Los Glaciares National Park , Wisata Alam Terbaik Di Argentina

taman nasional los glaciaresLos Glaciares National Park – Tinggal di negara tropis, salju adalah sesuatu yang mungkin banyak dari kita belum pernah lihat secara langsung. Taman Nasional Los Glaciares di Argentina ini tidak lagi membicarakan soal salju, melainkan tumpukan gunung es di hampir seluruh sudut lokasinya. Sekitar 30% dari tempat yang berlokasi di provinsi Santa Cruz ini ditutupi dengan es dengan banyak glasier. Yang menariknya, banyak ekosistem yang juga hidup di sini.

Jika hampir setiap negara memiliki taman nasional dengan beragam hutan yang umumnya berwarna hijau seperti Taman Nasional Bako, Doi Inthanon National Park, atau yang lebih cenderung gersang sepertu Uluru. Maka Taman Nasional Los Glaciares akan memberikan pengalaman dikelilingi gunung es yang serba putih dan banyak glasier. Mungkin sebelum berkunjung ke sini, kamu bisa membaca terlebih dulu tips liburan ke Eropa musim dingin supaya tidak bingung harus bagaimana.

Sekilas Taman Nasional Los Glaciares Argentina

mendaki di los glaciaresKonsep taman nasional ini adalah melakukan konservasi alam sekaligus menawarkan wisata alam yang masih liar bagi para wisatawan. Di taman nasional ini terdapat empat gunung es besar (mungkin yang keempat lebih cocok disebut gunung es sekaligus hutan) yakni Perito Moreno, Lago Argentino, Lago Roca, dan El Chalten & Lago del Desierto.

Taman nasional ini berdiri dengan luas 726.927 hektar dan telah dideklarasikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Tempat ini sudah berdiri sejak 11 Mei 1937. Taman nasional ini dipuji sebagai tempat yang mampu melakukan konservasi baik untuk hutan subpolar Magellan dan keanekaragaman hayati patagonia, keduanya merupakan endemik Amerika Selatan.

Suhu di taman nasional yang berbatasan dengan Torres del Paine ini berkisar dari 0,6 derajat C di musim dingin hingga 13,4 derajat C saat musim panas. Meski di tempat yang lebih tinggi dan saat cuaca sedang kurang baik, suhu terendahnya bisa mencapai -3 derajat C. Hujan lebih sering turun di sebelah timur dan saat musim dingin, salju biasanya selalu turun.

Area patagonia menjadi habitat bagi banyak hewan seperti guanako, singa gunung, dan musang abu-abu Amerika Selatan yang sudah tergolong hewan terancam punah. Terdapat juga lebih dari 100 spesies burung seperti elang, kondor, dll. Sementara di antara area patagonia dan hutan Magellan hidup antelop Andes dan bebek Kolombia (torrent duck).

Kegiatan Menarik di Taman Nasional Los Glaciares Argentina


  1. Berlayar

Dengan adanya gunung es besar yang mengelilingi taman nasional ini, maka berlayar merupakan salah satu kegiatan yang paling disarankan. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama tur melalui Rico di Lago Argentino, sehingga kamu dapat menyaksikan birunya dinding gunung es Perito Moreno dari kejauhan. Tur ini juga akan mengajakmu menyaksikan banyak gua, danau, dan sungai. Selain itu kamu juga akan diajak berjalan di hutan Magellan, namun kamu tidak akan diajak berjalan di atas es.

Area berlayar yang lain adalah lewat Norte di Lago Argentino yang akan mengajakmu menyaksikan bongkahan es mengapung dan kadang bahkan terjatuh dari gunungnya. Tur berawal dari Puerto Bandera dan melalui gunung es Upsala, ke Bahia Onelli, kemudian berjalan selama tiga jam di hutan hingga mencapai Lago Onelli. Dengan tur berlayar ini kamu akan bisa menjajakkan kaki di atas es dan melihat lebih banyak gunung es.

  1. Trekking

El Chalten dan Lago del Desierto berada di sisi utara taman nasional dan memiliki danau, hutan, gunung es, juga puncak-puncak yang kerap didatangi para pendaki gunung. Terdapat desa El Chalten, di mana penduduknya kerap memberikan tumpangan tempat tinggal kepada pengunjung. Desa El Chalten sendiri hanya memiliki 300 penduduk dan merupakan desa terbaru di Argentina, berdiri pada 1985. 

