5 Tips Backpacker Ke Kathmandu Yang Wajib Diketahui

Banyak tempat wisata unik yang bisa anda kunjungi di Asia Selatan. Lokasi-lokasi seperti tempat wisata di India, tempat wisata di Sri Lanka, dan negara Asia Selatan lainnya masih kental dengan corak budaya aslinya yang khas. Salah satu negara sebagai destinasti wisata anda berikutnya adalah Nepal. Banyak tempat wisata di Nepal yang menyuguhkan keindahan. Mulai dari tempat wisata di Tibet yang terkenal bagi para pendaki gunung, hingga tempat wisata di Bhutan.

Satu lagi kota yang bisa anda kunjungi saat berada di Nepal adalah Kathmandu. Kathmandu merupakan kota yang berada di antara Tibet dan India. Tempat ini cukup ramai dan memiliki arsitektur bangunan-bangunan tua yang saling berhimptan. Nuansa etnik agama Buddha dan Hindu juga bisa anda rasakan di setiap sudut kota ini.

Backpacker ke Kathmandu bisa menjadi petualangan yang menarik bagi anda bersama teman-teman. Ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengenal kebudayaan Nepal maupun hanya untuk sekedar memanjakan mata. Berikut beberapa tips backpacker ke Kathmandu yang perlu anda simak.

1. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kathmandu.

kathmandu.1Kathmandu memiliki iklim yang ekstrem setiap monsoon. Fenomena ini memang wajar terjadi setiap tahunnya di sekitar India dan Lautan India. Dengan area Kathmandu yang masih didominasi dengan tanah, hebusan angin yang kencang hanya akan membuat pengelihatan kabur dan udara sangat tercemar untuk anda berjalan-jalan dengan nyaman. Mosoon berlangsung pada bulan pertengahan Juni hingga pertengahan September.

Waktu terbaik untuk mengujungi Kathmandu adalah saat monsoon telah berakhir. Monsoon berakhir sekitar akhir bulan September hingga akhir bulan November. Pada bulan-bulan ini, udara di Kathmandu akan lebih bersih dari biasanya dan pemandangan gunung-gunung bisa terlihat dengan jelas karena cuaca yang cerah pula.

Adapun bulan-bulan aman untuk mengunjungi Kathmandu adalah pada bulan Februari sampai April. Iklim cukup hangat pada bulan-bulan ini dan hari bisa berjalan lebih lama.

2. Pilihan penginapan di Kathmandu.

kathmandu.11Menginap di Kathmandu dengan budget yang sangat minim merupakan hal yang sangat mungkin, Tak hanya murah, fasilitas yang disediakan sudah cukup layak. Berikut dua rekomendasi tempat menginap di Kathmandu.

  • Trekker Home

Tempat penginapan satu ini merupakan salah satu yang paling recommended karena harganya murah dan fasilitas sudah cukup lengkap. Trekker Home menyediakan kamar dengan harga permalamnya sekitar 1.300 NPR (sekitar Rp 170.000).

Dengan kamar pribadi, restoran untuk makan, ATM, dan akses internet. Penginapan ini dekat dengan gedung penting di Kathmandu seperti Gedung Kedutaan India dan beberapa universitas.


  • Kathmandu Guest House

Jika ingin yang lebih mewah sedikit dari penginapan pertama, anda bisa menginap di guest house. Kathmandu Guest House meruapakan penginapan yang recommended. Cocok untuk kamu yang sedang backpacker ke Kathmandu dengan pasangan. Singgah di penginapan yang sedikit lebih mahal masih bisa diatasi dengan penekan pada budget jalan-jalannya.

Guest house ini memiliki halaman yang luas dengan taman yang indah. Tumbuh-tumbuhan di sekitar penginapan juga akan membuat udara terasa semakin segar. Tersedia bar kopi, tempat makan, dan kolam renang di penginapan satu ini.

Untuk tarif menginapan permalamnya dikenakan 4.300 NPR (sekitar Rp 560.000).

3. Transportasi di Kathmandu.

kathmandu.3Secara keseluruhan sebetulnya akses transportasi di Kathmandu cukup terbatas. Oleh karena itu jalan kaki selalu menjadi pilihan bagi para backpacker ke Kathmandu saat sedang jalan-jalan murah  ke Nepal. Namun memang ada saat anda akan membutuhkan kendaraan umum untuk menuju ke tempat yang cukup jauh.

