10 Tempat Wisata Di Sri Lanka Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak kenal Sri Lanka? Sri Lanka merupakan negara pulau yang terletak di Asia Selatan tepatnya di sebelah tenggara India dan timur laut Maladewa. Pulau yang memiliki luas wilayah sekitar 65.610 km2 ini memiliki nama resmi Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka yang hingga tahun 1972 dikenal dengan sebutan Ceylon.

Saat ini Sri Lanka semakin tenar sebagai destinasi wisata Asia dengan modal utama berupa kekayaan alamnya. Visa yang mudah, harga yang terjangkau, dan kemudahan bahasa dimana bahasa Inggris dipergunakan secara luas menjadi alasan mengapa liburan ke Sri Lanka patut dicoba. Anda juga dapat membaca tips backpacker ke Sri Lanka untuk melengkapi liburan Anda.

Negara yang sering disebut “Permata Samudra Hindia” ini mempunyai banyak objek wisata alam yang indah dan peninggalan sejarah yang luar biasa. Jadi, buat Anda para petualang sejati, pecinta alam, dan penggemar tempat bersejarah, yuk simak ulasan alowisata.com mengenai pesona beberapa tempat wisata di Sri Lanka!

  1. Kandy

Kandy

Kandy yang dikenal sebagai kota religius merupakan kota terbesar kedua yang berada di Sri Lanka. Kota ini berada di tengah perbukitan dimana salah satu alasan kecantikan kotanya tak lain karena ia dikelilingi oleh pegunungan dan perkebunan teh. Kota ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Colombo. Baca juga tempat wisata di Colombo Sri Lanka.

Sesampainya di Kandy Anda akan disambut oleh berbagai candi, museum, dan situs suci. Salah satu candi yang sangat terkenal dan wajib Anda kunjungi saat datang ke Kandy adalah Candi Sri Dalada Maligawa atau Temple of the Sacred Tooth Relic.

Patung Buddha Vihara Bahiravokanda, Danau Kandy, dan Candi Gadaladeniya juga menjadi tempat wisata yang wajib didatangi karena menawarkan keindahan panorama Kandy serta mencerminkan kekhasan kultur agama Buddha.

  1. Old Town of Galle

Old Town of Galle

Jika Kandy dikenal sebagai kota religius, Galle dikenal sebagai kota kuno peninggalan Belanda dan Portugis yang masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Tempat wisata di Sri Lanka yang satu ini memiliki bangunan-bangunan bergaya kolonial sebagai hasil peranan dari kedua kota Eropa tersebut.

Galle dibangun sebagai kota benteng. Benteng tersebut berada di sepanjang pantai Galle yang tujuan awalnya untuk melindungi kota dari invasi sesuai dengan cara berpikir orang Eropa. Dari benteng itulah keindahan sunset dan ombak laut dapat dinikmati.

Selanjutnya, Galle juga terkenal akan situs bersejarah seperti Menara Jam, mercusuar dan gereja-gereja Belanda, Benteng Hitam, serta rumah-rumah pemerintahan Belanda. Wisata pantai seperti Pusat Penangkaran Penyu Laut Mahamodara juga menjadi destinasi yang tak kalah menakjubkan. Bagi Anda yang menyukai tempat bersejarah seperti Galle, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat bersejarah di India.

  1. Polonnaruwa

Polonnaruwa

Kota kuno lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Polonnaruwa. Kota ini memiliki banyak reruntuhan kuno dari peninggalan Kerajaan Polonnaruwa yang terpelihara dengan baik. Ia termasuk kota dengan situs arkeologi yang besar. Kota ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 5 jam perjalanan dari Kandy.

Anda dapat menjelajahi kota ini hingga kesudut-sudutnya menggunakan sepeda ataupun tuk-tuk (bajaj). Kemudian Anda akan ditawari dengan keindahan Gal Vihara, Polonnaruwa Vatadage, Polonnaruwa Archeological Ruins, Weijantha Prasada, dan masih banyak lagi. Keindahan Gal Vihara sebagai kuil batu ini tidak kalah menarik dengan kuil dan candi yang berada di Angkor Wat. Untuk menjelajahi Polonnaruwa Anda disarankan untuk menyiapkan air putih yang cukup karena kota ini adalah kota gersang.


  1. Anuradhapura

Anuradhapura

Anuradhapura merupakan kota kuno terbesar di Sri Lanka. Kota ini telah menjadi tempat wisata di Sri Lanka yang populer karena mempunyai banyak spot menarik seperti Istana Brazen dan Danau Nuwara Sigiriya. Saking banyaknya objek wisata di kota ini, waktu 1 hari menjadi kurang untuk kegiatan eksplorasi.

Beberapa objek wisata berupa situs suci dan tempat terjadinya peristiwa penting yang harus Anda kunjungi di kota ini ialah sebagai berikut:

  • Mihintale – Anda akan melakukan pendakian di situs suci ini dan setelah sampai di atas Anda akan disambut dengan pemandangan yang indah.
  • Ruwanwelisaya Dagoba – Bangunan ini merupakan stupa besar yang menjadi permata Anuradaphura sekaligus tempat berdoa penganut agama Buddha.
  • Jethawanaramaya Stupa – Tempat ini sangat spektakuler baik dalam ukuran maupun kontruksinya. Di dalamnya terdapat patung Buddha dan museum dengan koleksi yang banyak.
  1. Horton Plains National Park

Horton Plains National Park

Setelah mengunjungi kota-kota dan tempat bersejarah, Anda dapat menikmati keindahan alam Sri Lanka dalam bentuk Taman Nasional. Bukan hanya Afrika Selatan saja yang memiliki wisata alam yang indah seperti Taman Nasional Kruger, Sri Lanka pun memiliki Taman Nasional Horton Plains yang sangat digemari.

