10 Tempat Wisata Di Nepal Paling Indah Yang Wajib Dikunjungi

Nepal selalu menjadi negara yang menjadi cita-cita tujuan semua wisatawan, baik yang sekedar berangan-angan hingga yang benar-benar mengumpulkan uang untuk bisa berkunjung dalam waktu yang tak sebentar ke negara tempat puncak Everest berada ini. Nepal memiliki tempat yang akan digemari pengunjung dengan segala ketertarikannya masing-masing, mulai dari wisata religi, adrenalin, bersantai hingga wisata alam yang menenangkan dan membuatmu lebih mencintai bumi.

taman nasional chitwanTak hanya Maladewa dengan Meeru Island dan Maafushi Island atau Taj Mahal India dan Qutub Minar saja yang memiliki keindahan menawan untuk dijajaki. Banyak tempat di Nepal yang juga layak dikunjungi dan memiliki pesona tidak tertandingi. Sebut saja Kathmandu, sang ibu kota, area perkemahan Annapurna, atau Bukit Ghore Pani Poon. Budaya religius yang kental dipadu keindahan alam, situs wisata, dan keramahan orang-orang setempat adalah kombinasi yang tidak boleh dilewatkan.

Sebelum benar-benar memesan tiket, menyiapkan paspor, dan perlengkapanmu, lihat dulu beberapa tempat yang kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi di bawah ini. Jangan sampai kunjunganmu menjadi tidak berkesan hanya karena tidak tahu harus pergi ke mana saat berada di Nepal. Berikut tempat wisata di Nepal yang harus dikuinjungi, jika anda akan berkunjung ke Nepas

  1. Lumbini

Bagi penganut agama Buddha, mungkin Lumbini sudah tak asing lagi. Lumbini adalah lokasi kelahiran Siddharta Gautama sang Buddha yang kini menjadi salah satu area favorit peziarah orang-orang yang ingin berdoa juga wisatawan. Secara ilmiah, arkeolog sendiri mendapati penemuan bahwa pohon raksasa yang ada usianya sudah ribuan tahun tepatnya telah ada sejak sekitar tahun 550 SM. Selain peziarah dan wisatawan, para ilmuwan juga masih terus mempelajari Lumbini.

Dalam kisah agama Buddha, Maya Dewi, ibunda Siddharta melahirkan di dalam kebun di dekat pohon yang hingga kini masih terjaga. Kebun itu sendiri sudah menjadi sebuah kuil. Sekarang pohon itu berada di tengah taman yang didesain oleh Kenzo Tange, seorang arsitek Jepang lengkap dengan atraksi lain seperti kolam, candi-candi kecil, dan galeri-galeri budaya.

  1. Janakpur Dham

kuil di lumbini

Tempat ini berlokasi di bagian selatan Nepal dan dahulu kala merupakan ibu kota dari kerajaan India kuno bernama Mithila dengan kebudayaan Maithilinya yang masih berjalan hingga saat ini. Dalam kepercayaan agama Hindu, kota ini dipercaya sebagai tempat berlangsungnya pernikahan antara Sita dan Rama, dikenal juga sebagai Janaki.

Janaki ini kemudian menjadi kuil Janaki Mandir yang menarik kunjungan dari banyak umat Hindu untuk merayakan ulang tahun pernikahan mereka. Kuil ini memiliki tiga lantai dengan 60 ruangan, dibangun sejak abad ke 19 menggunakan marmer. Kuil ini adalah kuil terbesar di Nepal. Selain itu, kota Janakpur juga memiliki lebih dari 100 kolam suci.


  1. Nagarkot

Kamu merasa belum sanggup untuk menjajaki ketinggian lewat pendakian ke gunung Everest, namun tetap ingin merasakan syahdunya Nepal tanpa merasa terlalu lelah? Maka jawabannya adalah Nagarkot. Tempat ini menawarkan pemandangan lembah Kathmandu dengan pegunungan yang indah. Kota ini berada di timur laut Bhaktapur, sebuah desa yang memiliki sekitar 4.500 penduduk. Banyak hotel tersedia di sini dan kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit.

  1. Khumbu

Wilayah ini memiliki daya tarik bagi para penganut Budha, pengamat agama, hingga para pendaki yang sudah mempersiapkan diri menuju Everest. Khumbu berlokasi di timur laut Nepal dan menjadi area yang otomatis akan dilewati para pendaki saat akan menuju gunung Everest atau perkemahannya.

Selain itu, Khumbu yang terletak di dalam area Taman Nasional Sagarmatha merupakan rumah bagi Namche Bazaar sebuah desa Sherpa, di mana para pendaki juga banyak ditemui. Ada juga Monaster Tengboche, pusat kegiatan agama Budha di Nepal yang juga menawarkan akomodasi serta pemandangan Everest yang sangat menawan.

