29 Tempat Wisata Di Brunei Yang Wajib Di Kunjungi

Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil di benua Asia Tenggara yang terletak di Pulau Borneo (Kalimantan) bagian utara, melekat dengan Malaysia Timur. Negara yang akrab disebut “Brunei” ini terkenal dengan kemakmuran dan kedisiplinan dalam menjalankan syariat Islam, baik dalam bidang kenegaraan maupun bermasyarakat. Namun meskipun bersyariat Islam, keberagaman dan toleransi agama di negara minyak bumi dan gas ini sangat tinggi, sehingga harmonisasi masyarakat Brunei dapat dirasakan dengan jelas bahkan oleh wisatawan luar negeri.

Namun selain kekayaan tambangnya, negara berbentuk monarki ini ternyata menyembunyikan banyak tempat wisata menakjubkan yang belum banyak tersentuh secara global dan masih original.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid yang merupakan landmark dari Brunei ini berlokasi di Bandar Sri Bengawan, ibukota dari Brunei, dan terletak di tepi sungai Brunei di Kampong Ayer. Daya tarik terbesar yang Brunei tawarkan dalam bidang pariwisata adalah masjid ini.

Yang menjadi ciri khas dari masjid ini adalah kubah emas murninya, menara marmer, dan gerbangnya yang berbentuk perahu di sungai. Masjid ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri.

Jika anda berkunjung di malam hari, anda dapat melihat pemandangan masjid yang diterangi lampu LED berwarna-warni. Pemandangan lampu-lampunya di malam hari termasuk salah satu daya tarik yang banyak diincar turis luar negeri karena pemandangannya yang bagus.

Hampir seluruh bahan bangunan untuk membangun masjid landmark Brunei ini diimpor. Masjid ini juga dilengkapi dengan restoran dan kafe bagi pengunjung non-muslim, menjadikan masjid ini terbuka untuk pengunjung non-muslim juga. Mudah bagi anda untuk berkunjung ke sini, karena hampir semua angkutan umum menyediakan rute ke sana.

  • Jam operasional: diluar jam ibadah

2. Proboscis Monkey  Safari River

Proboscis Monkey  Safari RiverProboscis Monkey (atau disebut juga Monyet Bekantan) adalah hewan khas Brunei dan hewan endemik Pulau Borneo, berupa monyet berhidung panjang coklat kemerahan. Monyet ini menjadi hewan kebanggaan Brunei yang dipamerkan di Safari River. Monyet khas Brunei ini dapat anda temukan dalam hutan bakau di Safari River.

Proboscis Monkey Safari River terletak di Bandar Sri Gunawan. Tempat wisata ini menyediakan paket tur bagi anda yang ingin melihat secara maksimal Proboscis Monkey dan hewan-hewan lain yang berada dalam Safari River dengan harga dan tawaran jasa yang berbeda-beda tiap paket (tergantung paket yang anda pilih).

  • Jam operasional: setiap hari jam 07.30-15.00

3. Taman Nasional Ulu Temburong

Taman Nasional Ulu TemburongTaman ini memiliki berbagai macam kegiatan yang bisa kamu lakukan sambil menikmati pemandangan alam sekitar, seperti rafting, kayak, camping, dan night jungle walk. Ada juga paket tur yang ditawarkan oleh pengelola setempat buat anda yang ingin menjelajahi Taman Nasional ini dengan maksimal. Taman ini juga memiliki beberapa air terjun yang indah dan resort buat anda beristirahat atau menginap. Disebut sebagai keindahan Brunei yang belum tersentuh, tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata di Brunei yang wajib kamu kunjungi.

Anda disarankan untuk datang di musim panas, karena hujan akan mengganggu perjalanan anda menuju Ulu Temburong. Hal ini dikarenakan karena letak tempat ini terpisah dari sebagian besar daratan Brunei sehingga untuk mencapai Ulu Temburong anda harus menaiki kapal setempat. Apabila anda memutuskan untuk menginap di resortnya atau datang di pagi hari, besar kemungkinan anda dapat melihat satwa lokal sedang beraktifitas.

