10 Tempat Bersejarah Di Arab Saudi Favorit Wisatawan Muslim

Arab Saudi merupakan sebuah negara yang dikunjungi oleh para jamaah haji dan umroh untuk menyempurnakan ibadah mereka. Sehingga kebanyakan Tempat Wisata Di Arab Saudi yang bisa dikunjungi di sana adalah tempat bersejarah, khususnya mengenai peradaban Islam dari zaman dahulu. Berikut beberapa tempat bersejarah di Arab Saudi yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Masjidil Haram

Masjidil HaramMasjidil Haram ada di kota suci Makkah. Masjid yang satu ini adalah pusat ibadah agama Islam, karena di sanalah terdapat ka’bah yang merupakan kiblat umat Islam saat ini. Masjid ini sangat megah dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Hanya orang Islam saja yang bisa memasukinya, karena termasuk wilayah haram. Masjid ini memiliki keutamaan yang paling besar daripada masjid lainnya. Selain itu ibadah haji dan umroh dilakukan di sana.

Setiap harinya, masjid ini tidak pernah sepi pengunjung. Terutama saat musim haji dan bulan ramadhan. Umat Islam dari seluruh penjuru dunia akan hadir di masjid bersejarah ini. Karena Masjidil Haram ini sendiri memiliki runtutan sejarah yang besar sejak zaman Nabi Adam.

Sekeliling Masjidil Haram adalah bangunan hotel, dan juga tempat untuk para pedagang menjual Oleh Oleh Khas Arab Saudi.

2. Masjid Nabawi

Masjid NabawiTempat bersejarah di Arab Saudi selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Masjid Nabawi. Masjid ini adalah masjid Rasulullah yang berada di kota Madinah. Di sanalah rumah Rasulullah berdiri, dan di sana pulalah terdapat makam Rasulullah dan para sahabat.

Masjid ini juga memiliki keutamaan jika dibandingkan dengan masjid lainnya, yaitu pahala 1.000 kali lipat saat beribadah di sana. Masjid Nabawi ini sendiri juga merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram di kota Makkah.

Selain itu, pelataran masjid menarik dan unik karena memiliki payung yang bisa membuka dan menutup. Sehingga jamaah bisa beribadah dengan lebih nyaman di pelataran maupun bagian dalam masjidnya. Sekeliling masjid adalah hotel dan juga tempat membeli Oleh Oleh Makanan Khas Arab dan souvenir lainnya.

3. Madain Saleh

Madain SalehMadain Saleh merupakan sebuah kota tua yang berada di Al Ula. Posisinya kurang lebih 400 kilometer dari Madinah. Kawasan ini juga dikenal dengan Al Hijr. Penamannya diambil dari kisah kaum Nabi Saleh, yaitu kaum Tsamud.

Saat ini kawasan Madain Saleh menjadi salah satu dari daftra World Heritage Site. Di sanalah terdapat bangunan kuno para warga, yang berasal dari batu bata, batu karang, dan berbagai material lainnya.

Kaum Tsamud sendiri memang ahlinya dalam membangun dan mengukir. Kawasan ini dikelilingi oleh padang pasir yang tentunya akan sangat menantang jika dikunjungi.


4. Jabal Uhud

Jabal UhudTempat bersejarah di Arab Saudi tidak bisa lepas dari kisah Rasul dan para sahabat dalam menyebarkan agama Islam. Salah satu yang terkenal dan bisa dikunjungi adalah Jabal Uhud atau Gunung Uhud.

Gunung ini adalah saksi bisu perang Uhud yang melegenda. Dimana kaum Quraisy memerangi pasukan kaum muslimin. Namun di perang ini, kaum muslimin kalah dan kehilangan tokoh besar mereka pada masa itu. Salah satunya adalah Hamzah, paman Rasul.

Di sana juga ada pemakaman para syuhada yang gugur di medan perang. Saat ini di sekitar Jabal Uhud juga banyak yang menjual oleh-oleh serta makanan.

5. Tayma

TaymaTayma berada di barat laut Arab Saudi. Tayma ini sebenarnya adalah sebuah oase yang cukup besar. Tentunya oase ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik untuk dikunjungi.

Jaraknya dari Madinah kurang lebih 400 kilometer. Jaraknya dari kota Tabouk adalah sekitar 264 kiloemter. Pada zaman dahulu Tayma adalah kawasan yang makmur dan diisi oleh pemukiman Yahudi.

