Taman Tasik Perdana, Wisata Taman Cantik Nan Hijau Di Malaysia

Taman Tasik Perdana (Perdana Botanical Garden) atau yang dikenal dengan lake garden merupakan sebuah taman di Kuala Lumpur, Malaysia, yang memiliki luas sekitar 170 hektar. Taman ini merupakan Taman Botani tertua di Malaysia yang dibuat pada tahun 1888.  Pada saat itu dinamakan Sidney Lake oleh A.R venning, Kemudian pada tahun 1975 dikembangkan oleh Tun Abdul Razak dan berganti nama menjadi Taman Tasik Perdana.

Taman Tasik Perdana 1Taman ini terletak di tengah kota kuala lumpur, tepatnya di Jalan Kebun Bunga, Tasik Perdana 55100 di dalam kompleks Tun Abdul Razak Heritage Park dan dekat denan National Museum of Malaysia. Taman ini juga merupakan salah satu paru-paru kota di Kuala Lumpur. Selain sebagai penyuplai oksigen ke seluruh kota, Taman ini juga menjadi salah satu tempat rekreasi populer di Malaysia.

Dimana di taman ini, anda akan disuguhkan berbagai jenis tanaman tropis yang beranekan ragam. Taman ini buka setiap hari dari jam 07.00 hingga jam 20.00 malam. Karena besarnya Taman. Pihak Pengelola taman juga menyediakan suttle Bus yang beroperasi dari jam 09.00 hingga 18.00. Untuk tiket naik suttle bus dikenakan biaya 6 RM untuk dewasa dan 2 RM untuk anak-anak.

  • Jam Buka : Setiap hari, jam 7 pagi sampai jam 8 malam
  • Lokasi : Jalan Kebun Bunga, Tasik Perdana, 55100 Kuala Lumpur, Malaysia
  • Tiket Masuk : Gratis

Transportasi

  1. Untuk sampai di taman ini anda bisa naik kereta api dari stasun Kuala Lumpur central dengan tujuan Museum Nasional, Pintu masuk Taman Tasik Perdana berada di depan Museum ini.
  2. atau anda bisa naik RapidKL bus B112 Malaysia dari Stasiun LRT Pasar Seni dengan tujuan Museum Nasional.
  3. Jika anda tidak mau berdesak-desakan, anda bisa naik taksi lokal maupun taksi online yang bisa langsung sampai ke Taman Tasik perdana.

Tempat Wisata

Taman Tasik Perdana bagianTaman Tasik Perdana memiliki area yang cukup luas, Berikut adalah area-area yang terdapat di dalam Taman Botani Tasik Perdana.

  • Forest Tree Collection , Di Area ini terdapat berbagai koleksi pohon-pohon hutan tropis yang bisa kamu pelajari. Kebanyakan pohon disini adalah pohon-pohon yang terkenal dan bermanfaat langsung bagi masyarakat.
  • Plumeria Tree collection, Terdapat koleksi tanaman Plumeria. Area ini terletak di pintu masuk Amfiteater dan juga dekat danau. Tanaman ini bukanlah tanaman asli malaysia. Namun plumeria sering ditanam di taman maupun di resort guna memperindah taman agar menjadi lebih eksotis.

