9 Oleh Oleh Khas Yerusalem Yang Wajib Dibeli Wisatawan

Membawa pulang oleh-oleh setelah jalan-jalan ke suatu tempat pasti menjadi impian semua traveler. Apalagi untuk traveler perempaun yang terkenal sudak berbelanja dan sua lapar mata ketika melihat barang-barang unik dan menarik.

Nah, saat jalan-jalan ke tempat wisata di Yerusalem atau tempat wisata di Israel lainnya ada berbagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang loh. Mulai dari pernak-pernik souvenir, baju, hingga perhiasan.

Semua oleh oleh khas Yerusalem tersebut bisa didapatkan di toko-toko yang banyak dijumpai di setiap sudut kota. Apa saja ya kira-kira oleh oleh khas Yerusalem yang bisa dibawa pulang? Simak yuk daftarnya di sini.

1. Pernak-pernik Souvenir

Pernak-pernik Souvenir

Tidak kalah dengan souvenir khas Rusia yang beragam, banyaknya jenis produk souvenir di kota ini, pasti membuat traveler manapun bingung mau membeli yang mana. Mulai dari gantungan kunci, magnet kulkas, hiasan atau pajangan meja dan dinding, lukisan dinding, tas, dompet, hingga tempat liling dan piring atau gelas.

Semua souvenir tersebut memiiki desain unik. Biasanya di tempat wisata bersejarah di Yerusalem selalu ada toko souvenir yang memiliki desain khas.

Salah satu yang bisa dijumpai adalah lukisan tangan yang tergambar dari huruf-huruf yang membentuk kata yang berasal dari Kitab Mazmur, yang kemudian membentuk sebuah lukisan. Keren banget kan. Magnet kulkas juga tak kalah uniknya, karena bisa dibagikan kepada keluarga maupun teman dirumah.

2. Red Wine

Red Wine

Salah satu oleh oleh khas Yerusalem yang harus dibeli adala red wine, salah satu tempat yang menjualnya berada di depan Wedding Church Cana. Yang merupakan gereja dimana Yesus dipercaya mengubah air menjadi anggur. Wine ini tersedia dalam beberapa ukuran botol, jadi sesuaikan saja botok ukuran mana yang akan dibeli. Selain red wine ada beberapa produk lain yang menjadi ciri khas dari kota ini, seperti:

  • Minyak zaitun, pohon zaitun bisa ditemukan dengan mudah di kota ini, sehingga banyak sekali toko oleh-oleh yang menawarkan minya zaitun. Kabarnya, kualitas minyak zaitun di Yerusalem sangatlah bagus dan alami, sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.
  • Minyak urapan atau anointing oil adalah produk minyak lain yang bisa dibeli ketika jalan-jalan di Yerusalem. Minyak ini tersedia dalam beberapa ukuran kemasan, mulai dari yang paling kecil hingga dalam botol berukuran besar.

3. Manisan Buah Kurma

Manisan Buah Kurma

Dengan kondisi geografisnya yang berupa padang pasir, kota ini memang cocok untuk budidaya buah kurma. Nah,  manisan buah kurma yang terkenal sebagai oleh oleh khas Yerusalem, harga yang dijual tentu tergantung dengan kualitasnya. Semakin tinggi kualitas manisan kurma, semakin mahal pula harganya. Bahkan buah khas padang pasir ini memiliki beraneka macam khasiat yang baik bagi tubuh. Beberapa manfaatnya yaitu:

  • Memelihara kesehatan pencernaan dan mengatasi masalah sembelit. Kurma ternyata memiliki serat tidak larut yang dapat membantu membersihkan sistem percernaan. seratnya yang tinggi juga memungkinkan usus besar untuk bekerja dengan tingkat efisiensi tinggi.
  • Kaya akan kandungan magnesium hingga mineral membuat kurma berguna sebagai anti inflamasi.
  • Kurma juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko stroke.

4. Aneka Kosmetik Dari Lumpur Laut Mati

Oleh oleh khas Yerusalem ini mungkin menjadi yang terfavorit bagi para kaum hawa, apalagi bagi mereka yang doyan berbelanja kosmetik. Lumpur Laut Mati memiliki kandungan garam dan mineral yang sangat tinggi. Bahkan lumpur dari Laut Mati ini telah menjadi rahasia kecantikan sejak zaman kuno.

