Burj Khalifa, Wisata Tower Tertinggi Di Dunia

burj khalifaMelihat seluruh isi kota lewat ketinggian?mungkin hal yang sangat menarik untuk di coba. Burj Khalifa bangunan tertinggi di Dubai, salah satu tempat wisata di Arab Saudi.

Burj khalifa ( Menara Khalifa ) yang dulunya disebut dengan Burj Dubai merupakan gedung tertinggi di dunia yang dibuat oleh manusia pada 21 Juli 2007 megalahkan Taipei 101. Burj Dubai memiliki ketinggian 828 Meter (2.120 Ft). Burj Dubai diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010.

Ketika kita masuk di lantai dasar Tower burj khalifa ini kita akan langsung di manjakan dengan melihat interior bangunan yang terlihat pada stainless steel dan batu gelap yang dipoles, dan juga lantai yang terbuat dari perak travertine. Tidak lupa juga ada dinding yang di plester dengan Venetian dan juga lantai yang dilapisi karpet dibuat sendiri dengan tangan.

Dan juga saat kita masuk ke dalam lift kalian dapat memandang dunia dan juga keindahan seluruh kota Dubai. jika kalian datang pada saat malam kalian akan elihat jejeran lampu yang indah dan juga bintang yang berkilau terasa sangan dekat sekali dan sangatlah indah. Bangunan yang mempunya 160 lantai ini bukan hanya tempat wisata saja mealinkan ada anyak perkantora, hotel maupun apartment. Burj Khalifa juga mempunya gedung observasi outdoor tertinggi di dunia. Meskipun outdoor ruangan ini tetap dilindungi oleh kaca jernih yang bisa melindungi kalian dari terpaan angin yang kuat.

Bahkan kalian bisa berbelanja souvenir yang sangan unik  seperti gelas, gantungan kunci, kaos ciri khas Burj Khalifa sebagai bukti perjalanan anda ke Tower burj Khalifa yang terletak di kota Dubai ini.Untuk naik bagian gedung paling atas ini kalian hanya perlu waktu 1 menit karena kecepatan lift disini mencapai 60km / jam.

Selain di Burj Khalifa yang berada di benua asia ini kalian juga mengujungu Marina Bay Sands yang berada di Singapura, Pagoda Shwedagon di Myanmar, Danau Hoan Kiem yang ada di hanoi dan juga banyak wisata indah di Asia lainnya

Jam dan tiket masuk Burj Khalifa.

burjj khalifa

Gedung ini buka dari pukul 08.00 – 23.00 waktu setempat. Untuk masuk kedalam akan di berikan batas waktu sesuai waktu yang tertera di tiket, karena para pengunjung sangat amatlah ramai maka dari itu harus bergantian jika ingin naik ke atas gedung Burj Khalifa ini.

Untuk sampai di atas gedung Burj Khalifa harga yang dibayar cukup mahal, tetapi keindahan diatas sana tidak akan mengecewakan kita sama sekali. Untuk tiket masuk ke At the Top Burj Khalifa dibedakan harganya menurut waktu. Jika Prime Hours pada pukul 15.30 – 18.30 harga tiketnya lebih mahal yaitu 20 ED atau sekitar 725.000 rupiah, sedangkan jika diluar jam itu hanya akan dikenakan biaya sekitar 125 AED atau 453.000 rupiah.

Pengunjung sangatlah ramai pada saat matahari akan tenggelam di karenakan di atas gedung ini kalian bisa melihat matahari terbenam sebanyak 2 kali. Indah bukan? . itulah sebabnya mengapa di saat prime hours Burj Khalifa ini harganya menjadi 2 kali lipat. Sangat di sarankan untuk kalian memesan tiket masuk via online terlebih dahulu karena jika kalian membeli tiket on the spot harganya akan 3 kali lipat jauh lebih mahal. Untuk memesan tiket via online harus di lakukan minimal 14 hari sebelum hari kedatangan, jangan sampai kalian kehabisan tiket ya.

Ketika kalian sudah sampai di loket Burj Khalifa uang berada di dalam Dubai Mall yang merpukaan mall terbesar kalian harus melakukan pengantrian sebanyak 3 kali. Yang pertama kalian mengantri di depan loket, lalu yang kedua kalian akan mengantri di bagian pemeriksaan, kareana saat kita akan naik ke atas kita tidak diperbolehkan untuk membawa minuman dan makanan dalam bentuk apapun. Dan yang trakhir kalian akan mengantri di bagian lift. Lift disini merupakan lift Double – Decker yang merupakan salah satu lift tercepat di dunia.

Akses menuju Burj Khalifa.