Bila mendaki gunung terdengar terlalu sulit, maka kamu bisa melipir ke gunung es Perito Moreno. Area ini disebut sebagai medan yang mudah dan pengunjung mulai dari usia 10 hingga 60 tahun dipersilakan menjajakinya. Di sini kamu akan berjalan di atas es bersama pemandu yang akan membimbing dan melalui banyak pemandangan menarik seperti danau, bongkahan es, hutan, juga dinding es yang berwarna biru cerah.

  1. Memancing dan Berkemah

Bila kamu ingin kegiatan yang lebih santai, maka Lago Roca bisa menjadi pilihan. Dikelilingi dengan hutan dan pemandangan danau jernih, area Lago Roca sangat terkenal sebagai tempat berkemah. Danaunya juga dipenuhi ikan-ikan yang mengundang banyak orang untuk memancing. Selain kedua kegiatan ini, di musim panas kamu juga bisa berenang di danau.

Tiket Masuk Taman Nasional Los Glaciares Argentina

  1. Tiket masuk ke Taman Nasional Los Glaciares adalah sebesar 500 Argentina Peso (Rp 340.000) per 2017.
  2. Namun sebaiknya hubungi pihak taman nasional kembali untuk menyesuaikan.

Jam Operasional Taman Nasional Los Glaciares Argentina

Pihak Taman Nasional Los Glaciares mengharapkan pengunjung untuk menanyakan langsung jam buka lokasi melalui kontak yang disediakan di website yakni

  1. telepon 0054(02902)491-005
  2. email [email protected]

Akses Menuju Taman Nasional Los Glaciares Argentina

Jarak yang jauh dari perkotaan, tidak membuat Taman Nasional Los Glaciares menjadi tempat yang sepi dari pengunjung atau harus membuatmu tidak bersemangat untuk bisa sampai ke sini. Ada beberapa cara untuk mencapai taman nasional yang penuh dengan gunung es ini, di antaranya:

Pesawat

  • Dari Buenos Aires dan kota besar di Argentina lainnya memiliki penerbangan ke Bandara Internasional El Calafete setiap harinya.
  • Bila tidak mendapatkan penerbangan menuju El Calafete, kamu bisa menggunakan penerbangan lain menuju Rio Gallegos, kota yang terletak sekitar 320 km dari El Calafete.
  • Namun, pada akhirnya kamu harus pergi menuju El Calafete lagi. Banyak kendaraan seperti bus, taksi, atau juga kendaraan sewaan yang bisa mengantarmu melalui jalan beraspal.

Mobil

  • Kamu bisa pergi menuju taman nasional ini dari Buenos Aires dengan menyusuri jalan di bibir pantai melalui tepi laut Mar Argentino dan kota-kota utama seperti Bahia Blanca, Trelew atau Comodoro Rivadavia.
  • Kemudian kamu akan sampai di Comandante Luis Piedra Buena, di Santa Cruz dan menuju ke padang pasir patagonia.
  • Setelah itu tinggal bergerak menuju Lago Argentino di lajur selatan utara jalan.

Bus

  • Kamu bisa pergi dari Buenos Aires ke Rio Gallegos, kemudian menuju El Calafete.
  • Banyak perusahaan bus yang pergi menuju kota ini seperti Bus Sur, Interlagos, dan TAQSA.
  • Tersedia juga bus yang datang dari kota lain seperti Puerto Natales dan Los Antiguos. Namun bus kadang tidak selalu ada setiap hari. 

Agen Perjalanan

  • Banyak agen perjalanan tersedia di El Calafete yang bisa kamu sewa dan akan memberikan fasilitas lengkap mulai dari mobil hingga peralatan berkemah jika mau.
  • Beberapa perusahaan agen perjalanan yang direkomendasikan adalah Estilo Patagonia dan Alsur.

Patut Diperhatikan Pengunjung Taman Nasional Los Glaciares Argentina

  1. Persiapkan pakaian yang tebal, karena biarpun musim panas, dengan adanya gunung es tempat ini akan tetap dingin.
  2. Bawa kembali semua sampahmu dan jangan tinggalkan satupun di area taman nasional. Bawalah kantung plastik besar untuk membawanya.
  3. Dengarkan kata pemandu dan petugas taman nasional, terutama yang berkaitan dengan hewan-hewan di area taman nasional. Selain karena mereka hewan yang dilindungi, juga untuk keselamatanmu sendiri.
  4. Memancinglah dan nyalakan api unggun hanya di tempat-tempat yang diperbolehkan.

, , , ,
Post Date: Friday 23rd, March 2018 / 07:40 Oleh :
Kategori : Argentina