  • Estimasi biaya yang dapat dikeluarkan anda di tempat ini sebesar B$315 atau Rp3.050.000,- untuk menikmati seluruh area Ulu Temburong.
  • Jam operasional: setiap hari jam 08.00-18.00

4. Andulau Forest Reserve

Andulau Forest ReserveHutan reservasi ini adalah hutan sekaligus taman buatan yang terletak di Belait – Tutong. Anda disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini di musim panas, karena anda tidak dapat keliling menjelajahi tempat ini pada saat turun hujan. Andulau memiliki pantai yang indah, menjadi spot yang terkenal untuk melihat senja ataupun matahari terbenam.

Untuk dapat mencapai Andulau Forest Reserve, anda dapat menaiki transport lokal karena hampir semua transport lokal memiliki jaringan menuju tempat ini.

  • Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00

5. Kampong Ayer

Kampong AyerMirip dengan perkampungan nelayan laut di Indonesia, Kampong Ayer terlihat seperti “berdiri” di atas air. Kampong Ayer sendiri merupakan bahasa melayu dari “Kampung Air”. Kampung ini menjadi kebanggaan Brunei dan dianggap sebagai salah satu cara Brunei mempertahankan asal-usul, tradisional, serta budayanya. Meskipun dikatakan kampung, namun struktur kampung ini kini sudah diperbugar demi keawetannya, dibangun dengan beton, bahkan beberapa tempat sudah dilengkapi pendingin ruangan.

Anda masih bisa melihat masa keemasan Kampong Ayer, dimana dulu sempat menjadi ibukota Brunei dan pusat administrasi pada tahun 1400an. Kini, harmonisasi antara budaya tradisional dan moderenisasi zaman sekarang dapat anda lihat di sini. Masih banyak warganya yang berprofesi sebagai nelayan, namun ada jasa transportasi baru yang unik seperti taksi air. Rumah-rumah yang dibangun di sana bergaya arsitektur tradisional, namun perabotannya sudah modern, dilengkapi dengan modem, kabel tv, yang tentu belum banyak kita temukan di perkampungan nelayan laut Indonesia.

  • Jam operasional: setiap hari tanpa batas waktu

6. Kuala Belait

OGDC

Kota terbesar urutan kedua di Brunei, Kuala Belait memiliki banyak tempat wisatanya sendiri. Diantaranya adalah Pantai Jubli, Oil and Gas Discovery Centre (OGDC), Bilionth Barrel Monument, dan masih banyak lagi.

  • Pantai Jubli

Pantai Jubli adalah salah satu pantai terindah yang Brunei miliki. Sebagai salah satu negara yang memiliki garis tepi pantai, Brunei memiliki banyak pantai yang indah yang bisa anda kunjungi, salah satunya Pantai Jubli. Meskipun pantai ini agak berbusa karena terletak dekat dengan pengeboran minyak, pemandangan pantai ini menjadi salah satu pemandangan yang wajib anda kunjungi saat di Brunei. Namun hati-hati, karena pantai ini merupakan tempat habitat buaya air masin, sehingga anda tidak dianjurkan untuk berenang di sini.

Jam Operasional: setiap hari tanpa batas waktu

  • Oil and Gas Discovery Centre (OGDC)

Tempat ini adalah tempat yang cocok buat anda yang penasaran mengenai Oil and Gas. Terkenal dengan tambang minyak dan gas nya, tempat ini merupakan fasilitas pusat edukasi untuk turis. Tempat ini sesuai untuk semua usia bagi mereka yang ingin memperluas pengetahuannya dalam bidang minyak dan gas, sambil menjelajahi galeri pameran yang dipajang di dalam fasilitas ini. Bagi anda yang membawa anak anda mengunjungi tempat ini, mereka memiliki fasilitas science kids untuk edukasi anak anda dalam bidang minyak bumi dan gas.

Jam Operasional: setiap hari jam 08.00-17.00

  • Billionth Barrel Monument

Monumen ini dibangun oleh Brunei sebagai peringatan drum ke satu miliyar yang sudah dibor di garis Seria, Brunei. Monumen ini bisa anda temukan di dekat OGDC. Biasanya, turis luar negeri dan wisatawan lokal datang ke sini untuk berfoto dan menikmati pemandangan.

Jam Operasional: setiap hari tanpa batas waktu

7. Gadong

GadongIngin berbelanja? Gadong lah tempatnya. Gadong adalah pusat perbelanjaan terbesar di Brunei yang terletak di Bandar Sri Bengawan. Tempat ini memiliki banyak kegiatan yang bisa anda lakukan, baik menikmati kuliner khas Brunei, berbelanja barang pribadi maupun oleh-oleh. Makanan di sini berstandar cafe dan restoran, namun harga menu yang dijual di sini murah.

