagai tuan rumah sejumlah besar acara konferemso perdamaian nasional.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sharm El Sheikh yang juga menjadi salah satu tempat menarik di Mesir yang sayang untuk dilewatkan.

1. Na’ama Bay

Na’ama Bay

Rekomendasi tempat di wisata Sharm El Sheikh yang wajib dikunjungi adalah Na’ama Bay yang merupakan sebuah teluk yang terletak diantara bandara Sham dan kota tua.

Dan untuk menuju ke Na’ama Bay ini hanya membutuhkan waktu tempuh perjalanan  sekitar 10 menit dari kedua tempat tersebut.

Tempat ini memang terkenal dengan fasilitasnya yang terbilang cukup lengkap bagi para wisatawan seperti hotel dan tentu juga restoran yang menyajikan makanan khas Mesir, minuman khas Mesir maupun dari negara lainnya.

Untuk menikmati keindahan teluk ini pengunjung juga bisa berkeliling menaiki perahu dari pelabuhan terdekat atau bisa juga dengan snorkeling atau berenang di Teluk ini.

Bagi wisatawan yang menyukai hiburan malam, di Na’ama Bay ini sendiri juga tersedia  klub, bar, maupun kedai kopi dimana pengunjung bisa menikmati Shisa sembari menonton.


2. Ras Muhammad National Park

Ras Muhammad National Park
Ras Mohamed National Park in Egypt. Africa.

Tempat wisata di Sharm El Sheikh selanjutnya yang juga menjadi favorit para wisatawan ketika berlibur di kota ini adalah Ras Muhammad National Park.

Tempat ini merupakan sebuah taman nasional yang terletak diantara pertemuan teluk Suez dan Aqaba, tepatnya sekitar 12 km dari kota Sham El Sheikh.

Nama Ras Muhammad ini dalam bahasa Inggris secara harafiah diartikan sebagai Muhammad Head, dimana head disini merujuk artinya  pada kata tanjung. Taman Nasional Ras Muhammad ini sendiri meliputi 2 pulau yaitu tiran dan sanafir yang letaknya tak jauh dari lepas pantai semenanjung sinai.

Taman Nasional ini membentang sepanjang 480 km2 dimana 135 kmnya adalah wilayah daratan sedangkan  345 km2 sisanya berupa wilayah perairan. Di taman nasional Ras Muhammad ini juga setidaknya menjadi habitat bagi  220 spesies karang, 1000 spesies ikan, 40 spesies bintang laut, 25 spesies landak laut, 100 spesies moluska, 150 spesies krustasea, dan masih banyak lagi.

Terumbu karang yang ada di Taman Nasional Ras Muhammad ini terletak sekitar 100 cm dibawah permukaan laut dan sebagian besar terumbu karang tersebut memiliki lebar sekitar 30 hingga 50 cm. Salah satu area yang populer di taman nasional ini untuk menyelam dan juga melihat keindahan terumbu karang terseut adalah di Shark Reef fan Yolanda Reef

Di Taman Nasional Ras Muhammad yang didirikan pada tahun 1983 ini pengunjung juga bisa melihat pohon akasia, dum palm, dan juga tumbuhan dan rerumputan ephermal.  Taman Nasional Ras Muhammad ini beroperasional melayani para penngunjung pada setiap harinya mulai pukul 07.00 hingga pukul 16.00 waktu setempat

3. Gunung Sinai

Gunung Sinai

Tempat wisata di Sham El Sheikh yang juga populer dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun yang datang dari mancanegara adalah Gunung Sinai. Gunung yang terletak di sebelah selatan barisan pegunungan di  semenanjung Sinai ini mempunyai tinggi sekitar 2.285 meter atau 7,479 kaki.

Dalam kepercayaan Kristen, Yahudi, dan juga Islam, Gunung Sinai ini merupakan tempat dimana Tuhan menampakan diri kepada nabi Musa dan memberikan 10 perintah Tuhan dalam bentuk 2 loh batu.

Ketika tiba di KakI Gunung Sinai, wisatawan tidak akan menenukan rumah penduduk namun di tempat tersebut terdapat sebuah bangunan biara yang kokoh dan besar yang bernama biara St.Katharina dan dibangun sejak Tahun 530 Masehi oleh Kaisar Yustianus I.

Saat ini biara tersebut selain masih diperunakan sebagai tempat peribadatan juga dogunakan sebagai tempat penginapan para turis yang ingin berziarah dan mendaki ke Gunung Sinai.

Untuk rute pendakian ke Gunung Sinai ini sendiri terdapat dua rute utama pendakian yaitu Siket Sayidna Musa yang langsung dan terjal, serta rute Siket El Bashait yang lebih panjang namun tidak begitu terjal. 

Jalur Pendakian gunung sinai ini disebut-sebut sebagai salah satu jallur pendakian terbaik di dunia oleh Majalah Wanderlust dan mendapat penghargaan sebagai Inisiatif turisme terbaik “Wider World” dari Asosiasi Penulis Perjalanan Inggris tahun 2016.

Perjalanan mendaki gunung sinai ini biasa dilakukan pada malam hari dan untuk mendakinya bisa dilakukan dengan berjalan kaki maupun menaiki onta, dengan perkiraan waktu tempuh pendakian sekitar 1,5 hingga 4 jam.

Setelah sampai di puncak Gunung, pengunjung akan melihat mesjid yang samspai saat ini masih dipergunakan untuk ibadah umat muslim dan juga kapel ortodoks Yunani yang tidak dibuka untuk umum, seta dipuncak ada sebuah gua yang dinamakan gua Musa karena gua tersebut dipercaya sebagai tempat dimana Musa menunggu untuk menerima 10 perintah Tuhan.

Dari puncak Gunung Sinai ini juga para pengunjung juga bisa melihat pemandangan bentangan pasir Gunung Sinai di sebelah timur dan semenanjung Sinai serta kota Sham el Sheikh di sebelah selatan.

4. Nabq Protected Area

Nabq Protected Area

Rekomendasi tempat wisata di Sharm El Sheikh berikutnya yang juga sayang untuk dilewatkan, terutama bagi para pecinta alam adalah Nabq Protected Area.

Tempat wisata ini merupakan sebuah kawasan konservasi sumber daya alam di lahan seluas 600 km2 dan diresmikan oleh perdana menteri mesir pada tahun 1992.

Di Kawasan konservasi ini terdapat setidaknya 134 spesies tanaman dan juga rterdapat beberapa jenis fauna seperti  Gazelle, Nubien Ibex, Hyrax, yang mendiami wilayah gurun serta bangau dan spoonvbill yang berhabitat di lingkungan hutan bakau.  


Lokasi Nabq  protected Area ini berada sekitar 35 km di sebelah utara kota Sharm El Sheikh dan untuk menuju ke tempat ini sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan maupun dengan mengikuti paket tur wisata ke tempar ini.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisara Sham El Sheikh yang bisa dikunjungi ketika berlibur besama teman maupun keluarga ke Mesir.Selain tempat wisata di atas, ada juga tempat wisata di Sharm El Sheikh lainnya berikut ini yang juga bisa dikunjungi dan juga bisa membeli oleh-oleh khas Mesir untuk dibawa pulang seusai berlibur

  • Sham Old Market
  • Cleo Park
  • El Fanar Beach
  • The Heavenly Cathedral
  • Red Sea Riviera
  • Mustafa Mosque
  • Dan Masih banyak lainnya

Akhir kata terimakasih banyak sudah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat khususnya bagi yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Sharm El Sheikh Mesir. Mohon maaf bila ada salah kata dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

, , , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 16:12 Oleh :
Kategori : Mesir