8 Makanan Khas Nepal Terfavorit Wisatawan

Nepal memang merupakan sebuah negara yang memiliki pemandangan eksotis yang tidak boleh anda lewatkan ketika anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi negara tersebut. Nepal merupakan sebuah negara yang berada di Asia Selatan dimana negara tersebut memiliki salah satu objek terkenal yakni Taj Mahal India yang sudah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Selain terkenal karena memiliki objek wisata yang khas dengan nilai arsitekturnya yang tinggi, Nepal juga terkenal memiliki oleh-oleh khas Nepal yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Jadi tidak ada alasan anda bagi anda untuk tidak mengunjungi negara tersebut.

Terlebih lagi, di sana terdapat berbagai menu makanan khas Nepal yang juga akan memanjakan lidah anda. Penasaran bukan? Maka dari itu, pada postingan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja menu makanan khas Nepal yang harus anda cicipi ketika anda berlibur ke negara tersebut karena beberapa wisatawan berpendapat bahwa liburan anda akan terasa hambar jika anda tidak mencicipi makanan khas dari negara tempat anda menghabiskan waktu liburan.

1. Mutton Curry

Mutton Curry

Makanan khas Nepal yang pertama adalah Mutton Curry. Perlu anda tahu bahwa makanan yang satu ini lebih baik anda nikmati ketika menjelang malam dimana makanan ini nantinya akan disajikan bersamaan dengan chapati yang berasal dari India yang dikombinasikan dengan beras Basmati.

Tentu akan menggugah selera anda, terlebih bagi anda yang sangat menyenangi makanan berkuah. Anda bisa mendapatkan Mutton Curry di restoran terkenal yang ada di Nepal dan untuk harga yang harus anda keluarkan pun juga tidak terlalu mahal.

Dijamin rasa yang akan anda dapatkan ketika anda pertama kali mencicipi Mutton Curry akan membuat anda jatuh cinta dan akan ketagihan untuk menikmati makanan tersebut kembali ketika anda memiliki waktu.

2. Dal Bhat

Dal Bhat

Makanan khas Nepal yang kedua yang juga wajib anda cicipi yakni Dal Bhat. Beberapa masyarakat Nepal menjadikan makanan yang satu ini sebagai makanan pokok mereka dimana Dal Bhat sendiri jika anda perhatikan memiliki kemiripan dengan nasi rames yang dikombinasikan dengan sayur dan potongan daging dan juga biasanya akan ditambah dengan sop kacang-kacangan.

Sekedar informasi bahwasanya Dal Bhat berasal dari dua kata dimana Dal memiliki arti sejenis miju-miju sementara Bhat sendiri memiliki artian nasi. Ketika anda mencicipi Dal Bhat, biasanya anda juga akan ditawarkan untuk menambahkan acar atau papadum.

Sementara itu Dhal Bhat yang sering ditambah dengan kari, maka disebut dengan Dal Bhat Takari. Bagaimana rasanya? Tentunya nikmat meskipun memang di beberapa tempat yang menjual Dal Bhat menyediakan makanan pokok yang satu ini dengan rasa yang lebih menyengat. Namun ketika anda pertama kali mencobanya, kami yakin anda akan ketagihan karena benar-benar memanjakan lidah anda.


3. Momo

Momo

Makanan khas Nepal yang juga tidak kalah terkenal yakni Momo. Makanan yang satu ini mudah anda dapatkan ketika anda mengunjungi restoran-restoran yang ada di Nepal seperti restoran yang ada di Pokhara, Kathmandu, Chitwan, dan tempat-tempat lain yang ada di sekitarnya.

Momo merupakan sebuah makanan khas masyarakat Nepal yang sebenarnya hampir mirip dengan mie pangsit rebus yang mana beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa makanan jenis ini sebenarnya bukan asli dari Nepal, melainkan sudah mendapat pengaruh atau tambahan dari luar dan sudah ada sejak 200 tahun yang lalu.

Sama halnya dengan makanan yang kami jelaskan pada poin pertama, Momo juga sering dihidangkan dengan campuran kari meskipun di beberapa tempat anda akan menemukan beberapa menu makanan olahan Momo seperti Momo daging, Momo daging ayam, dan lain-lain yang semuanya wajib anda cicipi.

