18 Tempat Bersejarah di Mesir Wajib Dikunjungi

Nama negara mesir pastinya sudah amat sangat familiar dengan kita semua. Negara yang berada di kawasan Afrika bagian utara ini merupakan salah satu dari beberapa negara yang sangat terkenal sebagai destinasi wisata dunia.

Ada banyak sekali jenis-jenis wisata yang dapat kita temukan di negara yang satu ini. Berbagai macam jenis wisata mampu memanjakan mereka yang datang berkunjung ke negara ini.

Mesir bisa dikatakan tak pernah sepi dengan yang namanya pengunjung. Setiap harinya berbagai macam turis yang berasal dari seluruh belahan dunia akan datang dan menikmati keindahan wisata yang disajikan oleh negara ini.

Mulai dari wisata kuliner, budaya, hingga wisata sejarah semua dapat disediakan dapat kita temukan di negara ini.

Kali ini kit akan membahas mengenai salah satu sisi yang dapat kita temukan di beberapa tempat wisata di Mesir. Apa yang akan kita bahas kali ini akan berhubungan erat dengan beberapa tempat bersejarah di Mesir.

Ada beberapa lokasi wisata sejarah yang selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan beberapa lokasi tersebut adalah.

1. Komples Piramida Giza

Komples-Piramida-GizaJika kita berbicara mengenai tempat bersejarah di Mesir yang sering di kunjungi oleh para wisatawan maka salah satu lokasi tersebut adalah Kompleks Piramida Giza. Kawasan wisata yang satu ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan karena memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya berbeda dari yang lain. Hingga saat ini kawasan piramida Giza masih menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia yang masih belum tergantikan.

Mereka yang datang berkunjung ke kawasan wisata ini, akan dapat masuk kedalam kawasan piramida, meskipun jumlah mereka yang dapat masuk akan sangat di batasi.

Namun, hal tersebut lah yang menjadi daya tarik tersendiri dari piramid ini. Sebagai salah satu dari beberapa tempat wisata di Giza, tak akan lengkap tanpa mengunjungi kawasan wisata yang satu ini.

Meskipun kawasan wisata yang satu ini merupakan kawasan yang terdiri dari padang pasir, namun tak mengurangi sedikitpun minat para pengunjung untuk dapat menikmati keindahan dari piramid yang satu ini.

Jika kalian berkesempatan untuk berkunjung ke Mesir, maka pastikan kawasan kompleks piramida Giza ini menjadi salah satu lokasi yang wajib kalian datangi.

2. Lembah Para Raja

Lembah-Para-RajaKawasan wisata selanjutnya yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi di mesir adalah Lembah Para Raja. Kawasan wisata yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa tempat wisata di Luxor yang sangat terkenal. Hal tersebut karena kawasan wisata ini merupakan makam yang digunakan oleh para rasa mesir kuno. Jika dilihat sekilas maka kawasan wisata yang satu ini memang terlihat sangat biasa dan tak jauh berbeda dari lembah-lembah lain.

Namun jika mendekat dan mengunjungi kawasan ini, maka kita akan di sambut dengan berbagai macam jenis makam dari para raja-raja mesir kuno. Maka, tak mengherankan jika kawasan wisata yang satu ini terkenal sebagai salah satu tempat bersejarah di dunia.

Ada banyak raja mesir yang dimakamkan di tempat ini, sebut saja Tutankhamun, Tiye, Merneptah, Tausret. Jika kalian memasuki kawasan ini maka kalian dapat melihat beberapa sarkofagus dan beberapa peninggalan para raja yang di makamkan di kompleks ini.

Hingga saat ini ada banyak sekali lokasi-lokasi baru yang mungkin masih terus di temukan di dalam kompleks lembah para raja. Dengan lokasinya yang sangat besar maka tak aneh jika kawasan ini juga menjadi incaran para wisatawan.

3. Karnak

KarnakTempat bersejarah di mesir selanjutnya merupakan sebuah kawasan yang berupa reruntuhan kuil yang cukup terkenal. Kompleks kuil karnak merupakan salah satu dari beberapa tempat menarik di mesir yang masih sering di kunjungi oleh para wisatawan. Meskipun sudah berupa reruntuhan yang bisa dikatakan tak lengkap lagi, namun kemegahan dari kawasan wisata yang satu ini masih sanggup untuk menarik hati siapapun yang datang untuk menikmati keindahan bangunan ini.

