11 Tempat Wisata di Dahab Mesir Terbaik Dikunjungi

Tempat wisata di Dahab – Mesir memang terkenal dengan berbagai bangunan peninggalan zaman pra sejarah yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Berbagai peninggalan sejarah seperti Piramida Giza, Spink, Kuil Luxor, Valley of the king, dapat anda jelajahi di wilayah gurun di Mesir seperti di kota Luxor, dan Giza.

Namun, dilain sisi, Mesir juga memiliki wisata bahari yang cukup memukau. Salah satu kota yang memiliki wisata bahari popular di Mesir adalah kota Dahab. Kota ini terletak sekitar 9 jam dari kota kairo jika melalui jalur darat, sedangkan jika melalui jalur udara hanya membutuhkan waktu 1 jam dengan turun di bandara Sharm el Sheikh.

Letak kota Dahab yang berada di tepi Laut Merah dan dikelilingi pegunungan Sinai, membuat kota Dahab menjadi salah satu destinasi wisata utama di Mesir dengan pemandangan yang menakjubkan. Nah, tempat wisata apakah yang berada di kota ini? Yuk simak ulasan mengenai tempat wisata di Dahab berikut ini.

1. Blue Hole

Blue-hole

Merupakan salah satu wisata populer di kota Dahab untuk para pecinta diving, Blue hole terletak di Laut Merah, tepatnya berada 8 km di utara kota Dahab. Blue hole merupakan tempat penyelaman yang cukup memukau dengan hamparan terumbu karang yang beraneka ragam. Namun, dibalik keindahanya Blue hole diyakini sebagai salah satu pusat penyelaman paling berbahaya di dunia.

Dengan kedalaman lubang hingga 100 m, diyakini situs penyelaman yang indah ini diperkirakan sudah merenggut  lebih dari 100 nyawa. Dan, karena alasan ini, pemerintah Mesir hanya mengizinkan snorkeling dan diving hanya untuk penyelam yang memenuhi syarat yang mengikuti instruksi menyelam bersertifikat.

Di Blue Hole anda juga bisa melihat berbagai spesies bawah laut seperti Ikan badut laut merah, Goldie laut, Clownfish, berbagai jenis ikan kupu-kupu, ikan Murray, ikan parrot dan jika anda cukup beruntung , Anda bisa bertemu kura-kura, ikan pari atau bahkan lumba-lumba.

2. Blue Lagoon

Blue-lagoon

Blue lagoon merupakan sebuah laguna dengan air laut berwarna biru tyrus yang indah yang sangat pas untuk bersantai. Selain  itu, blue lagoon juga merupakan  surga bagi anda yang ingin bermain Layang-layang dan Windsurfing.

 Pada siang hari Anda bisa menikmati pemandangan air laut yang jernih dengan warna turquiose, dan pemandangan pegunungan yang menakjubkan yang menyatu dengan laut. Blue lagoon merupakan tempat yang tenang, jadi tempat yan pas untuk menenangkan diri dari rutinitas yang membuat penat. Pada malam hari, Anda bisa berkemah disini  dan nikmati gemericik air sambil memandangi langit yang penuh bintang.


3. Abu Galam

Abu-galum

Abu Galum adalah Kawasan Konservasi yang mencakup area seluas sekitar 400 km persegi. Terletak di pantai timur Sinai Selatan, tepat di antara kota Dahab dan Nuweiba . Kawasan konvervasi ini melindungi berbagai ekosistem pesisir dan gunung yang unik di Teluk Aqaba .

Disini anda bisa bersnorkeling dan menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan dengan hamparan terumbu karang  dan berbagai ikan berwarna – warni. Di Abu Galum juga terdapat restoran-restoran yang menyediakan berbagai makanan khas mesir dan seafood.

4. Three Pools

three-pools

Merupakan tempat yang sangat bagus untuk penyelaman intro. Penyelaman intro adalah penyelaman 30 menit pada kedalaman mulai dari 3 meter hingga 7 meter di mana penyelam utama akan memegang tangan Anda dan membawa Anda berkeliling untuk menunjukkan karang dan ikan yang beraneka ragam.

 Jika Anda bukan penyelam yang bersertifikat, three pools merupakan salah satu tempat diving yang wajib anda coba ketika anda jalan-jalan di tempat wisata di Mesir, terutama di kota dahab. Di Three Pools juga terdapat banyak kafe dengan makanan yang sangat enak yang bisa Anda nikmati sambil bersenang-senang di pantai. Beberapa kafe bahkan memiliki hammock yang bisa anda gunakan untuk istirahat dan bersantai.

5. Light House

light-house

Dahab memang terkenal dengan tempat untuk snorkeling dan diving. Salah satunya adalah Light House, dimana anda bisa melihat berbagai hewan laut eksotis, seperti  kura-kura laut, ikan pari, ikan Napolean, dan Jika Anda sangat beruntung, Anda mungkin bisa bertemu lumba-lumba atau “bahlool” dan paus biru.

