12 Tempat Wisata Rohani di Yerusalem Terpopuler Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Rohani di Yerusalem – Yerusalem merupakan kota yang sangat indah, dimana kota ini merupakan salah satu tempat paling bersejarah di dunia. Sampai sekarang kota ini masih menjadi perdebatan dan diperebutkan oleh Israel dan Palestina.

Yerusalem merupakan tempat yang sangat bersejarah dan penting bagi tiga agama besar didunia, yaitu Yahudi, Kristen dan Islam. Bagi orang –orang Yahudi, Yerusalem merupakan tempat dimana orang Yahudi mengangkat Bait Suci untuk pertama kalinya dan menjaga Tabut Perjanjian agar tetap aman. Dan dari sini orang-orang Yahudi menganggap Yerusalem sebagai kota suci yang harus dilindungi.

Bagi umat Kristen, Yerusalem merupakan tempat dimana Yesus disalib dan bangkit kembali. Sedangkan bagi umat Islam, Yerusalem merupakan tempat dimana Nabi Muhammad SAW naik ke surga atau juga dikenal dengan istilah Isra’ mi’raj.

Hingga saat ini Yerusalem masih dianggap sebagai tempat suci bagi ketiga agama tersebut. Oleh sebab itu, banyak obyek-obyek wisata rohani yang bisa anda kunjungi sembari menelisik sejarah panjang peradaban umat manusia yang berhubungan dengan Tuhanya.

Ada banyak sekali tempat wisata rohani di Yerusalem yang bisa anda kunjungi. Apa sajakah tempat-tempat tersebut? Yuk simak ulasan mengenai tempat wisata rohani di yerusalem berikut ini.

1. Dome Of Rock

dome-of-rockTempat wisata di Yerusalem terpopuler yang wajib untuk dikunjungi adalah Dome Of rock. Terletak di Haram Al-Sharif, dimana Dome Of rock merupakan bangunanan paling berkilau di Yerusalem. Hanya orang-orang yang beragama islam saja yang bisa masuk ke tempat ini, namun bagi anda yang beragama Non-islam anda bisa melihatnya dari kejauhan, sebuah struktur bangunan yang indah dan mengesankan.

Dibangun oleh Abd al-Malik , seorang Khalifah Umayyah yang kelima. Bangunan ini memiliki struktur berbentuk segi delapan, dengan kubah tinggi dan berwarna emas yang indah. Dibangun di atas situs di mana orang-orang Yahudi percaya Abraham (Ibrahim) siap untuk mengorbankan Ishak, dan orang-orang Islam percaya bahwa Dome of Rock adalah tempat dimana Nabi Muhammad dinaikkan ke surga dalam peristiwa Isra’Mi;raj.

2. Masjid Al-Aqsa

Al-AqsaMasjid Al Aqsa  merupakan tempat wisata rohani di Yerusalem yang wajib dikunjungi, khususnya untuk umat muslim. Ya, masjid ini merupakan saksi peristiwa Isra’ Mi;raj, dimana beliau berawal dari masjidil Haram yang juga merupakan salah satu tempat bersejarah di Mekah, menuju ke Masjid Al-aqsa untuk selanjutnya terbang ke langit ke-7 menggunakan kendaraan Buroq.

Masjidil Aqsa dibangun pertama kali pada masa pemerintahan Umayyah Kalifah Al-Walid I, Namun beberapa arkeolog berpendapat bahwa bangunan ini sudah ada sejak era Bizantium.

Selama berabad-abad, Al-Aqsa telah dipugar dan direnovasi secara bertahap. Masjid Al-Aqsa beberapa kali mengalami kehancuran, termasuk kebakaran yang diduga dipicu oleh seorang Kristen Australia. Masjid Al-Aqsa masih berdiri dan digunakan untuk tempat peribadatan. Di depan Masjid Al-Aqsa terdapat air mancur El-Kas yang dibuat oleh Mamluk Sultan Qaitbay pada tahun 1455.