  1. Kathmandu

Kathmandu adalah kota utama Nepal, baik untuk pemerintahan, budaya, hingga pariwisata. Semua orang yang datang ke Nepal dari luar negeri akan mengunjungi Kathmandu untuk pertama kalinya, karena di sinilah bandara internasional Nepal berada. Kathmandu memiliki banyak atraksi hingga pusat-pusat keagamaan yang bertebaran di seluruh wilayahnya. Penduduknya yang sekitar 1 juta orang ditambah banyaknya turis, membuat tempat ini tergolong cukup ramai.

Pergi ke Kathmandu kamu akan bisa menemui banyak hal seperti toko-toko perbelanjaan, hotel, restoran, tempat ibadah, hingga galeri-galeri seni. Yang patut dikunjungi adalah Durba Square yang memiliki banyak situs sejarah. Ada juga Swayambhunath, sebuah komplek Buddha kuno yang berada di atas bukit yang menawarkan pemandangan lembah Kathmandu yang juga tidak boleh dilewatkan.

  1. Bhaktapur

Wilayah ini merupakan salah satu ibu kota Lembah Kathmandu kuno yang memiliki banyak kuil bersejarah. Mirip seperti Kathmandu namun lebih tenang dan tidak terlalu sibuk, di sini kamu akan bisa berjalan dengan nyaman melihat-lihat kuil, City of Devotees, pusat-pusat area abad pertengahan Nepal, hingga Galeri Seni Nasional Nepal yang dulunya merupakan Istana 55 Jendela, sebuah bangunan dari abad ke 15.

  1. Patan

janakpur dham

Ingin berbelanja kain sari ala bangsawan dan anggota kerajaan Nepal? Pergilah ke Patan yang memiliki banyak toko-toko terbaik yang direkomendasikan untuk membeli kain sari buatan tangan berkualitas terbaik. Jika tidak suka belanja, Patan punya pesona lain seperti karya seni dan tentunya situs bersejarah.

Kotanya dipenuhi dengan bangunan bergaya arsitektur Newari. Patan Durbar yang dibangun pada abad ke 17 juga merupakan salah satu primadona dengan istana, pelataran, dan kuil-kuilnya. Ada juga kuil Krisna dan Sundari Chowk yang belum lama direstorasi. Patan yang berada di seberang sungai Bagmati dari Kathmandu ini adalah kota yang menawarkan pesona sejarah Hindu yang harus dikunjungi.

  1. Pokhara

Meski tidak dikenal dengan situs-situs sejarah, Pokhara juga merupakan tempat yang tak boleh dilewatkan. Mulai dari wisata santai seperti menaiki perahu dayung mengelilingi danau, atau wisata yang lebih modern seperti mengunjungi spa, resort, dan berpesta di klub ala Nepal, Pokhara adalah tempatnya. Pokhara juga merupakan jalur bagi para pendaki menuju Anapurna dan terdapat pulau di salah satu danau di sana yang dipersembahkan untuk dewa Barahi Bhagwati dengan pengadaan upacara setiap minggunya.

  1. Taman Nasional Chitwan

Bila kamu menyukai kebun binatang namun tak ingin menyaksikan mereka terkurung dalam kandang, maka Taman Nasional Chitwan bisa menjadi pilihan alternatif yang lebih murah ketimbang mengunjungi benua Afrika. Taman nasional ini diklaim sebagai area kehidupan liar terbaik di Asia dengan perlindungan yang diberikannya untuk hewan-hewan langka seperti harimau Bengal dan badak bercula satu.

Datang ke sini kamu bisa menginap di hotel-hotel mewah di sekitar taman atau bila ingin lebih murah bisa tinggal di desa Sauraha yang tak jauh dari taman. Selain menggunakan tur dengan jeep, kamu juga bisa berkeliling melihat hewan seperti bison, macan tutul, dan sloth dengan trekking, naik gajah, atau menggunakan kano di sungai.


  1. Bukit Ghore Pani Poon

patan yang tenangMengunjungi Nepal tentu tak boleh melewatkan kegiatan yang berbau alam seperti trekking. Bahkan walaupun kamu bukanlah trekker handal atau datang bersama anak-anak, bukit Ghore Pani Poon bisa kamu jelajahi. Bukit ini sangat ramah dengan trekker pemula bahkan memiliki banyak penginapan di seluruh rute perjalanannya, sehingga trekking di sini tak perlu repot-repot membawa tas besar dengan segala perlengkapannya.

Pemandangan seperti lembah-lembah dan wilayah Anapurna, Machupuchre, Nilgiri, dan Daulagri ditawarkan jika kamu mengunjungi bukit ini. Bila mau, kamu juga bisa mencapai puncak bukit, namun mungkin harus menyiapkan diri lebih baik karena jalurnya agak curam.

Demikian artikel mengenai tempat wisata di Nepal, semoga informasi yang ada pada artikel ini bermanfaat dan meajadi referensi anda sekeluarga.

, , , ,
Post Date: Monday 26th, March 2018 / 04:47 Oleh :
Kategori : Nepal