Berdasarkan beberapa data yang ada kawasan wisata yang satu ini di bangun pada masa pemerintahan Senusret I. Kompleks wisata yang satu ini sendiri terdiri dari beberapa bagian yang setiap bagiannya didedikasikan untuk dewa tertentu. Selain nilai sejarah yang cukup tinggi kawasan wisata yang satu ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah.

Tak sedikit yang menjadikan kawasan kompleks kuil karnak ini menjadi salah satu objek photography mereka. Keberadaan pilar-pilar yang besar dengan berbagai macam ukiran di dindingnya memang membuat siapapun yang melihat akan terpesona dan jatuh cinta pada kawasan kompleks kuil karnak.

4. Luxor Temple

Luxor-TempleLuxor, bagi beberapa orang mungkin akan menghubungkannya dengan salah satu karakter dai sebuah film yang sangat terkenal. Namun, luxor yang satu ini merupakan sebuah kawasan kompleks kuil kuno di Mesir yang sangat terkenal. Kawasan kuil yang satu ini berlokasi tak jauh dari kawasan sungai nil yang juga terkenal di Mesir. Luxor Temple sendiri bukanlah sebuah kuil yang berdiri sendiri, namun kuil yang satu ini merupakan sebuah kuil yang terdiri dari beberapa kuil yang berbeda-beda.

Berdasarkan data yang ada Luxor Temple sendiri di bangun pada tahun 1400 BCE. Jika melihat dari bahasa mesir kuno kawasan wisata yang satu di sebut juga sebagai ipet resyt yang memiliki arti the southern sanctuary. Salah satu hal yang cukup menarika adalah Luxor Temple merupakan sebuah kuil yang sangat berbeda dari yang lain.

Jika biasanya berbagai kuil yang ada di Mesir ditujukan untuk dewa-dewa tertentu. Namun, kawasan Luxor Temple lebih di tujuan sebagai tempat untuk menobatkan seseorang menjadi raja. Hal tersebutlah yang menjadikan kawasan kuil yang satu ini memiliki nilai yang cukup berbeda dari yang lain.

Ekskavasi Luxor Temple sendiri di lakukan pertama kali pada tahun 1884. Hingga saat ini kawasan wisata yang satu ini menjadi daya tarik yang sangat ramai di kunjungi oleh para wisatawan.

5. Abu Simbel

Abu-SimbelKawasan tempat bersejarah di Mesir yang selanjutnya adalah sebuah kawasan wisata yang bernama Abu Simbel. Kawasan yang satu ini merupakan dua buah kompleks kuil batu yang tak jauh dari sungai nil. Kawasan arkeologi yang satu ini di bentuk oleh Ramses II pada tahun 1250 sebelum masehi. Kuil yang satu ini merupakan sebuah bangunan yang digunakan untuk memperingati kemenangan Ramses II pada peperangan Kadesh.

Selain itu kuil yang satu ini juga di tujukan Ramses II untuk menunjukan keberadaan permaisurinya yaitu Nefertari. Jika kalian berkesempatan untuk berkunjung ke situ yang satu ini, maka kalian akan di sambut oleh Patung Ramses II yang tepat berada di pintu masuk kuil ini.  Kini kawasan wisata yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa situs warisan Dunia yang terdaftar dalam UNESCO.

Selain beberapa lokasi wisata bersejarah yang ada di atas, masih terdapat beberapa lokasi lain, seperti

  1. Philae
  2. Saqqara
  3. Bendungan Aswan
  4. Kolosi Memnon
  5. Kuil Edfu
  6. Temple of Kom Ombo
  7. Gunung Sinai
  8. Piramida Djoser
  9. Mortuary Temple of Hatshepsut
  10. Piramida Khafre
  11. Medinet Habu
  12. Lembah Para Ratu
  13. Mercusuar Iskandariyah

Itulah tadi beberapa tempat bersejarah di Mesir yang wajib kita kunjungi. Mesir memang terkenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki banyak sekali situs warisan dunia. Maka tak mengherankan jika wisata yang paling terkenal di kawasan mesir adalah wisata bersejarahnya. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , ,
Post Date: Friday 30th, August 2019 / 11:09 Oleh :
Kategori : Mesir