11 Tempat Wisata Di Aswan Mesir Yang Mempesona para Wisatawan

Mesir memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di benua Afrika yang banyak menarik perhatian para wisatawan  untuk datang berkunjung. Salah satu kota yang menjadi rekomendasi tempat wisata di Mesir yang menarik untuk dikunjungi adalah kota Aswan yang ada di sebelah tenggara Mesir.

Kota Aswan  yang tepatnya berlokasi di sebelah utara bendungan Aswan ini merupakan salah satu kota perdagangan yang sibuk dan terus berkembang menjadi kota yang modern dan menjadi bagian dari Jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori kerajinan dan seni rakyat. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Aswan yang menarik untuk dikunjungi ketika berlibur ke Mesir baik bersama teman maupun keluarga.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Aswan yang menarik untuk dikunjungi ketika berlibur ke Mesir baik bersama teman maupun keluarga.

1. Nubian Museum

Nubian Museum

Salah satu tempat wisata di Aswan yang wajib dikunjungi adalah Nubian Museum yang merupakan museum yang menyimpan berbagai macam koleksi patung peninggalan zaman firaun, dan peninggalan sejarah suku numbia dan mesir dari masa ke masa.

Jumlah barang antik yang menjadi koleksi di museum ini adalah sekitar 3.000 buah yang berasal  dari berbagai zaman di mesir mulai dari zaman prasejarah hingga penyebaran agama islam di Mesir.

Museum ini berada di area 50.000 meter persegi dimana 7.000 meter persegi diantaranya  merupakan bangunan museum dan sisanya dikhususkan untuk taman dan juga ruang terbuka publik. Bangunan Nubian Museum ini terdiri dari 3 lantai dimana selain galeri museum itu sendiri terdapat pusat informasi dan juga perpustakaan.

Museum yang didirikan pada tahun 1997 dan bekerjasama dengan UNESCO  ini dirancang oleh arsitek Mesir Mahmoud El Hakin dan pameran dalam museum ini dirancang oleh arsitek Meksiko  Pedro amerez Parquez. Pada tahun 2001 Museum ini mendapat penghargaan sebagai salah satu pemenang dari Aga Khan Award for Archotecture.

Museum Nubian ini dibuka untuk para pengunjung setiap harinya mulai dari pukul 9.00 pagi hingga pukul 21.00 malam waktu setempat. Untuk harga tiket masuk ke dalam Museum Nubian ini sendiri terbilang cukup terjangkau yaitu berkisar antara 50 huingga 100 pund mesir per orangnya.


2. Pulau Elephantine

pulau Elephantine

Rekomendasi tempat wisata di Aswan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah pulau Elephantine yang terletak di tengah sungai nil, di wilayah utara Nubia.

Di Pulau yang memanjang dari utara ke selatan sepanjang 1.200 meter dengan lebar 400 meter ini juga tersimpan banyak situs arkeologi dari zaman Mesir kuno.

Pulau ini jika dilihat dari udara akan terlihat berbentuk menyerupai gading gajah maka tak heran pulau ini dinamakan pulau Elephantine. Namun ada juga yang mengatakan bahwa pulau ini dinamakan pulau elephantine karena di pulau ini juga menjadi salah satu tempat perdagangan gading gajah.

Masyarakat Mesir kuno dahulu percaya bahwa pulau Elephantine ini juga menjadi tempat tinggal Khnum, dewa katarak berkepala domba yang mengendalikan ar sungai nil dan gua-gua di bawah pulau.

Pulau Elefraim ini juga menjadi perbatasan selatan Mesir pada zaman pertengahan dan juga menjadi saah satu tempat penambangan batu granit bagi pembangunan monnumen dan gedung-gedung di mesir kala itu.

Di pulau Elephantine ini juga terdapat yang Nilometer merupakan alat yang dipakai untuk mengukur tingkat kejernihan dan kedalaman sungai nil selama musim banjir tahunan.

Di pulau elephantine ini ada dua buah Nilometer, dimana yang paling terkenal adalah Nilometer yang dekat dengan kuil Satis dan menjadi salah satu Nilometer yang tertua sedangkan Nilometer yang satu lagi berada di ujung selatan pulau.

Untuk mencapai pulau elephantine ini ini pengunjung bisa menggunakan feri lokal dari pusat kota Aswan atau juga bisa menyewa Felluca untuk berlayar mengelilingi pulau.