3. Tembok Ratapan Yahudi

tembok-ratapanTembok Ratapan merupakan tembok penahan yang masih beridiri kokoh di Bait Suci Pertama Yerusalem. Tempat ini merupakan situs tersuci bagi kaum Yudaisme dan juga menjadi tempat ziarah bagi orang-orang Yahudi sejak era Ottoman.

Tembok ini juga merupakan bagian dari Kota Tua Yerusalem yang hancur selama pertempuran antara Israel dan Arab pada tahun 1948. Selain itu,  Anda bisa mengunjungi Taman Arkeologi Yerusalem yang terletak di ujung selatan Western Wall Plaza. Taman tersebut merupakan tempat para arkeolog menemukan sisa-sisa Yerusalem kuno yang mempesona.

4. Gereja Makam Kudus

gereja-makam-kudusSelain anda mengunjungi tempat wisata di Vatikan yang terdapat banyak gereja, di Yerusalem juga tidak kalah banyaknya. Salah satu gereja yang populer adalah Gerja Makam Kudus. Dimana Gereja Makam kudus merupakan tempat wisata rohani di Yerusalem yang wajib dikunjungi oleh umat Kristen. Bagi umat Kristen, Gereja Makam Kudus merupakan tempat tersuci di Yerusalem dan konon gereja ini dibangun di tempat di mana Yesus disalibkan.

Gereja ini dibangun pada tahun 335 dan sempat hancur  pada tahun 1009. Lalu  pada abad ke-11 gereja tersebut di bangun kembali. Interior gereja ini merupakan arsitektur religius yang sangat indah. Dimana Interiornya berisi berbagai relik suci, dan tempat di dalam gereja dimiliki oleh denominasi Kristen yang berbeda.

5. Via Dolorosa

Via-DolorosaSelain Gereja Makam Kudus, Via Dolorosa merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi umat Kristen . Via Dolorosa merupakan jalan dimana  Yesus Kristus berjalan setelah hukumannya sambil memikul salibnya menuju eksekusi di Kalvari.

Pada hari Jum’at anda bisa mengikuti prosesi kirab di sepanjang jalan ini, dimana prosesi tersebut dipimpin oleh seorang biarawan Fransiskan dari Italia. Jalan Via Dolorosa ditandai oleh empat belas Jalan Salib , beberapa di antaranya didasarkan pada kisah-kisah Injil dan beberapa lagi merupakan bagian dari tradisi.

6. Kidron Valley

Kidron-valleyLembah Kidron terletak di antara Bukit Zaitun dan Gunung Sion dan merupakan salah satu daerah tertua di Yerusalem. Orang-orang Yahudi percaya bahwa Penghakiman Terakhir akan terjadi di sini, dimana akan terdapat tali yang memanjang dari benteng Bukit Bait Suci hingga ke Bukit Zaitun, dan orang-orang yang saleh akan menyeberang, sedangkan orang-orang yang berdosa akan dilemparkan ke dalam neraka.

Situs yang terdapat di Kideon Valley ini diperkirakan sudah berumur lebih dari 4.000 tahun. Situs di kidron Valley ini juga dikenal sebagai Kota Daud. Dimana disini terdapat terowongan yang dikenal sebagai Warren’s Shaft dan Hezekiah’s Tunnel. Di sekitar Kidron Valley anda bisa berjaan-jalan menuju Pool of Siloam dan Shiloach Pool. Dimana tempat tersebut merupakan tempat di mana Yesus mendapatkan mu’jizat bisa menyembuhkan orang yang buta.

7. Christian Quarter

Christian-QuarteChristian Quarter membentang dari Gerbang Jaffa dan berpusat di sekitar Gereja Makam Kudus . Di dalam gang-gang di Christian Quarter, banyak terdapat gereja-gereja yang bisa anda jelajahi. Salah satunya adalah Gereja Omar ibn al-Khattab Square, dimana gereja ini memiliki museum unik dan kafe yang nisa anda kunjungi jika anda lelah.