Gadong merupakan tempat mall terbesar di Brunei yang dinamakan The Mall. Selain pusat perbelanjaan modern, ada juga pasar tradisional tempat orang menjual bahan-bahan masakan seperti pasar tradisional di Indonesia pada umumnya.

Apabila anda datang ke Gadong untuk kulinernya, maka anda disarankan untuk mencoba Nasi Katok khas Brunei. Di malam hari, ada Gadong Night Market sebagai tempat bagi anda untuk mencoba kuliner khas lokal sepuas anda. Gadong Night Market kerap kali disebut tempat food extravaganza oleh turis luar negeri dan wisatawan lokal sebagai pujian atas kuliner yang disuguhkan untuk pengunjung.

Jam operasional:

  • Gadong market street: setiap hari tanpa batas waktu
  • Gadong night market: 17.00-23.00 

8. Tasek Lama Recreational Park

Tasek Lama Recreational ParkTaman rekreasi ini terletak di Bandar Sri Bengawan, dan menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan luar negeri. Tasek Lama memiliki beberapa air terjun yang indah dan tempat menjelajah alam yang banyak dikatakan seru. Aksesnya mudah karena berada di perkotaan.

Apabila anda tidak sempat mengunjungi Taman Nasional Ulu Temburong, anda bisa menjadikan Tasek Lama Recreational Park ini sebagai alternatif anda. Anda bisa menjelajahi hutan sekitar, berfoto di air terjun, atau hanya menikmati pemandangan. Namun untuk menjelajahi tempat ini anda disarankan untuk membawa botol air karena ada beberapa rute jelajah yang sulit ditempuh.

Apabila anda tidak tertarik untuk berjelajah, anda dapat berfoto-foto di air terjun indah yang ada di Tasek Lama. Air terjun ini akan terlihat lebih indah apabila anda kunjungi setelah hujan, karena airnya mengalir dengan deras sehingga menciptakan terjunan air yang indah untuk difoto. Pada musim kemarau, air yang mengalir terlihat kecil sehingga kurang indah untuk diabadikan dalam kamera.

  • Jam operasional: setiap hari jam 06.00-18.00
  • HTM: gratis

9. Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah

Masjid Jame Asr Hassanil BolkiahMasjid ini juga merupakan salah satu masjid ikon di Brunei setelah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Sama dengan Masjid Sultan Omar, kubah Masjid Jame’Asr juga dilapisi oleh emas, begitu juga dengan pagarnya. Masjid ini luas dan megah, dikelilingi taman hijau dan kolam, sehingga suasana sekitar luar masjid terlihat asri. Suasana dalam masjid ini tenang dan teduh. Sayangnya, pengunjung dilarang untuk mengambil foto di dalam masjid, hanya boleh dari luar. Pengunjung tidak diizinkan untuk masuk pada jam berdoa, kecuali untuk shalat.

Bagi non-muslim yang ingin mengunjungi tempat ini dan tidak mengenakan pakaian muslimah, akan diberikan jubah hitam khusus untuk bisa berkeliling daerah masjid. Akses menuju masjid ini tidak sulit karena terletak di pusat kota, meskipun agak berjauhan dari Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin.

  • Jam operasional: diluar jam ibadah

10. Museum Kerajaan Regalia

Museum Kerajaan RegaliaTempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata di Brunei yang wajib anda kunjungi. Di sini anda bisa melihat harta-harta kerajaan milik Sultan dari zaman dulu hingga zaman sekarang. Gedung megah ini terletak di tengah-tengah kota Bandar Sri Bengawan, sehingga tidak disulit dicapai menggunakan transportasi umum lokal.

Penataannya artistik, dengan ornamen dan foto-foto yang disusun sesuai dengan perkembangan cerita kehidupan Sultan pada masa itu. Museum ini berisi barang-barang milik Sultan dan kerajaan yang lengkap. Pajangan yang paling menarik perhatian pendatang di museum ini adalah tahta rajanya yang terbuat murni dari emas serta kereta tempat perarakan Sultan pada zaman dulu.

Keamanan dalam museum ini sangat ketat, dimana selain pengunjung dilarang untuk memotret di beberapa bagian museum, tas dan barang bawaan juga harus dititip. Yang menarik, kita dipinjamkan sandal khusus untuk berkeliling di dalam ruangan. Untuk masuk ke museum ini, anda hanya perlu mengisi buku tamu tanpa membayar tiket masuk.