Taman ini merupakan kawasan lindung yang dipenuhi pegunungan padang rumput dan hutan tropis-subtropis. Jenis flora yang umum dijumpai pada taman ini adalah tanaman berkayu endemik, sedangkan jenis fauna yang menjadi ciri khas adalah rusa sambar. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang senang menikmati perjalanan dengan pemandangan indah dan suasana menenangkan.

  1. Pinnawala Elephant Orphanage

Pinnawala Elephant Orphanage

Wisata alam berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Pinnalawa Elephant Orphanage. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan panti asuhan, pembiakan, dan penangkaran gajah Asia liar yang terletak di Desa Pinnawala.

Di tempat ini Anda dapat mengamati gajah-gajah saling berinteraksi dan bermain di lumpur. Anda juga diberi kesempatan untuk memberi mereka makan hingga menaikinya. Hal tersebut dapat membuat para wisatawan merasa lebih dekat dengan para gajah. Objek wisata ini terbuka untuk umum dan banyak peneliti serta aktivis binatang yang melakukan kunjungan ke tempat ini.

  1. Royal Botanical Garden

Royal Botanical Garden

Setelah melihat-lihat fauna di Pinnawala Elephant Orphanage, waktunya Anda menikmati pesona kebun raya di Paradeniya. Sayang jika Anda melewatkan keindahan kebun yang juga secantik Taman Tasik Perdana Malaysia ini.

Royal Botanical Garden merupakan objek wisata yang mampu menarik sekitar 2 juta pengunjung setiap tahunnya. Tempat wisata di Sri Lanka ini dikenal akan koleksi anggrek dan mempunyai lebih dari 4000 spesies tanaman. Di dalamnya terdapat banyak tanaman tropis yang cocok bagi para pecinta alam. Tempatnya sangat fotogenik, nyaman, dan bahkan terkesan romantis. Tiga tempat populer di Royal Botanical Garden adalah kebun sawit, kebun bambu, dan rumah anggrek. Untuk mencapai tempat ini hanya perlu menempuh jarak 5,5 km dari Kandy.

  1. Little Adam’s Peak

Little Adams Peak

Wisata alam yang akan diulas selanjutnya sangat cocok bagi para petualang yang gemar melakukan hiking.

Hiking di Little Adam’s Peak kota Ella termasuk hiking ringan yang menyenangkan dan berkesan. Little Adam’s Peak ini memiliki tinggi 1141 m sehingga pengunjung hanya membutuhkan waktu 20-30 menit untuk mencapai puncaknya. Tempat ini merupakan tempat favorit bagi wisatawan mancanegara.

Perjalanan dimulai dengan melalui perkebunan teh yang diikuti jalan menanjak. Disepanjang jalan menuju puncak ada resort-resort yang dapat dikunjungi dengan pemandangan yang luar biasa. Perjalanan menuju Little Adam’s Peak akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Ella Rock

Ella Rock

Selain Little Adam’s Peak, Anda dapat melakukan hiking dengan mengunjungi Ella Rock di Ella. Hiking di Ella Rock jauh lebih sulit dan menantang dimana pendaki membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai ke puncaknya.

Namun perjalanan yang terasa panjang ini akan terbayar setelah menyaksikan panorama gunung yang berhias kabut dan awan. Anda juga akan ditemani oleh perkebunan teh, hutan karet, dan air terjun disepanjang pendakian. Baca juga wisata alam terbaik di Argentina yaitu Los Glaciares National Park untuk menikmati serunya pendakian yang lain.

Bagi Anda yang hendak berkunjung, disarankan untuk tidak mendaki di musim hujan karena jalanan akan menjadi licin. Waktu terbaik untuk menikmati kecantikan Ella Rock adalah di awal hari atau di akhir petang.


  1. Mirissa Beach

Mirissa Beach

Berkunjung ke tempat wisata di Sri Lanka belum lengkap jika tidak pergi ke pantainya. Sama seperti tidak lengkapnya pergi ke Meksiko tanpa mengunjungi Pantai Tulum. Salah satu pantai terbaik di Sri Lanka adalah Mirissa Beach.

Ada banyak alasan Mirissa Beach sangat terkenal di kalangan turis, diantaranya:

  • Penawaran tur kapal untuk melihat paus dan lumba-lumba khususnya pada bulan-bulan antara Oktober sampai Mei.
  • Fasilitas olahraga air seperti berselancar untuk tingkat pemula hingga professional dan snorkeling.
  • Terdapat banyak restoran dan kafe dengan berbagai macam makanan di sepanjang pantai.
  • Tempat menginap yang mudah.
  • Pantai bersih dan cantik sehingga nyaman untuk berenang dan berkumpul bersama keluarga.

, , , ,
Post Date: Thursday 07th, June 2018 / 06:39 Oleh :
Kategori : Sri Lanka