7 Oleh Oleh Khas Uzbekistan Paling Unik Dan Menarik

Apa jadinya jalan-jalan ke luar negeri tanpa membawa oleh-oleh? Souvenir bukan saha hadiah untuk keluarga maupun sahabat. Tapi juga menjadi kenang-kenangan dan bagian dari negara yang telah anda kunjungi.

Dengan sejarahnya yang pandang, Uszbekistan adalah tempat yang sempurna untuk membeli souvenir, baik untuk diri sendiri maupun orang laing. Ada berbagai macam oleh oleh khas Uzbekistan yang bisa dibawa pulang.

Artikel Terkait:

Saat melakukan perjalanan di berbagai kota di Uzbekistan, wisatawan pasti akan menemukan kerajinan keramik dengan keunikan dan gayanya sendiri. Penasaran souvenir atau oleh oleh khas Uzbekistan apa saja yang bisa dibawa pulang. Yuk langsung simak daftarnya di sini.

1. Keramik Khas Uzbekistan

Keramik Khas Uzbekistan

Negara ini sangat terkenal dengan keramiknya yang unik dan berbeda di setiap kotanya. Contohnya saja Kota Rishton yang berada di Lembah Fergana. Para pengerajin keramik di sini menggunakan glasir biru yang disebut dengan ishkor.

Ishkor tersebut terbuat dari mineral dan tanaman alami yang membuat keramik berwarna biru khusus dan tidak ditemukan di tempat lainnya. Kota lainnya yang juga terkenal dengan kerajinan keramik adalah Gijduvan, yang merupakan kota kecil berjarak 25 mil dari Bukhara.

Di kota ini keramik memiliki warna dasar kuning hingga cokelat dengan pola hijau dan biru. Salah satu pengrajin yang terkenal adalah keluarga Nasrullayev yang tela membuat kerajinan keramik selama enam generasi dengan menggunakan bahan dan tektik tradisonal. Harganya yang relatif terjangkau membuat kerajinan keramik ini cocok dijadikan oleh oleh khas Uzbekistan.

2. Seni Ukir Kayu Dan Logam

Seni Ukir Kayu Dan Logam

Wisatawan dapat dengan mudah menemukan oleh oleh khas Uzbekistan ini. Karena hampir disetiap bazaar selalu menghadirkan banyak vendor yang menawarkan pisau, belati, hingga pedang yang memiliki ukiran dekoratif. Pisau tradisonal Uzbekistan yang disebut pichok ini memiliki bentuk unikpada gagang dan mata pisaunya. Sedangkan kerajinan logam yang paling terkenal adalah perhiasan dari Tashkent, Bukhara, dan Samarkand. Bagi orang Uzbekistan sendiri, perhiasan bukan saja digunakan untuk mempercantik penampilan.

Tapi juga sebagai jimat, contohnya saja tumor yang merupakan kotak emas atau perak dengan ukiran doa. Saat berada di Uzbekistan, wisatawan pasti dapat dengan mudah menemukan kayu atau barang-barang berukir lainnya.

3. Pakaian Tradisional, Bulu, dan Sulaman

Pakaian Tradisional, Bulu, dan Sulaman

Uzbekistan terkenal dengan bordiran yang orisinil dan unik, suzani adalah sulaman tradisonal yang paling terkenal di Samarkand dan Bukhara. Sulaman tersebut lebih terlihat seperti karpet yang bersulam rumit.

Sedangkan Bukhara terkenal dengan sulaman emas yang terbuat dari benang emas halus dan sempurna digunakan sebagai dekorasi rumah. Dan sulaman kashkadarya terkenal dengan tas tangan yang berhiaskan bordir tradisional berwarna-warni.

Selain sulaman, Bukhara juga terkenal dengan mantel bulu dan topi bulu karakul. Bulu domba karakul tersebut sangat hangat, tebal, dan berkilau. Sangat cocok untuk wisatawan yang ingin membeli oleh oleh khas Uzbekistan yang unik dan tidak dapat ditemukan di negara lainnya.

