9 Tempat Bersejarah Di Mekah Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan Muslim

Salah satu destinasi populer di Arab Saudi adalah Mekkah. Setiap tahunnya jutaan umat Muslim dari seluruh penjuru negeri datang ke kota ini untuk menjalankan ibadah haji maupun umroh. Selain untuk keperluan spritual, adapun berbagai tempat wisata di Mekkah yang bisa anda kunjungi. Berbagai destinasi wisata di Mekah merupakan tempat wisata di Arab Saudi yang populer karena nilai sejarah dan budaya yang kental dengan agama Muslim.

Banyak tempat- tempat bersejarah di Mekah yang merupakan tempat yang dikunjungi saat haji. Tidak hanya berbagai tempat-tempat religius, ada berbagai tempat dan gedung-gedung bersejarah yang bisa anda kunjungi saat sedang berada di Mekkah untuk menambah wawasan anda tentang kota paling bagi umat Muslim satu ini. Berikut 10 tempat bersejarah di Mekah yang sayang jika anda lewatkan.

1. Masjid Agung Mekkah

mekah.11Masjid satu ini memang wajib dikunjungi oleh para calon haji yang sedang beribadah di Mekkah. Masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia dan merupakan masjid paling penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Masjid ini memiliki kapasitas untuk 900.000 jamaah. Namun jumlah jamaah bisa mencapai hingga 4.000.000 jamaah.

Dalam Masjid Agung Mekkah ini terdapat Kabba yang suci dan sakral. Di dalam Kabba terdapat batu hitam yang dijadikan metafora sebagai pemersatu Tuhan dengan umat Muslim di bumi. Kabba dibangun oleh Ibrahim dan anaknya Ismail untuk melindungi batu hitam tersebut. Bangunan ini tetap dijaga sesuai bentuk aslinya dari abad ke abad.

2. Mount Arafat

mekah.9Mount Arafat adalah sebuah bukit batu granit yang berlokasi di sebelah timur Mekkah. Bukit ini merupakan bukit yang memiliki dataran yang luas dengan tinggi 70 meter. Mount Arafat juga disebut sebagai Mount of Mercy.

Menurut sejarah Islam, bukit ini adalah tempat dimana Nabi Muhammad S.A.W untuk terakhir kalinya berdakwa pada orang-orang Muslim sebelum ia meninggal. Bukit ini juga yakin sebagai tempat Adam dan Hawa bertemu di bumi setelah terpisah semenjak jatuh dari surga karena memakan buah terlarang. Tempat bersejarah di Mekah satu ini sayang jika anda lewatkan.

3. Sumur Zamzam

mekah.3Air zamzam adalah salah satu oleh-oleh khas Arab Saudi yang wajib anda beli saat berkunjung ke Mekkah. Air zamzam memiliki banyak kashiat karena berasal dari mata air murni yang terbebas dari mikro organisme. Air zamzam berasal dari sumur zamzam. Sumur zamzam nerupakan sumur yang terkenal, terletak di sebelah tenggara Kabba, sempatkan berkunjung ke sumur satu ini.

Sumur zamzam memiliki kedalam hingga 42 meter dan tidak pernah kering. Orang muslim menyakin ini bahwa sumur ini adalah anugrah kehiduapan bagi umat manusia dalam rupa air yang segar dan menyehatkan dan menganggapnya sebagai air suci.


4. Abraj Al Bait

mekah.10Abraj Al Bait adalah kawasan menara-menara megah yang berada di Mekkah, berlokasi di seberang Masjid Agung Mekkah. Menara Abraj Al Bait merupakan hotel bagi para calon haji atau orang-orang yang sedang umroh selama merada di Mekkah. Hotel ini bisa menampung hingga 10.000 orang.

Tidak hanya hotel, ada pula pusat perbelanjaan dan ruang serba guna yang biasa dimanfaatkan di gedung ini. Gedung ini juga merupakan gedung tinggi di Arab Saudi dan tertinggi kedua setelah Burj Khalifa.

Menara ini juga memiliki jam pada puncak menaranya seperti London Eye yang bisa anda temui di tempat wisata di Inggris.