Di sana memang ada cukup banyak bangunan megah, sumur, dan sumber air. Tayma mencapai kejayaannya pada sekitar abad ke-7 SM.

6. Gua Hira (Jabal Nur)

Gua Hira (Jabal Nur)Siapa yang tidak kenal tempat bersejarah di Arab Saudi yang satu ini? Di tempat inilah Rasulullah pertama kali menerima wahyu berupa al Quran. Gua ini adalah gua kecil yang ada di gunung.

Dulu, para jamaah haji maupun umroh bisa berkunjung ke sana. Namun beberapa bulan terakhir, pemerintah Arab Saudi tidak lagi membuka kawasan ini untuk umum. Sehingga jamaah tidak bisa berkunjung karena beberapa alasan.

Lagipula jika ingin sampai ke Gua Hira, Anda perlu melakukan pendakian terlebih dahulu. Sehingga perjalanan akan cukup sulit dan medannya juga curam.

7. Masjid Quba

Masjid QubaSelain Masjid Nabawi, di Madinah ada lagi masjid yang bersejarah dan memiliki keutamaan. Yaitu Masjid Quba. Masjid yang satu ini adalah masjid yang dibangun pertama kali oleh Rasulullah.

Pembangunan masjid dilakukan pada tahun 1 hijriyah. Saat ini jamaah haji dan umroh bisa mengunjunginya dan sholat di sana. Bangunannya megah dan sangat indah. Di pelatarannya bahkan ada banyak burung merpati yang berterbangan. Juga ada beberapa yang menjual Oleh-Oleh Khas Arab Untuk Wanita maupun Oleh-Oleh Khas Arab Untuk Pria.

Masjid ini memiliki keutamaan jika Anda berniat sholat 2 rokaat dengan kondisi sudah memiliki wudhu dari rumah. Karena akan mendapatkan pahala yang setara dengan umroh.

8. Padang Arafah

Padang ArafahPadang Arafah merupakan tempat bersejarah di Arab Saudi yang juga menjadi tempat melaksanakan ibadah haji. Karena wukuf dilakukan di sana. Jika tidak dikerjakan, maka haji tidak dianggap sah.

Arafah merupakan sebuah padang yang luas. Di sana juga ada masjid dan beberapa bukit kecil. Salah satu yang terkenal adalah Jabal Rahmah. Jabal Rahmah ini memiliki tugu peringatan di atasya.

Mengunjungi Padang Arafah di luar musim haji diperbolehkan. Jika Anda sedang menjalani ibadah umroh, maka Padang Arafah ini bisa dikunjungi bersama travel masing-masing.

9. Masjid Qiblatain

Masjid QiblatainDulu, kiblat umat Islam adalah di Baitul Maqdis (Masjid Aqsa di Palestina). Namun kemudian Rasulullah menerima wahyu untuk mengganti arah kiblat menuju Ka’bah (Masjidil Haram di Makkah).

Penggantian kiblat tersebut terjadi di Masjid Qiblatain ini ketika Rasul dan para sahabat mengerjakan sholat dzuhur berjamaah. Sehingga separuh sholat, masih menghadap Baitul Maqdis dan separuhnya lagi menghadap Ka’bah.

Maka dari itulah masjid ini disebut dengan Masjid Qiblatain yang berarti masjid dua kiblat. Masjid ini berada di kota Madinah dan biasa dikunjungi ketika city tour saat haji maupun umroh.


10. Jabal Tsur

Jabal TsurSelain Jabal Uhud dan Jabal Nur, ada lagi salah satu gunung yang bersejarah, yaitu Jabal Tsur. Gunung ini memiliki tiga puncak dan berada di kota Makkah. Gunung bersejarah ini memiliki sebuah gua yang bernama Gua Tsur.

Di tempat inilah dulu Rasulullah bersama Abu Bakar bersembunyi dari kejaran kafir Quraisy. Gua Tsur ini merupakan salah satu tempat yang bersejarah di masa hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah.

Namun kemudian Allah membantu persembunyian tersebut dengan keberadaan sarang burung dan juga sarang laba-laba. Sehingga Rasulullah dan Abu Bakar bisa selamat dari kejaran orang-orang Quraisy.

Demikianlah beberapa tempat bersejarah di Arab Saudi yang terkenal. Semoga bisa memberikan informasi tambahan kepada Anda.

, , , ,
Post Date: Friday 14th, September 2018 / 08:39 Oleh :
Kategori : Arab Saudi