Tapi para wisatawan umumnya lebih tertarik dengan topi tradisional bernama tubeteika sebagai souvenir yang akan dibawa pulang. Yang paling terkenal adalah tubeteikas chust yang terbuat dari satin hitam dengan bordiran putih dnegan desain empat paprika.

4. Kain Dan Karpet          

Kain Dan Karpet

Kain ikat juga sangat terkenal di Uzbekistan, yang merupakan kain sutra dengan dasain kabur. Kain-kain tersebut dibuat dengan mengikatkan benang ke dalam pola yang rumit. Ketika benang yang telah dicelup ssebelumnya dianya, polanya akan mucul dengan sendirinya.

Oleh-oleh khas Uzbekistan lainnya adalah kapet. Khiva, Bukhara, Samarkand, Kokand, Shakhrisabz, dan Karakalpakstan adalah yang paling terkenal dengan permadani beraneka desain dan teknik. Karpet tersebut terbuat dari sutra, wol, maupun kombinasi keduanya. Souvenir khas Uzbekistan ini bisa diletakkan di lantai maupun digantung di dinding sebagai hiasan.

Selain oleh-oleh khas Uzbekistan di atas, masih terdapat beberapa oleh oleh lain yang dapat dibawa pulang setelah jalan-jalan di Uzbekistan. Seperti beberapa oleh-oleh berikut ini yang tak kalah unik dan menariknya.

  • Botol anggur, adalah salah satu souvenir paling unik yang bisa dibawa pulang setelah liburan di Uzbekistan. Pembuat wine khas Uzbekistan paling terkenal terdapat di Samarkand, wisatawan bisa mendapatkannya di toko-toko dekat dengan tempat wisata. Tidak jarang ada juga acara pencicipan, dimana wisatawan bisa mencicipi anggur khas Uzbekistan dengan harga yang tidak terlalu mahal.
  • Alat Musik khas Uzbekistan bisa menjadi pilihan souvenir terbaik. Bukan hanya pola dan bentuknya saja yang menarik, tapi juga suaranya yang kaya dan dalam.
  • Kertas khas Samarkand, selain Tiongkok orang pertama yang menguasai teknik pembuatan kertas adalah orang Samarkand. Dimulai pada abad ke 10 dan 11, pengrajin Samarkand menggunakan kulit kayu dan serat sutra serta kelopak bunga pohon murbei untuk membuat kertas. Kertas khas Samarkand ini terkenal dengan kehalusan, warna dan daya tahannya. Anda bisa membuktikannya dengan datang ke museum-museum di seluruh dunia dan melihat sendiri dokumen yang ditulis di atas kertas Samarkand yang mampu bertahan selama berabad-abad hingga saat ini.

Tips: Meskipun ada berbagai macam souvenir indah yang dapat dibeli di Uzbekistan, penting untuk mengingat bahwa ada larangan dan pembatasan bea cukai untuk ekspor benda seni dan barang antik. Khususnya, pelarangan ekspor barang yang berusia lebih dari 50 tahun atau yang memiliki nilai sejarah dan budaya.

Karena itulah, saat memutuskan membeli lukisan, karpet, atau karya seni lainnya sebagai oleh-oleh, ada baiknya untuk meminta tanda terima yang menyatakan bahwa barang tersebut bukan barang antik dan tidak memiliki nilai sejarah dan budaya.

Negara penuh pesona ini memang tidak akan pernah habisnya untuk dibahas, termasuk pula tempat wisatanya. Bangunan-bangunan bergaya unik nan bersejarah dapat dijumpai di Uzbekistan. Budaya yang berbeda dari negara lainnya semakin membuat para wisatawan tertarik dan penasaran untuk datang berkunjung ke Uzbekistan. Nah, selain bisa jalan jalan ke berbagai tempat wisata di Uzbekistan, anda bisa juga mampir ke beberapa negara yang terletak tidak jauh dari sini. Seperti beberapa tempat wisata berikut ini.

, , , ,
Post Date: Monday 30th, September 2019 / 14:40 Oleh :
Kategori : Uzbekistan