Minuman Khas Perancis Paling Enak Dan Favorit Wisatawan

PerancisPerancis memiliki nama resmi La Republique Francaise atau yang berarti Republik Perancis. Negara ini menjadi negara terbesar di benua Eropa dengan luas 642.801 km². Negara yang memiliki 12 zona waktu ini masih menjadi tujuan utama para wisatawan manacanegara. Ini karena iklim di negara ini dan banyaknya tempat wisata yang di tawarkan menjadi daya tarik utama para wisatawan. Sebut saja tempat wisata di Paris yang merupakan bagian kota dari negara Perancis.

Sebagai negara yang padat tidak heran jika banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung kesini terutama karena adanya menara Eiffel Paris yang menjadi ikon utama dari negara Perancis. Di Paris kita juga dapat menemukan berbagai macam tempat wisata menarik lainnya. Banyak budaya dan makanan khas yang terdapat di negara ini. Tidak heran jika banyak wisatawan asing yang ingin menetap lama di negara adidaya satu ini.

Negara Perancis juga menjadi surganya belanja bagi wisatawan asing yang berwisata ke negara ini. Bagaimana tidak hampir semua barang branded yang di pakai kalangan artis luar negeri di jual di negara ini. Oleh karena itu negara Perancis di sebut juga sebagai negara ter gengsi di dunia.

Selain di Paris masih banyak juga tempat wisata di Perancis yang semakin membuat wisatawan asing ingin berkunjung ke negara ini bahkan mungkin menetap untuk kurun waktu yang lama. Selain menawarkan destinasi wisata yang menarik di Negara Perancis juga memiliki makanan dan minuman khas yang lezat. Untuk minuman khasnya negara adidaya satu ini memiliki Sidecar.

Sidecar adalah jenis minuman koktail dengan rasa asam dan manis yang bercampur menjadi satu sehingga menghasilkan rasa minuman yang unik. Minuman khas Perancis satu ini sudah di kenal di seluruh penjuru dunia karena rasanya yang unik. Minuman ini juga dapat Anda buat sendiri di rumah, namun rasanya tetap berbeda jika Anda merasakannya langsung di Negara Perancis.

Sejarah Sidecar

sidecar perancisSidecar pertama kali di temukan pada masa setelah perdang dunia I berakhir tepatnya sekitar tahun 1920. Setelah di temukan lalu minuman ini di namai dengan nama unik yaitu diambil dari nama salah satu bagian motor.

Kemudian Hotel Ritz mengklaim minuman ini sebagai minuman yang berasal dari hotel tersebut. Jika Anda pergi wisata ke Perancis ada baiknya ada mengunjungi situs sejarah Arc De Triomphe yang terletak di Paris.


Lalu di tahun 1922 muncul resep pertama sidecar untuk publik yang terdapat dalam buku milik Harry Macelhone yang berjudul ABC’S Mixing Cocktails dan pada buku milik Robert Vemiere yang berjudul How Mix Them. Judul-judul buku tersebut juga terdaftar dalam buku karya David A Embury yang berjudul Fine Art Of Mixing Drinks yang terbit di tahun 1948.

Pada awal edisi buku karangan Harry, dirinya mengklaim bahwa minuman ini di ciptakan pertama kali oleh batender yang terkenal di Buck’s Club yang bernama Part Macgarry. Hal ini sama dengan yang di kemukakan Vemiere dalam bukunya. Namun pernyataan ini kemudian di sangkal oleh Embury, dalam bukunya dia menyatakan bahwa penemu pertama minuman khas Perancis ini adalah seorang kapten tentara Amerika yang tinggal di Paris selama perang dunia I dan dinamai dengan nama motor yang di sewa kapten tersebut.

Vamiere dan Harry sependapat jika resep sidecar merupakan bagian yang sama dari cognac, cointreau, dan jus lemon yang kemudian terkenal dengan nama The French School. Kemudian tidak lama sebuah sidecar dengan versi Inggris muncul. Seperti yang tercantum dalam buku Savoy Cocktai Book tahun 1930 yang menyatakan bahwa sidecar di buat dari bagian cognac dan setengah lagi dari bagian cointreau dan jus lemon. Jika Anda berkunjung ke Perancis jangan lupa pergi ke museum terkenal yaitu Museum Louvre Paris.