Jam operasional:

  • Minggu-Kamis: 09.00-17.00
  • Jumat: 09.00-11.30, 14.30-17.00
  • Sabtu: 09.45-17.00

11. Gereja Our Lady of the Assumption

Gereja Our Lady of AssumptionTerletak di Bandar Sri Bengawan, gereja ini adalah gereja Katolik yang menunjukkan keberagaman dan tingginya toleransi agama dalam negara bersyariat Islam ini. Gereja ini sudah berdiri selama puluhan tahun, namun tidak ada sumber pasti mengenai kapan gereja ini didirikan. Dari luar memang gereja ini terlihat biasa-biasa saja, namun keindahannya dapat anda nikmati setelah anda masuk ke dalamnya. Setiap Jumat ada misa jam 12.30 yang bisa anda saksikan apabila anda pengunjung non-muslim. Bila anda datang di Hari Natal, anda bisa bergabung dengan ratusan masyarakat Brunei beragama Katolik yang datang untuk merayakan Natal di gereja ini.

Gereja ini letaknya satu dengan kompleks sekolah St. George’s dan lokasinya berdekatan dengan Museum Kerajaan Regalia. Untuk datang ke gereja ini, anda perlu berjalan sekitar 15 menit dari Museum Kerajaan Regalia.

  • Jam operasional: diluar jam ibadah

12. Agro Technology Park

Agro Technology ParkTaman ini dikatakan sebagai tempat wisata di Brunei yang paling mendekati kebun binatang dan cocok untuk didatangi oleh anda yang datang bersama keluarga. Tempat ini juga cocok dijadikan sebagai tempat jogging di pagi hari karena suasananya yang sejuk dan asri. Taman ini memanfaatkan teknologi rumah hijau yang masih jarang dijumpai di Brunei.

Agro Technology Park terletak di Bandar Sri Bengawan. Untuk datang ke tempat ini, anda disarankan membawa kendaraan sendiri, karena kendaraan umum jarang melewati tempat wisata ini. Namun untuk masuk ke taman ini, anda tidak dipungut biaya.

Tempat ini memamerkan berbagai jenis bunga dan tanaman obat yang tumbuh di Brunei. Antara anda dan tanaman yang dipamerkan hanya dipisah oleh pagar pengaman untuk mencegah tangan jahil pengunjung. Ada beberapa jenis hewan yang dipamerkan di sini, seperti rusa, burung unta, burung-burung eksotis, bahkan burung raksasa dan masih banyak lagi. Taman ini juga dilengkapi dengan pepohonan sehingga anda dapat berteduh setelah lelah mengamati tanaman dan hewan.

  • Jam operasional: 09.00-18.00

13. Malay Technology Museum

Malay Technology MuseumSetelah pameran perkembangan sejarah kerajaan di Museum Kerajaan Regalia, kali ini anda dapat menjelajahi perkembangan sejarah masyarakat melayu di Brunei lewat museum satu ini. Malay Technology Museum terletak di Bandar Sri Bengawan.

Museum ini banyak menggambarkan kehidupan masyarakat setempat dan perkembangan budaya kaum melayu. Di dalamnya ada gambaran mengenai bagaimana suku-suku melayu yang berbeda hidup harmonis di Brunei. Ada juga replika rumah tradisional, alat-alat tradisional, pakaian tradisional, perkampungan melayu dan banyak lagi yang mengikuti suku melayu masing-masing. Museum ini menampilkan alur sejarah mulai abad ke-19 hingga zaman moderenisasi.

Meskipun terletak di Bandar Sri Bengawan, transportasi ke sini agak sulit karena kendaraan umum jarang melewati tempat wisata ini. Anda disarankan untuk naik taksi atau membawa kendaraan sendiri meskipun biayanya agak mahal. Namun, tempat ini tidak mengenakan biaya masuk dan penjagaan keamanannya tidak seketat Museum Kerajaan Regalia.

  • Jam operasional: Sabtu-Kamis jam 09.00-17.00 

14. Klenteng Teng Yun

Klenteng Teng YunSatu lagi bukti keberagaman dan toleransi agama yang tinggi di Brunei, Klenteng Teng Yun berdiri mencolok di pinggir jalan pusat kota Bandar Sri Bengawan. Warnanya yang merah terang terlihat menangkap mata orang yang melewati klenteng ini sehingga sangat sayang apabila anda lewatkan. Selain warnanya yang mencolok, arsitekturnya yang kuno juga menjadi faktor mencoloknya klenteng ini karena dikelilingi bangunan modern.