3. Unfinished Obelisk

Tempat wisata di Aswan berikutnya yang juga menjadi salah satu tempat menarik di Mesir yang ramai dikunjungi para wisatawan adalah Unfinished Obelisk atau obelisk yang belum selesai yang ad di tambang batu mesir kuno di utara kota Aswan.

Obelisk ini pembuatannya diperintahkan oleh Hatsheput, seorang firaun wanita,sekitar 3500 tahun yang lalu dan salah satu tujuan pembangunannya adalah untuk melengkapi lateran obelisk yang ada di Istana lateran Roma.

Proyek pembangunan obelisk ini kemudian ditinggalkan dan tidak dianjutkan kemballi dikarenakan adanya retakan yang muncul di granit untuk membuat obelisk tersebut.

Jika Obelisk ini selesai maka akan berbentuk seperti monumen raksasa yang ukurannya diperkirakan bisa mencapai sekitar 42 meterdengan berat 1.200 ton atau setara dengan 200 gajah Afrika.

Obelisk yang belum jadi tersebut menjadi salah saru museum terbuka yang memberikan wawasan bagi para pengunjung, terutama pecinta sejarah untuk melihat dan mempelajari bagaimana teknik pembangunan pada zaman mesir kuno.

Untuk menuju ke kawasan Obelisk yang bellum jadi ini pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dari pusat kota Aswan ke wilayah Quarry utara dan lokasi tempat wisata ini tak jauh dari Pemakaman Fatimid dan Museum Nubian di Aswan.

Ketika memasuki tempat wisata unfinished Obelisk ini pengunjung juga akan diarahkan menuju sebuah studio untuk menyaksikan film mengenai sejarah tentang unfinished obelisk ini.

4. Bendungan Aswan

 Bendungan Aswan

Rasanya belum lengkap membicarakan tentang  tempat wisata di Aswan jika tidak membicarakan mengenai bendungan Aswan yang menjadi salah satu bendungan terbesar di dunia.

Bendungan Aswan ini terbagi menjadi dua yatu bendungan tinggi Aswan dan juga bendungan rendah Aswan yang dibangun lebih dahulu, yaitu sekitar tahun 1898 oleh Sir William Wicocks, sedangkan bendungan tinggi Aswan mulai dilakukan pembangunan pada tahun 1960 dan membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 11 tahun .

Pembangunan bendungan Aswan ini juga mendapat support atau dukungan dari pemerintah Soviet dimana pada waktu itu pemerintah soviet mengirimkan 400 orang ahli konstruksi pembangunannya ke Mesir untuk membatu proyek penegrjaan bendungan Aswan. Selain itu pemerintah Soviet juga memberikan bantuan finansial bernilai milyaran dollar untuk pengerjaan bendungan Aswan ini.

Selain itu pemerintah Soviet juga memberikan bantuan finansial bernilai milyaran dollar untuk pengerjaan bendungan Aswan ini.

Pembangunan bendungan Aswan ini bertujuan untuk membendung sungai nil agar mencegah terjadinya banjir setiap tahun ketika musim panas. Selain itu tujuan lain dari pembangunan bendungan aswan ini adalah menciptakan tenaga listrik pembangkit air dan juga menyediakan saluran irigasi untuk pertanian di Mesir.


Bendungan tinggi Aswan berukuran panjang 4.000 meter, lebar 980 meter di pangkalan dan puncaknya memiliki lebar 40 meter dengan tinggi 111 meter. Bendungan Aswan  ini bisa dilewati oleh air dengan kapasitas maksimal 11.000 meter kubik per detiknya

Selain tempat wisata di Aswan yang sudah disebutkan di aras, masih ada lagi tempat wisata lainnya di Aswan berikut ini yang juga bisa dikunjungi sekalius mencari oleh-oleh khas mesir untuk dijadikan buah tangan ketika pulang liburan nanti,

  • El Nabatat Island
  • Mausoleum of Aga Khan
  • Temple of Philae
  • Aswan Botanical Garden
  • Monastery of St. Simeon
  • Temple of Com Ombo
  • Dan masih banyak lagi

Demikianlah beberapa tempat wisata di Aswan yang bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata untuk dikunjungi saat berlibur ke negara piramida ini. Setelah puas berwisata, jangan lupa juga mencicipi makanan khas Mesir maupun minuman khas Mesir yang tentu memiliki rasa nikmat dan lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Akhir kata terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 14:21 Oleh :
Kategori : Mesir