8 Tips Jalan Jalan Ke Nepal Penting Dan Wajib Diketahui

Nepal merupakan sebuah negara terdekat untuk mendaki Gunung Everest. Hal inilah yang menjadikan Nepal mulai banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Walau banyak wisatawan yang tidak ingin mendaki gunung, mereka biasanya ingin tahu bagaimana kehidupan masyarakat di sebuah negara. Namun mengunjungi Nepal tentu tidak bisa dilakukan tanpa persiapan. Anda perlu mengetahui hal-hal mendasar sebelum jalan jalan ke Nepal agar perjalanan menjadi lebih lancar. Berikut beberapa tips penting berwisata ke Nepal yang perlu diketahui.

1. Visa ke Nepal

Visa ke NepalNepal merupakan salah satu negara yang cukup mudah dalam mengurus visa wisata. Hal ini dikarenakan wisatawan yang masuk ke Nepal hanya perlu visa on arrival atau VOA. Pengurusan VOA bisa dilakukan saat pengunjung tiba di Bandara Nepal.

Cara pengurusan visa ini juga cukup mudah. Anda bisa menjumpai sebuah mesin di pintu masuk bandara. Kemudian isi formulir sesuai dengan yang dibutuhkan. Pembayaran visa dapat dilakukan.

Harga visa tergantung dari berapa lama Anda akan berwisat di sana. Pembayaran visa ini dapat dilakukan dengan mata uang internasional, seperti dolar, yem, euro, atau SGD.

2. Mata Uang di Nepal

Mata Uang di NepalJika ingin jalan jalan ke Nepal, tentunya Anda perlu mempersiapkan mengenai alat pembayaran di negara tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkan mata uang Nepal adalah ke money changer.

Namun cukup sulit untuk mendapatkan mata uang Nepal di money changer Indonesia. Padahal Anda pasti membutuhkannya untuk belanja Oleh – Oleh Khas Nepal. Sehingga cara yang dapat dilakukan adalah membawa uang saku internasional seperti dolar atau euro.

Dari Indonesia bawa saja dolar atau euro, yang lalu ditukarkan di money changer Nepal ke mata uang Nepal. Cara ini terbilang lebih aman daripada Anda membawa uang rupiah yang ditukar langsung di Nepal. Karena bisa jadi money changer Nepal juga tidak familiar dengan rupiah.

3. Akomodasi di Nepal

Akomodasi di NepalBanyak orang yang tertarik pergi berlibur di Nepal bukan karena Everest-nya namun karena akomodasi liburan yang murah. Ya, Nepal memang merupakan salah satu negara tujuan wisata yang murah.

Bahkan untuk wisatawan Indonesia yang suka Jalan-Jalan Murah Ke Nepal atau backpacker, akomodasi di Nepal terbilang sangat murah. Anda bisa mendapatkan penginapan atau hotel dengan budget Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per malam. Tidak jauh berbeda dengan hotel-hotel dan penginapan di Indonesia.

Selain itu harga makanan di Nepal juga tidak begitu mahal. Untuk menu standar di warung lokal, harga makanan hanya berkisar Rp 20.000-an saja. Dan jika ingin makan makanan mewah, harga makanan hanya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Dapat dikatakan biaya hidup di Nepal murah dan sesuai dengan budget wisatawan Indonesia.


4. Waktu Terbaik ke Nepal

Waktu Terbaik ke NepalSebelum jalan jalan ke Nepal, ada baiknya jika Anda mengetahui dulu kondisi geografis dan alam di Nepal. Negara ini termasuk negara dengan 4 musim. Pembagian musim ini antara lain sebagai berikut:

  • Musim dingin: Desember – Februari
  • Musim pre-monsoon: Maret – pertengahan Juni
  • Musim monsoon: Pertengahan Juni – Pertengahan September
  • Musim post-monsoon: Pertengahan September – November

Sebenarnya, Tempat Wisata Di Nepal dapat dikunjungi kapan saja. Namun waktu kunjungan favorit para turis mancanegara adalah saat pre-monsoon (musim semi) yang jatuh pada bulan Maret hingga pertengahan Juni. Selain musim semi, kunjungan wisatawan juga banyak yang terjadi di musim gugur atau post-monsoon. Hal ini dikarenakan langit Nepal akan cerah sehingga kegiatan wisata akan lebih lancar. Hindari saat musim monsoon karena akan banyak turun hujan di Nepal.