 Aneka Kosmetik Dari Lumpur Laut Mati

Nah, wisatawan yang sudah jauh-jauh datang ke Yerusalem bisa membeli produk kesantikan dari lumpur Laut Mati untuk dijadikan oleh-oleh. Salah satu produknya adalah masker lumpur Laut Mati. Masker ini dipercaya dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengecilkan pori-pori, hingga mencegah penuaan dini dan menghilangkan jerawat.

5. Sandal, Sepatu, Atau Tas Kulit

Sandal, Sepatu, Atau Tas Kulit

Unta juga menjadi hewan ternak bagi masyarakat di Yerusalem, selain memanfaatkan susu daging maupun tenaganya. Unta di sini juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat tas, sepatu maupun sandal. Lebih tepatnya adalah kulit unta, tekstur dari tas yang terbuat dari kulit unta sangat berbeda dengan tas yang terbuat dari kulit sapi maupun kulit hewan lainnya. Karena kerajinan dari kulit unta ini terasa lebih lembut dan tahan lama. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, wisatawan bisa menjadikan kerajinan dari kulit unta ini sebagai oleh-oleh di rumah.

6. Camilan Coklat

Camilan Coklat

Jika gemar mencicip aneka coklat dari berbagai negara, tentu tidak lengkap kalau tidak membawa pulang coklat dari Yerusalem. Produk colkat dengan brand lokal negara ini bisa dengan mudah ditemui di setiap minimarket di Yerusalem.

Jadi sempatkan waktu untuk mampir ke toko atau minimarket untuk membeli coklat atau camilan yang hanya ada di sini. Camilan atau coklat lokal ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk dibawa ke tanah air. Apalagi kalau keluarga di rumah chocolate addict. Camilan-camilan seperti ini juga bisa dibagikan kepada rekan dikantor atau teman di kampus.

7. Perhiasan

Perhiasan yerussalem

Israel sangat terkenal dengan kualitas batu berliannya yang berkualitas, selain juga emas putihnya. Tidak jarang para agen travel memasukkan kunjungan ke pabrik pengolahan berlian dalam tour perjalanannya. Selain bisa melihat secara langsung bagaimana cara pemrosesan dan pembuatan perhiasan berlian, wisatawan juga bisa langsung membelinya sebagai oleh-oleh. Selain sibuk mencari oleh oleh khas Yerusalem untuk dibawa pulang, jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Nah, berikut ini beberapa makanan khas Yerusalem yang bisa anda cicipi.

Baklava, camilan ini mirip atau bahkan sama dengan makanan khas Turki yang terdiri dari kacang walnut, atau pistache yang dicincang lalu diberi madu ataupun gula yang dibungkus menggunangan adonan roti tipis. Bakhlava adalah salah satu hidangan paling populer di Yerusalem.

  • Hummus, dari tampilan atau namanya mungkin tidak asing bagi wisatawan yang gemar makan makanan turki maupun masakan khas India. Hidangan ini terdiri dari kacang arab, wijen giling, minyak zaitun, sari limau, bawang putih, dan garam. Cita rasanya gurih dan khas pasti membuat siapapun yang mencicipinya merasa terkesan. Makanan khas Yerusalem ini pun bisa dengan mudah ditemukan di setiap sudut kota.
  • Jerusalem Bagels, berbeda dari olahan bagel pada umumnya, begel khas Yerusalem memiliki biji wijen sebagai taburannya. Jika begel Amerika direbus terlebih dahulu, begel di Yerusalem justru langsung dipanggang sampai matang.
  • Israeli salad, jika biasanya salad terkenal sebagai makanan khas Yunani, di Yerusalem pun ada loh. Hidangan sehat ini memiliki potongan tomat, mentimun, paprika, bawang, yang dicampur dengan minyak zaitun dan rempah-rempah khas Yerusalem. Salad khas Terusalem ini biasanya disajikan ketika musim panas.
  • Shawarma, hidangan ini memiliki keistimewaan berupa isiannya yang terdiri dari daging domba, tomat, mendtimun, hummus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan perpaduan rasa gurih dan segar, tidak usah diragukan lagi kelezatannya.
, , , , ,
Post Date: Monday 30th, September 2019 / 15:29 Oleh :
Kategori : Asia Barat