Setelah puas menikmati bawah laut di Light house, anda bisa mampir di salah satu kafe di sana dan nikmati berbagai hidangan yang lezat. Salah satu makanan yang perlu anda coba disini adalah burger-nya yang dibuat dalam jenis roti khusus yang dipanggang dengan pas sehingga menghasilkan rasa yang khas dan enak.

6. Canyon

canyon

Salah satu tempat menyelam yang luar biasa, Namun keindahan canyon hanya dapat dinikmati untuk penyelam yang bersertifikat saja. Disini terdapat ngarai, dimana terdapat banyak spesies ikan yang berlalu lalang.

Disebut canyon karena terdapat sebuah ngarai dan ketika penyelam melihat ke atas, Mereka  akan melihat seberkas cahaya yang datang dari atas seperti lampu sorot. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut Canyon, anda bisa mengikuti kursus menyelam yang tidak jauh dari tempat penyelaman.

7. Gabr El Bert

Qabr-el-bint

Gabr el Bint juga merupakan tempat wisata menarik di Dahab. Untuk menuju ke Gabr El Bint anda bisa menggunakan unta atau perahu, dimana Gabr Ek Bint terletak 20 Km dari pusat kota Dahab. Tempat penyelaman ini masih belum terlalu ramai seperti situs penyelaman lainya di Dahab.

Terdapat 2 tempat yang bisa digunakan untuk menyelam yaitu di sisi selatan dimana terdapat dinding curam sekitar 60 meter yang juga terdapat gua dan jurang laut. Disini terdapat banyak karang meja dan berbagai gerombolan bandeng dan Hiu karang.

Sedangkan di sisi utara dihiasi dengan dinding hutan gorgonia, dimana banyak terdapat berbagai spesies fauna laut seperti Penyu, Trevalies, Big Wrasess, Lumba-lumba dan Hiu paus. saat menuju ke pantai, Anda juga akan menjumpai sebuah laguna besar besar. Di laguna ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah menawan, dimana anda bisa menjumpai berbagai spesies karang, kawanan Anthias, Scorpionfish, parrotfish, Trigerfish, Ikan Pari, gurita, Surgeonfisdh, Trumpetfish dan banyak terdapat kura-kura laut.

8. Wadi Ginai

Wadi-Ginai

Wadi Ginai  terletak tidak jauh dari Three Pools, dimana tempat ini merupakan sebuah lembah dengan pohon-pohon palem  dan pegunungan yang indah. Pemandangan hijau dari pohon-pohon palem yang dipadukan background pegunungan Sinai membuat semakin sempurna untuk menenangkan pikiran.

Disini anda juga bisa mendaki gunung dan nikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari atas ketinggian pegunungan Sinai.

9. Gunung Twilight

Gunung twilight terletak di Gurun dahab, dimana anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam dengan cukup indah disini. Setelah malam hari, anda bisa menikmati makan malam ala Badui dengan menggunakan kursi Arab dan meja kecil dan nikmati teh badui sambil bersantai disamping api unggun yang hangat.

10. El Mamsha

El-mamsha

El Mamsha menawarkan berbagai fasilitas untuk liburan lengkap. Di El Mamsha, anda bisa menemukan restoran, kafe, supermarket, klub malam dan pasar lokal di mana Anda dapat membeli pakaian, oleh-oleh khas mesir, alat selam dan snorkeling dengan harga yang murah jika Anda memiliki keterampilan tawar-menawar yang baik .

Disini anda bisa juga hanya sekedar berjalan menikmati suasana dahab yang sejuk. Untuk akomodasi, di El mamsha terdapat banyak hotel, hostel, dan apartemen.


11. Eel garden

eel-garden

Sama seperti namanya, Eel Gardens  merupakan sebuah arena penyelaman yang banyak terdapat  belut yang tak terhitung jumlahnya yang menutupi dasar laut. Untuk melihat belut-belut ini, anda diharuskan untuk melakukan penyelaman, secara perlahan menuruni terumbu karang menjorok yang terletak tegak lurus, sekitar 9 meter di bawah permukaan laut, belut perlahan-lahan mulai terlihat, melambai-lambai di arus, dan akan bersembunyi di pasir ketika Anda mendekat.

JIka anda turun 20 m lagi, anda akan menjuampai berbagai terumbu  terumbu karang dan kawanan barakuda yang berkeliling di daerah tersebut.

Itu dia berbagai tempat wisata di dahab, dimana hamper keseluruhan tempat wisata di dahab didominasi wisata laut dan penyelaman. Jaga selalu keselamatan anda dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Thursday 11th, July 2019 / 14:14 Oleh :
Kategori : Mesir