Berbicara tentang musim atau iklim, Anda perlu mengetahui juga bahwa Kathmandu adalah kota yang kering dan berdebu. Sehingga Backpacker Ke Kathmandu bagi yang tidak tahan dengan debu atau yang memiliki alergi debu, sebaiknya bawalah masker yang cukup. Semprotan yang berisi air juga bisa membantu untuk melembabkan wajah Anda dari kekeringan dan debu yang berterbangan di Nepal.

5. Cara ke Nepal

Cara ke NepalDari Indonesia, pilihan transportasi ke Nepal tentunya adalah pesawat terbang. Namun dari Jakarta tidak ada penerbangan yang langsung menuju ke Kathmandu. Anda perlu transit terlebih dahulu di negara lain, misalnya di Kuala Lumpur terlebih dahulu.

Perjalanan Jakarta ke Kathmandu dengan transit kurang lebih memakan waktu 9 jam perjalanan. Namun semuanya tergantung pada lamanya transit itu sendiri. Harga tiket pesawatnya juga bermacam-macam, tergantung dari waktu kunjungan dan maskapai yang Anda pilih.

6. Transportasi di Nepal

Transportasi di NepalPerlu diketahui bahwa Nepal adalah negara yang belum maju. Sehingga transportasi di negara ini tidak semudah transportasi di Jepang atau Korea. Anda perlu memperhatikan mobilitas selama di Nepal.

Dari Bandara Tribhuvan yang berada di Kathmandu, transportasi yang ada adalah taksi. Walau ada bus umum di area bandara, namun lokasinya ada di luar bandara. Selain itu bus ini juga kurang nyaman. Cara lainnya adalah dengan menggunakan jasa jemput dari pihak hotel tempat Anda menginap.

Jika Anda berwisata di kota besar seperti Kathmandu dan Pokhara, cukup banyak pilihan transportasinya. Mulai dari taksi, becak, bajaj, bus, dan sebagainya. Jika Anda kurang nyaman dengan transportasi umumnya, ada juga mobil sewaan yang bisa digunakan. Selain mobil, sepeda motor dan sepeda biasa juga disewakan.

Tips jalan jalan ke Nepal jika Anda ingin benar-benar menikmati perjalanan adalah dengan mengambil paket tur yang disediakan oleh travel agent lokal. Cara ini cukup efektif terutama untuk Anda yang tidak memiliki waktu lama untuk wisata.

7. SIM Card Nepal

SIM Card NepalBagi Anda yang tidak bisa hidup tanpa internet, perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan SIM Card Nepal, ternyata tidak semudah beli SIM Card di Indonesia. Jika Anda ingin menggunakan SIM Card Nepal, harus mengisi form, KTP/Paspor, fotokopi, dan resgistrasi. Barulah SIM tersebut bisa diaktifkan.

Setidaknya mengurus pembelian SIM Card ini membutuhkan waktu yang lebih lama daripada pembelian SIM Card di Indonesia. Namun walau Nepal adalah negara yang biasa, kecepatan internet di sana cukup cepat.

Tips jika Anda ingin menggunakan SIM Card Nepal adalah mempersiapkan beberapa fotokopi identitas Anda, seperti paspor dan KTP. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda dalam transaksi di sana.


8. Bahasa di Nepal

Bahasa di NepalAnda tidak perlu mempelajari bahasa Nepal secara mendalam sebelum jalan jalan ke Nepal. Karena penduduk Nepal banyak yang bisa Bahasa Inggris.

Bahkan walau Anda berbicara kepada orang tua sekalipun, mereka mengerti Bahasa Inggris, walau bahasa Inggris pasif dan sederhana. Setidaknya masalah komunikasi di Nepal tidak akan membuat frustasi seperti masalah komunikasi di Jepang atau China.

Demikianlah beberapa tips penting yang perlu diketahui sebelum jalan jalan ke Nepal. Nepal adalah negara yang dekat dengan Tempat Wisata Di Bhutan dan India. Jika Anda memiliki cukup banyak waktu, tidak ada salahnya jika mengagendakan liburan langsung ketiga negara tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan perjalanan liburan Anda berjalan lancar.

, , ,
Post Date: Wednesday 15th, August 2018 / 02:33 Oleh :
Kategori : Nepal