5. Jabal Al-Nour

mekah.5Salah satu bukit tempat bersejarah di Mekah yang selalu ramai pengunjung adalah Jabal Al-Nour. Nama bukit ini memiliki arti Bukit Cahaya. Bukit ini ramai dikunjungi karena memiliki kisah sejarah penting dalam ajaran umat Islam. Di bukit ini terdapat Gua Hira yang diyakini sebagai tempat dimana malaikat Jibril datang memberikan wahyu Tuhan kepada Nabi  Muhammad S.W.A. Bukit ini memiliki tinggi 200 meter.

Udara bisa mencapai 45 derajat celcius di puncak bukit ini. Gua Hira sendiri berada di ketinggian 40 meter pada bukit tersebut. Gua Hira sebetulnya berukuran sangat kecil dan hanya cukup dibuat sholat untuk satu orang. Banyak pengunjung yang hendak bersholat di sini seperti Nabi Muhammad jika memang memungkinkan, karena gua ini selalu ramai pengunjung.

6. Jabal Thawr

mekah.4Jabal Thawr merupakan salah satu tempat dengan kisah sejarah Isalam yang mebuat lokasi ini juga banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Jabal Thawr adaah sebuah bukit dengan gua yang cukup besar. Gua inilah yang menyimpan kisah Nabi Muhammad bersama dengan Abu Bakr bermalam selama tiga hari dalam perjalanannya bermigrasi ke Madinah.

Banyak umat muslim yang mengunjungi situs ini sebagai tempat napak tilas perjalan hidup Nabi Muhammad S.W.A. Selain ini, pemandangan alam khas timur tengah di sini juga cukup indah untuk dinikamti.

Meski memiliki udara yang panas dan gersang, anda bisa melihat pemandangan kota Mekkah dari bukit ini.

7. Sawa dan Marwa

mekah.2Berlokasi di dalam Masjid Agung Mekkah, Safa dan Marwa merupakan bukit yang masih dijaga bentuk aslinya. Situs satu ini merupakan tempat bersejarah di Mekah bagi umat muslim. Bukit ini miliki kisah yang memiliki kaitan dengan sumur zamzam.

Sesuai dengan adat Islam lama, Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk meninggalkan istrinya, Siti Hajar bersama dengan anaknya yang masih bayi, Ismail, di bukit ini untuk menguji keimanannya.

Suatu hari Siti Hajar sangat berharap untuk mendapatkan air. Disitu ‘lah awal mula diyakini Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk memberi sumber mata air Zamzam untuk menyelamatkan Siti Hajar dan bayinya yang ia letakkan di safa dan marwah.

8. Jembatan Al Jamaraat

mekah.6Ritual melempar jumrah merupakan salah satu prosesi yang harus dilakukan oleh para calon haji. Prosesi tersebut dilakukan di jembatan Al Jamaraat atau biasa disebit dengan Jembatan Jumrah oleh orang Indonesia. Jembatan ini dibangun di Mina, khusus para pejalan kaki yang sedang melakukan prosesi lontar jumrah.

Jembatan ini merupakan jemabatan besejarah yang menjadi saksi dari berbagai rirtual jumrah dari tahun-tahun yang dilakukan oleh umat muslim yang berdatangan dari seluruh dunia. Saat berjalan di jembatan ini, anda diharapkan waspada dan tetap kondusif. Karena tak sedikit kasus orang yang meninggal di jembatan ini hanya karena tersandung lalu jatuh dan terinjak-injak karena terlalu ramai.


9. Museum Haramain Mekkah

mekah.7Jika ingin mengetahui berbagai sejarah perkembangan situs Islam di Arab Saudi, jangan lupa kunjungi Museum Haramain di Mekkah. Museum ini juga biasa dijuluki sebagai Museum Mekkah. Museum ini merupakan pameran tentang berbagai bangunan religius bersejarah yang berada di  Arab Saudi.

Mulai dari berbagai miniatur bangunan dan penjelasan metode dibangunnya bangunan-banguan megah tersebut. Dalam museum ini, dipamerkan material bangunan Masjid Haram dan Masjid Nabawi, dua masjid paling penting bagi umat mulslim di dunia. Ada pula pintu Kabba yang terbuat dari emas 24 karat di museum ini. Musim ini berlokasi 20 menit dari Masjid Haram dan bisa ditempuh dengan bus.

, , , ,
Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 08:46 Oleh :
Kategori : Arab Saudi