Namun lagi-lagi Embury membantah pernyataan Vamiere dan Harry. Dimana di bukunya tertulis bahwa sidecar asli memiliki beberapa bahan yang di sempurnakan. Dimana minuman tersebut adalah sebuah daquiri dengan brendi sebagai bahan dasarnya bukannya rum. Dan cointrau sebagai pemanis tambahan bukan sebagai sirup gula. Di bukunya Embury membuat perbandingan 8:2:1 untuk ke tiga campuran bahan sidecar tersebut. Dengan proporsi ini maka rasa sidecar akan manis dan tidak terlalu masam.

Tetapi dalam buku Encyclopedia Of Cocktails karya Simmon Difford tertulis jika perbandingan campuran sidecar sebanyak 3:2:2. Perbandingan ini memperbaiki dari perbandingan yang di buat Harry Carddock yaitu 2:1:1 sehingga menghasilkan sidecar yang terlalu kering untuk di cicipi.

Terlepas dari itu semua, hingga saat ini sidecar tetaplah menjadi minuman yang populer dari Perancis dan sudah mendunia di beberapa negara. Minuman ini juga termasuk kedalam 10 minuman terenak di seluruh penjuru dunia. Cita rasa minuman ini sangatlah pas dengan lidah wisatawan asing yang mencicipinya. Jika Anda ke Perancis Anda akan dengan mudah menemukan minuman ini.

Bahkan tidak hanya di Perancis di belahan negara lain minuman ini juga sudah bebas terjual tetapi mungkin dengan nama yang sedikit berbeda. Tetapi selain dinobatkan menjadi minuman terenak di belahan dunia, sidecar juga terkenal dengan harganya yang sangat mahal untuk ukuran kalangan menengah kebawah. Namun tidak heran jika minuman ini di jual dengan harga tinggi ini sebanding dengan kemewahan yang di tawarkan minuman satu ini.

Resep Sidecar

Untuk Anda yang ingin mencoba minuman ini tetapi tidak ada waktu untuk pergi ke Perancis atau sekedar mencarinya di negara lainnya Anda dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Resep minuman ini sangatlah mudah untuk di temukan dan juga sangat mudah untuk di buat sendiri tanpa bantuan seorang batender.

Sesuai dengan namanya minuman satu ini cocok untuk semua acara. Baik itu untuk menemani acara pergantian tahun, acara pesta pribadi, ataupun acara mewah lainnya. Sidecar yang merupakan koktail dengan bahan dasar cognac yang sangat elegan dengan cita rasa yang sangat unik dan sudah terkenal sangat lama. Sudah di pastikan jika Anda menggunakan sidecar di dalam pesta Anda maka pesta Anda akan terasa lebih mewah.

Meskipun asal mula sidecar masih menjadi perdebatan hingga saat ini namun hal itu tidak menjadikan popularitas sidecar redup. Justru minuman koktail satu ini namanya semakin terkenal karena banyaknya wisatawan asing yang datang ke Paris lalu membawa minuman ini sebagai oleh-oleh untuk rekan mereka. Sehingga dapat di bilang jika nama sidecar terkenal dari mulut ke mulut karena kualitasnya.

Bahan Sidecar

Minuman sidecar terbuat dari beberapa bahan di bawah ini:

  1. ¾ ons contreau
  2. ¾ ons jus lemon
  3. 1 ½ ons cognac
  4. Lemon twist sebagai hiasan

Cara Pembuatan Sidecar

Setelah Anda mendapatkan semua bahan di atas lalu buat sidecar dengan cara di bawah ini:

  1. Campur contreau, jus lemon, dan cognac menjadi satu ke dalam mixing glass
  2. Lalu kocok mixing glass sampai semua bahan tercampur menjadi satu
  3. Setelah itu tuangkan ke dalam gelas minuman
  4. Tambahkan es batu
  5. Beri lemon twist di pinggir gelas sebagai hiasan
  6. Jika rasa kurang manis Anda dapat menambahkan brendi Spanyol de jerez untuk pemanis rasanya

Sajikan sidecar yang sudah jadi dengan camilan khas negara Perancis lainnya. Minuman ini juga cocok dinikmati ketika menghabiskan waktu bersama keluarga atau ketika mengadakan pesta kecil dengan rekan kerja di rumah Anda. Proses pembuatan yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan selamat menikmati minuman khas dari Perancis ini.

, , , ,
Post Date: Friday 27th, April 2018 / 07:39 Oleh :
Kategori : Perancis