4. Sel Roti

Sel Roti

Untuk makanan yang satu ini mungkin anda bisa menikmatinya di waktu atau momen-momen tertentu. Mengapa? Kerena kebanyakan Sel Roti akan anda temui ketika di Nepal berlangsung sebuah karnaval yakni Tihar. Sekedar informasi bahwasanya Tihar merupakan sebuah karnaval yang isinya berupa tari-tarian, nyanyi-nyanyian, dan diiringi dengan lilin.

Dan Sel Roti merupakan hidangan wajib yang harus anda pada acara tersebut. Sel Roti merupakan sebuah makanan khas Nepal yang dibuat dari tepung nasi semi cair, cinnamon, mentega, gula, krim pisang, dan juga cardamon yang dipadukan jadi satu.

Mengenai rasanya tentu tidak perlu diragukan lagi karena rasa dari Sel Roti begitu manis sehingga banyak para wisatawan yang bukan hanya ingin menyakisan festival Tihar, melainkan mereka juga tidak ingin ketinggalan untuk mencicipi Sel Roti. Makanan ini tidak akan kalah jika dibandingkan dengan makanan khas India atau cemilan khas India yang juga harus anda cicipi.

5. Veggie Rice

Veggie Rice

Untuk makanan khas Nepal yang satu ini sebenarnya memiliki nama lain yaitu Veg Pulao. Sama halnya dengan Mutton Curry, makanan yang satu ini juga kami sarankan untuk dihidangkan ketika malam hari sambil menikmati pemandangan langit malam yang indah.

Veggie Rice merupakan sebuah makanan yang tidak akan membuat perut anda terlalu kenyang karena memang makanan ini lebih mirip kepada sebuah cemilan. Untuk bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas Nepal yang satu ini yakni berupa beras Basmati yang digabungkan dengan sayur-sayuran.

Anda bisa mendapatkan Veggie Rice di restoran-restoran terkenal yang ada di Nepal dengan mengeluarkan harga yang lumayan murah juga. Sangat cocok untuk anda cicipi bersama keluarga atau teman-teman anda sambil menikmati keindahan pemandangan sudut kota yang ada di Nepal.

6. Beans Staw

Beans Staw

Bagi anda yang menginginkan makanan bernutrisi tinggi, maka Beans Staw merupakan sebuah makanan yang kami rekomenadasikan untuk anda nikmati. Yang membuat Beans Staw menjadi makanan unik karena dibuat dengan 9 bahan dasar yang lumayan sulit jika anda menemukannya.

Bahan-bahan untuk membuat Beans Staw antara lain black garam, buncis, green garam, kedelai, field bean, garden pea, kacang tunggak, field pea, dan juga beras kacang. Disajikan dengan kuah yang akan memanjakan lidah anda dan kami sarankan untuk memakan Beans Staw ketika masih hangat.

Selain itu, Beans Staw juga biasanya akan disajikan dengan nasi dan juga minuman hangat untuk semakin membuat makanan ini semakin nikmat dan mengenyangkan.

7. Aalu Tama

Aalu Tama

Bagi para penduduk yang tinggal di daerah perbukitan, tentu mereka sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Ya, Aalu Tama merupakan sebuah makanan khas tradisional bagi masyarakat Nepal khususnya mereka yang tinggal di daerah perbukitan.

Anda akan melihat bahwa makanan ini merupakan sebuah kentang yang diblender dengan rebung dan selanjutnya akan ditambahka dengan black eyed bean. Mengenai rasa yang akan anda dapatkan ketika mencicipi Aalu Tama yakni sedikit asam.

Namun bagi anda yang menginginkan rasa yang lebih seimbang, maka biasanya akan ditambahkan dengan yoghurt.


8. Noodle Soup

Noodle Soup

Makanan yang satu ini mungkin lebih mudah didapatkan dibandingkan makanan khas Nepal yang lain. Ya, Noodel Soup merupakan sebuah makanan tradisional yang juga mudah untuk dibuat. Adapun beberapa bahan yang digunakan untuk membuat mie antara lain seperti mie, ayam, jahe, dan juga beberapa sayuran untuk semakin membuat Noodle Soup lezat.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja makanan khas Nepal yang harus anda cicipi. Kami juga menyarankan anda untuk mendapatkan informasi yang tidak kalah penting dengan membaca makanan khas Kamboja dan makanan khas Brunei Darussalam.

, , ,
Post Date: Thursday 16th, August 2018 / 07:52 Oleh :
Kategori : Nepal