  • Air Terjun, merupakan wahana baru yang ditambahkan di taman ini, guna untuk memberi pengunjung nuansa hutan hujan tropis. Air terjun ini juga merupakan pintu masuk ke boardwalk dan Fernarium.
  • Fernarium, Area ini memiliki koleksi lebih dari 100 spesies pakis yang ditemukan di Malaysia. Jalanan melewati area ini terbuat dari kayu-kayu yang membentuk seperti jembatan agar terkesan seperti hutan tropis yang asli.
  • Zingiberales Collection, Area ini terdapat koleksi tanaman-tanaman seperti jahe, lengkuas, kunyit dan sebagainya, serta terdapa spesies Tanaman Costus dan Musa yang ditanam di sepanjang lereng yang juga berdekatan dengan Jalan Tembusu.
  • Heliconia Park, Berisi tumbuh-tumbuhan hibrida dan tumbuhan bunga dengan daun besar khas tanaman tropis. Di area ini juga dilengkapi kolam ikan dan juga air terjun kecil yang menjadikan area ini tempat yang bagus untuk menyegarkan pikiran
  • Exotic Spesies Collection, Di Area ini anda bisa menemukan pohon-pohon yang berusia ratusan tahun yang memang sudah ada sejak berdirinya Taman ini, Disini terdapat Pohon Brazil Nut Tree ( Bertholletia excelsa ) yang merupakan Pohon yang berasal dari hutan Amazon, Tembusu ( Fagraea fragrans ) dan juga mahoni ( Swietenia-macrophylla
  • Lesser Fruit Tree Collection, Di area ini anda bisa menemukan tanaman-tanaman yang sekarang sudah jarang ditanam, dan berberapa diantaranya memiliki buah yang biasanya digunakan untuk pengobatan. Seperti Pohon Pala (Myristica fragrans), Pohon Jambu Monyet (Anacardium occidentale), Pohon Kenari (Aleurites moluccana), Putat Kampung (Barringtonia racemosa), Rambai (Baccaurea parvif lora), Asam Jawa (Tamarindus indica), Buah kedondong, Sparrow Mango, Keranji dan Buah Sentul.
  • Laman Perdana, merupakan taman utama dari Taman ini, dimana menjadi titik pertemuan antara tiga jalur dari beberapa area . Disini juga merupakan tempat berbagai event diselenggarakan. Terdapat pavilion yang cukup unik yang terbuat dari kerangka dengan kaca sebagai penyusunya. Selain itu juga terdapat pohon Adansonias dan Moringas yang berasal dari Afrika,
  • Cyclac Island, Disebut pulau karena dikelilingi oleh air sungai yang terhubung melalui jembatan yang disediakan. Dari sini anda dapat menikmati pemandangan danau yang indah. Juga terdapat koleksi spesies siklis dan succulent dan beberapa pavilion dari bamboo yang bisa anda gunakan untuk bersantai.
  • Sunken Garden, Merupakan salah satu area baru di Taman Tasik perdana, dimana dulunya disini adalah taman bermain anak-anak. Taman ini terdiri dari semak-semak rendah seperti Acalypha siamensis, Loropetalum chinense dan Zephyranthes yang tertata rapi dan indah. Di tengah taman terdapat  air mancur berbentuk bintang. Dan terdapat juga wadah Grecian putih yang berisi tanaman bunga yang tersebar di seluruh penjuru taman semakin menambah indah taman ini.
  • Name Of Place Tree Collection, merupakan koleksi pohon-pohon yang menjadi asal-usul dari daerah-daerah di Malaysia. Pohon-pohon tersebut diantaranya yaitu Pohon Malaka (Phyllanthus pectinatus), Pohon Johor (Lepisanthes alata), Pohon Kedah Bungor (Lagerstroemia floribunda), Pohon Sentul (Sandoricum koetjape) salah satu daerah di Kuala Lumpur, dan pohon Merlimau (Suregada multiflora) salah satu kota kecil di Melaka.
  • Herb & Spice Garden, merupakan bagian kawasan Konservatorium dan pembibitan di Taman ini, disini juga terdapat rumah kaca yang digunakan sebagai salah satu pembudidayaan tanaman-tanaman untuk pengobatan. Ketika memasuki area ini, anda akan disambut dengan sebuah pergola besar yang ditumbuhi pohon layang-layang Kesidang (Vallaris glabra).
  • Deer Park, adalah kandang seluas 2 hektar yang menampung rusa Fallow dari Belanda. Juga dikenal sebagai rusa Dama atau Rusa Holland . Deer Park terletak di dekat Memorial Tun Abdul Razak dan Taman Anggrek.
  • Hibiscus Garden, menampilkan berbagai jenis bunga nasional Malaysia, Bunga Raya/Sepatu ( Hibiscus Rosa Sinensis ). Terdapapt beberapa fasilitas di area ini seperti air terjun setinggi 4 meter, kolam renang dan air mancur. Bangunan bergaya kolonial yang indah yang diubah menjadi ruang pameran, dan juga area ini dilengkapi dengan kedai teh dan galeri.
  • Orchid Garden, Area ini menampung hingga 800 spesies anggrek. Taman ini juga terdapat pergola setengah lingkaran dan taman batu sebagai variasi terestrial.
  • Herbarium, Herbarium adalah kumpulan tanaman kering yang disimpan di kabinet dan direktori untuk studi jangka panjang. seperti perpustakaan keragaman tanaman yang dapat diakses masyarakat. Kebun Raya Herbarium Perdana Kuala Lumpur diresmikan dan dibuka sepenuhnya untuk umum pada tanggal 3 Maret 2017 oleh Deputi Senior Direktur Lanskap & Rekreasi di Balaikota Kuala Lumpur. Di Area ini terdapat koleksi tanaman berbunga dan berbuah dari Perdana Botanical Garden dan kawasan hutan di Semenanjung Malaysia. Semua pengumpulan data taksonomi dicatat dalam database BRAHMS (Botanical Research and Herbarium Management System). Herbarium Perdana Botanical Garden terbuka untuk umum untuk studi tanaman. Buka dari hari Senin sampai Jumat antara pukul 8.00 pagi sampai 4.30 sore.
  • Brownea Street, berisi deretan pohon Brownea yang ditanam di sepanjang jalur yang baru saja di renovasi ini. Tidak hanya bentang alam dan koleksi floranya yang menjadi daya tarik disini. Namun juga beberapa fasilitas seperti trotoar dan juga tempat santai juga baru saja di renovasi 

Fasilitas Tambahan

taman bermain di tasik perdanaSelain anda bisa melihat dan mempelajari berbagai jenis tanaman, tempat ini juga dilengkapi fasilitas tambahan seperti jogging track, untuk anda yang suka olahraga sambil menikmati hijaunya pepohonan, Playground yang cukup luas untuk bermain anak anda, Penyewaan sepeda bagi anda yang ingin menikmati taman ini dengan cara baru dan hanya dikenakan 3 RM untuk 30 menit berkeliling, Penyewaan perahu, dimana anda bisa berkeliling menikmati keindahan sekitar danau.

Pusat Interpretasi dimana anda bisa mengetahui lebih banyak informasi mengenai tanaman, dan juga terdapat toko souvenir yang bisa anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh yang unik dan cantik. dan terkadang anda juga akan ditemani dengan tour guide yang siap memberikan informasi kepada anda secara gratis, tapi biasanya hanya ada setiap hari kerja dari pukul 08.00 hingga 10.00.  Dan tentu saja fasilitas-faslitas wajib seperti toilet, mushola dan tempat makan.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , , ,
Post Date: Tuesday 20th, February 2018 / 08:26 Oleh :
Kategori : Malaysia