Anda juga bisa mengunjungi Gereja Penebus Lutheran yang terdapat di Muristan Road. Dimana di gereja tersebut, anda bisa naik ke menara lonceng dan nikmati pemandangan Kota Tua Yerusalem yang luar biasa.

8. Muslim Quarter

Muslim-QuarterMerupakan distrik yang paling ramai dimana di Muslim Quarte terdapat  tempat belanja souk terbaik di Kota Tua . Distrik ini membentang dari Gerbang Damaskus hingga bagian timur laut Kota Tua Yerusalem. Disini anda bisa menikmati sisa-sisa arsitektur Mamluk yang masih berdiri di beberapa jalan di Muslim Quarter.

Salah satu bangunan yang paling populer adalah Khan al-Sultan yang dbangun pada abad ke-14. Di Khhan al-sultan,  Anda bisa naik ke atap untuk melihat pemandangan indah jalanan Muslim Quarter yang berliku-liku . Disini anda juga bisa menemukan Gereja Saint Anne, dimana gereja ini dibangun oleh tentara salib diatas rumah orang Tua Bunda Maria.

9. Herzl Mount

Henz-mountSelain anda bisa melihat makam Holocaust yang berada di tempat wisata di Jerman. Orang-orang Yahudi juga memiliki makam yang cukup penting yang berada di Yerusalem. Ya, tepatnya di Herlz Mount. Herlz Mount sendiri merupakan salah satu tempat penting kaum Yahudi.

Tempat ini dibangun untuk  memperingati pendiri Zionisme, Theodor Herzl yang meninggal di Austria pada tahun 1904. Dimana Herlz dibawa kembali ke Yerusalem pada tahun 1949. Di dekat pintu masuk utama terdapat perpustakaan Herzl. Serta di bukit ini terdapat Taman besar yang juga terdapat makam orang tua Herzl dan beberapa Zionis terkemuka.

10. Biara Salib

Menurut legenda, Biara Salib dibangun diatas tempat tinggal Nabi Luth. Pohon-pohon yang ditanam di daerah sekitarnya, diyakini merupakan kayu yang dipakai untuk membuat salib kristus. Dan dalam Tradisi Ortodoks Yunani, gereja pertama didirikan di daerah Biara Salib oleh Ratu Helena.


11. Bukit Zaitun

Bukit-zaitunBukit suci ini diyakini sebagai tempat di mana Tuhan akan memulai kebangkitan orang mati pada Hari Penghakiman nanti. Bagi orang Kristen, Bukit Zaitun  juga dipercaya sebagai tempat Yesus naik ke surga setelah penyaliban dan kebangkitan berikutnya.

Disini terdapat banyak situs-situs ziarah untuk umat Kristen, seperti Gereja Ascension yang dibangun pada tahun 1910. Gereja Paster Noster, tempat dimana Yesus mengajarkan kepada murid-muridnya, Gereja Dominus Flevit, dimana disini Yesus menangis melihat Yerusalem, Garden of Gethsemane tempat dimana Yesus ditangkap, dan yang paling populer adalah Makam dari Bunda Maria,Ibu dari Yesus.

12. Bukit Sion

Di Bukit ini, anda akan banyak menemukan tempat-tempat peribadatan bagi umat Islam dan Yahudi, serta beberapa Gereja. Bagi orang Yahudi, bukit Sion merupakan tempat yang penting, dimana mereka percaya disinilah terdapat makam Raja David (Daud). Dan disini juga terdapat Tempat penjamuan terakhir yang secara bergantian menjadi Gereja dan masjid.

Dan diatas merupakan beberapa tempat wisata relijius di Yerusalem. Untuk mengunjungi Yerusalem sebaiknya anda menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup. Dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Friday 07th, September 2018 / 16:35 Oleh :
Kategori : Asia Barat