Klenteng ini kecil, namun sangat bersih dan terawat serta terbuka untuk umum. Tempat ini cocok didokumentasi oleh anda yang berniat mendokumentasikan tempat wisata di Brunei. Apabila anda ingin menyalakan dupa, anda dapat membayar B$2 dan berdoa. Kuil ini paling ramai dikunjungi orang pada saat Tahun Baru Cina. Untuk mencapai kuil ini tidak sulit, karena terletak di pusat kota sehingga dapat anda capai menggunakan transportasi lokal.

  • Jam operasional: diluar jam ibadah

15. Pantai

PantaiBrunei adalah negara yang memiliki garis pantai, seperti yang sudah dibahas sekilas di bagian Kuala Belait. Oleh karena itu, sudah tidak heran lagi bahwa Brunei banyak memiliki pantai yang indah, sehingga sangat disayangkan apabila anda tidak datang menikmati keindahan pantai di sini. Pantai yang ada di Brunei dijaga oleh masyarakat lokal dengan baik sehingga terawat dan bersih. Pemandangan terindah di pantai Brunei dapat anda nikmati di waktu matahari terbit dan senja matahari terbenam.

Namun anda tetap harus berhati-hati, karena tidak semua pantai mengizinkan anda untuk berenang. Ada beberapa pantai yang hanya mengizinkan anda piknik atau menikmati pemandangan, karena lokasinya berdekatan dengan pengeboran minyak sehingga tidak disarankan untuk berenang. Selain itu, anda harus awas melihat papan-papan peringatan yang didirikan di sana, karena ada beberapa pantai yang menjadi habitat buaya air masin ataupun habitat laut yang berbahaya lainnya.

Daftar pantai yang bisa kamu kunjungi antara lain:

  • Pantai Berakas (Bandar Sri Bengawan)
  • Pantai Tungku (Bandar Sri Bengawan)
  • Pantai Jerudong (Bandar Sri Bengawan)
  • Pantai Muara (Bandar Sri Bengawan)
  • Pantai Meranggang (Bandar Sri Bengawan)
  • Pantai Tanjung Batu (Bandar Sri Bengawan)
  • Pantai Serasa (Muara)
  • Pantai Seri Kenangan
  • Pantai Lumut (Kuala Belait)
  • Pantai Jubli (Kuala Belait)
  • Pantai Penanjong (Tutong)
  • dan lain-lain.

Untuk perjalanan ke pantai, anda tidak akan kesulitan untuk mencari kendaraan karena banyak angkutan umum seperti bus yang menawarkan rute khusus menuju pantai. Seharga B$1-B$2, anda dapat mencapai pantai tujuan anda meskipun anda harus berpindah-pindah bus. Bahkan, ada beberapa bus yang menawarkan untuk menjemput anda setelah jam 5.

Demikianlah 29 tempat wisata di Brunei yang wajib kamu kunjungi. Masih banyak lagi tempat wisata di Brunei yang bisa kita jelajahi dan negara asia lainya yang dapat kamu kunjungi seperti

Secara garis besar, tidak sulit bagi anda untuk mencari hotel berkualitas di Brunei. Namun, anda akan kesulitan berjalan-jalan tanpa kendaraan pribadi karena transportasi umum di sini masih tidak terlalu populer. Anda disarankan untuk menyewa kendaraan sendiri atau mengikuti paket tur dari tour and travel yang ada.

Apabila anda memiliki kesulitan ketika sedang berlibur ke Brunei, anda dapat menghubungi Kedutaan Indonesia di Brunei di kontak berikut:

  • Alamat: Simpang 336-43, Jalan Kebangsaan, Kampung Kawasan Diplomatik, Mukim Kianggeh, Brunei Muara, BS8111, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
  • Telepon: (673) 2330180; Fax (673) 2330646
  • E-mail : [email protected] atau [email protected]
  • Hotline Pengaduan dan Pelayanan KBRI Bandar Sri Bengawan: +673 7109542 (apabila WNI dalam kasus mendesak)

, , ,
Post Date: Friday 19th, January 2018 / 09:46 Oleh :
Kategori : Brunei Darussalam