Taxi merupakan pilihan transportasi paling nyaman yang bisa anda pilih. Mengingat jalan di Kathmandu terkenal hectic dan macet karena strukturnya yang belum sempurna. Naik taxi akan membuat peralanan anda lebih cepat dan nyaman. Anda selalu bisa menawar tarif, tapi pada umumnya mereka telah memberikan tarif yang cukup murah.

Jika anda tidak keberatan dengan keramaian lokal Kathmandu dan ingin merasakannya, coba saja naik bus umum. Bus-bus umum selalu memiliki jalur ke tempat wisata di Nepal yang ingin anda kunjungi. Tarif bus umum juga pastinya jauh lebih murah. Namun, naik bus bisa sangat lambat karena supirnya yang seringkali berhenti untuk membeli minum hingga berhenti untuk makan.

Tak tahan dengan bus umum? Selalu ada bus khusus tourist yang bisa anda pesan. Ada beberapa agen bus wisata yang bisa anda hubungi dengan bantuan penginapan dimana anda singgah. Disarankan langsung memesan untuk perjalan dua hari agar tidak kehabisan tempat. Dengan harga yang sepadan, perjalanan anda di Kathmandu akan terasa lebih nyaman.

4. Belanja di Kathmandu.

kathmandu.12Belanja oleh-oleh khas Nepal merupakan hal yang sayang jika anda lewatkan saat sedang berkunjung ke Kathmandu Ada beberapa situs belanja muarah yang bisa anda kunjungi sebagai berikut.

  • Thamel

Thamel merupakan salah satu lokasi paling ramai di Kathmandu. Area ini penuh dengan warna-warni barang-barang khas Nepal. Ada pula restoran, bar, dan toko-toko kue yang menjual kue-kue lezat yang patut anda coba.

Bagi anda yang ingin mendaki gunung di Tibet, bisa juga membeli berbagai peralatan di tempat ini. Harga barang bisa anda tawar hingga 50% dari harga awal.

  • Pasar Asan

Pasar Asan merupakan pasar lokal yang selalu ramai dengan penduduk lokal di Nepal. Berkunjung ke sini untuk belanja atau sekedar melihat keramaian Nepal bisa menjadi petualangan yang menyenangkan. Banyak makanan tradisional yang lezat di jual di lokasi ini.

5. Tempat wisata di Kathmandu yang sayang untuk dilewatkan.

kathmandu.18Ada beberapa situs keagamaan yang populer dikalangan wisatawan manacanegara di Kathmandu. Berikut beberapa lokasi yang bisa sayang jika anda lewatkan.

  • Kathmandu Durbar Square

Lokasi satu ini merupakan salah satu area yang bersejarah di Kathmandu. Durbar Square merupakan alun-alun yang di keliling oleh tiga kerajaan kuno, Basantapur, Bhaktapur, dan Patan.

  • Pashupatinath

Lokasi berikutnya merupakan tempat paling suci di Kathmandu bagi umat Hindu di Kathmandu dan sekitarnya. Pashupatinath merupakan tempat yang didedikasikan untuk Dewa Shiva. Terletak di pinggir sungai, lokasi ini memiliki pemandangan yang indah.


  • The Garden Of Dreams

Lelah dengan keramaian kota Kathmandu yang sesak? Pernapaslah sejenak di The Gardens of Dreams. Lokasi ini merupakan taman luas dengan rumput hijau dan tumbuhan-tumbuhan indah. Para pengunjung bisa bebas bersantai di area rumput yang hijau yang nyaman sambil makan atau hanya sekedar menikmati udara segar.

  • Swayambhunath Stupa

Ada lagi lokasi religius yang bisa anda kunjungi di Kathmandu. Swayambhunath Stupa merupakan kuil yang memiliki nama lain Kuil Monyet, karena dilokasi ini anda bisa melihat banyak monyrt berkeliaran. Kuil yang indah dan lokasinya di atasa bukit bisa menjadi spot melihat matahari terbenam yang indah.

Namun perlu diingat anda tidak boleh memberikan makanan pada monyet demi keselamatan dan kenyamanan anda sendiri. Memberi makan monyet hanya akan membuat anda dikerumuni oleh kawanan monyet.

Itu tadi beberapa tips lengkap backpacker ke Kathmandu yang perlu anda perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

, , ,
Post Date: Wednesday 01st, August 2018 / 06:46 Oleh :
Kategori : Nepal