Akses untuk menuju Burj Khalifa dari Dubai airport ada 2, yaitu menggunakan Taxi dan metro.


jika menggunakan taxi dari airport

  1. kalian hanya perlu menginfokan ke driver bahwa kalian inign ke Burj Al Khalifa.
  2. Semua driver sudah mngetahui tempat  tujuan kalian semua.
  3. Lama perjalann dari airport menuju Burj Khalifa sekitar 25 – 30 menit tergantung tingkat kemacetan.
  4. Biaya untuk sekali jalan taxi ini sekiar 50 AED atau sama dengan 160.000 rupiah.
  5. Untuk taxi disini kalian tidak perlu bernegosiasi harga karena semua taxi sudah menggunakan argo.

Sedangkan kalau kalian menggunakan metro

kalian harus sudah mempunya Nol card yang bisa kalian dapatkan di counter stasiun metro, karena metro disni tidak menerima cash.

  1. Bila kalian hanya untuk sekali pakai disarankan kalian membeli Silver nol card.
  2. Harga Silver nol card ini 20 AED dan kalian sudah mendapatkan saldo sebesar 14 AED.
  3. Kalian harus menempelkan card ini di saat kalian naik dan turun.
  4. Saldo akan berkurang saat turun sebesar 3 – 7 AED tergantung jauhnya perjalanan kalian.
  5. Setela itu kalian turun di stasiun metro Burj Khalifa / Dubai mall dan berjalan kaki selama 10 menit.

ada juga akses lain kalau kalian menggunakan pesawat yang turun di bandara Abu Dhabi waktu yang kalian butuhkan untuk sampai ke tujuan jauh lebih lama dan cukup lebih mahal. Ada 2 akses yaitu menggunakan Taxi bandara ataupun Bus.

Jika kalian menggunakan taxi bandara biaya yang harus dikeluarkan sebesar 300 – 400 AED atau setara dengan 1.100.000 – 1.500.000 rupiah. Angka yang cukup besar bukan? Waktu yang kalian butuhkan 1 – 1,5 jam untuk sampai di Dubai mall / Burj Khalifa ini.

Dan jika kalian menggunakan bus, mungkin akan sedikit lebih rumit tetapi juga lebih murah. Kalian harus menaiki bus dari Airport Abu Dhabi menuju halte bus Abu Dhabi waktu yang di butuhkan sekitar 30 menit dan setelah itu kalian akan naik bus khusus menuju ke Dubai lalu turun di WYC bus stop dan naik taxi menuju Dubai mall /  Burj khalifa. Tarifa taxi menuju ke Dubai mall sekitar 15 – 20 AED dengan waktu tempuh sekiat 10 menit.


Untuk harga yang harus di bayar menggunakan bus adalah 32 AED jika kalian tidak menggunakan Nol card. Jika kalian menggunakan Nol card kalian hanya perlu membayar 25 AED per orang.

Fakta Unik Burj khalifa

burj khalifaa

Berikut merupakan beberapa fakta unik yang membuat kalian makin ingin mengunjungi Tower Burj Khalifa :

  1. Sebelumnya Burj Khalifa ini bernama Burj Dubai, alasan mengapa namanya diganti adalah untuk menghormati Sheik Khlaifa yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada tahun 2009.
  2. Burj Khalifa dilengkali dengan 54 lift yang mempunyai kecepatan 60km/jam
  3. Banyak pekerja untuk membangun Burj Khalifa ini adalah 12.000 pekerja.
  4. Ketinggian Burj khalifa 3 kali lipat dari tingginya Menara Eiffel Paris
  5. Burj Khalifa memiliki ruang observasi outdoor tertinggi dan lift jarak terjauh di dunia.
  6. Ujung bangunan Burj Khalifa bisa dilihat dari jarak pandang sejauh 95 Kilometer.
  7. Berat beton yang di pakai untuk membangun Burj Khalifa ini setara dengan berat 100.000 gajah.
  8. Desain bangunan burj Khalifa di adaptasi dari bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani.
  9. Area parkir di bawah tanah bisa menampung sekitar 3000 kendaraan.
  10. Biaya untuk membangun Burj Khalifa sebesar US $ 4,1 Miliyar atau sama dengan 40 triliun rupiah.
  11. Luas lantai dasar Burj Khalifa 334 Meter Persegi dan ad ataman yang seluas 15 hektare di depan Burj Khalifa.
  12. Walapun memiliki ketinggian 800 Meter lebih tetapi lantai yang bisa dihuni hanya setinggi 636 Meter.

Jika anda memiliki phobia atas ketinggian sangat amat disarankan untuk tidak datang kesini, karena jika kita sampai ke atas gedung di lantai 124 ataupun 125 ,kita lihat adalah jalanan di bawah dan gedung – gedung yang menjadi kecil seperti miniatur.

, , , ,
Post Date: Tuesday 06th, March 2018 / 08:51 Oleh :
Kategori : Qatar